P. 1
Tugas fitum fungsi organel

Tugas fitum fungsi organel

|Views: 85|Likes:
Published by trachmanto

More info:

Published by: trachmanto on Mar 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

ORGANEL ± ORGANEL SEL TUMBUHAN

No. 1

Nama Organel RE Kasar

Fungsi
y Sintesis lemak dan koleterol y Menampung protein dari

Gambar

ribosom dan dibawa ke golgi untuk dikeluarkan
y Transportasi molekul dalam

sel 2 RE Halus
y Sintesis lemak dan koleterol y Transportasi molekul dalam

sel

3

Tubulus Golgi

y Sintesis polisakarida y Membentuk membran plasma y Membentuk kantong sekresi

untuk membungkus zat yang akan dikeluarkan sel

xantofil. terdiri dari : klorofil a dan b (untuk fotosintesis).4 Ribosom y Tempat sintesis protein 5 Mitokondria y Penghasil energi untuk sel dalam bentuk ATP 6 Inti Sel y Mengontrol aktivitas sel y Mengelola ekspresi gen 7 Vakuola y Memelihara tekanan osmotik sel y Menyimpanan hasil sintesa metabolit sekunder y Mengadakan sirkulasi zat dalam sel 8 Plastida y Menghasilkan warna pada sel tumbuhan o Leukoplast : plastida yang berbentuk amilum(tepung) o Kloroplast : plastida yang umumnya berwarna hijau. dan karoten o Kromoplast : plastida yang banyak mengandung karoten .

11 Peroksisom y Melindungi organel sel dari senyawa yang bersifat toksik berupa H2O2 y Sintesis glisin dan serin 12 Glioksisom y Sebagai tempat metabolisme asam lemak y Tempat terjadinya siklus glioksilat Perbedaan selulosa dan hemiselulosa : y Selulosa Selulosa adalah polymer glukosa (hanya glukosa) yang tidak bercabang. . Selanjutnya glukosa yang dihasilkan dapat difermentasi menjadi etanol. Selulosa dapat dihidrolisis menjadi glukosa dengan menggunakan asam atau enzim.9 Amiloplas y Tempat menyimpan pati 10 Sitoskeleton y Memberikan kekuatan mekanik pada sel y Menjadi kerangka sel y Membantu gerakan substansi dari satu bagian sel ke bagian yang lain. Bentuk polymer ini memungkinkan selulosa saling menumpuk/terikat menjadi bentuk serat yang sangat kuat.

asam metal glukoronat. galaktosa.y Hemiselulosa Hemiselulosa mirip dengan selulosa yang merupakan polymer gula. asam glukoroat. tetapi gula C-5 lebih sulit difermentasi menjadi etanol daripada gula C-6. dan asam galaturonat. dan sejumlah kecil rhamnosa. misalnya: xylosa. mannose. hemiselulosa tersusun dari bermacam-macam jenis gula. Hemiselulosa lebih mudah dihidrolisis daripada selulosa. glukosa. arabinosa. berbeda dengan selulosa yang hanya tersusun dari glukosa. Monomer gula penyusun hemiselulosa terdiri dari monomer gula berkarbon 5 (C-5) dan 6 (C-6). Namun. Teguh Rachmanto 10609051 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->