TANAMAN PAKU D I S U S U N OLEH : Kelompok 1 1. Nidiya Likatian 2. Muthia Amalia 3. Iis Melinda Sari 4. Ganda Reza .O 5.

Rizky Juliana Putri 6. Fadhila Ulpa 7. Juuainita Pratama Kelas : 10.5 Tugas Biologi
Tumbuhan Tumbuhan Paku ( Pteridophyta)

yaitu paku yang menghasikan spora yang berbeda jenis dan ukuran. Tumbuhan paku ada yang mengandung spora ada yang tidak. Tiap sorus terdiri dari banyak kotak spora ( sporangium ) yang dilindungi oleh penutup ( indusium ). karena bagian tubuh sudah dapat dibedakan akar. Daun paku yang mengandung spora dinamakan daun fertil ( sporofil ). ). Spora akan membentuk protaium berbentuk jantung yang merupakan fase gametofit.Pembentukan tunas dilakukan oleh Asplenium . dan daun 3. Yang tidak mengandung spora dinamakan daun steril ( tropofil ). dan paku sarang burung ( Asplenium sp ) . Heterospor. 3. Homosfor / isosfor. Paku Peralihan. yaitu paku yang menghasilkan spora satu jenis dengan besar sama. Termasuk tumbuhan Kromofita. Paku tanduk rusa ( Platycerium sp ). yaitu paku yang menghasilkan spora bentuk dan ukurannya sama tetapi sebagian berkelamin jantan dan betina Contoh : Paku ekor kuda ( equisetum ) Fungsi Tumbuhan paku untuk kehidupan manusia : . batang. Contoh Paku : paku rene ( selaginela ) dan semanggi. Contoh : Paku kawat ( Licopodium ) 2. Merupakan Tumbuhan berpembuluh ( Tracheophyta ) yang paling sederhana yaitu memiliki xylem dan floem 2. Pengertian Tumbuhan paku Tumbuhan paku Adalah = B. Tumbuhan paku ada yang berkembang biak secara aseksual yaitu secara : . Paku berukuran kecil ( mikrospora ) berkelamin jantan. Hidup di tempat lembab dan berjumlah sangat banyak serta dapat hidup secara epifit ( menempel ) 4. Di bawah sporofil terdapat banyak bu?tan kecil yang di sebut sorus ( bentuk jamaknya sari ).Sebagian tanaman Hias Contoh : Suplir ( Adiantum sp. Ciri – Ciri Tumbuhan paku 1.Fragmemtasi dilakukan oleh pteredium . sedangkan spora yang besar ( makrospora ) berkelamin betina.Apembektukan Umi batang dilakukan ole semanggi Pengelompokan paku berdasarkan jenis spora yang dihasilkan antara lain : 1.A.

.Sebagai bahan bangunan Contoh : Paku tiang .Sebagai bahan obat Contoh : Paku kawat .Sebagai sayuran Contoh : Semanggi dan paku tiang .Sebagai Pupuk Contoh : azzola pinata .