Penyakit asam urat atau rasa nyeri di persendian terasa sangat menganggu dan menyakitkan bagi penderitanya.

Rasa nyeri dipersendian akibat penumpukan asam urat dapat mengganggu kenyamanan dan aktifitas sehari-hari. Selain konsumsi obat-obatan, baik itu obat pereda nyeri maupun obat pengontrol kadar asam urat, pemilihan jenis makanan mempunyai peran penting untuk mengontrol penyakit ini. Jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat antara lain adalah : • Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, dan tiram, cumi-cumi. • Minuman yang mengandung alkohol seperti tape, bir, tuak pahit, dll. • Makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi, dll. • Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dll. • Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, alpokat, air kelapa muda, emping melinjo, dll • Kaldu daging, Jenis makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit antara lain : • Tahu dan tempe. • Ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi. • Beberapa jenis sayuran tertentu seperti kangkung, bayam, brokoli, dan tauge, daun pepaya, asparagus, kacang-kacangan, jamur. • Makanan berlemak seperti santan, margarine, mentega, atau goreng-gorengan. Lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat lewat urin. Jenis makanan yang boleh dikonsumsi adalah : • Keju, susu, telur. • Makanan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, singkong, terigu, tapioka, hunkwe, makaroni, mi, bihun, roti, dan biskuit. Tetapi, karbohidrat sederhana golongan fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa dapat meningkatkan kadar asam urat. • Buah-buahan seperti semangka, melon, nanas, belimbing manis, dan jambu air. Buah-buahan lain juga boleh dimakan kecuali durian dan alpokat. Selain itu penderita asam urat dianjurkan untuk banyak minum, minimal 2 liter atau 10 gelas sehari, bertujuan membantu pengeluaran asam urat lewat air seni dan mencegah penumpukan asam urat di ginjal atau kandung kemih. Air minum ini bisa berupa air putih masak, teh, atau kopi.

Pola makan aman bagi penderita asam urat, sebenarnya tidak terlalu berbeda dari yang lainnya. Menu makanannya sebaiknya sesuai dengan prinsip gizi seimbang. Hanya, ada beberapa macam makan yang perlu Anda perhatikan porsinya, bahkan ada juga yang harus dihindari sama sekali.

dengkul.5 liter. perbanyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air.Makanan yang digoreng atau bersantan. seperti hati. Berikut adalah makanan tinggi purin yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Karena alkohol dapat menyebabkan kadar asam laktat meningkat sehingga akan menghambat pengeluaran asam urat dari darah. otak. sama seperti karbohidrat kompleks. (Ingat bahwa masing-masing orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan. Maka itu. karena dapat meningkatkan pengeluaran asam urat darah melalui urin. melon. makanan yang harus dipantang. seperti semangka. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi. diabetes dan aterosklerosis. Anda juga dianjurkan agar banyak minum air putih. Bila dibiarkan. yang mampu menghambat pengeluaran asam urat melalui urin. konsumsi obat tertentu dan menghindari makanan yang berkadar purin tinggi dapat mengendalikan asam urat. jari tangan dan siku. . panas dan kaku.Makanan yang berprotein tinggi. Selain itu. Selain nyeri. penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal. blewah. Karena makanan tersebut mengandung lemak tinggi. pergelangan tangan. cairan dalam tubuh juga dapat membantu pengeluaran asam urat melalui urin. seperti nasi. sebaiknya Anda memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sebaiknya Anda perbanyak mengonsumsi protein nabati dari olahan kacang-kacangan. Makanan yang sangat cepat menimbulkan serangan asam urat . Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. ginjal dan jerohan lainnya. dan tahu. minumlah air putih kurang lebih 10 gelas perhari atau sekitar 2. atau pepaya. paru. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. nanas. Sebaiknya. jambu air. antara lain: . . meradang. limpa. atau ubi. penyakit ginjal. penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak. Pantangan Asam Urat Perubahan gaya hidup. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause.Minuman beralkohol. roti. Penyakit asam urat adalah jenis rematik yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian.Dalam menu sehari-hari. seperti tempe. tumit. singkong. Jenis makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Sendisendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki. Sedangkan. Sebab. akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh.

Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti: o Sayuran dan buah-buahan o Kentang o Alpukat o Susu dan yogurt o Pisang Makan buah-buahan kaya vitamin C. dan beberapa ikan lainnya Krim dan Es krim Anjuran Beberapa hal berikut dianjurkan untuk mengurangi asam urat: • • • • • • Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit. Konsumsi salah satu produk alami yang dapat menyembuhkan asam urat seperti sidaguri. udang. sarden. teh hijau. pilih jenis ibuprofen dan lainnya) Perbanyak minum air putih– terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh. brotowali. . bayam matang. dll. kepiting. habbatussauda. • • • • • • • • • • Alkohol. mackerel. terutama jeruk dan strawberry Aktif secara seksual (Berita bagus! Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat). kopi & soft drink Melinjo dan emping Kacang-kacangan Asparagus. dan sawi Daging kambing Jeroan dan gajih (lemak) Kerang-kerangan Bebek dan kalkun Salmon.pada satu orang belum tentu menimbulkan efek yang sama pada yang lainnya). jamur.

singkong. menyebabkan stroke. Kadar asam urat yang tinggi juga bisa berubah menjadi penyakit darah tinggi.000 mg purin per hari). asam urat menyerang endotel— lapisan bagian paling dalam pembuluh darah besar. Gejala yang dirasakan oleh penderita biasanya keluhan di persendian. Kalori sesuai kebutuhan Jumlah asupan kalori harus benar disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi dan berat badan."Penyakit asam urat pada beberapa waktu lalu memang cenderung menyerang usia senja. Namun kini banyak kasus ditemui pria maupun wanita berusia 20 tahunan pun banyak yang menderita penyakit ini. Tinggi karbohidrat Karbohidrat kompleks seperti nasi. 2. 3. menyerang jantung. berat badannya harus diturunkan dengan tetap memperhatikan jumlah konsumsi kalori. Maka yang harus dilakukan adalah membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin per hari (diet normal biasanya mengandung 600-1. sakit di tumit. akan menyebabkan penyakit jantung koroner. dan merembet ke organ tubuh lainnya. ujung jari kaki. Jika endotel mengalami disfungsi atau rusak. Namun karena hampir semua bahan makanan sumber protein mengandung nukleoprotein maka hal ini hampir tidak mungkin dilakukan. Sayang bukan. Asupan kalori yang terlalu sedikit juga bisa meningkatkan kadar asam urat karena adanya keton bodies yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urin. bahkan kalau sudah parah penderita tidak dapat berjalan karena daerah sekitar persendian kaki (mata kaki) membengkak. jika usia baru menjelang 40 tahun namun Anda sudah mengalami kekakuan sendi dan harus puas hanya duduk di kursi goyang sepanjang hari. Pembatasan purin Apabila telah terjadi pembengkakan sendi maka penderita gangguan asam urat harus melakukan diet bebas purin. Setelah diteliti. pola makan memegang peranan utama disusul oleh kebiasaan hidup tanpa olahraga. Berkaitan dengan pola makan maka Diet yang dilakukan adalah sebagai berikut : 1. Penderita gangguan asam urat yang kelebihan berat badan. roti dan ubi sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat . kencing manis. Dalam kasus penyakit jantung koroner.

Anda disarankan untuk menghabiskan minum minimal sebanyak 2.melalui urin. atau kopi. Selain buah-buahan tersebut. Air minum ini bisa berupa air putih masak. dan jambu air. Konsumsi karbohidrat kompleks ini sebaiknya tidak kurang dari 100 gram per hari. Rendah lemak Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Asam laktat ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati yang berasal dari susu. Hal ini adalah karena alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Buah-buahan yang sebaiknya dihindari adalah alpukat dan durian.8-1 gram/kg berat badan/hari. Karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula. permen. Konsumsi lemak sebaiknya sebanyak 15 persen dari total kalori. paru dan limpa. Ramuan Traditional yang telah terbukti dapat menurunkan kadar Asam Urat dalam darah: . bersantan. belimbing manis. Makanan yang digoreng. keju dan telur. buahbuahan yang lain juga boleh dikonsumsi karena buah-buahan sangat sedikit mengandung purin. 7. melon. 5. Sumber makanan yang mengandung protein hewani dalam jumlah yang tinggi. Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita gangguan asam urat adalah sebesar 5070 gram/hari atau 0. serta margarine dan mentega sebaiknya dihindari. Tinggi cairan Konsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urin. Tanpa alkohol Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kadar asam urat mereka yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. Buah-buahan yang disarankan adalah semangka. karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi. teh. misalnya hati.5 liter atau 10 gelas sehari. arum manis. ginjal. gulali. cairan bisa diperoleh melalui buah-buahan segar yang mengandung banyak air. Karena itu. 6. dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. blewah. Rendah protein Protein terutama yang berasal dari hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Selain dari minuman. 4. otak. nanas.

kentang mentah dan apel malang di juice Kadar normal asam urat untuk wanita berkisar 2. rendah lemak. daun singkong. alpukat. wiski. tape maupun tuak Makanan olahan dari jenis kacang-kacangan dan kedelai seperti tempe. oncom. Minuman fermentasi dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir.1. hati. kembang kol dan buncis Kelompok buah-buahan seperti durian. kacang hijau. ubi tidak kurang dari 100 gr / hari. taucho. usus. kembang kol. daging. singkong. susu kedelai kacang tanah. ginjal. dimakan/minum tiap hari 2. 5. kangkung. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang tidak mengandung purin minimal 300 gr per hari kecuali asparagus. Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air. rendah kalori. Sirsak dimakan begitu saja atau dijuice. limpa. Agar kadar asam urat dapat kembali normal maka sangatlah disarankan agar penderita penyakit asam urat (gout) dapat mengontrol makanan yang dikonsumsi dengan menghindari makanan dan minuman yang merupakan pantangan dan menjadi pemicu penumpukan asam urat yang berlebihan dalam tubuh seperti dibawah ini : • • • • • • Makanan yang mengandung banyak zat purin misalnya dari kelompok lauk pauk seperti jeroan. roti. anggur. sampai tinggal 1 gelas. kacang polong. babat. buncis. paru dan otak. tauge. sarden. Untuk meningkatkan memacu pembuangan asam purin melalu urin maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat komplex seperti nasi. Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat -/ 50 cc dan diminum selama 1 minggu pagi dan malam 4. Dari kelompok makanan instant berkemasan kaleng seperti kornet. asparagus.4 hingga 6 sementara bagi pria yaitu 3. melinjo dan emping Kelompok sayuran seperti daun bayam. cukup kalori (sesuai dengan kebutuhan tubuh) tinggi karbohidrat. .0 hingga 7. bayam dan jamur agar tetap dihindari. Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari. diminum pagi dan sore 3. • • • Diet normal biasanya 600-1000 mg purin perhari sedangkan bagi penderita asam urat harus mengurangi kadar purin hingga kadar konsumsi sekitar 100 – 150 mg purin. nanas dan air kelapa. kaldu dengan kuah daging yang kental. tinggi cairan dan tanpa alkohol. telur . Bagi penderita asam urat akut maupun kronis sebaiknya melakukan diet asam urat untuk pembatasan makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi.

blewah.• • Sebaiknya hanya mengkonsumsi protein yang bersumber dari protein nabati dengan aturan maksimal 1 gr / kg berat badan perhari atau kira-kira 50-70 gr/harinya Memperbanyak minum air putih minimal 2.5 liter atau 10 gelas perhari dan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka. belimbing dan jambu air Solusi untuk menangani asam urat adalah dengan cara melakukan pengobatan. . nanas. melon. baik secara medis maupun terapi tradisional hingga kadar asam urat kembali normal namun langkah awalnya adalah dengan mengetahui makanan pantangan yang dapat memicu meningkatnya asam urat serta mengatur pola makan untuk diet asam urat maka kadar asam urat dalam tubuh dapat terkontrol.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful