ORGANEL ± ORGANEL SEL TUMBUHAN

No. 1

Nama Organel RE Kasar

Fungsi
y Sintesis lemak dan koleterol y Menampung protein dari

Gambar

ribosom dan dibawa ke golgi untuk dikeluarkan
y Transportasi molekul dalam

sel 2 RE Halus
y Sintesis lemak dan koleterol y Transportasi molekul dalam

sel

3

Tubulus Golgi

y Sintesis polisakarida y Membentuk membran plasma y Membentuk kantong sekresi

untuk membungkus zat yang akan dikeluarkan sel

terdiri dari : klorofil a dan b (untuk fotosintesis). dan karoten o Kromoplast : plastida yang banyak mengandung karoten .4 Ribosom y Tempat sintesis protein 5 Mitokondria y Penghasil energi untuk sel dalam bentuk ATP 6 Inti Sel y Mengontrol aktivitas sel y Mengelola ekspresi gen 7 Vakuola y Memelihara tekanan osmotik sel y Menyimpanan hasil sintesa metabolit sekunder y Mengadakan sirkulasi zat dalam sel 8 Plastida y Menghasilkan warna pada sel tumbuhan o Leukoplast : plastida yang berbentuk amilum(tepung) o Kloroplast : plastida yang umumnya berwarna hijau. xantofil.

Bentuk polymer ini memungkinkan selulosa saling menumpuk/terikat menjadi bentuk serat yang sangat kuat. .9 Amiloplas y Tempat menyimpan pati 10 Sitoskeleton y Memberikan kekuatan mekanik pada sel y Menjadi kerangka sel y Membantu gerakan substansi dari satu bagian sel ke bagian yang lain. 11 Peroksisom y Melindungi organel sel dari senyawa yang bersifat toksik berupa H2O2 y Sintesis glisin dan serin 12 Glioksisom y Sebagai tempat metabolisme asam lemak y Tempat terjadinya siklus glioksilat Perbedaan selulosa dan hemiselulosa : y Selulosa Selulosa adalah polymer glukosa (hanya glukosa) yang tidak bercabang. Selulosa dapat dihidrolisis menjadi glukosa dengan menggunakan asam atau enzim. Selanjutnya glukosa yang dihasilkan dapat difermentasi menjadi etanol.

Teguh Rachmanto 10609051 . galaktosa. berbeda dengan selulosa yang hanya tersusun dari glukosa. hemiselulosa tersusun dari bermacam-macam jenis gula. mannose. asam glukoroat. Namun.y Hemiselulosa Hemiselulosa mirip dengan selulosa yang merupakan polymer gula. arabinosa. asam metal glukoronat. Hemiselulosa lebih mudah dihidrolisis daripada selulosa. glukosa. tetapi gula C-5 lebih sulit difermentasi menjadi etanol daripada gula C-6. dan asam galaturonat. Monomer gula penyusun hemiselulosa terdiri dari monomer gula berkarbon 5 (C-5) dan 6 (C-6). dan sejumlah kecil rhamnosa. misalnya: xylosa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful