Rentabilitas Ekonomi dan Modal Sendiri

PENGGUNAAAN DANA • Gambaran Umum Metode penggolongan penggunaan dana ini dibagi menjadi 2 yaitu : 1. Penggunaan jangka pendek : sebagai aktiva lancar. 2. Penggunaan jangka panjang : sebagai aktiva tetap. Penggunaan Dana Jangka Pendek( aktiva lancar) t 1. Kas Sejumlah dana yang ada didalam perusahaan diwujudkan dalam bentuk kas, terutama untuk membayar gaji dan rekening-rekening lainnya. Dalam pengelolaan kas terdapat suatu prinsip umum yang harus dipegang oleh manajer.Prinsip tersenut adalah meminimumkan jumlah kas yqang diperlukan untuk kegiatan perusahaan. • Anggaran kas Tanggung jawab manajer dalam pengelolaan aliran kas perusahaan meliputi : - Membuat kepastiaan bahwa kas selalu tersedia bilamana diperlukan. - Memanfaatkan kas untuk memaksimumkan pendapatan bunga. Untuk menunjang tujuan-tujuan tersebut,perlu di buat anggaran kas yang memperlihatkan penerimaan dan pengeluarannya. 1. Surat-surat berharga Manajer keuangan yang sedang memeliharakeseimbangan antara likuiditas dan profibilitas ( kemampuan untuk mendapatkan laba) mempunyai alternatif untuk cenderung memegang jumlah kas yang lebih besar,ia dapat menginvestasikan kas tersebut ke dalam surat-surat berharga yang dapat menghasilkan bunga.Salah satu jenis surat berharga yang banyak beredar di Indonesia adalah sertifikat deposito (certificates of deposito). 1. Piutang Piutang sering terjadi dari adanya penjualan secara kredit kepada pembeli yang jumlahnya dapat mencapai 20% dari seluruh aktiva. 1. Persediaan • Penggunaan Jangka Panjang Untuk perusahaan manufaktur,sebagian investasinya pada umumnya diwujudkan dalam bentuk aktiva tetap. Aktiva tetap dapat berupa: 1. Tanah yang dimiliki oleh perusahaan merupakan aktiva tetap dengan jangka waktu yang tidak terbatas. 2. Bangunan yang dimiliki oleh perusahaan harus ditentukan umurnya. 3. Peralatan yang dimiliki oleh perusahaan berupa mesin,alat angkut dalam pabrik,dan peralatan lain yang dipakai dalam produksi. • Analisis Investasi Aktiva Tetap

penjual. Menggunakan dana ekstern dengan mencari pinjaman/kredit 4.Penggunaan cadangan . Berasal dari luar perusahaan (pembelanjaan ekstern) – Dana dari pemilik/peserta – Dana dari untang/ pinjaman • Pemilihan sumber dana Beberapa alternatif yang dapat dipilih dalam mengatasi masalah pemilihan sumber dana yaitu : 1. Berasal dari dalam perusahaan(pembelanjaan intern) yang meliputi: .kredit dari negara lain.kredit bank.Terdapat 3 metode analisis investasi yaitu : a.obligasi.Penggunaan laba perusahaan . Masalah time value of money dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu: 1.pembeli.dan askep. Kredit jangka pendek : jangka waktunya tidak lebih dari 1 tahun. Menggunakan dana ekstern dengan menjual saham dan mencari pinjaman 5. Yang termasuk dalam kredit jangka panjang adalah hipotik. 2. Metode net present value ( NPV ) b. Nilai uang yang akan dating 3.belening. Nilai uang pada saat ini ( present value ) 2. Metode Pay off period ( POP) NPV dan IRR dalam penerapannya dipakai konsep time value of money. Tingkat bunga ( tingkat rate of return) SUMBER DANA • 1. Menggunakan dana intern saja 2. Metode internal rate of return ( IRR ) c. 1.Yang termasuk kredit jangka pendek adalah kredit rekening koran.Dan pada umumnya kredit digolongkan menjadi 2 kelompok yaitu: 1. Kredit jangka panjang: jangka waktunya lebih dari satu tahun. Menggunakan dana ekstern dengan menjual saham 3.Penggunaan laba yang tidak dibagi atau di tahan 2.wesel. Menggunakan dana intern dan ekstern • Sumber dana intern Cara yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan dana perusahaan adalah dengan carqa mengambil dana yang sudah tersedia diperusahaan. • Sumber dana Eksten Sumber dana ekstern dapat berasal dari modal sendiri dan kredit. Macam-macam sumber dana Sumber dana perusahaan dapat dibagi menjadi 2 golongan besar : .Modal sendiri dalam bentuk saham.

Mampu membayar utang-utangnya pada saat ditagih.dengan mencari current ratio dan quick ratio : Current Ratio = Aktiva Lancar / Utang Lancar .. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansialnya setiap saat. Collateral : setiap kredit yang diterima perusahaan harus dijamin dengan harta tetap. • Likuiditas Dan Solvabilitas 1. Mampu membiayai operasi perusahaan sehari-hari.kemampuan ini disebut likuiditas perusahaan. Bunga kredit jangka panjang 2. Jangka Kritis Kriteria yang dipakai untuk menentukan menggunakan kredit jangka pendek atau jangka panjang ada 2 macam : 1.14 A yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan tujuan membantu pengusaha golongan ekonomi lemah. Bunga simpanan bank 3. 2. 2. Kewajiban-kewajiban yang harus dapat dipenuhi oleh perusahaan ada dua macam yaitu: 1. Jangka Kritis 2. • Kredit Kelayakan Keputusan presiden (kepres) no. Beban Bunga • Kredit Lembaga Keuangan Kredit yang diajukan oleh perusahaan akan disetujui apabila perusahaan tersebut dianggap ”layak” untuk diberi. Bunga kredit jangka pendek Beban bunganya lebih besar daripada beban bunga kredit jangka panjang 1. Capital : untuk mendapatkan kredit perusahaan sekurang-kurangnya harus memilki modal sebesar 25 % dari jumlah kredit. 3. 3. Character : sebagai sifat dari pimpinan perusahaan karena diolah yang bertanggung jawab terhadap pengembalian kredit. Jangka waktu pemakaian modal 4.Kredit kelayakan diberikan kepada mereka dengan dasar kepres tersebut.• Optimisasi Modal Untuk menentukan apakah sebaiknya mengambil kredit jangka panjang atau kredit jangka pendek. 4.perusahaan harus mengambil faktor-faktor berikut ini : 1.Hal ini harus dibuktikan dengan suatu studi kelayakan ( feasibility study ) dan syarat-syarat lain yang biasa disebut dengan 4 C yaitu : 1.kemampuan ini disebut likuiditas badan usaha. Capability : untuk mengangsur atau mengembalikan pinjaman dan membayar bunga. Untuk menentukan likuiditas dapat menggunakan 2 rumus.

Apabila rentabilitas ekonomis lebih besar dibandingkan dengan tingkat bunga modal asing. Rentabilitas modal sendiri Rentabilitas modal sendiri merupakan kemampuan untuk menghasilkan laba dari sejumlah modal sendiri yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.sebab rentabilitas modal sendiri akan lebih besar dibandingkan apabila menggunakan modal asing. Saham perusahaan dapat dibedakan kedalam 2 golongan. Rentabilitas Ekonomis Rentabilitas ekonomis merupakan kemampuan untuk menghasilkan laba dari keseluruhan modal .maka lebih baik digunakan modal asing. Insolvabel • – likuid – likuid – illikuid – illikuid Rentabilitas Rentabilitas adalah kemampuan menghasilkan laba dari sejumlah dana yang dipakai untuk menghasilkan laba tersebut. PASAR SURAT-SURAT BERHARGA DAN PASAR MODAL • • Saham Saham merupakan tanda penyertaaan didalam perusahaan.perusahaan mempunyai beberapa kemungkinan : 1. piutang. surat-surat berharga.yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.lebih baik menggunakan modal sendiri. Insolvabel 3. Ada 2 macam rentabilitas yaitu: 1.baik modal asing maupun modal sendiri. Dapat menggunakan rumus : RE = ( Lk / (MA+MS)) * 100 % 1. Dapat menggunakan rumus : RMS = (Lb / MS) * 100 % Rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri mempunyai kaitan yang sangat erat. Beberapa Kriteria yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan itu adalah : Apabila rentabilitas ekonomi lebih kecil dari tingkat bunga modal asing. yaitu : 1.sebab rentabilitas modal sendiri akan lebih besar dibandingkan apabila digunakan modal sendiri. persediaan barang.Rumus untuk menentukan solvabilitas : Solvabilitas = Total Aktiva / Total Utang Dengan demikian. Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk membayar semua utang-utangnya pada saat perusahaan dilikuidasi/dibubarkan. Solvabel 4. 1. Yang termasuk dalam aktiva lancar yaitu :kas. ditinjau dari likuiditas dan solvabilitas.dan saling mempengaruhi dalam setiap keputusan yang diambil. Solvabel 2. bank. Saham Biasa ( common stock ) .Quick Ratio = (Aktiva Lancar – Persediaan) / Utang Lancar Aktiva lancar adalah kekayaan perusahaan yang dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai.

yaitu obligasi yang di keluarkan oleh perusahaan umum. Sifat-sifat obligasi : dapat diperjual-belikan. Hak-hak istimewa yang ada pada pemegang saham prefern ini adalah : 1. Saham Preferen ( preferent stock) Merupakan bentuk pemilikan dengan hak istimewa. yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jenis-jenis obligasi : Semua obligasi yang ada dapat digolongkan kedalam berbagai jenis dengan mendasarkan pada berbagai faktor. Convertible bond . Obligasi dengan jaminan Jenis-jenis obligasi tersebut. Callabel bond 4.Merupakan bentuk pemilikan tanpa hak istimewa.yaitu : 1. terdapat jangka waktu yang pasti.antara lain : 1. 3. 2. terdapat kewajiban untuk membayar bunga.perusahaan jawatan. masih dada jenis lain. 1. Pembagian deviden yang didahulukan 2. Pembagian kekayaan yang didahulukan • Obligasi Obligasi merupakan surat perjanjian utang yang sengaja dikeluarkan oleh perusahaan sebagai salah satu sumber dana ekstern. dan perseroan terbatas. Obligasi perusahaan. terdapat kewajiban untuk mengembalikan pokok pinjamannya. Pembagian deviden kumulatif 3. Obligasi tanpa jaminan 2. Sesuai dengan pihak yang mengeluarkan : 1. Registered bond 3. Sesuai dengan karakter jaminan : 1.para pemilik akan memperoleh pembagian keuntungan (dalam bentuk deviden) hanya apabila perusahaan memperoleh laba. Coupon bond 2. Artinya. Obligasi umum.