Bidang Study : IPA Topik : Sistem peredaran Darah Tutor : Syarifah Fitria Ulfa

1.

Nama siswa : Sekolah /Kls :

Organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah ...... a. hati b. lambung c. jantung d. paru-paru

2.

Peredaran darah pada manusia disebut ...... a. peredaran darah atas b. peredaran darah bawah c. peredaran darah terbuka d. peredaran darah tertutup

3.

Jantung manusia terletak di dalam ...... a. rongga dada agak sebelah kanan b. rongga dada agak sebelah kiri c. rongga perut sebelah kiri d. rongga perut sebelah kanan

4.

Pembuluh yang mengalirkan darah yang keluar dari jantung ialah ...... a. pembuluh nadi b. pembuluh balik c. pembuluh vena d. pembuluh besar

5.

Yang bukan merupakan cara kerja dari pembuluh balik (vena) ialah ...... a. membawa darah kotor b. aliran darah menuju ke jantung c. aliran darah berasal dari jantung d. denyut tidak terasa

6.

Pembuluh nadi yang terbesar disebut ...... a. pembuluh vena b. aorta

c. pembuluh kapiler d. pembuluh arteri .

. darah dari serambi masuk ke bilik d.7..... Penyakit yang terjadi karena produksi sel darah putih yang terlalu banyak ialah . menguncup 9.... stroke . jantung berdebar-debar serta badan lemah.. mengembang d.. Jika kedua serambi menguncup dan bilik mengembang. stroke 10. hipertensi b... membesar c. darah keluar dari bilik c. a. leukimia c.. anemia d. membengkak b. anemia d... a. Keadaan jantung saat memompa darah adalah . hipertensi b.. leukimia c. a. dari bilik darah masuk ke serambi 8.. merupakan gejala dari penyakit . maka . maka darah dari pembuluh balik masuk ke serambi b.... a. Kepala terasa nyeri dan pusing.

. Yang berguna untuk mencegah penyakit gondok adalah . keju 3. vitamin d. lemak 4. . . pencernaan. a. Sebagai pembangun tubuh dan pengganti bagian-bagian tubuh yang rusak adalah . daging. . kedelai 6. . . . daging. tempe. . pembangun 2. gandum c. a. mineral b. udang. air b. sayuran hijau. hati. tenaga d. Nama siswa : Sekolah /Kls : Yang terdiri dari protein dan mineral adalah zat . . beras. garam beryodium dan ikan laut b. karbohidrat c. ikan. telur d. a. pengatur c. ikan. Zat besi banyak terkandung dalam . Makanan yang banyak mengandung karbohidrat terdapat pada . . pernafasan Tutor : Syarifah Fitria Ulfa 1. a. . . kacang-kacangan d. minyak ikan. . biji-bijian dan sayur-sayuran c. protein 5. keju b.Bidang Study : IPA Topik : Makanan dan kesehatan. mineral c. jagung. a. . Untuk melarutkan zat-zat makanan dan memperlancar pencernaan makanan adalah . . susu. gizi b. . protein d.

darah pada luka sukar membeku c. a. Proses melumatkan makanan yang semula kasar menjadi halus disebut . belimbing. susu. zat kapur Kekurangan vitamin apakah yang dapat menyebabkan penyakit beri-beri ? a.a. Kandungan vitamin C terdapat pada . . zat besi d. a. malnutrisi c. minyak ikan. a. vitamin A b. minyak kelapa. . c. Kekurangan vitamin K menyebabkan . menumbuk 12. mangga. . . jeruk c. mengunyah b. kecambah 9. kurang gizi 11. a. . . vitamin C d. . hati. fosfor 7. a. vitamin D 8. biji-bijian. . . . avitaminosis b. jeruk d. kemandulan b. menghancurkan c. vitamin B c. Enzim amilase berfungsi untuk . . Kekurangan vitamin di dalam tubuh disebut . . kacang-kacangan tomat b. kulit menjadi kusam d. . nutrisi d. . yodium b. mudah terserang penyalit tulang 10. pencernaan d. . mengubah zat tepung menjadi zat gula .

dinding lambung . a. mengubah protein menjadi pepton 13. gigi seri b. taring d. pinggir d. depan b. Bagian lidah manakah yang mengecap rasa manis ? a. Di bawah ini adalah macam-macam gigi sesuai dengan fungsinya. . gigi taring c. belakang c. kecuali . Getah empedu dihasilkan oleh . gigi berlubang d. a. gigi geraham Gigi yang bentuk permukaannya lebar dan bergelombang adalah gigi . gigi seri b. enzim renin d. enzim amilase b. geraham 15. mengubah lemak menjadi asam lemak d. c. Gigi apakah yang berfungsi merobek atau mengoyak makanan ? a. asam klorida 18. a. hati b.b. . . . . seri c. susu b. kelenjar pankreas c. mengubah protein menjadi asam amino c. a. . . enzim pepsin c. . gigi berlubang d. . gigi taring 14. seluruh bagian lidah 17. gigi geraham 16. . . . Yang berfungsi membunuh kuman dan mengasamkan makanan adalah .

tifus. TBC b. . jantung d. peredaran darah bawah c.. influenza. hati b. diare. mag 20.. pneumonia.d.. paruparu 2. diare d. Peredaran darah pada manusia disebut . . tifus c. dan c benar 19. Salah satu penyakit yang menyerng alat pencernaan manusia adalah . mag d.. TBC c. a.. peredaran darah terbuka d.. a. Penyakit yang mengganggu lambung dan usus 12 jari yaitu . . jawabab a. peredaran darah atas b.. radang usus buntu b.. . lambung c. diare Organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah . tifus. diare. peredaran darah tertutup . . b. radang paru-paru. a... a. .

. Pembuluh nadi yang terbesar disebut . pembuluh kapiler d. rongga perut sebelah kiri d. dari bilik darah masuk ke serambi 8. a... pembuluh nadi b. Jantung manusia terletak di dalam .. membawa darah kotor b.... a. a.. Yang bukan merupakan cara kerja dari pembuluh balik (vena) ialah . Pembuluh yang mengalirkan darah yang keluar dari jantung ialah . pembuluh besar 5..... pembuluh arteri 7. rongga perut sebelah kanan 4... Jika kedua serambi menguncup dan bilik mengembang. a. a.. pembuluh vena b. denyut tidak terasa 6. aliran darah berasal dari jantung d. pembuluh balik c. darah dari serambi masuk ke bilik d. a. aorta c. membengkak ........ darah keluar dari bilik c. maka . aliran darah menuju ke jantung c. rongga dada agak sebelah kanan b... pembuluh vena d.. maka darah dari pembuluh balik masuk ke serambi b... rongga dada agak sebelah kiri c.3... Keadaan jantung saat memompa darah adalah ..

membesar c. leukimia c.. stroke 10. stroke ..b. menguncup 9. anemia d.. leukimia c. Kepala terasa nyeri dan pusing. hipertensi b.... a. hipertensi b.. jantung berdebar-debar serta badan lemah. a. mengembang d... anemia d.. merupakan gejala dari penyakit . Penyakit yang terjadi karena produksi sel darah putih yang terlalu banyak ialah .