PERBANDINGAN KURIKULUM KTSP 2006 DENGAN CAMBRIDGE Materi : Struktur Atom

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia : Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

y

y y y y y y y

y

Indikator KTSP * Membandingkan perkembangan tabel y periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya. Menjelaskan dasar pengelom-pokan unsury unsur. Menentukan partikel dasar (proton, y elektron dan netron) Menentukan konfigurasi elektron dan y elektron valensi Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, y isobar dan isoton) Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid. Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, y energi ionisasi, affinitas elektron dan keelektronegatifan Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan y kelebihan masing-masing teori atom y berdasarkan fakta eksperimen.

y

y

Cambridge ** (a) * mengidentifikasi dan menggambarkan proton, neutron dan elektron dalam hal biaya relatif mereka dan massa relatif (b) * menyimpulkan perilaku sinar proton, neutron dan elektron dalam medan listrik (c) menggambarkan distribusi massa dan biaya dalam sebuah atom (d) menyimpulkan jumlah proton, neutron dan elektron hadir dalam kedua atom dan ion proton dan nukleon diberikan angka (dan biaya) (e) (i) yang menggambarkan kontribusi dari proton dan neutron untuk inti atom proton dalam hal jumlah dan nomor nukleon (ii) membedakan antara isotop berdasarkan nomor yang berbeda neutron sekarang (f) * menggambarkan jumlah dan energi relatif dari s, p dan d orbital untuk bilangan kuantum utama 1, 2 dan 3 dan juga Orbital 4s dan 4p. (g) * menggambarkan bentuk orbital s dan p (h) menyatakan konfigurasi elektronik atom dan ion diberi nomor proton (dan biaya) (i) menjelaskan dan menggunakan istilah energi ionisasi (ii) menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi ionisasi unsur (iii) * menjelaskan kecenderungan ionisasi energi dalam satu Periode dan satu golongan Tabel Periodik (lihat juga Bagian 9) (j) menyimpulkan konfigurasi elektronik dari data energi ionisasi unsur berturutturut (k) * berturut-turut menafsirkan data energi ionisasi unsur dalam dari posisi unsur tersebut dalam Tabel Periodik

sifat-sifat periodik unsur. dan sudut ikatan dalam molekul analog yang ditentukan dalam (c) dan (e) g. oksigen. berdasarkan . klorin. seperti dalam pembentukan ion amonium dan dalam A l2C l6 molekul c. ikatan kovalen. y Menghubungkan sifat fisis materi dengan jenis ikatannya. memprediksi bentuk. termasuk penggunaan 'titik-dan-salib' diagram. panjang ikatan dan polaritas ikatan dan menggunakan mereka untuk membandingkan reaktivitas ikatan kovalen (lihat juga 5b (ii)) i. * menjelaskan bentuk. Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal. dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk y y y y y y y y Indikator KTSP * Menjelaskan kecenderungan suatu unsur y untuk mencapai kestabilannya. Menjelaskan proses terbentuknya ikatan y koordinasi pada beberapa senyawa. dan ikatan kimia :Membandingkan proses pembentukan ikatan ion. Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam. etena (ii) ikatan koordinasi (kovalen datif). dan sudut ikatan dalam etana. * menggambarkan ikatan kovalen dalam orbital tumpang tindih. seperti dalam natrium klorida dan magnesium oksida. NH3 (piramida). menjelaskan istilah energi ikatan. Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion. y y y y y Cambridge ** a. ikatan koordinasi. dan rangkap tiga. H2O (non-linear). (i) ikatan kovalen. metana. menggambarkan ikatan hidrogen. menggunakan amonia dan air sebagai contoh-contoh sederhana molekul yang mengandung kelompok OH NH dan h. Menggambarkan ikatan ionik (electrovalent). hidrogen klorida. SF6 (oktahedral) d. Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan okted) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur y Lewis).PERBANDINGAN KURIKULUM KTSP 2006 DENGAN CAMBRIDGE Materi : Ikatan Kimia Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Memahami struktur atom. termasuk penggunaan diagram 'titik-dan-salib' b. * menggambarkan. menggunakan contoh sederhana: BF3 (trigonal). memberikan obligasi dan e. CO2 (linear). seperti dalam hidrogen. CH4 (tetrahedral). * menggambarkan gaya antarmolekul (kekuatan van der Waals '). rangkap dua. etena dan molekul benzena dalam hal dan obligasi f. * menjelaskan bentuk. dan sudut ikatan dalam molekul dengan menggunakan kualitatif model tolakan pasangan elektron (termasuk pasang mandiri). karbon dioksida. Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.

menginterpretasikan dan / atau memprediksi efek dari berbagai jenis ikatan (ikatan ionik. menunjukkan pemahaman reaksi kimia dalam bentuk energi transfer yang terkait dengan melanggar dan membuat ikatan kimia . ikatan logam) pada sifat fisik zat l. Br2 (l) dan cairan gas mulia j. menyimpulkan jenis ikatan hadiah dari informasi yang diberikan m. interaksi antar molekul. ikatan hidrogen. * menggambarkan.y y y y permanen dan dipol terinduksi. ikatan kovalen. menggambarkan ikatan logam dalam bentuk kisi ion positif dikelilingi oleh elektron k. seperti dalam CHCl3(l).

isotop. Kompetensi Dasar y y y y y y y y y y y Indikator KTSP * Membuktikan Hukum Lavoisier melalui y percobaan Membuktikan hukum Proust melalui percobaan y Menganalisis senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum y kelipatan perbandingan (hukum Dalton) Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac). dan volum zat. Menentukan rumus empiris dan rumus y molekul Menentukan rumus air kristal Menentukan kadar zat dalam suatu y senyawa. calon harus memastikan bahwa angka signifikan yang tidak hilang atau tidak perlu digunakan di luar apa yang dibenarkan menyimpulkan hubungan stoikiometrik dari perhitungan seperti dalam (h) . termasuk penggunaan konsep mol. Menentukan pereaksi pembatas dalam y suatu reaksi Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi y Cambridge ** mendefinisikan istilah massa relatif atom. molekul dan rumus massa. Mengkonversikan jumlah mol dengan y jumlah partikel. melibatkan: reaksi massa (dari rumus dan persamaan) (ii) volume gas (misalnya dalam pembakaran hidrokarbon) (iii) volume dan konsentrasi larutan Ketika melakukan perhitungan. y Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum hukum Avogadro. berdasarkan 12 C skala mendefinisikan istilah mol dari segi Bilangan Avogadro * menganalisa spektrum massa dalam hal kelimpahan isotop dan molekuler fragmen [pengetahuan tentang kerja dari massa spektrometer tidak diperlukan] menghitung massa atom relatif dari suatu elemen yang diberikan kelimpahan relatif dari isotop. dengan menggunakan data pembakaran atau komposisi massa * menulis dan / atau membuat persamaan seimbang melakukan perhitungan.PERBANDINGAN KURIKULUM KTSP 2006 DENGAN CAMBRIDGE Materi : Stoikiometri Standar Kompetensi : Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri) :Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum -hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia. Ketika pembulatan ke atas atau bawah. kandidat 'jawaban harus mencerminkan jumlah angka signifikan yang diberikan atau diminta untuk dalam pertanyaan. massa. atau spektrum massa mendefinisikan istilah empiris dan rumus molekul menghitung rumus empiris dan molekul.

y Menjelaskan proses elektrolisis dari lelehan Menggolongkan sifat larutan menjadi larutan timah bromida dengan menggunakan elektrolit kuat dan elektrolit lemah elektrode inert. elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat y Menjelaskan elektrolisis sebagai bukti hantaran listriknya keberadaan ion yang terikat dalam kisi pada Menjelaskan penyebab kemampuan larutan padatan tetapi bebas bergerak pada lelehan elektrolit menghantarkan arus listrik dan larutan. y Menjelaskan elektrolisis dari Aluminium Oksida murni yang dilarutkan ke dalam lelehan cryolite sebagai metode dari ekstraksi Aluminium. ketika dilarutkan dalam air yang Mengelompokkan larutan ke dalam larutan diawali dengan ionisasi. y Menerapkan gagasan penghentian selektif Dapat menerapkan hubungan larutan terkait dengan deret reaktivitas kation. Menjelaskan jenis senyawa pembentuk y Memperkirakan produk yang mungkin dari larutan elektrolit proses elektrolisis lelehan senyawa biner. y Menjelaskan elektrolisis dari larutan CuSO4 dengan menggunakan elektrode tembaga sebagai proses pemurnian tembaga. elektrolit dengan masalah lingkungan y Memperkirakan produk yang mungkin dihasilkan dari proses elektrolisis untuk larutan elektrolit. y Membuat persamaan ionik untuk reaksi yang terjadi di elektrode selama proses elektrolisis.PERBANDINGAN KURIKULUM KTSP 2006 DENGAN CAMBRIDGE Materi : Larutan Elektrolit dan non elektrolit Indikator KTSP * Cambridge ** Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit y Menjelaskan elektrolisis sebagai proses dan non elektrolit melalui percobaan penghantaran arus listrik oleh ion-ion (elektrolit). y Menjelaskan proses elektroplating dari logam y Menjelaskan pembentukan energi listrik dari sel sederhana sebagai contoh dua elektrode di dalam elektrolit yang terkait dengan deret reaktivitas y y y y y y .

Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi fraksi minyak bumi serta kegunaannya Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarb dalam on kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan. seni. dan reaksi eliminasi) y Cambridge ** Memahami ketidakreaktifan alkana. perdagangan. dan estetika Kompetensi Dasar Indikator y y y y KTSP * Mengidentifikasi unsur C. alkena. Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya. dan alkuna (reaksi oksidasi. trans) Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana. fungsi) atau isomer geometri (cis. pelarutan. reaksi adisi. Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon Membedakan atom C primer. yang berhubungan dengan reaksi-reaksi dibawah ini: (i) *addition of hydrogen. dan halogen (ii) *oxidation by cold. tertier dan kuarterner. H. posisi. ion acidified manganate(VII) . steam. hydrogen halides and halogens Penambahan hidrogen. dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan. termasuk sifat kepolaran Menjelaskan sifat kimia dari alkana melalui reaksi-reaksi dibawah ini: (i) combustion (pembakaran) (ii) substitution by chlorine and by bromine (substitusi dengan klorin dan bromin) Menjelaskan mekanisme substitusi radikal bebas pada kelompok metil dengan partikel menuju reaksi inisiasi. Menentukan isomer struktur (kerangka.PERBANDINGAN KURIKULUM KTSP 2006 DENGAN CAMBRIDGE Materi : Hidrokarbon Standar Kompetensi :Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul. : Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa. stim penambahan halida. sekunder. sandang. dilute. acidified manganate(VII) ions to form the diol Oksidasi oleh udara. papan. Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan y y y y y y y Memberi nama senyawa alkana. alkena dan alkuna. reaksi substitusi. propagasi. dan treminasi Memahami sifat kimia alkena.

y (iii) y y y y y y y y y y membentuk diol oxidation by hot. concentrated. Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi. menggunakan bromin/etena sebagai contoh Menjelaskan penggunaan minyak kelapa sawit sebagai sumber dari kedua hidrokarbon alifatik dan aromatik Menyarankan bagaimana cracking dapat digunakan untuk menghasilkan alkana dan alkena yang lebih bermanfaat dari hidrokarbon yang memiliki Mr lebih besar menggambarkan dan menjelaskan bagaimana reaksi pembakaran alkana digunakan sebagai bahan bakar dalam industri. yang berhubungan dengan reaksi-reaksi dibawah ini: (i) Reaksi subtitusi dengan klorin dan bromin (ii) nitrasi (ii) oksidasi rantai samping untuk memberikan sebuah asam karboksilat y (k) (i) Menjelaskan mekanisme subtitusi eleektrofilik menggunakan mono nitrasi dari benzene sebagai contoh (ii) Menelaskan pengaruh delokalisasi elektron dalam suatu reaksi y Memprediksi apakah halogenasi akan y . konsentrasi. Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan. dan transportasi mengakui dampak lingkungan : (i) karbon monoksida. Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan. di rumah. acidified manganate(VII) ions leading to the rupture of the carbon-to-carbon double bondin order to determine the position of alkene linkages in larger molekul oksidasi melalui panas. Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi. Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.y Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam. ion acidified manganate(VII) memimpin (iv) polimerisasi menjelaskan mekanisme penambahan elektrofilik dalam alkana. oksida nitrogen dan pembakaran hidrokarbon yang tidak sempurna yang muncul dari pembakaran di dalam mesin dan katalitik nitrogen (ii) Gas-gas yang berkontribusi pada pengaruh rumah kaca y (j) Memahami sifat kimia benzena dan metilbenzena. Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.

y terjadi pada bagian cin-cin atau inti aromatik berdasarkan pada kondisi reaksi Mengaplikasikan pengetahuan posisi substituen dalam substitusi elektrofilik .

Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan okted) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis). Menggambarkan ikatan ionik (electrovalent).KURIKULUM YANG AKAN DIKEMBANGKAN (MAPPING KURIKULUM KTSP DAN CAMBRIDGE) Standar komptensi : 1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr.  Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam. menggambarkan ikatan kovalen dalam orbital tumpang tindih. sifat-sifat periodik unsur. dan ikatan kimia Kompetensi Dasar 1. energi ionisasi. memberikan obligasi dan .2. klorin. seperti dalam natrium klorida dan magnesium oksida. ikatan koordinasi. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion. dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk Ikatan Kimia  Kestabilan unsur  Struktur Lewis   Ikatan ion dan ikatan kovalen   Ikatan kovalen koordinat    Senyawa kovalen polar dan non polar  Ikatan logam Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya. non logam dan metalloid.  Struktur atom  Sifat fisik dan sifat kimia unsur  Sifat keperiodikan unsur Indikator Menjelaskan dasar pengelom-pokan unsurunsur.  Menganalisis tabel. melalui pemahaman konfigurasi elektron Materi  Perkembangan tabel periodik unsur. grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom.1. menggambarkan. termasuk penggunaan 'titik-dan-salib' diagram. massa atom relatif. sifat-sifat unsur. seperti dalam hidrogen. Memahami struktur atom. termasuk penggunaan diagram 'titikdan-salib'. karbon dioksida. seperti .  Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi. dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya. hidrogen klorida. etena (ii) ikatan koordinasi (kovalen datif). ikatan kovalen.   1. affinitas elektron dan keelektronegatifan. (i) ikatan kovalen. metana. oksigen.

Materi Tata nama senyawa y Persamaan reaksi sederhana y Indikator Menuliskan nama senyawa poliatomik. Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia. dengan menggunakan data pembakaran atau komposisi massa. KURIKULUM YANG AKAN DIKEMBANGKAN (MAPPING KURIKULUM KTSP DAN CAMBRIDGE) Standar Kompetensi : 2. Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.1. 2.Mendeskripsikan tata  nama senyawa anorganik  dan organik sederhana serta persamaan reaksinya. menggambarkan ikatan logam dalam bentuk kisi ion positif dikelilingi oleh electron.  Perhitungan kimia  menghitung rumus empiris dan molekul. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri) Kompetensi Dasar 2. Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya. Hukum dasar kimia  Hukum Lavoisier  Hukum Proust  Hukum Dalton  Hukum Gay Lussac  Hukum Avogadro  melakukan perhitungan.y y dalam pembentukan ion amonium dan dalam A l2Cl6 molekul. melibatkan: (i) reaksi massa (dari rumus dan persamaan) (ii) volume gas (misalnya dalam pembakaran hidrokarbon) (iii) volume dan konsentrasi larutan. termasuk penggunaan konsep mol. .2.

 Dapat menerapkan hubungan larutan elektrolit dengan kehidupan sehari-hari. sebagai proses penghantaran arus listrik oleh ion-ion (elektrolit).* elektrolit berdasarkan ikatannya  Penerapan larutan elektrolit dengan kehidupan sehari-hari.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan. serta reaksi oksidasi-redukasi Kompetensi Dasar 3.*  Sifat Larutan elektrolit dan nonelektrolit. Indikator  Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan.** .*  Menjelaskan elektrolisis  Konsep larutan elektrolit sebagai dasar dari proses elektrolisis.*  Mengelompokkan larutan ke  Contoh Larutan elektrolit dan nonelektrolit.  Menggolongkan sifat larutan menjadi larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah.  Materi Pengertian Larutan elektrolit dan nonelektrolit. dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya.*  Teori Svante Arhennius  Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.KURIKULUM YANG AKAN DIKEMBANGKAN (MAPPING KURIKULUM KTSP DAN CAMBRIDGE) Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit.*   Menjelaskan jenis senyawa Senyawa-senyawa pembentuk larutan pembentuk larutan elektrolit. ketika dilarutkan dalam air yang diawali dengan ionisasi.

dan alkuna (reaksi dengan sifat senyawa.Menggolongkan senyawa  Reaksi senyawa karbon  Menuliskan reaksi sederhana hidrokarbon berdasarkan pada senyawa alkana. atom C tertier. * KURIKULUM YANG AKAN DIKEMBANGKAN (MAPPING KURIKULUM KTSP DAN CAMBRIDGE) Standar Kompetensi: . reaksi adisi. * Memberi nama senyawa menurut IUPAC.  Fraksi minyak bumi .  Konsep oksidasi dan reduksi  Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion  Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen.Menjelaskan proses  Minyak bumi  Menyarankan bagaimana pembentukan dan teknik cracking dapat digunakan to obtain alkana dan alkena pemisahan fraksi-fraksi lebih bermanfaat dari minyak bumi serta hidrokarbon yang memiliki kegunaannya Mr lebih besar.1.3.2. hidrokarbon sekunder . strukturnya dan hubungannya alkena. kuarterner. dan reaksi eliminasi). termasuk sifat membentuk senyawa kepolaran. atom C  Membedakan atom C primer.  Atom C primer. serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi. reaksi substitusi.H dan  Memahami ketidakreaktifan atom karbon dalam O.Mendeskripsikan kekhasan  Identifikasi atom C. tertier dan dan atom C kuarterner. *  Tata nama menurut IUPAC   Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan  Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan. sekunder.3. 4.reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya. oksidasi. pelepasan dan penerimaan elektron.2. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul Kompetensi Dasar Materi Indikator 4. 4. alkana. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi.

. seni. Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan. ).4. dan estetika  Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan seharihari. perdagangan.  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan. papan. sandang. Mutu bensin  Dampak pembakaran bahan bakar 4.