Hak dan hubungan perawat, pasien, keluarga pasien,tim dokter dan petugas kesehatan lainnya

moralitas dan legalitas .Pengertian Hak adalah tuntutan seseorang terhadap sesuatu yang merupakan kebutuhan pribadinya sesuai dengan keadilan.

Hak dapat digunakan untuk menyelesaikan perselisihan. Seseorang sering kali dapat menyelesaikan suatu perselisihan dengan menuntut hak yang juga dapat diakui oleh orang lain.Peranan hak Hak dapat digunakan sebagai pengekspresian kekuasaan dalam konflik antara seseorang dengan kelompok Hak dapat digunakan untuk memberikan pembenaran pada suatu tindakan. .

Jenis-jenis hak Hak terdiri dari 3jenis yaitu : Hak-hak kebebasan Hak-hak kesejahteraan Hak-hak legislative .

Hak-hak pasien atau klien Kebutuhan atas hak klien merupakan perluasan dari 2 keadaan berikut ini : A. B. . kerentanan klien terhadap penyakit kompleksitas hubungan dalam tatanan asuhan keperawatan.

sehubungan dengan kesehatan  hak untuk memperoleh catatan medis. baik selama dan sesudah dirawat di rumah sakit .HakHak-hak yang di nyatakan dalam fasilitas asuhan kesehatan ( annas dan healey. 1974 Terdiri dari 4 kategori yaitu :  hak kebenaran secara menyeluruh  hak privasi dan martabat pribadi ( kerahasian dan keamanan )  hak untuk memelihara pengambilan keputusan untuk diri sendiri.

3. konsultasi dan pengobatan yang dilakukan dengan cermat dan di rahasiakan. pasien mempunyai hak untuk mempertimbangkan dan menghargai asuhan kesehatan atau keperawatan pasien berhak memperoleh informasi lengkap dari dokter pasien berhak untuk menerima informasi penting dan memberikan sesuatu persetujuan tentang di mulainya suatu prosedur pengobatan pasien berhak untuk menolak pengobatan sejauh di izinkan oleh hukum dan di informasikan tentang konsekuensi tindakan yang akan di terimanya. 2. 5. 4.Pernyataan hak-hak pasien hak1. pasien berhak mengetahui setiap pertimbangan dari privasinya yang menyangkut program asuhan medis. .

hak memperoleh asuhan kesehatan sesuai standar professional tanpa memandang tatanan kesehatan yang ada.SS hak memperoleh informasi tentang diagnosis penyakitnya. termasuk alternative asuhan yang diberikan. 3 . kebangsaan. jenis kelamin. pengobatan. derajat dimasyarakat. 2. 1. prognosis.warna kulit. hak untuk diperlakukan secara sopan dan santun.National League For Nursing (1997) meyakini bahwa hak-hak pasien adalah sebagai berikut. serta keramahan dari perawat yang bertugas tanpa membedakan ras. risiko yang mungkin terjadi agar pasien dan keluarganya memahami dan dapat memberikan persetujuan atas tindakan medis yang akan dilakukan terhadapnya. politis dan sebagainya.

Hak Perawat 1. 3. 4. perawat berhak untuk mendapatkan informasi lengkap dari pasien/klien atau keluarganya. 2. . perawat berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas. perawat berhak mengembangkan diri. perawat berhak untuk menolak keinginan pasien/klien yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

4. 6. Hak berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan yang berpengaruh terhadap perawatan. Hak mendapatkan lingkungan kerja dengan stres fisik dan emosional serta risiko kerja yang seminimal mungkin. . Hak untuk melakukan praktik-praktik profesi dalam batasbatas hukum yang berlaku.HahHah-hak perawat menurut Claire Fagin (1975) 1. Hak memperoleh martabat dalam rangka mengekspresikan dan meningkatkan dirinya. Hak menetapkan standar yang bermutu dalam perawatan yang dilakukan. Hak memperoleh pengakuan sehubungan dengan kontribusi 3. 2. Hak untuk berpartisipasi dalam organisasi sosial dan politik. 7. 5.

Hak individu yang cacat fisik dan mental Termaksud kelompok ini adalah mereka yang tidak mampu meyakinkan dirinya baik menyeluruh maupun sebagian atas kehidupan social atau perorangan secara normal. . sebagai akibat adanya kekurangan fisik ataupun mental baik yang bersifat congenital atau didapat. Hak-hak ini harus di nikmati oleh mereka yang termaksut kelompok ini tanpa ada perbedaan.

hak untuk mengekspresikan perasaan dan emosinya sehubungan dengan kematian yang sedang dihadapinya sesuai dengan kepercayaannya. hak untuk mendapatkan perawatan yang dapat mempertahankan harapannya. 4 5 . tidak peduli apapun perubahan yang terjadi.Hak individu yang akan meninggal 1 2 3 hak diberlakukan sebagaiman manusia hidup sampai ajal tiba hak untuk mempertahankan harapanya. apapun perubahan yang terjadi. hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan perawatan.

mereka berhak atas standar hidup yang layak keamanan dari segi ekonomi. mereka berhak mendapatkan asuhan medis yang tepat.pendidikan.fisioterapi. rehabilitasi. 3 . latihan. mempunyai hak yang sama sebagai manusia lainnya.Hak individu retardasi mental 1 2 mereka berhak atas tingkat yang maksimum dari kemampuanya. dan bimbingan yang memungkinkan kemampuan dan potensinya yang maksimal.

.Hak-Hak Individu lansia Termasuk kelompok lansia adalah orang yang berusia lebih dari 65 tahun. Seseorang yang berusia lebih dari 65 tahun pada umumnya tidak dapat melanjutkan kegiatan dan minatnya sebagaimana mestinya karena terjadinya perubahan.perubahan fisiologis.

.Hak-Hak Anak    Anak berhak mendapatkan perlindungan fisik maupun mental sejak dalam kandungan sampai dengan lahir an sesuai dengan perkembangannya. Anak berhak untuk dihargai bagaimanapun keberadaannya secara fisik maupun mental. Anak berhak memperoleh kasih sayang dari kedua orang tuanya dan anggota keluarga yang lain.

b. c.Pola hubungan kerja perawat dalam mekaksanakan praktik profesional Hubungan kerja perawat dengan pasien/klien Hubungan kerja perawat dengan sejawat Hubungan kerja perawat dengan profesi lain yang terkait Hubungan kerja perawat dengan institusi tempat perawat bekerja a. d. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful