PETUNJUK TEKNIS A. PENDAHULUAN 1.

Petunjuk ini dibuat khusus untuk keperluan lomba Tata Upacara Bendera dan Baris Berbaris SMA/SMK/MA Tingkat Kota Magelang Tahun 2008. 2. Apabila ada hal-hal yang belum tercantum dalam petunjuk teknis ini, peserta dapat berpedoman kepada Petunjuk Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah Tahun 1997 dan Peraturan Baris Berbaris Angkatan Bersenjata (PBB – AB) Tahun 1985. 3. Bila dirasa masih ada hal-hal teknis yang meragukan, akan dibicarakan lebih lanjut dalam temu teknik. B. DASAR PELAKSANAAN 1. Undang undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah. 3. Keputusan Mendikbud RI No. 0461/U/1984, tentang Pembinaan Kesiswaan. 4. Keputusan Dirjen Dikdasmen Depdikbud nomor 226/C/Kep/O/1992, tentang Pembinaan Kesiswaan. 5. Program kerja Dinas Pendidikan Kota Magelang Tahun 2008. C. TUJUAN KEGIATAN 1. Meningkatkan kedisiplinan, kesehatan jasmani, dan rohani serta kreativitas di kalangan siswa SMA / SMK / MA. 2. Memperdalam rasa cinta tanah air serta mempertebal semangat kebangsaan dan kesatuan di kalangan siswa SMA / SMK / MA. 3. Menumbuhkan rasa dinamisme, sportiv, kreativ, dan inovativ dalam bidang tata upacara bendera dan baris berbaris. 4. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta kedisiplinan siswa melalui tata upacara bendera dan baris berbaris. 5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas tata upacara bendera dan baris berbaris di sekolah. 6. Mempersiapkan peserta untuk lomba tata upacara bendera dan baris berbaris tingkat eks. Karesidenan Kedu. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 1 of 26

D. TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN
1. Hari, Tanggal 2. Waktu 3. Tempat : Selasa s.d. Rabu, 18 s.d. 19 Maret 2008. : Pukul 06.30 WIB s.d. selesai. : SMK Negeri 1 Magelang.

E. PENDAFTARAN DAN DAFTAR ULANG 1. Pendaftaran a. Tanggal : sejak diterimanya surat s.d. Februari 2008. b. Waktu : Sesuai jam kerja. c. Tempat : Dinas Pendidikan Kota Magelang c.q. Subdin Binmudora. 2. Syarat Pendaftaran : a. Menyerahkan surat tugas kolektif dari kepala sekolah (Surat Tugas digunakan sebagai dasar dalam pembuatan piagam). b. Menyerahkan daftar anggota regu Lomba Baris Berbaris. c. Bersedia mentaati semua peraturan dan ketentuan lomba. Peserta yang mendaftar dianggap telah menyetujui syarat point 2.c 3. Daftar Ulang a. Daftar ulang dilaksanakan pada pagi hari sebelum pelaksanaan lomba. b. Pada saat daftar ulang menyerahkan : 1) Surat tugas kolektif dari kepala sekolah sebanyak 2 lembar. 2) Daftar anggota regu Baris Berbaris sebanyak 2 lembar. 3) Persiapan tertulis LTUB sebanyak 4 eksemplar. c. Peserta yang pada pukul 07.15 WIB belum melaksanakan daftar ulang dianggap mengundurkan diri. d. Peserta yang sudah daftar ulang dimohon segera menuju lapangan upacara, dilarang keras bergerombol di sekitar tempat daftar ulang. F. TEMU TEKNIK 1. Temu teknik dilaksanakan pada : a. Hari, tanggal : Rabu, 20 Februari 2008. b. Waktu : Pukul 09.00 wib s.d. selesai. c. Tempat : Aula Dinas Pendidikan Kota Magelang. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 2 of 26

G. Tidak ada cadangan. Pengundian nomor peserta dilaksanakan pada saat temu teknik. Lomba BB : 30 menit + 5 menit persiapan lapangan. 9. 2. menerima dan mendukung segala keputusan dalam temu teknik. 4. Lomba TUB : 30 menit + 5 menit persiapan lapangan. karena sewaktuwaktu dapat dipanggil oleh panitia untuk melaksanakan lomba. Peserta yang melanggar ketentuan dalam lomba akan dikenakan sanksi (sanksi ditempat. Setiap tim didampingi 1 orang guru sebagai Pembina upacara dan 1 orang sebagai pendamping/official. pengurangan nilai. 10. maka keputusan tersebut akan disampaikan kepada peserta untuk dilaksanakan seperti keputusan lain yang telah disepakati dalam temu teknik. e. 5. 2. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 3 of 26 . Keputusan panitia lomba dan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu dan digugat. Apabila terdapat keputusan panitia yang berkaitan dengan peserta karena sesuatu hal yang mendesak. 4. Waktu tampil untuk setiap kontingen : a. b. pengguguran hak juara maupun diskualifikasi). 3. tanpa tambahan atribut organisasi/korps. Lomba Baris Berbaris : 30 m x 20 m. 7. Pembina upacara mengenakan PSH / Keki.d. Keterangan : Disarankan membawa flash disk. KETENTUAN UMUM 1. 6. Setiap peserta akan diberi tanda khusus oleh panitia dan tanda tersebut tidak boleh hilang selama kegiatan berlangsung. Luas lapangan yang disediakan oleh panitia : a. 11. meskipun tidak sesuai dengan jadwal kegiatan. b. Peserta dimohon selalu siap berada di tempat kegiatan. Peserta lomba tata upacara bendera sekaligus sebagai peserta lomba baris berbaris. Pakaian peserta lomba adalah seragam OSIS. 8. Lomba Tata Upacara Bendera : 35 m x 25 m. denda. Tidak diperkenankan mengirimkan lebih dari 1 regu untuk tiap sekolah. 3. Peserta yang tidak hadir dalam temu teknik dianggap mengetahui. Apabila waktu tampil habis peserta wajib menghentikan kegiatan dan segera meninggalkan arena lomba. Peserta : 2 orang perwakilan peserta.

12. Peluit pendek 3 kali : waktu tinggal 5 menit/menit ke 25. Pembina upacara 1 orang. 14. Apabila kontingen yang bersangkutan belum hadir di arena lomba. Total 19 orang. Ketua-ketua barisan 3 orang. nilainya dikurangi 250 point untuk mata lomba tersebut dan diberi kesempatan melaksanakan lomba pada urutan terakhir. Pembaca do’a 1 orang.lombamgl. Rincian peserta lomba tata upacara bendera adalah : a. Pembawa teks pancasila 1 orang. b. c. c. h. Kelompok pengibar bendera 3 orang. b. 15. Pemimpin lagu 1 orang. Apabila cuaca tidak memungkinkan/membahayakan maka kegiatan akan dihentikan oleh panitia. Pengatur upacara 1 orang. Pembawa acara 1 orang. k. Pembaca teks pembukaan UUD 1945 1 orang. Panggilan terhadap peserta dilaksanakan sebanyak 3 kali dengan interval 1 menit. Perlengkapan lomba TUB yang disediakan oleh panitia adalah : a. i. Aba-aba peluit : a. Informasi dan perkembangan lomba juga dapat dilihat melalui http://www. 16. Mimbar untuk pembina upacara. e. KETENTUAN TEKNIS LOMBA TATA UPACARA BENDERA 1. Sebelum melaksanakan lomba peserta tidak perlu melapor kepada dewan juri. b. Peluit panjang 1 kali : waktu mulai & menit ke 30/waktu habis. ketentuan. j. Pemimpin upacara 1 orang.wordpress. Bendera lomba berukuran 150 cm x 225 cm.com H. 2. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 4 of 26 . d. Perubahan jadwal. 13. Kelompok paduan suara (juga sebagai cadangan) 5 orang. Tiang bendera setinggi ± 12 meter. f. g. dll akibat dari penghentian kegiatan akan ditetapkan kemudian oleh panitia dan diberitahukan kepada peserta.

Khusus untuk lomba TUB panitia memberikan kesempatan kepada peserta untuk uji coba lapangan yang jadwalnya akan ditentukan kemudian pada saat temu teknis. Pengatur Upacara dan Pembawa Acara. Apabila selama pelaksanaan Lomba TUB terjadi gangguan teknis (seperti bendera terbalik dan/atau tali kerekan putus) maka tindakan penyelesaian yang harus diambil adalah mengacu kepada Petunjuk Pelaksanaan Tata Upacara Bendera di Sekolah Tahun 1997. 6. Kelompok pengibar bendera. 10. 3. cadangan semata-mata hanya untuk kelancaran jalannya kegiatan. 14. Cadangan khusus untuk Pemimpin Upacara. 7. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 5 of 26 . c. 11. Semua peserta menampilkan upacara pengibaran bendera. 16. Apabila ada pejabat upacara yang berhalangan karena berbagai alasan cadangan berasal dari kelompok paduan suara. 12. 8. 4. Pengatur Upacara mengambil bendera lomba di tempat panitia (Bendera dalam keadaan terlipat acak / belum siap untuk dikibarkan). Pemimpin upacara. kegiatan dihentikan karena gerakan selanjutnya tidak akan dinilai. Amanat Pembina Upacara dan Do’a mengambil tema yang sama dan mengacu kepada tema umum lomba. Penghitungan waktu berjalan saat pembawa acara menyampaikan ”Upacara Pengibaran Hari Senin Tanggal 17 Maret 2008 Dimulai” 9. Pengatur upacara mengenakan tali komando (pada lengan kanan) dan pemimpin upacara mengenakan nomor peserta. 15. b. Apabila ada pejabat/petugas lain yang berhalangan maka cadangan tidak akan dinilai. pembawa acara dan pembaca do’a yang tidak dapat dipindah-pindah. 13. maka peringkatnya berturut-turut akan ditentukan oleh nilai unsur : a. Apabila terjadi gangguan listik mati. Pengatur upacara.d. lomba tetap dilanjutkan meskipun tanpa menggunakan pengeras suara. Tiga buah microphone untuk pembina upacara. Melebihi batas waktu. Tema Umum lomba adalah “Aktif Berorganisasi dan Tetap Berprestasi”. 5. Map teks upacara disediakan sendiri oleh masing-masing peserta. Apabila ada 2 kontingen atau lebih memiliki jumlah nilai yang sama.

b. Menyanyikan lagu Nasional. Acara Penutup Laporan Pengatur Upacara kepada Pembina Upacara. SUSUNAN ACARA UPACARA PENGIBARAN BENDERA (Susunan acara tidak perlu dibacakan seluruhnya sebelum upacara dimulai) 1. Barisan dibubarkan oleh Pemimpin Upacara dengan cara : a. Acara Pokok a. Penghormatan Umum. Upacara selesai. Pembacaan teks Pancasila. barisan dibubarkan. f. Penghormatan Umum. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara. d. 2. Pembacaan Do’a. 3. Acara Pendahuluan Laporan Pengatur Upacara kepada Pembina Upacara. Pemimpin Upacara memberikan aba-aba “Bubarkan” kemudian meninggalkan tempat upacara. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara. Laporan Pemimpin Upacara. i. 2. Ketua barisan menyiapkan barisannya masing-masing. Amanat Pembina Upacara (maksimal 5 menit). c. Pembina Upacara memasuki lapangan Upacara. Laporan Pemimpin Upacara. Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945. c. b. e. n. Pengibaran Bendera Sang Merah Putih. Mengheningkan Cipta. Acara Persiapan a. k. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 6 of 26 . 4. l.I. Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara. Catatan : 1. g. Laporan setiap ketua barisan kepada pemimpin upacara. Pembina Upacara meninggalkan lapangan upacara. h. Ketua kelas/barisan sebelum laporan kepada Pemimpin Upacara berada di depan barisannya masing-masing (seolah-olah ada barisan yang disiapkan) dan setelah laporan kembali ke samping kanan barisannya masing-masing. d. o. m. j.

Pembawa Teks Pancasila cukup maju 4 langkah dan balik kanan. Pembina upacara sebelum pengatur upacara menyampaikan laporan awal dan setelah pengatur upacara menyampaikan laporan akhir berada di luar garis batas lapangan.b. a. kemudian mengantar pembina sampai tempat transit dan kembali ke tempat semula. LAPORAN SELESAI”. kemudian mengantar pembina sampai dengan mimbar dan kembali ke tempat semula. Barisan dibubarkan oleh Ketua barisan. setelah menyerahkan kembali ke tempat semula. Pembina balik kanan. d. Sehingga posisinya di sisi kanan Pembina Upacara. UPACARA BENDERA TELAH DILAKSANAKAN. UPACARA BENDERA SIAP DIMULAI. 3. c. Pengatur Upacara berada di luar lapangan upacara. 2) Upacara bendera telah selesai : “LAPOR. berada di sebelah kiri tiang bendera. Melapor kepada Pembina Upacara sesaat setelah Pembina Upacara meninggalkan tempat upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan. Laporan Pengatur Upacara kepada Pembina Upacara didahului dan diakhiri dengan penghormatan. Melapor kepada Pembina Upacara sesaat sebelum Pembina Upacara masuk ke tempat upacara bahwa upacara siap dimulai. J. Pembina Upacara dan Pembawa Teks Pancasila a. b. b. berada di sebelah kiri tiang bendera dan menghadap ke peserta upacara. c. Saat pengibaran bendera. Pembawa Teks Pancasila saat menyerahkan teks Pancasila dengan maju melenggang. 1) Kesiapan upacara bendera : “LAPOR. Pembina upacara pada saat memasuki dan meninggalkan tempat upacara melewati sisi kiri tiang bendera. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 7 of 26 . Pemimpin Upacara. Pengatur Upacara melapor di luar lapangan. Pengatur Upacara. LAPORAN SELESAI”. 2. KETENTUAN TAMBAHAN LOMBA TATA UPACARA BENDERA 1.

GERAK”. Pembina Upacara memerintahkan : “LANJUTKAN” dan Pemimpin Upacara menirukan “LANJUTKAN”. c. a. b. ISTIRAHAT DI TEMPAT – GERAK”. Setelah selesai amanat memberikan aba-aba “SIAP – GERAK”. Setelah memerintahkan “BUBARKAN” Pemimpin Upacara balik kanan dan meninggalkan tempat upacara. HORMAT – GERAK”. Pemimpin Upacara memberikan aba-aba : “TEGAK – GERAK”. kemudian balik kanan. Pemimpin Upacara tanpa balik kanan memberikan aba-aba : “UNTUK PERHATIAN. Selanjutnya Pemimpin Upacara balik kanan dan kembali ke tempat semula. Setelah dibalas Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 8 of 26 . UPACARA BENDERA SIAP DIMULAI”. Memimpin penghormatan kepada Pemimpin Upacara. Pemimpin Upacara menerima penghormatan dari peserta upacara . Memerintahkan kepada pemimpin barisan untuk membubarkan barisannya. ISTIRAHAT DI TEMPAT . kemudian mengistirahatkan pasukan dengan aba-aba: ”BARISAN SAYA AMBIL ALIH. Aba-aba petunjuk dipimpin oleh pemimpin barisan paling kanan sebagai berikut : “KEPADA PEMIMPIN UPACARA”. Pemimpin Upacara pada saat melapor kepada Pembina Upacara maju 6 langkah melenggang. g. Pemimpin Upacara memberikan laporan bahwa upacara selesai kepada Pembina Upacara tanpa diawali dan diakhiri penghormatan : “UPACARA TELAH DILAKSANAKAN. d. f. Ketua Barisan. Memimpin penghormatan kepada Pembina Upacara dengan abaaba : “KEPADA PEMBINA UPACARA. Pembina Upacara memerintahkan “BUBARKAN” dan Pemimpin Upacara menirukan “BUBARKAN”. tanpa diawali dan diakhiri dengan penghormatan menyampaikan laporan: “LAPOR. 4.a. selanjutnya aba-aba peringatan dan pelaksanaan dilakukan oleh semua pemimpin barisan secara serentak : “HORMAT – GERAK”. Pada saat amanat. Setelah dibalas oleh Pembina Upacara. LAPORAN SELESAI”. e. Menerima penghormatan dan laporan Ketua barisan serta mengambil alih pimpinan pasukan.

b. Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 dan Do’a. Setelah diperintahkan oleh Pemimpin Upacara untuk membubarkan barisan maka pemimpin barisan membubarkan barisannya masingmasing. 7. b. Pada saat menyanyikan lagu nasional Pemimpin lagu maju ke tengah lapangan (kira-kira 3 langkah di sebelah kiri Pembina upacara dan menghadap ke peserta upacara). (SEBUT NAMA KELAS) SIAP – LAPORAN SELESAI”. c. tanpa diawali dan diakhiri penghormatan (kelas tertinggi di sebelah kanan) menyampaikan laporan : “LAPOR. b. Pemimpin Lagu tidak perlu mengambil suara terlebih dahulu. Pada saat akan membaca teks. Pada saat berdoa tanpa diawali dengan kata “Berdoa Mulai” dan tanpa diakhiri dengan kata “Berdoa Selesai”. Kelompok Pengibar Bendera.oleh Pemimpin Upacara. Tanpa menyampaikan laporan dan penghormatan. Pemimpin Barisan pada saat meluruskan yang menjadi patokan adalah petugas paling kanan (kelas tertinggi) bukan yang di tengah. para Ketua barisan secara serentak memberikan aba-aba “TEGAK . Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 9 of 26 . 6. a. Pemimpin lagu memimpin lagu cukup dari depan kelompok paduan suara untuk lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Pemimpin Barisan maju ke depan pemimpin upacara sambil meluruskan dalam formasi segaris. Pemimpin Lagu dan Kelompok Paduan Suara. Setelah Pemimpin Upacara memerintahkan “KEMBALI KE SAMPING BARISAN”.GERAK”. c. Setelah selesai balik kanan dan kembali ke tempat semula. Ketua Barisan pada saat melapor kepada Pemimpin Upacara dengan langkah biasa. Pada saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pemimpin barisan menirukan “KEMBALI KE SAMPING BARISAN” dilanjutkan dengan balik kanan dan kembali ke samping kanan barisannya masing-masing. e. d. a. Pada saat melapor kepada Pemimpin Upacara. 5. maju lebih kurang 2 – 3 langkah dengan melenggang.

Kemudian memberikan aba-aba 3 langkah ke depan dan melaksanakan gerakan untuk melepas tali. c. Amanat Pembina Upacara. selanjutnya maju 3 langkah dengan melenggang dan berhenti (boleh tidak maju 3 langkah). 2. boleh jalan di tempat terlebih dahulu. melakukan haluan kanan. Mengheningkan Cipta / Hymne Pahlawan. Formulir “A” Rencana Upacara. dst. a. Bendera sampai di puncak tiang pada saat lagu kebangsaan Indonesia Raya sampai pada “Hiduplah Indonesia Raya’. dengan perincian : Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 10 of 26 dengan aba-aba. c. PERSIAPAN TERTULIS UPACARA BENDERA Persiapan Tertulis Tata Upacara Bendera terdiri dari : 1. Jumlah peserta/regu lomba baris berbaris adalah 18 siswa termasuk pemimpin barisan. Saat sejajar dengan tiang. Pembukaan UUD 1945. c. d. 5. Tidak perlu melepas tutup kepala dan melakukan gerakan seperti sikap tangan yang diangkat. KETENTUAN TEKNIS LOMBA BARIS BERBARIS 1. 3. Do’a. Formulir “C” Denah Lapangan Upacara. Indonesia Raya. . Petugas tidak memberikan penghormatan kepada Pembina Upacara. Pengibar Bendera sebelum berjalan langkah tegap untuk mengibarkan bendera. c. b. b. Petugas upacara istirahat pada saat amanat Pembina Upacara. Teks Lagu : a. L. b. d. 4. Lagu nasional. Seluruh Petugas Upacara. 8.a. Pada saat akan mengibarkan dan setelah mengibarkan petugas yang melepas tali dan mengikat tali adalah petugas yang sama. Petugas upacara menundukkan kepala pada saat berdoa. K. Gerakan Petugas Pengibar Bendera boleh mengalir atau diawali b. Naskah-naskah : a. Pancasila. Formulir “B” Tata Upacara.

11. b. 18 siswa. Garis batas lapangan menggunakan prinsip ”GARIS TEMBOK”. Daftar urutan gerakan / aba-aba sebagaimana dalam petunjuk penilaian dan denah. c. Pemimpin barisan berada di dalam garis batas lapangan dan tidak boleh berpindah tempat (tempat pemimpin barisan telah ditentukan). Variasi di Tempat adalah gerakan PBB di tempat yang gerakannya divariasikan (dan boleh dirangkai dengan gerakan lain PBB di tempat yang gerakannya juga telah divariasikan).a. Apabila peserta LBB kurang karena berbagai alasan maka nilai setiap gerakan akan dikurangi 10 point/orang untuk nilai maksimal 100. . kegiatan dihentikan karena gerakan selanjutnya tidak akan dinilai. Pada saat gerakan perubahan arah dari berjalan ke berjalan pasukan tidak boleh berhenti (diperbolehkan jalan di tempat). Variasi Berjalan adalah gerakan PBB berjalan yang gerakannya divariasikan (dan boleh dirangkai dengan gerakan lain PBB berjalan yang gerakannya juga telah divariasikan). 7. Artinya apabila ada peserta yang menginjak garis batas dan/atau melayang di atas garis batas dianggap telah melebihi garis batas. Anggota barisan Total 2. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 11 of 26 01 siswa. Pada saat berbanjar/bersaf pasukan akan kosong satu. 12. Yang dimaksud dengan Gerakan Variasi adalah : a. 9. 17 siswa. Melebihi garis batas lapangan dianggap tidak melaksanakan gerakan tersebut. Apabila ada aba-aba yang terlewati maka aba-aba tersebut dianggap tidak dilaksanakan. tempat yang kosong biarkan tetap kosong meskipun berada di depan/kanan (kecuali ada aba-aba lencang). Pemimpin barisan mengenakan nomor peserta. Pemimpin barisan b. 14. Waktu berjalan saat aba-aba “Berhimpun…” 3. 5. 10. 13. 4. Melebihi batas waktu. Variasi Berjalan dengan Perubahan Arah/Formasi adalah gerakan PBB yang membentuk suatu formasi/bentuk tertentu. 6. Peserta disarankan tidak mengulang-ulang aba-aba yang sama karena gerakan yang dinilai adalah gerakan pertama. 8.

Pemimpin lagu dan kelompok paduan suara terbaik.15. KEJUARAAN DAN PENGHARGAAN 1. b. Gerakan variasi. 3. h. Juri Lomba TUB dan BB masing-masing sebanyak 3 orang yang berasal dari unsur Sipil dan/atau TNI-POLRI. Berdasarkan jumlah nilai yang diperoleh dari lomba tata upacara bendera dan lomba baris berbaris akan ditentukan 3 kontingen sebagai Juara I. c. Kepada kontingen Juara I. Pemimpin upacara terbaik. d. Bobot nilai lomba tata upacara bendera sama dengan bobot nilai lomba baris berbaris. M. DEWAN JURI 1. f. Dewan juri ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Magelang. l. Kepada kontingen Juara I (Umum) juga akan diberikan trophy bergilir Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang. 2. e. Kontingen baris berbaris terbaik. Pembina upacara dan pembawa teks pancasila terbaik. Ketua-ketua barisan terbaik. Pembaca do’a terbaik. b. N. k. g. Pembawa acara terbaik. Juara II dan Juara III akan diberikan trophy tetap dan piagam penghargaan. Kontingen tata upacara bendera terbaik. Gerakan perubahan arah. Gerakan berjalan. Juara II dan Juara III. Pengatur upacara terbaik. Pembaca naskah pembukaan UUD 1945 terbaik. maka peringkatnya berturut-turut akan ditentukan oleh : a. Akan diberikan piagam penghargaan kepada : a. Setiap kontingen (yang bukan pemenang lomba) akan mendapatkan piagam penghargaan secara kolektif. j. Kelompok pengibar bendera terbaik. 6. Apabila ada 2 kontingen atau lebih memiliki jumlah nilai yang sama. 5. i. 4. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 12 of 26 . 2. c. Pemimpin baris-berbaris terbaik.

c. Upacara penutupan dijadwalkan dilaksanakan pada pukul 14. Tidak diperkenankan keluar masuk lapangan dan tribun kehormatan selama upacara penutupan berlangsung. e. f. P.00 WIB. Seluruh kontingen diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan kerapian tempat pelaksanaan lomba serta menjaga tingkah laku. Seluruh kontingen dilarang untuk melakukan kecurangan dan usaha untuk mengganggu peserta lain dalam perlombaan. Upacara pembukaan dijadwalkan dilaksanakan pada pukul 08. Penataan barisan dan gladi bersih dilaksanakan pada pukul 07. Upacara dilaksanakan setelah kehadiran Pembina Upacara.30 WIB – 07. b.55 WIB. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 13 of 26 . d. e. b. Peserta lomba diwajibkan sudah hadir pada pukul 07. Peserta upacara penutupan adalah peserta lomba yang melaksanakan lomba pada hari kedua dan perwakilan peserta lomba hari pertama. UPACARA PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN 1. PERATURAN SELAMA LOMBA 1. Pembina dan/atau official dapat menempatkan diri di tribun kehormatan selama upacara pembukaan. Upacara Penutupan a.O. d. Upacara Pembukaan a. 3.30 wib/setelah kehadiran Pembina Upacara. Panitia memberikan kesempatan kepada keluarga dan/atau teman-teman dari peserta lomba untuk menyaksikan lomba. Informasi mengenai waktu pasti upacara penutupan akan diberitahukan kemudian oleh Panitia. c. Pembina dan/atau official dapat menempatkan diri di tribune kehormatan selama upacara penutupan. Tidak diperkenankan keluar masuk lapangan dan tribun kehormatan selama upacara pembukaan berlangsung. 3. Peserta upacara pembukaan adalah peserta lomba yang melaksanakan lomba pada hari pertama dan perwakilan peserta lomba hari kedua.30 WIB di lapangan upacara setelah melaksanakan daftar ulang. 2.

Q. Peserta lomba maupun official/pembina dilarang memasuki ruang rekapitulasi nilai. 13. Penghitungan waktu yang berlaku mutlak adalah penghitungan waktu dari panitia. membuat kegaduhan. Panitia tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barangbarang yang dibawa peserta dan pembina.4. R. 10. Segala sesuatu yang berkaitan dengan peserta lomba di luar pelaksanaan lomba merupakan tanggung jawab official/pembina. Mengingat panjangnya kegiatan ini. 2. 2. tetapi datang ke tempat panitia. Kontingen yang akan mengabadikan kegiatan (foto & video) mohon untuk tidak memasuki arena lomba. Untuk kelancaran kegiatan ini dimohon kerjasama yang baik dari peserta lomba. membuang sampah sembarangan. PERINGATAN PANITIA 1. Dilarang membawa senjata tajam atau barang berharga lainnya. Peserta wajib menjaga dengan baik atribut dan perlengkapan milik panitia yang dibawanya. SANKSI 1. Setiap kontingen diharapkan menyediakan seorang saksi timer. 6. untuk itu kami mohon antisipasi peserta terhadap keadaan tersebut. 9. Panitia tidak menanggung konsumsi para peserta lomba. 11. 4. 7. Wilayah lomba merupakan wilayah bebas asap rokok. memberikan tepukan dan sorakan yang tidak wajar. 3. Sanksi pengurangan nilai sebesar 100 point diberikan kepada kontingen yang mengganggu peserta lain dalam melaksanakan Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 14 of 26 . Selama kegiatan HP mohon dimatikan. Setelah selesai melaksanakan lomba nomor dada dan tali komando dikembalikan ke sekretariat panitia. 5. seluruh peserta diharapkan agar menjaga kondisi fisik dan obat-obatan pribadi dibawa. Selama pelaksanakan lomba dimungkinkan terdapat gangguangangguan yang berasal dari pengeras suara lapangan. 12. dsb. Sanksi di tempat berupa teguran akan diberikan kepada peserta yang membunyikan HP. Saksi timer tidak dipanggil oleh panitia. 5. 8.

Pembina Upacara dan Pembawa Teks Pancasila N Aspek 1 2 Isi Amanat Pengucapan Teks Pancasila Nilai Max 100 100 Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 15 of 26 . Tata Upacara Bendera 1. KETERANGAN TAMBAHAN Weblog Resmi Lomba TUB dan BB Tingkat Kota Magelang : http://www. menggunakan headset wireless. Penilaian terdiri dari 9 unsur. b.com PETUNJUK PENILAIAN DAN DENAH A. Umum a.perlombaan (misal : memberikan aba-aba pelaksanaan. Kontingen yang anggotanya memasuki ruang juri dan rekapitulasi nilai dengan alasan apapun juga. 3.00 dan pengurangan nilai sebanyak 100 point diberikan kepada kontingen yang pembina/official-nya merokok selama pelaksanaan lomba. Unsur dan aspek yang dinilai a. Kontingen yang melakukan kecurangan (menggunakan kertas contekan. c. 5. Nilai tata upacara bendera maksimal 900. Sanksi pengguguran hak juara diberikan kepada kontingen yang mengganti anggota pasukan pada saat lomba TUB dan BB. Rentang nilai tiap unsur adalah 0 – 100. c.000.lombamgl. Sanksi diskualifikasi diberikan kepada : a. memanggilmanggil nama teman yang sedang melaksanakan lomba). S. 4. Sanksi denda sebesar Rp 100. dll). bantuan hafalan dari official/Pembina. b. Kontingen yang siswa-nya merokok selama pelaksanaan lomba.wordpress. 2.

Teks 4 = 100 100 400 Pancasila : Jml Nilai Aspek b.3 4 Nilai Teknis Pelaksanaan Pembina Teknis Pelaksanaan Pemb. No Aspek 1 Penampilan 2 Suara 3 Tempo Pengaturan Acara 4 Penguasaan Situasi Jumlah Nilai Pembawa Acara : Jumlah Nilai Aspek 4 = Nilai Max 100 100 100 100 400 d. Pengatur Upacara No Aspek 1 Pemilihan Petugas 2 Persiapan Lapangan 3 Persiapan Tertulis 4 Teknis Pelaksanaan Jumlah Nilai Pengatur Upacara : Jumlah Nilai Aspek 4 = Nilai Max 100 100 100 100 c. Pemimpin Upacara No Aspek 1 Penampilan 2 Suara 3 Teknis Gerakan 4 Penjiwaan Jumlah Nilai Pemimpin Upacara : Jumlah Nilai Aspek 4 = Nilai Max 100 100 100 100 400 e. Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 16 of 26 . Teks Pancasila Jumlah Pembina Upacara & Pemb. Pembawa Acara.

Kelompok Pengibar / Penurun Bendera Nilai Max 100 100 100 100 100 500 = Jumlah Nilai Aspek h. Pembaca Do’a No 1 Isi Doa 2 Suara 3 Penampilan Aspek Nilai Max 100 100 100 Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 17 of 26 .No 1 2 3 4 Aspek Sikap Suara Teknis Gerakan Penjiwaan Jumlah Nilai Max 100 100 100 100 400 4 = Nilai Pemb. Teks Pembukaan UUD 1945 : f. Jml Nilai Aspek Pemimpin Lagu dan Kelompok Paduan Suara No Aspek 1 Sikap Kelompok 2 Penguasaan Kelompok 3 Teknis Gerakan Pemimpin Lagu 4 Penampilan Kelompok Jumlah Nilai Kelompok Paduan Suara : No 1 2 3 4 5 Aspek Disiplin Keserempakan Gerakan Keseragaman Penguasaan Teknis Penjiwaan Jumlah Nilai Kelompok Pengibar Bendera : 5 Jumlah Nilai Aspek 4 = Nilai Max 100 100 100 100 400 g.

Jumlah Nilai Pembaca Doa : i.5 150 3 Gerakan Perubahan Arah 3. Gerakan variasi adalah gerakan ke arah pertunjukan dan bersifat demonstrasi. d. Bobot tiap unsur adalah sebagai berikut : No. Umum a.0 100 2 Gerakan Berjalan 1.0 200 5 Kerapihan Pakaian dan Disiplin 0. Pada gerakan variasi ini diperbolehkan menggunakan tongkat (panjang maksimal 160 cm) dan membentuk formasi barisan yang bersifat khusus. b. Jumlah Nilai Aspek 3 = 300 Ketua-ketua Barisan No Aspek 1 Penampilan 2 Suara 3 Teknis Gerakan Jumlah Nilai Kelompok Ketua Barisan : Jumlah Nilai Aspek 3 Nilai Max 100 100 100 300 = B.0 300 4 Gerakan Variasi 2. Bila diperlukan sebelum melaksanakan gerakan variasi barisan boleh dibubarkan untuk mengambil tongkat. Nilai baris berbaris diperoleh dengan menjumlahkan nilai 6 unsur. f.0 100 Total 900 e. Dalam gerakan ini dapat digunakan aba-aba rangkap lebih dari dua dan dapat pula menggabungkan lebih dari dua jenis gerakan.5 50 6 Pemimpin Barisan 1. Unsur Bobot Nilai Max 1 Gerakan Dasar di Tempat 1. c. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 18 of 26 . Baris Berbaris 1. Penilaian terdiri dari 6 unsur. Nilai baris berbaris maksimal adalah 900.

Gerakan Dasar di Tempat No Aspek 1 Berhimpun.2. Lencang kanan. 3 Maju jalan. 13 Langkah lari ke berhenti Jumlah Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 19 of 26 Nilai Max 50 50 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 1. Unsur Gerakan Berjalan No Aspek 1 Langkah ke depan dan ke belakang. 12 Langkah lari ke langkah biasa. 4 Ganti langkah. 5 Setengah lengan lencang kanan dan setengah lengan lencang kiri. 9 Istirahat parade. 10 Penghormatan. 9 Hormat kanan dan hormat kiri. Unsur dan aspek yang dinilai a. 5 Jalan di tempat. 2 Berkumpul berbanjar. 2 Langkah ke kiri dan ke kanan. 8 Istirahat di tempat. 6 Berhitung dalam bentuk bersaf. 11 Langkah biasa ke langkah lari. 6 Langkah biasa ke langkah tegap. 10 Berhenti ke langkah lari.200 . 7 Langkah tegap ke langkah biasa. lencang kiri dan lencang 4 depan. 8 Langkah perlahan ke langkah biasa. 7 Berhitung dalam bentuk berbanjar. 3 Berkumpul bersaf. Jumlah Nilai unsur Gerakan Dasar di Tempat : 7 Nilai Max 100 100 100 100 50 50 50 50 50 50 700 ×1 = Jumlah Nilai Aspek b.

Hadap kiri maju jalan c. d. f. Melintang kiri maju jalan. Hadap kanan dan hadap kiri b. e. Hadap kanan maju jalan. g. c. e. Dua kali belok kiri jalan. Melintang kiri. g. Haluan kanan maju jalan. Dari berjalan ke berjalan a. b. Hadap serong kanan jalan. i. h. j. f. Melintang kanan maju jalan. Haluan kiri maju jalan. Tiap-tiap banjar dua kali belok kiri maju jalan. Tiap-tiap banjar dua kali belok kanan maju jalan. Belok kanan maju jalan. Melintang kanan.Nilai Unsur Gerakan Berjalan : Jumlah Nilai Aspek 12 ×1.5 = c. Balik kanan maju jalan. Unsur Gerakan Perubahan Arah N Aspek 1 Dalam keadaan berhenti a.dan haluan kiri e. d. Dua kali belok kiri maju jalan. Buka dan tutup barisan. Balik kanan maju jalan d. b. Dari berhenti ke berjalan a. Hadap kiri maju jalan. k. Haluan kanan. Tiap-tiap banjar dua kali belok kanan Nilai Max 50 50 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100 200 200 100 100 100 100 100 100 100 100 2 3 Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 20 of 26 . Dua kali belok kanan jalan. Belok kanan jalan. Hadap kanan maju jalan. Hadap serong kanan/kiri c. f. h.

Melintang kiri maju jalan. d. Balik kanan berhenti. Jumlah Nilai Unsur Gerakan Variasi : Jumlah Nilai Aspek 6 Nilai Max 100 200 300 600 ×2 = e. f. e. Jumlah 43 100 100 100 200 200 100 100 100 100 100 100 200 200 4. Dari berjalan ke berhenti a.300 ×3 = Nilai Unsur Gerakan Perubahan Arah : Jumlah Nilai Aspek d.4 jalan. h. Hadap serong kanan berhenti. k. b. Hadap serong kiri berhenti. Haluan kiri maju jalan. Haluan kanan berhenti. 2 Gerakan Variasi berjalan. g. i. j. Hadap kanan berhenti. Melintang kanan maju jalan. l. Melintang kiri berhenti. Unsur Kerapihan Pakaian dan Disiplin No Aspek 1 Kerapihan Pakaian a. Haluan kiri berhenti. 3 Gerakan Variasi berjalan dengan perubahan arah / formasi. m. Unsur Gerakan Variasi No Aspek 1 Gerakan Variasi di tempat. Sepatu dan Kaos Kaki Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 21 of 26 Nilai Max 100 . Tiap-tiap banjar dua kali belok kiri jalan. Melintang kanan berhenti. c. Haluan kanan maju jalan.

Catatan a. d. kecuali pada saat gerakan variasi. Pada saat melakukan gerakan variasi. Tidak diperbolehkan menggunakan aba-aba rangkap lebih dari 2. c. Urutan gerakan sesuai dengan urutan unsur dan aspek seperti tersebut dalam unsur dan aspek yang dinilai. b. C. maksimal 2 aba-aba sisipan. Unsur Pemimpin Barisan No Aspek 1 Kerapihan 2 Suara 3 Teknis Gerakan 4 Penjiwaan 5 Penguasaan Lapangan Jumlah Nilai Unsur Pemimpin Barisan : Jumlah Nilai Aspek 5 Nilai Max 100 100 100 100 100 500 ×1 = 3. Peserta disarankan untuk memberikan narasi mengenai gerakan variasi yang sedang ditampilkan.2 b. Baju dan Topi Disiplin Jumlah Nilai Unsur Kerapihan Pakaian & Disiplin : Jml Nilai Aspek 5 × 0. Celana/Rok. e. salah satu perwakilan dari peserta (pembina/official) diperbolehkan/disarankan memberikan penjelasan/narasi mengenai gerakan variasi yang sedang diperagakan. Denah Lapangan Upacara Bendera Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 22 of 26 .5 = 100 300 500 f. Bila pada 2 unsur / aspek yang berurutan tidak mungkin diadakan gerakan yang berurutan dapat disisipi gerakan lain yang sesuai dengan peraturan baris berbaris.

12. Pemimpin Upacara. Pembawa Acara. Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 23 of 26 . Kelompok Pengibar Bendera. Pembawa Teks Pancasila. Ketua Barisan.T e m p a t A m b i l B e n d e r a 25 M 25 M 1 2 1 1 1 3 1 3 1 1 1 3 1 1 3 5 M Keterangan : 1. Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945. Pembaca Do’a. 6. Pengatur Upacara. 13. Tiang Bendera. 5. Pemimpin Lagu / Dirigent. Pembina Upacara. 11. 8. 9. 4. 10. 7. Pasukan Peserta Upacara. Kelompok Pembawa Lagu / Paduan Suara. 2. 3.

d. . Maret 2008 Nama NIP Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 24 of 26 . s. 18 19 20 Nama Peserta ( Siswa ) Nama Pembina Upacara ( Guru ) Nama Official Nama Nama Peserta ( Siswa ) NIS / NIP Tmp. Kepala SMA/SMK/MA ________________ Magelang memberi tugas kepada : No 1 s.= CONTOH SURAT TUGAS = KOP SURAT SURAT TUGAS No. Tgl Lahir Sebagai peserta Lomba Tata Upacara Bendera dan Baris Berbaris Tingkat Kota Magelang pada tanggal ..d. Maret 2008 di SMK Negeri 1 Magelang. Demikian untuk dapat dilaksanakan dan menyampaikan laporan setelah melaksanakan tugas. Kepala.... Magelang. : / / .

= CONTOH DAFTAR ANGGOTA REGU LBB = KOP SURAT DAFTAR ANGGOTA REGU LBB No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Nama NIS Keterangan Pemimpin Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Anggota Barisan Mengetahui. Maret 2008 Pembina / Official Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 25 of 26 . Kepala Sekolah Magelang.

Petunjuk Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA Page 26 of 26 ._______________________ NIP. _______________________ NIP.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful