P. 1
Penyakit Parasiter

Penyakit Parasiter

|Views: 389|Likes:

More info:

Published by: 'dompu'Amanat Fadilla on Mar 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2013

pdf

text

original

Penyakit Parasiter

Penyakit parasiter disebut juga penyakit patogen. penyakit ini disebabkan oleh Parasit, Jamur, Bakteri, dan virus. Spoiler for parasit: y Parasit o Trichodina sp Tanda penyakit : Kulit teriritasi, kumis kriting pada lele Pengendalian : Methylene blue+Nacl, garam 500-1000 ppm o Epistilis sp Pada ikan hias terlihat benjolan putih pada permukaan kulit, tampilan pucat Pengendalian : Formalin 25 ppm, garam 500-1000 ppm o Chillodonella sp Tanda penyakit: Gerakan lamban, warna tubuh pucat, kulit teriritasi Pengendalian : Formalin 25 ppm, garam 500-1000 ppm o Myxosporea Tanda penyakit: Insang putih Pengendalian : Dengan pengapuran. o Lernaea sp Tanda penyakit: Pendarahan poda lokasi infeksi, kurang nafsu makan Pengendalian : Dengan pengapuran Spoiler for Jamur: y Jamur o Achlya sp dan Saprolegina sp Tanda penyakit adanya hypa (seperti kapas) Pengendalian : Methylene blue Spoiler for Bakteri: y Bakteri o Aeromonas hydrophila Tanda penyakit : Borok, dropsy, iritasi sirip, sisik menguak. Pengendalian : Antibiotic yang diijinkan seperti chloramphenikol, streptomycin, atau teramycin 250 g/o,5m3 air. Bakteri ini dapat ditemukan di kolam yang banyak mengandung bahan organik. Serangan bakteri ini bersifat laten. Akan menyerang bila ikan dalam keadaan lemah atau stress akibat kualitas air yang buruk, perubahan suhu, perubahan ph dan kesadahan air. Ciri ikan yang terserang bakteri tersebut adalah:  Warna tubuh menjadi gelap  Kulit kasar dan kadang mengeluarkan darah  Kemampuan berenang menurun  Mulut selalu terbuka  Perut buncit  Sirip rusak  Insang berwarna keputihan  Mata menonjol

o Flexibacter columnaris Serangan bakteri ini sering berbentuk luka di kepala. sirip. Pengobatan dengan oxytetracylin kedalam pakan ikan selama satu pekan. Pencegahan : Sebisa mukin membuat ikan tidak stress dengan mengkondisikan lingkungan sesuai dengan habitat aslinya. ekor. Dapat mengakibatkan kematian massal pada ikan anda. pseudomonas. o Mycobacterium Serangan pada ikan mengakibatkan tubuh ikan berwarna gelap. Dapat pula dilakukan dengan memberikan oxytetracylin atau chloromycetin. dan vibrio. Pada tahap awal verwarna putih dan makin lama berwarna merah. Pengobatan dengan larutan PK. Pengobatan dilakukan dengan injeksi streptomycin atau direndam. dapat dilakukan pula dengan pemberian anti biotik. dan insang. perut bengkak. PENYAKIT YANG SERING MELANDA IKAN Spoiler for Ulcer/Borok: y BOROK ( ULCER ) Gejala Terdapat luka/borok pada tubuh ikan berwarna kemerahan. Dapat pula menyebabkan ikan kekurangan darah dan berujung dengan kematian massal. seringkali ikan ditemukan seperti 'menggaruk badan' di permukaan benda yang keras. dan terdapat bintil merah jika ikan dibedah. Spoiler for Virus: y Virus o Koi Herpes Virus ( KHV ) Tanda penyakit: Kematian masal. sirip. Penyebab: Penyebab utama penyakit ini adalah stress yang melanda ikan. Pengobatan: untuk tahap awal dapat dilakukan dengan treatmen perendaman air garam selama beberapa hari dengan dosis 3-5 ppm. o Pseudomonas flourescene Serangan bakteri ini berupa gejala bisul di kulit.o Aeromonas salmonicida Pengobatan dilakukan dengan sulfaemerazin dan sulfaguanindine. atau organ dalam lainnnya. ulcer sendiri diakibatkan oleh adanya infeksi kronis pada permukaan kulit ikan yang disebabkan oleh bakteri aeromonas. . rongga perut. pada tahap kronis harus dilakuan perlakuan khusus dengan oxytetracylin. myobaker. kerusakan insang Pengendalian : Dengan caya meningkatkan daya tubuh ikan dengan pemberian vitamin C untuk ikan yang belum terserang. Ikan yang mengalami stress cenderung bertingkah menabrakkan diri ke kolam atau benda keras lainnya.

Pencegahan: pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kualitas air. campurkan pakan dengan oxytetracylin atau chloramphenikol. Pengobatan juga dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik chloromycetin (kloramfenikol) dan tetrasiklin. kondisi air yang kotor juga menjadi penyebab penyakit ini. dan ikan sering menggosok badannya. serta disebabkan oleh kondisi umumnya buruk. jaga kualitas air dalam keadaan prima. mata mendung. darah di tepi sirip. Spoiler for Busuk ekor/sirip: y BUSUK EKOR/SIRIP Gejala: sirip terlihat robek dan rusak tak beraturan. Jika kondisi akuarium yang tidak baik infeksi dapat disebabkan oleh luka sederhana pada sirip/ekor. Gejalanya ekor ikan kuncup. sisik terlihat merekah seperti buah salak. Pengobatan: karena dropsy menyerang organ dalam ikan maka dilakukan treatmen malalui pakan ikan. Penyebab: Disebabkan oleh aeromonas. Selain itu banyak anti biotik untuk itch yang beredar di pasaran. ekor dan / atau sirip robek atau kehilangan warna. atau infeksi virus.Spoiler for Dropsy: y DROPSY/PERUT GEMBUNG Gejala: Tubuh ikan terlihat membesar terutama dibagian perutnya. borok kulit dengan margin abu-abu atau merah. Pencegahan: bila ada ikan yang terindikasi dropsy maka pisahkan ikan yang sakit dan segera bersihkan aquarium/kolam. Pencegahan: Pemberian sinar UV secara teratur dapat mengurasi resiko serangan. hexamita. Dosis 10 mg per liter air. Penyebab: Ekor dan sirip membusuk tampaknya akibat infeksi bakteri ekor dan / atau sirip. Penyebab: Disebabkan oleh serangan protozoa Ichtyophtirius multifilis yang hidup di air yang kurang bersih. ikan terlihat sulit berenang dan sering berada dipermukaan air. Seiring waktu daerah yang terkena perlahan rusak. myobakter. menyerang ujung ekor/sirip. pada dasarnya kebusukan akan segera dapat dikenali lantaran ikan terlihat mengalami kerusakan pada sirip/ekor. nafsu makan kadang normal. perkelahian dan digigit oleh ikan lain. Pengobatan: lakukan perendaman dengan garam selama beberapa hari. Pada dasarnya. memerah area pada dasar sirip. Spoiler for White Spot: y WHITE SPOT Gejala: White spot adalah penyakit yang paling sering ditemui pada ikan hias. Tuberkulosis dapat menyebabkan busuk ekor dan sirip. . muncul white spot/bintik putih pada tubuh ikan.

Pencegahan: Merawat kebersihan dan kualitas air Penyakit Non Parasiter y Stress Dikarenakan banyak hal. Penyebab: Penyababnya adalah suhu yang dingin serta air yang kotor. Penyebab: Penyebab penyakit ini adalah virus Epithelioma papulasum dan herpes. Dapat pula dengan menggunakan obat cacing verminox atau worm x. Kotoran yang dihasilkan biasanya panjang dan berwarna putih. Perlahan membentuk lapisan lemak dan berlendir transparan. Spoiler for Velvet: y VELVET Gejala: Ikan menguncup pada ekornya dan tubuh ikan menjadi berwarna hitam serat terdapat selaput putih. Spoiler for Pop eyes/Mata keluar: y POP EYES/MATA KELUAR Gejala: Pertama ikan diserang dalam bentuk cacar di sekitar wajah. Penyebab: Disebabkan oleh cacing Ascaris sp. antara lain: o suhu yang terlalu panas/dingin o ph air yang tidak cocok o perlakuan yang kasar .5 liter air.Pengobatan: Menggunakan obat yang mengandung malachite green atau metil biru. Air yang kotor akan mengundang parasit Sprolegnia sp. Salah satu penyebab lainnya adalah air yang jarang diganti serta terkena iar hujan secara langsung. Jika semakin parah maka mata ikan akan membesar dan keluar berwarna keputihan. Pengobatan: Memberikan antibiotik metrodinasol 1/5 tablet dalam 2. Pencegahan: Sama seperti penyakit white spot Pengobatan: Sama dengan penyakit white spot Spoiler for Berak putih: y BERAK PUTIH Gejala: Nafsu makan ikan akan terlihat berkurang akibat adanya nematoda dalam perut ikan.

penggunaan antibiotika yang . Penyakit bakterial : penyakit bakterial dapat diobati dengan antibiotika. Namun. penggunaan vaksin clan immunostimulan atau vitamin. Sampai sekarang. Tindakan pencegahan pertama. dan keracunan. Identifiksi ikan yang sakit: a. 1. Tindakan selanjutnya bila memungkinkan adalah meningkatkan kualitas telur. desinfeksi semua wadah clan peralatan. Ada dua cara tindakan pencegahan yaitu membersihkan virus penyebab penyakit dari lingkungan clan meningkatkan kekebalan ikan terhadap viral. Diantara tindakan penanganan yang ada. gunakan heater untuk mencapai suhu ideal Penanganan Ikan yang Sakit Disini akan dishare bagaimana menangani ikan yang sakit mulai dari identifikasi sampai dengan penyembuhan. vaksin terhadap virus herpes koi dapat dikembangkan. penanggulangan o o dengan menurunkan keasaman dengan mengendapkan air sebelum digunakan. suhu terlalu dingin. vaksin untuk beberapa penyakit viral telah dikembangkan sebagai komoditas komersial. seleksi incluk clan telur bebas virus. tapi untuk virus herpes koi belum dilakukan. vaksin merupakan tindakan yang paling efektif untuk mencegah penyakit viral. Tindakan penanganan Penyakit viral : jika ikan terinfeksi oleh virus sangatlah sulit untuk diobati. Ciri ikan yang terdeteksi terkena penyakit dilihat dari tingkah laku y Ikan cenderung naik kepermukaan y Berenang lamban y Cenderung memisahkan diri y Nafsu makan berkurang y Menggosok-gosokan tubuh kedinding kolam b.o bertarung dengan ikan lain y Kurang nafsu makan Disebabkan oleh : o ph yang terlalu tinggi. Gejala klinis y Warna tubuh abnormal y Sisik terkuak y Mata menonjol y Tubuh kasap y Borok dipermukaan tubuh y Insang rusak y Sirip teriritasi y Hati abnormal 2. Di masa yang akan datang.

hendaknya ikan tetap dalam keadaan terikat dalam plastik yang dicemplungkan ke dalam wadah barunya. Itulah sebabnya pemilihan antibiotika yang tepat merupakan pekerjaan yang paling penting untuk masalah infeksi bakteri. > Ikan yang baru dibeli jangan langsung dimasukkan ke dalam kolam karena dapat mengakibatkan kaget dan stress. namun dapat menyebabkan timbulnya bakteri yang resisten terhadap antibiotika. Berdasarkan keberadaan parasit. studi siklus hidup parasit sangatlah penting. Namun. Jadi pencegahan tindakan yang dapat dilakukan. pengembangan vaksin terhadap setiap penyakit bakterial sangatlah penting. faktor-faktor tekanan yang boleh menyebabkan ikan menjadi lemah haruslah diambil perhatian seperti berikut.02 ppm dan pHnya di antara 6. Spora yang berenang di air untuk menemukan inang menunjukkan sensitivitas terhadap beberapa zat kimia.0. Penyakit parasitik : pada umumnya ektoparasit dapat ditangani dengan zat kimia. Penyakit jamur : sampai sekarang belum dikembangkan tindakan penanganan untuk infeksi jamur pada hewan air. Untuk menentukan jadwal pengobatan untuk setiap parasit. hal ini bertujuan agar suhu dalam plastik sama dengan suhu dalam aqua/kolam baru. selain itu dapat pula mempengaruhi nafsu makan peliharaan kita. kandungan ammonia tidak melebihi 0. Perlakuan terhadap ikan Perlakuan kita terhadap ikan tidak boleh kasar. di mana air cepat panas waktu tengah hari dan cepat sejuk apabila hujan turun dengan tiba-tiba. kandungan oksigen hendaklah melebihi 4ppm. Antibiotika dapat mengobati dengan cepat ikan yang terinfeksi dengan bakteri. Suhu Suhu kolam/aquarium sangat menentukan suhu tubuh ikan kesayangan kita. Karantina Agar Ikan Tetap Sehat PENCEGAHAN PENYAKIT Faktor-Faktor Penting Dalam pengawalan penyakit ikan. telur dan siste memiliki resistensi terhadap zat kimia. 3. perubahan suhu dapat mempengaruhi lingkungan kolam seperti banyaknya bakteri dan jamur yang tumbuh. 1.tidak tepat menghasilkan efek yang negatif. 2.5 ±9. Contoh-contoh dimana faktor suhu menyebabkan ancaman bagi ikan kita: > Air yang cetek di dalam kolam adalah tdak sesuai. Pemilihan antibiotika dilakukan berdasarkan hasil uji sensitivitas obat. sehingga suhu menjadi faktor yang sangat penting terhadap kesehatan ikan kesayangan kita. 3. Suhu yang cepat berubah akan mengakibatkan ikan kaget dan tidak bisa beradaptasi secara cepat. setelah beberapa menit dan dirasa sama maka ikan baru boleh dilepaskan. Sumber dan Mutu Air Air yang digunakan mestilah tidak mengandungi bahan-bahan yang tercemar. pengobatan kedua harus dilakukan setelah spora atau oncomiracidium menetas. Dari hal tersebut. saat kita menyerok ikan dari kolamnya .

dan bakteri.jangan menggunakan seser/serok yang kasar karena dapat menimbulkan luka. Pakan pakan ikan terdiri dari pakan alami dan pakan buatan. pemberian pakan sebaiknya sesuai dengan porsinya. kandungan ammonia yang tinggi dapat menurunkan mutu air. 4. sedangkan terlalu banyak memberi pakan akan membuat air kotor. selain itu juga ikan akan mengalami stress akibat ruang gerak yang sempit. bisa jadi luka tersebut malah menjadi pintu masuk bagi penyakit seperti virus. tingginya kandungan ammonia akibat sekresi ikan dapat membangkitkan jumlah bakteri secara sporadik. Kepadatan kolam/aquarium Jika ikan dipelihara di wadah yang memiliki faktor kepadatan tinggi maka menjadi ancaman terhadap kesehatan ikan. . 5. dalam arti tidak terlalu sedikit juga tidak terlalu banyak. jamur. jika terlalu sedikit maka dikhawatirkan sifat kanibal ikan akan muncul atau ikan akan menjadi kurus.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->