SABUN LIFEBUOY

1. Key Fact Lifebuoy adalah salah satu merek tertua, suatu merek yang benar-benar mendunia sebelum istilah merek global diciptakan. Sabun Disinfektan Royal Lifebuoy diluncurkan pada tahun 1894 sebagai suatu produk baru yang terjangkau di Inggris, untuk mendukung orang mendapatkan kebersihan diri yang lebih baik. Segera setelah diluncurkan, sabun Lifebuoy berkelana ke seluruh dunia, menjangkau negara-negara seperti India, suatu negara tempat sabun ini masih merupakan merek terkemuka di pasar.

Hal-hal yg melatarbelakangi hadirnya Lifebuoy : a. Politik, Berbagi Sehat - Kampanye Mencuci Tangan dengan Sabun, dengan harapan agar kebiasaan sehat berupa mencuci tangan dengan sabun dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya di dalam setiap keluarga Indonesia. Kampanye Mencuci Tangan dengan Sabun ini merupakan kelanjutan dari program Lifebuoy Berbagi Sehat yang yang diluncurkan oleh Pusat Pengembangan Kesehatan Lifebuoy (PPKL) pada bulan Juni 2004 bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS) dan Yayasan ULI Peduli yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan Indonesia melalui kegiatan promotif dan preventif. Hasil dari program ini telah dialokasikan kepada pihak KuIS, Care Indonesia - Makasar dan Program 1200 jamban di desa Kutawis Purbalingga. b. Ekonomi, banyak orang memilih sabun Lifebuoy bukan hanya karena harganya yg relative terjangkau tetap juga karena keunggulan sabun tersebut untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat pada umumnya. Dari sini terlihat bahwa untuk menjaga kesehatan yg merupakan bagian penting dalam kehidupan tidaklah harus mahal, salah satunya yaitu menggunakan sabun Lifebuoy. c. Sosial-Budaya, Selama 110 tahun lebih dalam sejarahnya lifebuoy selalu merajai bidang kesehatan melalui kebersihan. Hal yang utama bagi lifebuoy adalah Janji perlindungan dan komitmennya untuk mendukung kehidupan melalui perlindungan yang lebih baik ± Lifebuoy, suatu jaminan perlindungan jika anda merasa terancam. Sebagai contoh, kampanye yang dilakukan pada tahun 1930-an di AS diberi judul ³Mencuci tangan membantu menjaga

Sri Lanka. Bangladesh. Bentuk yang baru membuat sabun itu mudah digenggam dan digunakan.15 . Kondisi Persaingan Produk a.97 Giv 14. mendorong penggunaan sabun Lifebuoy untuk membunuh kuman di tangan yang dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Indonesia dan Vietnam. telah terjadi perubahan besar pada sabun batangan klasik Lifebuoy untuk menjamin agar sabun tersebut memberikan perlindungan kebersihan yang lebih jauh lagi dan pengalaman mencuci yang menyehatkan dan semakin menyenangkan bagi miliaran konsumennya. d. Market Share Lifebuoy 37. 2.09 Cussons 2. semenjak tahun 2000.72 Nuvo 9. Pakistan. b. Tim Lifebuoy telah mengembangkan suatu formula baru yang memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kuman dan menimbulkan busa yang kaya pada kulit. Gambaran Umum kondisi Pasar dan Persaingan Pasar sabun Lifebuoy dari dulu selalu yg terbesar.35 Lux 25.64 Medicare 3.08 Lainya 7. dengan program pendidikan kebersihan Lifebuoy yang terus berlangsung di negara-negara termasuk India. Bentuk batu bata merah keras klasik sabun Lifebuoy telah digantikan dengan bentuk Lifebuoy signature yang baru. Aroma Lifebuoy yang khas seperti obat dan karbol telah digantikan dengan wewangian kesehatan yang lebih menyenangkan dan modern. Teknologi. ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pesaing dari jenis sabun kesehatan yg lain tetapi sabun Lifebuoy tetap menjadi pemimpin pasar.kesehatan´. Kampanye yang sama terus berlanjut hingga saat ini.

57 Nuvo 10.c.84 Lux 30. Informasi Produk a. d. Varian Produk : a.92 3. Sabun Lifebuoy menempati posisi pertama dalam Top of Mind sabun pada umumnya terlebih pada sabun kesehatan. Top of Mind Sabun Lifebuoy merupakan Market Leader dari market sabun keseluruhan. Lifebuoy Actifresh d. Lifebuoy 34.3 Cussons 1. e.2 Lainya 6. Lifebuoy Mildcare c. Produk meliputi: 1) Jenis Produk : Sabun 2) Merk Produk : Lifebuoy 3) Konsep Produk : Sabun Kesehatan 4. Mereka (konsumen) akan memilih produk yg memang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan masyarakat salah satu contohnya yaitu sabun Lifebuoy. Lifebuoy Total Protect . Lifebuoy Naturepure b.08 Medicare 2. Persepsi Konsumen terhadap Lifebuoy Persepsi sabun Lifebuoy sudah sangat melekat di masyarakat sebagi sabun kesehatan. Perilaku Pembelian Konsumen Konsumen sekarang sudah lebih kritis dalam memilih produk yg akan di beli/digunakan.09 Giv 14.

790 (lokasi superindo. Weaknes Bentuknya yg batang masih merupakan nilai negative dari produk ini. DETTOL dan ASEPSO yg kesemuanya merupakan sabun kesehatan sehingga Lifebuoy mempunyai peluang yg tinggi diantara produk-produk sejenis. 400 sekolah dasar di empat kota tersebut serta 50 Posyandu di Jakarta. methylisothiazolinone. tomang tol. Bandung. ethane hydroxyl diphosphonuc acid. belum lagi Lifebuoy mempunyai persepsi sebagai sabun kesehatan yang peduli terhadap lingkungan (kesehatan masyarakat) . hyper market. Bentuk Kemasan : Kotak 6. perfume. Harga : semua varian dijual dengan harga Rp. tetranatrium EDTA. triclocarban. dan warung-warung kecil 9. Analisis SWOT Strenght Sabun kesehatan identik dengan aroma yang seperti obat dan karbol tetapi Lifebuoy beda. sodium carbonate. Promosi yg pernah dilakukan: melalui iklan televisi. Surabaya dan Yogyakarta. pentasodium pentetate. Opportunity Lifebuoy bermain dipasar sabun kesehatan yg berada ³diatas´ NUVO. radio serta iklan luar ruang. helianthus annuus (sunflower) seed oil. disodium distryrylbiphenyl disulfonate. dan MEDICARE dan ³dibawah´ ANTIZEPTIC. methylchloroisothiazolinone. Lifebuoy beraroma wewangian kesehatan yg lebih menyenangkan dan modern. sodium chloride. karena sekarang sudah banyak beredar jenis sabun cair yg lebih mudah digunakan dan lebih praktis.5. super market. glycerin. 10. titanium dioxide. kalimalang) 8. glyceryl laurate. sodium C12-C18 alkyl sulfate. water. Traditional Market : pasar tradisional. agen. Kegiatan-kegiatan : 1) Kampanye Lifebuoy Berbagi Sehat ± ´Ayo cuci tangan dengan sabun´ dilaksanakan di empat kota besar. 7. sodium palm kernelae. Jakarta. curcuma aromatica (root) oil. 1. Kandungan/isi kemasan dan benefit produk : Sodium palmate. Distribusi : Modern Market : mini market.

sehingga hanya sedikit dari total konsumsi sabun di pasar yg memilih Lifebuoy. Demografi : Laki & perempuan. SES B C D. status single ataupun menikah b.Treath Karena bermain di pasar sabun kesehatan. umur 20 ± 50 tahun. ‡ Kedepannya kemasan Lifebuoy jg harus sering diperbaharui supaya konsumen tidak jenuh dengan kemasan yg sudah ada. Tujuan Pemasaran Meningkatkan penjualan sekaligus mempertahankan market leader di pasar sabun 12. semua jenis pekerjaan. gaya hidup modern. mementingkan kesehatan d. Geografi : Urban dan Sub Urban c. 11. ‡ Membuat kemasan baru. semua tingkat pendidikan. Karena berpikir bahwa kesehatan no 1 . 14. 13. Belum lagi dengan banyaknya jenis sabun yg beredar di pasar yg selalu merupakan ancaman bagi Lifebuoy. Target Audience a. Tujuan Periklanan ‡ Lifebuoy menempatkan produk sebagai produk sabun kesehatan yg bermanfaat bagi seluruh keluarga. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran sabun-sabun berbentuk cair dan sabun kecantikan merupakan suatu hal yg dapat mengurangi target penjualan prduk Lifebuoy. Behavioral : condong untuk membeli sabun kesehatan daripada jenis sabun yg lain. Permasalahan Periklanan ‡ Lifebuoy harus lebih gencar lagi dalam masalah promosi untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat tentang arti penting kesehatan yg bisa dimulai dengan mandi/cuci tangan menggunakan sabun kesehatan. Psikografi : motivasi untuk sehat.

The Support ‡ Tim Lifebuoy telah mengembangkan suatu formula baru yang memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kuman dan menimbulkan busa yang kaya pada kulit. What to say : sabun anti kuman 18.2% Triclocarban. 16. ‡ Mengandung bahan anti kuman: 0. ‡ Tim Lifebuoy juga berfokus pada pendidikan dasar agar masyarakat dapat mengerti dan menjalankan tata cara hidup sehat. What to say : no kuman. Nama Merk : Nuvo b. Salah satunya program ´Ayo cuci tangan dengan sabun´ . a. a. ‡ Terbukti melalui tes laboratorium menambah perlindungan yg tahan lama dari kuman penyebab bau badan. Tagline : Sabun kesehatan keluarga modern c. 17. happy 2. Competitor 1. Tagline : Sabun kesehatan c.15 Orientasi Strategi Consumer Oriented karena di dalam iklan Lifebuoy yg ditonjolkan bukan produknya tetapi manfaat dari penggunaan sabun Lifebuoy untuk cuci tangan bagi masyarakat. ayo cuci tangan dengan sabun 19. What to Say Lifebuoy berbagi sehat. Respon yg diharapkan oleh iklan ‡ Tim Lifebuoy terus berusaha menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan yaitu dengan program penyediaan fasilias sanitasi dan pengadaan jamban supaya masyarakat akan tergerak untuk membuatnya sekaligus merawatnya.versi ³berbagi sehat´ (terima=kasih). Nama Merk : Medicare b.

memberikan kesegaran setelah latihan  Dirancang untuk tubuh aktif  Dengan antibakteri .20. Sport  Dengan formula anti bau yang membersihkan semua keringat. Dari sini akan didapat persepsi dari masyarakat bahwa Lifebuoy peduli terhadap kesehatan dan lingkungan tempat tinggal mereka. Varian Produk a. Ini adalah salah satu dari "sabun antiseptik" pertama dan segera menjadi identik dengan mengurangi infeksi kulit. SABUN ASEPSO Asepso Sabun pertama kali dikembangkan oleh Edward Cook Perusahaan di London. mengurangi bakteri pada kulit. Gentle  Cocok digunakan untuk semua anggota keluarga yang memberi Anda kesegaran selama dan setelah penggunaannya  Untuk pembersihan kulit  Dengan antibakteri b. Penjualan di seluruh dunia sampai saat ini lebih dari 8 miliar bar. 1. Strategi Kreatif Iklan yg digunakan Yang ditonjolkan disini adalah cuci tangan pakai sabun (berbagi sehat) adalah untuk mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan yaitu salah satunya dengan mencuci tangan. Inggris pada abad ke-19. Green Apple  Untuk kesehatan yang baik dari semua anggota keluarga selama dan setelah penggunaannya  Aroma Fruity untuk menyegarkan kulit anda  Dengan antibakteri c.

Kami menyebutnya mikro-organisme berbahaya "kuman". Singapura. Pakistan. Oman. Untuk meminimalkan risiko infeksi kita perlu mengurangi paparan terhadap kuman. Indonesia. Tapi pasti mikro-organisme dapat menimbulkan bahaya kesehatan yang nyata. Distribusi Asepso telah memperoleh kehadiran yang kuat di Asia. Kebanyakan mikroorganisme kita bersentuhan dengan selama hidup kita sehari-hari tidak berbahaya. Beberapa bahkan membuat kita sehat. yang lain menimbulkan rasa tidak nyaman.d. Dalam 30 tahun terakhir. beberapa bau menyebabkan tubuh tidak menyenangkan. Selama bertahun-tahun orang telah mengakui manfaat menggunakan sabun antibakteri khusus sejak awal 1900-an. Kebersihan umumnya dipahami sebagai 'pencegahan infeksi di tempat-tempat pribadi melalui kebersihan. Tips Higienis Kita terus-menerus terkena mikro-organisme. Tidak semua kuman penyebab penyakit. sudah ada peningkatan besar dalam permintaan untuk semua jenis produk antibakteri. yang baik dan buruk. . Afrika dan Timur Tengah. 3. Dalam istilah ilmiah kebersihan adalah pemeliharaan kesehatan dan hidup sehat. Refresh  Menyegarkan dengan antibakteri  Bermanfaat melawan biang keringat  Melembutkan kulit Anda 2. Iran. Malaysia. Infeksi disebabkan oleh kuman (mikro-organisme) yang di-gilirannya dapat menyebabkan penyakit atau bahkan kematian. Thailand.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful