VISUAL BASIC 6.

0

A. Pengantar Visual Basic 6.0
Visual basic 6.0 adalah program penghasil aplikasi yang bekerja pada sistem operasi windows 95 (minimal) dan windows NT.

Gambar 1. Tampilan VB 6.0

toolbox

form Window form layout

Project explorer

Window properties

Nyoman Sugihartini

Page 1

Form Form adalah bahan untuk membuat window aplikasi. Window ini berperan sebagai media interaksi antara program dengan pemakai program visual basic 6.0. Tampilan Form Nyoman Sugihartini Page 2 .B. Gambar 2.

akan memiliki kontrol yang sangat banyak. Kontrol terletak pada toolbox. Pada program-program yang besar. Kontrol Kontrol adalah beberapa atribut yang digunakan dalam pembuatan program.C. pointer Picture box Text box Command button Option button List box label frame Check box Combo box HSscrollbar timer Dirlistbox shape image OLE VScrollbar Drivelistbox Filelistbox line Data Nama kontrol Combo box Check box Command button Directory list box Drive list box File list box frame form grid Kode Cbo Chk cmd dir drv fil fra frm grd Nama kontrol List box Menu Module OLE Option button Picture box Resource Shape Timer lst Kode mnu mod ole opt pic res shp tmr Nyoman Sugihartini Page 3 .

2. Nyoman Sugihartini Page 4 . hanya saja yang di klik adalah control textbox. Kursor akan berubah menjadi tanda panah. Biasanya digunakan untuk memberi keterangan. kemudian lakukan dengan mendrag. Untuk membuat label. Pembuatan textbox hampir sama dengan label. Untuk mengubah berbagai atribut pada label. klik kontrol label pada toolbox kemudian letakkan kursor di atas form. Label Label adalah kontrol yang paling sederhana.Horizontal scroll bar image hsb img Text box User-defined data type txt typ label line lbl lin Vertical scroll bar vsb Berikut contoh penggunaan beberapa control yang umum digunakan adalah: 1. bisa dilakukan pengaturan pada bagian property. Text box Kontrol berfungsi untuk menampung masukan pemakai.

Nyoman Sugihartini Page 5 . maka program akan menganalisa pilihan tersebut dan membuat keputusan sebagai tanggapan atas pilihan program tersebut. check box Checkbox bertugas menyediakan banyak pilihan kepada pemakai. command button Kontrol ini adalah yang paling banyak digunakan.3. 4. Jika pemakai telah melakukan pilihan. yaitu untuk menjalankan perintah-perintah tertentu.

Hanya saja. option buttons Option button juga berguna untuk melakukan pilihan. Nyoman Sugihartini Page 6 . 6. agak berbeda dengan checkbox. control frame berfungsi untuk mengelompokkan control. Jika ingin melakukan pilihan lebih dari satu. option button hanya dapat melakukan satu kali pilihan saja.5. maka digunakan kontrol frame untuk mengelompokkan option buttons. frame Seperti yang teah dijelaskan sebelumnya (pada penjelasan option buttons).

namun pemakai tidak bisa menambahkan pilihan tersebut. Nyoman Sugihartini Page 7 . Dengan kata lain. Namun hanya satu tampilan yang dimunculkan.7. hampir sama dengan check box dan option buttons. 8. list box list box adalah kontrol yang bisa digunakan untuk memberikan pilihan kepada pemakai. list box akan mennampilkan beberapa pilihan dalam bentuk list. Kontrol ini hampir sama dengan listbox tetapi tidak semua pilihan ditampilkan. combo box combo box berfungsi untuk memberikan pilihan kepada pemakai.

D. Yang perlu dilakukan adalah mengatur property Visible agar tidak aktif. yaitu Pull-Down Menu dan Pop up menu. Klik ganda form. Nyoman Sugihartini Page 8 . Bukalah proyek menu pull down menu. misalnya berjudul Operasi dan bernama mnuOperasi. Event yang dipakai adalah MouseDown Button = 2. 4. Berikut contoh pull-down menu. Berikut contoh pop up menu. 3. lalu menggunakan metode PopupMenu untuk memanggil menu yang tidak visible tersebut. aktifkan menu editor/ 2. Menu ada 2 jenis. 1. Kemudian buatlah item Copy. kode editor akan tampil. Pilihlah event MouseDown lalu tuliskan kode berikut. Klik OK. Lalu klik property Visible sehingga tanda centang hilang. Menu editor tertutup. Buatlah menu baru. 5. yaitu klik kanan mouse. Menu Menu adalah kumpulan perintah yang dikelompokkan menurut kesamaan prosesnya. Membuat pop up menu hanya berbeda sedikit dari pembuatan menu utama. Langkah –langkahnya adalah sebagai berikut. Paste dan Exit.

Shift As Integer. X As Single.Private Sub Form_MouseDown(Button As Integer. Tambahkan kode berikut. Nyoman Sugihartini Page 9 . lalu aktifkan event click. Y As Single) If Button = 2 Then PopupMenu mnuOperasi End Sub 6. Jalankan program dan lihat hasilnya. Private Sub mnuOperasiExit_Click() Unload Me End Sub 7. Pada kode editor. aktifkan mnuOperasiExit.

"Tanggapan" End Sub 3. Membuat kotak pesan Kotak pesan berfungsi untuk menampilkan pesan. Langkah-langkah : 1. yang bias digunakan untuk menghasilkan berbagai tombol dan icon seperti tercantum pada table berikut. Tulisakan sintak berikut pada button tersebut Private Sub Command1_Click() MsgBox "terima kasih karena anda sudah mencoba program sederhana ini". Buatlah sebuah form yang berisi sebuah commandbutton “Tampilkan Pesan” 2. Contoh Program sederhana 1. Kemudian cobalah programnya Ada 13 jenis parameter (cara penentuan jenis tombol).E. Nyoman Sugihartini Page 10 . vbInformation.

Cancel Defaultnya adalah tombol pertama Defaultnya adalah tombol kedua Defaultnya adalah tombol ketiga Icon kritis Icon pertanyaan Icon peringatan Icon informasi 2.Parameter vbOKOnly vbOKCancel vbAbortRetryIgnore vbYesNoCancel vbYesNo vbRetryCancel vbDefaultButton1 vbDefaultButton2 vbDefaultButton3 vbCritical vbQuestion vbExclamation vbInformation Nilai 0 1 2 3 4 5 0 256 512 16 32 48 64 OK Tombol atau icon OK dan Cancel Abort. No. Membuat angket pengisian umur Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Cancel Yes. Form yang pertama berisikan sebuah button seperti berikut ini. ignore Yes. Buatlah dua buah form. Nyoman Sugihartini Page 11 . 2. No Retry. 1. retry.

Text Text4.Show End Sub 5. Tuliskan perintah sebagai berikut. Kembali ke form pertama.Text = Text1. Dengan desain form sebagai berikut. command button dan beberapa text. pada button “OK” tuliskan perintah berikut Private Sub Command1_Click() Text3.Text End Sub Nyoman Sugihartini Page 12 . Private Sub CmdBukaIsiAngketumur_Click() Form2.Text = Text2. Kemudian pada form kedua. 4. Kemudian Form yang kedua berisi beberapa label.3.

Hasilnya adalah seperti berikut. tuliskan perintah sebagai berikut.Dan pada button cancel. 7. Nyoman Sugihartini Page 13 . Jalankan program. Private Sub Command2_Click() Unload Me End Sub 6.

Nyoman Sugihartini Page 14 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful