P. 1
etika lingkungan

etika lingkungan

|Views: 108|Likes:
Published by Firda Falasifah

More info:

Published by: Firda Falasifah on Mar 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2011

pdf

text

original

ETIKA LINGKUNGAN

Disusun untuk memenuhi tugas Pendidikan Lingkungan Hidup

Dosen Pengampu: Dra. Sutji Wardhayanti

Oleh: Honi Komala Hidayasya Ikhfa Arsy Firdha Falasifah Halimatul Zumroh Sukarno (1401410035) (1401410055) (1401410097) (1401410170) (1401410183)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

yaitu antara manusia dengan manusia yang mempunyai dampak pada alam. Etika merupakan ajaran yang berisikan perintah dan larangan tentang baik buruknya perilaku manusia. yaitu apa yang dianggap baik dan penting. Pengertian Etika Lingkungan Etika diartikan sebagai kebiasaan hidup yang baik yang diwariskan dari satu generasi ke generasi lain. Penyelenggaraan paket pendidikan ini dapat bersifat outdoor education (pendidikan di luar kelas). Penanaman pondasi pendidikan lingkungan sejak dini menjadi solusi utama yang harus dilakukan. Secara luas.1. yang dilakukan dengan mengajak siswa untuk menyatu dengan alam dan melakukan beberapa aktivitas yang mengarah pada terwujudnya perubahan perilaku siswa terhadap lingkungan melalui tahap-tahap penyadaran. orientasi. dan melestarikan nilai tertentu. Pentingnya kelestarian lingkungan hidup untuk masa sekarang hingga masa yang akan datang. tanggungjawab dan aksi atau tingkah laku. Etika Lingkungan Hidup tidak hanya berbicara mengenai prilaku manusia terhadap alam. Etika lingkungan hidup berbicara mengenai perilaku manusia terhadap alam dan juga relasi di antara semua kehidupan alam semesta. Pendidikan Lingkungan diharapkan mampu menjembatani dan mendidik manusia agar berperilaku bijak. Etka lingkungan hidup juga berbicara mengenairelasi diantara semua kehidupanalam semesta. dengan jaminan estafet antar generasi yang dapat dipertanggungjawabkan. yaitu antara manusia dengan manusia yang mempunyai dampak pada alam da antara manusia dengan maksluk hidup lain atau dengan alam secara keseluruhan. Dengan demikian etika berisi prinsip-prinsip moral yang harus dijadikan pegangan dalam menuntun perilaku. pengertian. Etika memberi petunjuk. Kaidah. menjaga. serta nilai dan prinsip moral yang menjiwai perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam tersebut. etika dipahami sebagai pedoman bagaimana manusia harus hidup dan bertindak sebagai orang baik. Mengacu pada pemahaman tersebut maka etika lingkungan hidup pada hakekatnya membicarakan mengenai norma dan kaidah moral yang mengatur perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam. secara eksplisit menunjukkan bahwa perjuangan manusia untuk menyelamatkan lingkungan hidup harus dilakukan secara berkesinambungan. . dan antara manusia dengan makhluk hidup yang lain atau dengan alam secara keseluruhan. dan arah bagaimana harus hidup secara baik sebagai manusia. perhatian. agar generasi muda memiliki bekal pemahaman tentang lingkungan hidup yang kokoh. Etika dipahami sebagai ajaran yang berisikan aturan tentang bagaimana manusia harus hidup yang baik sebagai manusia. termasuk di dalamnya kebijakan politik dan ekonomi yang mempunyai dampak langsung atau tidak langsung terhadap alam. Termasuk didalamnya berbagai kebijakan politik dan ekonomi yang mempunyai dampak langsungatau tidak langsung dengan alam. norma dan aturan tersebut sesungguhnya ingin mengungkapkan.

olahraga. Prinsip-prinsip Etika Lingkungan Sebagai pegangan dan tuntunan bagi prilaku kita dalam berhadapan dengan alam . Tingkat pengetahuan. agar hasilnya optimal dan bebas konflik. 2. Prinsip Kasih Sayang dan Kepedulian Prinsip satu arah . . ketrampilan dan motivasi untuk bekerja dan memecahkan masalah saat itu dan mencegah timbulnya permasalahan yang baru. menuju yang lain tanpa mengaharapkan balasan. aksi lingkungan. Prinsip Tanggung Jawab Tanggung jawab ini bukan saja bersifat individu melainkan juga kolektif yang menuntut manusia untuk mengambil prakarsa. sikap. dan jelajah lingkungan. perasaan sepenanggungan dengan alam dan dengan makluk hidup lainnya sehigga mendorong manusia untuk menyelamatkan lingkungan. diskusi. kebijakan dan tindakan bersama secara nyata untuk menjaga alam semesta dengan isinya. mengenal kasus-kasus lingkungan di sekitarnya dan diskusi penggalian solusi. perlombaan. 2. 4. sehingga perlu partisipasi dan kerjasama berbagai pihak. melainkan lebih pada pemanfaatan potensi lingkungan yang ada sebagai obyek dalam materi yang disampaikan. permainan.Outdoor tidak berarti sekedar memindahkan pelajaran ke luar kelas. Aktivitas yang disampaikan berupa permainan. Prinsip Solidaritas Yaitu prinsip yang membangkitkan rasa solider. cerita (dongeng). usaha. tidak didasarkan kepada kepentingan pribadi tapi semata-mata untuk alam. Program Pendidikan Lingkungan menyangkut skala yang sangat luas. Pendidikan Konservasi adalah sebuah program yang dikemas dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar lebih sadar dan lebih perhatian mengenai lingkungan dan permasalahan serta hubungan timbal baliknya. 3. Sikap Hormat terhadap Alam Hormat terhadap alam merupakan suatu prinsip dasar bagi manusia sebagai bagian dari alam semesta seluruhnya. Dalam kegiatan ini siswa dibimbing untuk menemukan sendiri maksud yang terkandung di dalamnya. terdapat beberapa prinsip etika lingkungan yaitu : 1. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan melalui kegiatan teori dan praktek dalam bentuk teori. eksperimen. serta observasi lapangan dan menanamkan nilai-nilai konservasi alam dan lingkungan sedini mungkin pada siswa dan meningkatkan kepedulian siswa terhadap konservasi alam dan lingkungan sejak dini. sehingga transfer materi bisa lebih mengena dan lebih mudah diingat siswa.

pola konsumsi dan produksi manusia modern harus dibatasi. dan ekosentrisme. Prinsip ³No Harm´ Yaitu Tidak Merugikan atau merusak. 7. suatu sumber daya alam. Prinsip ini muncul didasari karena selama ini alam hanya sebagai obyek eksploitasi dan pemuas kepentingan hidup manusia. 8. Segala sesuatu yang lain di alam semesta ini hanya akan mendapat nilai dan perhatian sejauh menunjang dan demi kepentingan manusia. Alam hanya alat bagi pencapaian tujuan manusia. 6. dan dalam ikut menikmati manfaat sumber daya alam secara lestari. Prinsip Keadilan Prinsip ini berbicara terhadap akses yang sama bagi semua kelompok dan anggota masyarakat dalam ikut menentukan kebijakan pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian alam. alat dan sarana bagi pemenuhan kebutuhan dan kepentingan manusia. Antroposentrisme Antroposentrisme adalah teori etika lingkungan yang memandang manusia sebagai pusat dari sistem alam semesta. tusak-tidaknya. Prinsip Integritas Moral Prinsip ini menuntut pejabat publik agar mempunyai sikap dan prilaku moral yang terhormat serta memegang teguh untuk mengamankan kepentingan publik yang terkait dengan sumber daya alam. dan Deep Environmental Ethics. karena manusia mempunyai kewajiban moral dan tanggung jawab terhadap alam. Hanya manusia yang mempunyai nilai dan mendapat perhatian. Ketiga teori ini juga dikenal sebagai antroposentrisme. terdapat tiga model teori etika lingkungan. Alam tidak mempunyai nilai pada dirinya sendiri. . Intermediate Environmental Ethics. Manusia dan kepentingannya dianggap yang paling menentukan dalam tatanan ekosistem dan dalam kebijakan yang diambil dalam kaitan dengan alam. biosentrisme. paling tidak manusia tidak akan mau merugikan alam secara tidak perlu. Prinsip Hidup Sederhana dan Selaras dengan Alam Ini berarti . 1. 3. Nilai tertinggi adalah manusia dan kepentingannya. yaitu yang dikenal sebagai Shallow Environmental Ethics. Oleh karenanya alam pun hanya dilihat sebagai obyek.5. baik secara langsung atau tidak langung. 9. Teori Etika Lingkungan Secara teoritis. Prinsip Demokrasi Prinsip ini didsari terhadap berbagai jenis perbeaan keanekaragaman sehingga prinsip ini terutama berkaitan dengan pengambilan kebijakan didalam menentukan baik-buruknya.

seperti tumbuhan dan hewan.2. Yaitu pada penekanannya atas pendobrakan cara pandang antroposentrisme yang membatasi keberlakuan etika hanya pada komunitas manusia. Marilah kita pekakan hati dan perilaku anak cucu kita. agar kelak Indonesia boleh lestari kembali dengan berjuta kekayaan alamnya yang luar biasa indahnya. yang harus selalu terjaga kebersamaannya dengan kita. Biosentrisme dan Ekosentrisme Ekosentrisme merupakan kelanjutan dari teori etika lingkungan biosentrisme. Hutan adalah ¶sahabat¶ kita. pemakaian etika diperluas untuk mencakup komunitas ekosistem seluruhnya (ekosentrism). . Sedang pada ekosentrisme. Biarlah hati mereka peka akan kelestarian lingkungan. Keduanya memperluas keberlakuan etika untuk mencakup komunitas yang lebih luas. Oleh karenanya teori ini sering disamakan begitu saja karena terdapat banyak kesamaan. konsep etika dibatasi pada komunitas yang hidup (biosentrism). generasi muda bangsa kita pada etika lingkungan yang benar. Pada biosentrisme.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->