TRIAS UKS Program Pokok UKS (TRIAS UKS) 1. Pendidikan Kesehatan o Penyuluhan : oleh Puskesmas, kel.

Profesi, org. pemuda, Karang Taruna, Pramuka PMI dll o Pelatihan kader UKS ( lanjutan prog. Dokcil) 2. Pelayanan Kesehatan o Promotif (peningkatan kesehatan): melalui Pendidikan dan Penyuluhan Kesehatan o Preventif (pencegahan) : o Pengenalan dini penyakit o Penjaringan kesehatan oleh Pet. Puskesmas Pada siswa kelas I o Pemeriksaan berkala o Observasi ex. Rokok, alkohol o Imunisasi : BIAS, TT, DPT, Campak (SD) o Kuratif (Pengobatan) o P3K & P3Psederhana oleh kader UKS/guru UKS o Kondisi serius di rujuk ke Puskesmas o Bila diperlukan ke RS o Rehabilitatif ( pemulihan) misal: siswa mata (-) duduk di depan kasus lain apa bila perlu dirujuk ke RS 3. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat o Lingkungan fisik, missal : menjaga kebersihan kelas dan halaman sekolah, memperhatiakn pengaturan pencahayaan ( ventilasi ) ruangan, pengaturan jarak, tempat duduk, dan papan tulis, dll. o Lingkungan mental dan sosial, antara lain : menciptakan suasana hubungan kekeluargaan yang akarab dan erat antara sesama warga sekolah http://www.uks-baturetno.co.cc/2009/06/trias-uks.html Peranan / Tugas UKS Memberi pelayanan secara optimal kepada anak didik SD, SMP, SMA, dan SMK beserta bapak ibu guru dan semua karyawan. Tata Tertib UKS 1. Setiap siswa/siswi yang sakit, ada keperluan dengan UKS harus bawa surat ijin ke UKS dari masing-masing unit kecuali SD 2. Siswa-siswi tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki/sepatu sewaktu masuk ke UKS 3. Siswa-siswi diperkenankan istirahat di UKS selama 2 jam mata pelajaran atau sekitar 80 menit, kecuali kondisi kesehatan anak yang agak berat. 4. Siswa-siswi yang tidak mampu belajar lagi karena kondisi kesehatannya diijinkan untuk pulang oleh Waka Kesiswaan atau guru piket dari unit masing-masing. 5. Siswa-siswi diharapkan bisa menjaga kebersihan dan ketenangan selama di UKS. Fasilitas UKS 1. Alat pengukur tekanan darah 2. Alat pengukur tinggi badan dan berat badan 3. Alat-alat untuk membersihkan luka 4. Alat pengukur Kadar Gula Darah (KGD) 5. Bed istirahat 2 buah 6. Satu staf melayani pasien selama jam kerja http://niqolas.tripod.com/UKS.htm#Struktur%20UKS

Dalam pelaksanaannya dilakukan secara teratur. c. Pendidikan kesehatan b. Bila menemui hambatan/ penyimpangan maka perlu dilakukan bimbingan dan pengarahan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik b. Tujuan Umum Meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sekolah yang sehat sehingga tercapainya pertumbuhan dan perkembangan yang optimal dalam upaya membentuk manusia Indonesia yang berkualitas. b. PROGRAM PENGENDALIAN PELAKSANAAN Program pengendalian pelaksanaan ini mencakup kegiatan a/l : a. Pelayanan kesehatan c. Pelaporan Pelaporan dilakukan secara teratur dan tertulis berdasarkan hasil supervise yang diterima dan kegiatan yang dilakukan. baik terhadap program maupun pengelolaan agar program pembinaan dan pengelolaan UKS senantiasa sesuai dengan kebutuhan. Tujuan a. Pembinaan ketenagaan b. Meningkatkan kesehatan warga sekolah dan di lingkungan sekolah . PROGRAM PEMBINAAN PESERTA DIDIK Untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik. sikap dan ketrampilan hidup sehat anak sekolah b. Hasil penelitian merupakan masukan penting dalam rangka perencanaan pengembangan program UKS selanjutnya baik dalam kegiatan pendidikan kesehatan. Pembinaan lingkungan sekolah sehat 2. pelayanan kesehatan maupun pembinaan lingkungan seklah sehat.UKS USAHA KESEHATAN SEKOLAH Program pembinaan UKS diantaranya adalah 1. 4. Meningkatkan pengetahuan. PROGRAM PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN Penelitian dan pengembangan merupakan kegiatan yang penting dalam meningkatkan daya guna dan hasil guna UKS. kegiatannya meliputi program Trias UKS a/l : a. PROGRAM PEMBINAAN UNSUR PENUNJANG Untuk mencapai tujuan program peserta didik dilakukan upaya pembinaan terhadap unsure penunjang yang terdiri dari : a. Supervisi Kegiatan yang dilakukan dengan melihat langsung pelaksanaannya. Memandirikan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat separti kebiasan merokok dan makanan gizi seimbang c. lintas sektoral maupun multisektoral. baik sektoral. Evaluasi Pengukuran hasil yang dicapai dibandingkan dengan sasaran yang telah ditentukan sebagai bahan penyempurnaan perencanaan dan pelaksanaan UKS selanjuntnya d. Pembinaan sarana dan prasarana 3. Tujuan Khusus a. Monitoring Monitoring dilakukan secara terus – menerus.

Penyuluhan kesehatan 2. Lomba dokter kecil tingkat Kecamatan 3. Kegiatan UKS SD / MI 1. . Lomba sekolah sehat 7. Pembinaan kesehatan lingkungan sekolah. Penyuluhan Kesehatan 2. Penyuluhan Kesehatan 2. c. Pembinaan terhadap penjajak makanan di sekolah b. Lomba sekolah sehat 5. Penyuluhan kesehatan 6. Kegiatan UKS anak usia dini 1. Lomba Kader kesehatan remaja 6. Pembinaan lingkungan pondok pesanteren 3. Imunisasi 9. Lomba dokter kecil tingkat Kabupaten 4. Schreening / penjaringan kesehatan 7. Kegiatan UKS SMP / SMU Sederajat 1. Pembinaan kader kesehatan remaja 5. kenakalan remaja. Pencegahan penyakit cacingan 8.d. Kegiatan UKS PONPES 1. Mengurangi pengaruh penyalahgunaan NAPZA. Pemeriksaan kesehatan secara umum d. perilaku seks bebas dan penyakit menular termasuk HIV/AIDS PEMBINA SEKRTARIS II SEKERTARIS I KETUA 1 KETUA II KETUA III ANGGOTA SIE UKS SIE UKS SIE UKGs SIE UKS Rencana kegiatan UKS tahun 2010 a. Schrening / Penjaringan kesehatan usia dini 3. Pembinaan kesehatan dilaksanakan secara lintas Program dan lintas sektor melalui kegiatan yang terpadu dan berkesinambungan. Pencegahan terhadap anemia pada anak Strategi operasional UKS Pelaksaanan strategi operasional UKS didasarkan pada kebijakan operasianal kesehatan anak usia sekolah sebagai berikut : 1. Pembinaan lingkungan sekolah 10. Pemeriksaan golongan darah dan Hb 4. Pembinaan dokter kecil 2. Schrening / Penjaringan kesehatan lanjutan 3.

Meningkatkan dukungan politis secara berjenjang.Di sekolah . sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpratisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah perguruan agama. Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah . Pembinaan kesehatan diselenggarakan berdasarkan kebutuhan sesuai tahapan proses tumbuh kembang anak. 4. 3. yang sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 subkelompok yakni pra remaja ( 6-9 tahun ) dan remaja ( 10-19 tahun ). Tujuan UKS .Di sarana pelayanan kesehatan 5. masyarakat dalam kegiatan Program Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) a. Pelaksanaan pembinaan kesehatan dengan memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan dan lembaga – lembaga yang sudah ada. sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal -Tujuan khusus : Memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswa. Sasaran upaya pembinaan kesehatan dikembangakan melalui : .2. Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6-21 tahun . . yang mencakup : Memiliki pengetahuan. berkesinambungan dan terkoordinasi antara lain melalui Tim Pembina UKS kecamatan dan kabupaten 6.Di lingkungan sekolah . Pemerataan pelayanan kesehatan bagi anak usia sekolah dan peningkatan mutu pelayanan maka diselenggarakan strandarisasi pelayanan kesehatan secara berkesinambungan yang mengacu pada kebutuhan masyarakat 7. b. Program UKS adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah dan Madrasah Ibtidaiyah. Meningkatkan peran serta orang tua. di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat. dan derajat kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat.Tujuan umum : Meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat.Di Rumah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful