Perbedaan UUD 1945, konstitusi RIS 1949 dan UUDS 1950 No 1

ASPEK

UUD 1945

Konstitusi RIS

UUDS 1950

Sitematika penulisan UUD

-

Pembukaan terdiri dari 5 alinea ³ « maka disusunlah kemersekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu undang-undang Negara Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada«´. UUD 1945 terdiri dari XVI bab, 37 pasal, 4 aturan peralihan dan 2 aturan tambahan. Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republik (pasal 1 ayat 1)

-

Mukadimah terdiri dari 4 alinea disebutkan : Kemerdekaan disusun dalam suatu Piagam negara yang berbentuk RepublikFederasi (Alinea ke 3).

-

Mukadimah terdiri dari 4 alinea disebutkan: Kemerdekaan disusun dalam suatu Piagam negara, yang berbentuk negara RepublikKesatuan.( alinea ke4).

-

-

Konstitusi RIS batang tubuh terdiri dari 6 bab dan 197 Pasal.

-

Batang tubuh UUDS 1950 terdiri dari 6 bab, 116 pasal dan 1 pasal penutup. Republik Indonesia yang merdeka dan berdaulat ialah suatu Negara okum yang demokratis dan berbentuk kesatuan ( dalam pasal I ayat 1) Kedaulatan RI berada di tangan rakyat dan dilakukan oleh pemerintah bersama dengan DPR (dalam pasal I ayat 2) Republik Indonesia meliputi seluruh daerah Indonesia (pasal 2).

2

Mengenai bentuk Negara dan kedaulatan

-

-

RIS yang merseka berdaulat ialah suatu Negara okum yang demokrasi dan berbentuk federasi. (dalam pasal I ayat 1).

-

-

Kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh MPR (pasal 1 ayat 2) UUD 1945 tidak menjelaskan dengan terinci mengenai mana saja wilayah Indonesia itu.

-

3

Daerah Negara

-

-

Kekuasaan kedaulatan RIS dilakukan bersama antara pemerintah, DPR dan Senat. (dalam pasal I ayat 2) RIS meliputi seluruh daerah Indonesia yaitu daerah bersama : - Negara Indonesia Timur. Negara

-

-

Negara Sumatera Timur (Asahan Selatan dan labuhan Batu). Kalimantan Tenggara dan Kalimantan Timur. Negara Madura. Jawa Tengah. Negara Sumatera Selatan. Dayak Besar.Pasundan (termasuk distrik federal Jakarta). Daerah banjar. Bangka. ditambah dengan utusan daerah dan golongan menurut aturan yang ditetapkan UU. . putusan MPR ditetapkan dengan y Dalam konstitusi RIS tidak ada MPR Tidak ada MPR. Belitung.Satuan kenegaraan yang tegak sendiri. (Pasal 2) Alat. . Kalimantan Barat. Riau.alat perlengkapan Negara dalam konstitusi RIS terdiri dari : y Presiden y y y Menteri-menteri y y y Presiden Dewan Perwakilan Rakyat Dewan Pertimbangan Agung Mahkamah Agung Senat y Dewan Perwakilan Rakyat y y y Mahkamah Agung Indonesia Dewan Pengawasan Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat Mahkamah Agung Dewan Pengawas Keuangan Menteri-menteri 4 Alat kelengkapan Negara Alat-alat kelengkapan Negara terdiri dari : y Majelis Permusyawarata n Rakyat Alat-alat perlengkapan Negara dalam UUDS 1950 terdiri dari : y Presiden dan Wakil Presiden y y y 5 Penjelasan Alat-alat kelengkapan Negara Badan Pemeriksa Keuangan MPR terdiri atas anggota-anggota DPR.

y y Sebelum memangku jabatan. Presiden y Presiden dan Wakil Presiden dipilih menurut aturan yang ditetapkan dengan UU (pasal 45 ayat 3). y Dalam konstitusi RIS 1949 ini. y Presiden sebelum memangku jabatan mengangkat sumpah dihadapan DPR. bersidang sedikitnya sekali dalam 5 tahun di ibukota Negara dan menetapkan UUD dan GBHN.suara terbanyak. antara pemerintah dengan parlemen memiliki kedudukan yang sama-sama kuat dimana pemerintah tidak dapat dijatuhkan oleh parlemen dan parlemen pula tidak dapat dibubarkan oleh pemerintah. jika Menteri y Menteri-menteri bersidang dalam dewan menteri yang dipimpin oleh perdana menteri. Presiden tidak dapat membubarkanny a. mengangkat sumpah dihadapn orangorang yang dikuasakan oleh pemerintah daerah bagian. Menteri y Tidak ada menteri Menteri y Menteri-menteri bersidang dalam dewan menteri yang dipimpin oleh perdana menteri. Presiden dan wakil Presiden bersumpah menurut agama atau berjanji dengan sungguhsungguh di hadapan MPR atau DPR UUD 1945 kedudukan adalah kuat. jika . Presiden y Presiden dan wakil Presiden dipilih oleh MPR dengan suara terbanyak (pasal 6 ayat 2) Presiden y Presiden dipilih oleh orangorang yang dikuasakan oleh pemerintah daerah-daerah bagian (pasal 69 ayat 2) y Presiden sebelum memangku jabatan. y Pemerintah dapat dijatuhkan oleh presiden (presiden berhak membubarkan DPR dengan syarat dalam waktu 30 hari harus dilakukan pemilihan baru).

DPA Tidak ada. DPA y DPA y Susnan DPA ditetapkan dengan Undangundang. setiap daerah bagian mempunyai dua anggota senat dan setiap anggota senat mengeluarkan suara. Senat y Senat y Senat y berhalangan digantikan oleh menteri yang ditujukan oleh dewan menteri. MA y Susunan dan kekuasaan MA diatur dengan Undang-undang. Tidak ada senat dalam alat kelengkapan UUD 1945 Mewakili daerah-daerah bagian.berhalangan digantikan oleh menteri yang berkedudukan khusus. hanya menyebutkan susunan kekuasaan badan-badan kehakiman itu Mahkamah Agung Indonesia y Susunan dan kekuasaanya diatur dengan Undang-undang federal. DPR y Susunan DPR ditetapkan dengan Undangundang (pasal 19 ayat 1) DPR y DPR mewakili seluruh rakyat Indonesia dan terdiri dari 150 anggota. . dewan ini berkewajiban memberikan jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak maengajukan usul kepada pemerintah.000 jiwa penduduk Indonesia memiliki seorang wakil. Tidak ada MA y Susunan keanggotaan tidak dibahas secara rinci. DPR mewakili seluruh rakyat Indonesia dan terdiri sejumlah anggota yang besarnya ditetapkan berdassar atas perhitungan setiap 300.

presiden menerima duta Negara lain. Konstituante RIS rancangannya disusun oleh wakil-wakil republik Indonesia dan BFO (pertemuan untuk musyawarah federal) y Masuk dalam dan memutuskan perjanjian dan persetujuan lain. yaitu suatu badan yang tugasnya lebih banyak dititk beratkan kepada tindakan yang bersifat mencegah. oleh BPUPK dan formalnya berlaku sejak di sahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 sampai tanggal y y . dilakukan oleh presiden hanya dengan kuasa undang-undang.000 jiwa penduduk warga Negara Indonesia memiliki seorang wakil (pasal 135 ayat 1) UUDS 1950 ini di rancang oleh panitia gabungan antara republik Indonesia serikat dengan republik Indonesia y 8 Penyusun y UUD 1945 rancangan nya telah di setujui pada tanggal 16 juli 1945. BPK diganti dengan nama Dewan Pengawas Keuangan. y Masuk dalam dan memutuskan perjanjian dan persetujuan lain hanya dilakukan oleh presiden dengan kuasa undang-undang federal. Konstituante dibentuk dengan jalan memperbesar DPR yang dipilih dan Senat baru yang ditunjuk serta anggota-anggota luar biasa sebanyak jumlah anggota luar biasa sebanyak jumlah anggota majelis. Konstituante terdiri dari sejumlah anggota yang besarnya di tetapkan berdasar atas perhitungan setiap 150. BPK y DPK y DPK y Suatu badan yang tugasnya lebih banyak dititk beratkan kepada tindakan yang bersifat represif. y 7 Konstituante y Tidak ada konstituante.diatur dengan UU. 6 Hubungan Luar Negeri y Presiden mengangkat duta dan konsul. BPK diganti dengan nama Dewan Pengawas Keuangan. tetapi mengenal MPR yang memeliki fungsi yang hampir sama dengan konstituante. yaitu suatu badan yang tugasnya lebih banyak dititik beratkan kepada tindakan yang bersifat mencegah.

Tidak ada pasal khusus yang mengatur jaminan bagi tiap penduduk untuk memeluk dan beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara y y Dalam RIS tidak di sebutkan bahwa Negara berdasarkan ketuhanan YME. Lebih spesifik di sebutkan temtar republic Indonesia serikat bertugas melindungi kepentingankepentingan RIS (pasal 180 ayat 1) Pemerintah tidak menyatakan perang melainkan jika itu di izinkan oleh DPR dan senat. menteri pertahanan dapat di tunjuk merangkap jabatan itu. y y Angkatan perang republic Indonesia bertugas melindungi kepentigankepentingan Negara RI. membuat perdamaian dan perjanjian dengan Negara lain. Sistim pemerintahan y y y Presiden memegang kekuasaan tertinggi atas APRI. Negara berdasarkan atas ketuhanan YME (pasal 29 ayat 1) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama nya masingmasing dan untuk beribadah menurut agama nya dan kepercayaan nya itu. y y y Presiden dengan persetujuan DPR menyatakan perang.AL dan AU Tidak dijelaskan y y Presiden tidak menyatakan perang melainkan jika hal itu di izinkan oleh DPR. Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk dan beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Presiden pemegang kekuasaan yang tertinggi atas AD. 11 Sistim pemerintaha y Sistim pemerintahan y y Sistim pemerintahan . y Presiden adalah panglima tertinggi tentara RIS Pemerintah jika perlu menaruh tentara di bawah seorang panglima umum. Dalam keadaan perang pemerintah menetapkan AP di bawah seorang panglima besar.9 Agama y y 10 Pertahanan negara y 14 desember 1945. y y Negara berdasarkan ketuhanan YME (pasal 43 ayat 1).

Kekuasaan perundangundangan di laksanakan antara pemerintah bersama pemerintah. y parlementer.pemeri ntah.pel aksanaan. . Kekuasaan perundangundangan di lakukan oleh pemerintah bersama DPR dan senat. y 13 Undangundang y Kekuasan perundangundangan dilaksanakan antara pemerintah bersama DPR.hak. Tidak dijelaskan secara rinci hanya di sebutkan bahwa tiap-tiap daerah berhak mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan UU. y y parlementer.kewaji ban.12 n Pemerintaha n daerah y presidentil Tidak terperinci karna diatur kembali dengan UUD.administrasi dll. Di jelaskan secara rinci mengenai aturan dari Negara bagian dari alat kelengkapan.

No. 1 Tahap Perkembangan Di bawah UUD 1945 (18 Agustus 1945) sampai dengan terbentuknya Negara republik Indonesia serikat (27 Desember 1945) Jangka Waktu 5 Tahun 2 Di bawah konstitusi RIS (27 Desember 1945) sampai dengan di tetapkannya UUD sementara RI (15 Agustus 1950) 8 Bulan 3 Di bawah UUD sementara RI (15 Agustus 1950) sampai dengan Dekrit Presiden 5 juli 1959 9 Tahun Bentuk Perundang-undangan y Undang-undang (pasal 5 ayat (1) UUD) y Peraturan pemerintah (pasal 5 ayat (2) UUD) y Peraturan pemerintah pengganti undang-undang (pasal 22 UUD) y Undang-undang (pasal 127 konstitusi RIS) y Perauturan pemerintah (pasal 141 konstitusi RIS) y Undang-undang darurat (pasal 139 konstitusi RIS) y Undang-undang (pasal 89 UUDS) y Peraturan pemerintah (pasal 98 UUDS) y Undang-undang Darurat (pasal 198 UUDS) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful