P. 1
ALIRAN- ALIRAN DALAM PSIKOLOGI

ALIRAN- ALIRAN DALAM PSIKOLOGI

|Views: 1,174|Likes:
Published by munauwaroh0990

More info:

Published by: munauwaroh0990 on Mar 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2013

pdf

text

original

ALIRAN- ALIRAN DALAM PSIKOLOGI

Munauwaroh (08410088)

dan sebagainya. perasaan. . ingatan.unsur jiwa.STRUKTURALISME O Strukturalisme: pengalaman2 mental yang kompleks sebenarnya adalah struktur yang terdiri dari keadaan mental yang sederhana. O 1879 fisiolog Jerman WILHEMT WUNDT psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri eksperimen di laboraturium. O Jiwa manusia itu terdiri dari berbagai elemen seperti penginderaan. Aliran ini juga berkembang di Amerika melalui tokoh bernama Tichener. metode introspeksi & analisa elementer u/ struktur pengalaman kesadaran melalui analisis unsur.

Pengalaman dihubungkan untuk hidup / fungsinya penyiapan dalam penyesuaian diri. . Dan lebih menekankan pada apa tujuan akhir dari suatu aktivitas. O Asal Pendekatannya Jerman (ahli filsafat) Pengalaman dianalisa dalam unsurnya Amerika (Praktis Pragmatis). O Pendapatnya tentang aliran ini adalah : O Mempelajari fungsi/tujuan akhir aktivitas. O Jiwa seseorang diperlukan untuk melangsungkan kehidupan dan berfungsi untuk menyesuaikan diri.FUNGSIONALISME O Tokoh aliran Fungsionalisme adalah WILLIAM JAMES (1842-1910). O Semua gejala psikis berpangkal pada pertanyaan dasar yaitu apakah gunanya aktivitas.

WATSON. Mc. PAVLOV (anjing dengan mengeluarkan air liurnya) WILLIAM. Namun sebelumnya yang menjadi peletak dasar dari aliran ini adalah IVAN.BEHAVIORISME  psikologi “S-R” (stimulus respons) O Pendiri aliran psikologi behaviorisme di O O O O Amerika Serikat adalah JOHN. DOUGALL. P. (teori instinknya) Aliran ini mengemukakan bahwa objek psikologi hanyalah perilaku yang kelihatan nyata. B. .

GESTALT O Kata Gestalt berasal dari bahasa Jerman.1997:26) Dalam bahasa Indonesia berarti “bentuk” atau “konfigurasi”. shape. configuration. “totalitas”. Psikologi Gestalt diawali dan dikembangkan melalui tulisan-tulisan tiga tokoh: Max Wertheimer. 1997: 82). Gestaltis Fenomena (pengalaman termediasi) Menantang psikologi struktural Wundt (pengalaman langsung). dan Kurt Koffka. . whole (Fauzi. “pola”. Yang mendasari psikologi Gestalt adalah teori navistik : organisasi aktivitas mental membuat individu berinteraksi dengan lingkungan dengan cara-cara khas. atau “bentuk keseluruhan” (Dirgagunarsa. Tujuan psikologi Gestalt adalah menyelidiki organisasi aktivitas mental dan mengetahui secara tepat karakteristik interaksi manusia-lingkungan. yang dalam bahasa O O O O O Inggris berarti form. 1996: 86. Wolfagang Kohler. Sarwono. “hal”. “peristiwa”.

Soll Ich Werden (dimana ada id selalu ego berpatroli) menunjukkan bahwa Freud gagal mewujudkan janji psikoanalisa O Muridnya CARL GUSTAV Jung yang mememilih menggunakan nama psikologi analitis (analytical psychology) dan ALFRED ADLER dengan istilah psikologi individual (individual psychology). O O . O Metode yang digunakan adalah eksperimen. O Psikoanalisa sebagai teori kepribadian (gunung es): O O O O Id : libido (dorongan seksual) Ego : melaksanakan dorongan-dorongan Superego : penyaring/kontrol dalam hati (Dream as a Wishful Fillment).PSIKOANALISA Tokohnya adalah SIGMUND FREUD (1856-1939). Pendapatnya adalah kehidupan manusia dikuasai oleh alam ketidaksadaran. Consious VS Unconsious Adagium Descartes Cogito Ergo Sum (aku berpikir maka aku ada) merupakan puncak pernyataan epistimologis pencerahan (aufklarung) yang menolak kekuasaan hasrat dan ketidaksadaran (atau juga pseudokesadaran) atas manusia yang sadar. O Kritiknya: Adagium Wo Es War.

nilai. O Lima postulat Psikologi Humanistik dari JAMES BUGENTAL (1964). dan memiliki kreativitas. . mereka mencari makna. Kesadaran manusia menyertakan kesadaran akan diri dalam konteks orang lain.HUMANISME O Muncul tahun 1950an sebagai reaksi terhadap behaviorisme dan psikoanalisis. Manusia memiliki konteks yang unik di dalam dirinya. Manusia mempunyai pilihan-pilihan dan tanggung jawab. sebagai berikut: O O O O O Manusia tidak bisa direduksi menjadi komponen- komponen. Manusia bersifat intensional.

O Atensi: Kecenderungan untuk memusatkan pada stimulus penginderaan tertentu dan mengabaikan stimulus lainnya. menyimpan. O Thinking: Memahami kedudukan seseorang/ sesuatu dalam peran orang/ objek lain. pemanggilan kembali informasi dari memori (mengingat). O Bagaimana kita merespon pengetahuan/informasi yang kita terima.ALIRAN KOGNITIF O O O O Psikologi kognitif adalah bidang studi psikologi yang mempelajari kemampuan kognisi (proses internal yang tidak nampak) Model pemrosesan informasi informasi melalui tahapan yang berurutan S – O – R. pengkodean informasi. O Bagaimana pengetahuan/informasi tersebut merebut perhatian kita. pembentukan konsep. O Short –term memory: Kapasitas untuk menyimpan peristiwa-peristiwa yang baru saja terjadi dan mengintegrasikannya kedalam rangkaian yang berkesinambungan.s O Membaca: Kemampuan untuk memeras arti (memetik inti sari) dari tulisan dan kata-kata. mentransformasikan. dan produksi bahasa). merepresentasikan. keputusan. O Menemonics: Kemampuan untuk menggunakan “trik-trik memori” dalam membantu mengingat informasi Psikologi kognitif menaruh perhatian atas : O Bagaimana kita memperoleh. . Misalnya: Persepsi. dan mendapatkan kembali suatu pengetahuan/informasi.

perwujudan dari kesatuan.ALIRAN TRANSPERSONAL O Aliran ini dikembangkan oleh tokoh dari psikologi HUMANISTIK antara lain : ABRAHAM MASLOW. O dua unsur psikologi transpersonal Potensi-potensi yang luhur (potensi tertinggi) ex: extra sensory perception. transendensi diri. O “Shapiro” definisi psikologi transpersonal : psikologi transpersonal mengkaji tentang potensi tertinggi yang dimiliki manusia. dan melakukan penggalian. dimensi di atas keadaran. ex: pengalaman memasuki dimensi kebatinan. pemahaman. DAN CHARLES TART. komunikasi batiniah. kesatuan mistik. serta kesadaran transendensi. pengalaman puncak. pengalaman meditasi disebut juga The altered states of consciousness adalah pengalaman seorang melewati kesadaran biasa. ANTONY SUTICH. ectasy . daya batin dll O Fenomena kesadaran manusia. O . spiritualitas.

ALIRAN PSIKOLOGI ISLAM O O O O Manusia Manusia Manusia Manusia terlahir suci dibentuk oleh lingkungan memiliki faktor bawaan dan terpengaruh lingkungan mempunyai 2 potensi: O Potensi positif O Potensi buruk O O O O Islam vs behaviorisme: manusia belajar dari lingkungan Islam vs humanistik:adl kesatuan jiwa raga & manusia Islam vs transpersonal: manusia memiliki dimensi ruhani Perbedaan humanistik VS transpersonal O Psikologi humanistik: menggali potensi manusia untuk peningkatan hubungan antar manusia. O transpersonal : meneliti pengalaman subjektif-transendental. serta pengalaman luar biasa dari potensi spiritual ini. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->