BINATANG YANG DILINDUNGI DI INDONESIA

PENULIS: WAWAN SETIAWAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

dan masih ada kemungkinan tersisa di area lainnya.A. atau hanya ada satu jenis kelamin. Lagi pula setiap makhluk hidup memiliki hak yang sama untuk melangsungkan kehidupannya dan juga keturunannya. sayapnya hanya sekitar 46-49 mm. Jenis jantan sedikit lebih besar dari jenis betina. Burung ini sangat kecil. tumbuhan. Sebuah spesies akan punah bila mereka tidak bisa bertahan terhadap perubahan ekologi ataupun karena persaingan semakin ketat dari makhluk hidup lain yang lebih kuat. misalnya karena sudah tua. Biasanya yang menjadi korban adalah binatang dan tumbuhan. Padahal Tuhan menciptakan manusia sebagai pemimpin yang semestinya bukan hanya mampu memanfaatkan alam. Suatu spesies dinamakan punah bila anggota terakhir dari spesies ini mati. Punah berarti lenyap dan tidak bias ditemui lagi keberadaannya do dunia. MENGAPA DILINDUNGI? Manusia. dan ekornya 17mm. di Idaho. melainkan juga harus mampu melindungi mereka dan menjaganya dari kepunahan. Fenomena ini disebut juga ekstirpasi. Di antara hewan yang telah punah dan tida k bisa kita temui lagi di muka bumi adalah sebagai berikut. Bahkan. 1. Istilah kepunahan juga dapat diartikan kepunahan di suatu area. Contohnya adalah penempatan serigala dari tempat lain di Taman Nasional Yellowstone. Selandia Baru (Xenicus lyalli). tidak bisa terbang dan . Betapa tidak adilnya manusia jika kita serakah dan tidak mempedulikan hewan dan tumbuhan di sekitar kita. Umumnya. Namun. banyak di antara binatang dan tumbuhan tersebut yang sudah tidak ada lagi atau punah. suatu spesies akan punah dalam waktu 10 juta tahun. paruhnya berukuran 14mm.Burung kecil ini berburu pada waktu malam. Kepunahan terjadi bila tidak ada lagi makhluk hidup dari spesies tersebut yang dapat berkembang biak dan membentuk generasi. dimana sebelumnya serigala sudah punah ditempat itu. keserakahan manusia dan beberapa factor alam lainnya seperti bencana alam kerap mengganggu kedamaian hidup makhluk-makhluk tertentu. Suatu spesies juga disebut fungsional punah bila beberapa anggotanya masih hidup tetapi tidak mampu berkembang biak. hewan. Burung Kecil dari Pulau Stephen. dihitung dari permulaan kemunculannya. Amerika Serikat. Kepunahan dalam biologi berarti hilangnya keberadaan dari sebuah spesies atau sekelompok takson. dan seluruh alam in harusnya hidup berdampingan dengan damai.

Kemungkinan besar. Binatang ini diperkirakan mempunyai tinggi sekitar 70 cm dan lebar yang hampir sama dari paruh sampai ekornya.1 Xenicus lyalli (sumber: wikipedia) Burung ini diduga punah karena dimakan kucing. Dodo diperkirakan punah di tahun 1693. Hasil studi arkeologi menunjukkan bahwa burung ini hidup di daratan besar Selandia Baru di zaman dulu. burung ini punah juga di tahun 1894. Dalam waktu 70 tahun setelah orang Eropa pertama kali menginjakkan kaki di Mauritius. Dodo(Raphus cucullatus) Dodo adalah sejenis unggas yang bergerak lamban dan cukup jinak. 2. Kepunahan ini menjadi terkenal karena diakibatkan oleh seekor makhluk hidup saja. Hanya sedikit populasi tersisa dari burung ini yang berdiam di pulau Stephen. mempunyai seekor kucing yang sering memburu burung-burung kecil. Sifat ini tidak baik untuk bertahan hidup di alam bebas. Gbr 1.memakan seranga. Tak heran bila telurnya banyak dimakan hewan lain. Seorang penunggu mercu suar di pulau Stephen bernama David Lyall. populasi burung ini punah di daratan besar akibat kedatangan tikus yang dibawa orang Maori. Dodo adalah jenis burung yang tidak dapat terbang.donsculpture. Gbr 1. Sayangnya. Oleh karena itu.2 Dodo (sumber: http://www. yaitu kucing.com) . ia meletakkan telurnya di tanah.

Ia membuat gambar yang sangat detail. Minyak hewan ini tidak mempunyai bau ataupun asap. Lemak dari hewan ini juga dipakai sebaga i bahan dasar pembuatan mentega dan untuk bahan bakar lampu. Tiga puluh tahun setelah binatang ini pertama kali ditemukan Steller. Sapi Laut Stellers sangat besar. Binatang ini banyak manusia untuk bahan makanan dan kulitnya dipakai untuk membuat kapal. Sapi Laut Stellers (Hydrodamalis gigas) Binatang ini mempunyai banyak kesamaan dengan duyung.com) Namun usaha Steller tidak mampu menyelamatkan binatang ini dari kepunahan.dkimages. ukuran dewasa berbobot 10 ton dan bisa memiliki panjang sampai 9 meter. Namun karena rusak. tetapi hanya berhasil menyelamatkan kepala dan bagian dari kakinya. 3. . seorang botanis Jerman yang bekerja di Alaska menemukan binatang ini pada t ahun 1741 di pesisir Siberia. Seorang pekerja museum yang tidak setuju dengan keputusan ini mencoba menyelamatkan sampel dodo. juga bisa disimpan lama di suhu yang cukup panas.3 Sapi Laut Stellers (sumber: http://www. tepatnya pada tahu 1768 sapi laut ini punah.Sampel Dodo sempat disimpan di Museum Ashmolean. direktur museum memerintahkan untuk membakar sampel burung ini. Oxford. pada 1755. Hal ini cukup mengagetkan karena sampel ini adalah satusatunya yang ada. George Steller. Gbr 1.

kini hanya tersisa 23 betina yang masih mampu bereproduksi di wilayah perairan Pasifik Selatan. Dari 100 paus abu -abu. Faktor utama berkurangnya jumlah badak ini adalah perburuan liar. Badak kebanggaan Indonesia yang hidup di pulau Sumatera ini dinyatakan terancam punah karena saat ini hanya tersisa sekitar enam populasi di alam liar atau tingga l 300 ekor saja. Badak Sumatra Badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis) adalah badak berukuran paling kecil di antara semua spesies badak di dunia.000 dolar AS atau setara dengan Rp 300 juta per kilogram. cula badak ini dihargai 30. percaya atau tidak. jumlah hewan berbobot 30 ton itu terus berkurang dan belum kembali normal hingga sekarang. Paus Abu-Abu Lembaga International Union for Conservation of Nature (IUCN) menyatakan pada 2008 bahwa jumlah paus abu -abu (Esrichtiius robustus) berada dalam level aman. Serigala Merah Anda pernah menonton film animasi Ice Age? Film ini menceritakan kehidupan unik sejumlah satwa pada zaman es. itu hanyalah paus abu -abu yang hidup di sejumlah tempat konservasi. Semenanjung Korea. 2. dan Mongolia. dan sekitar 150 ekor di beberapa fasilitas penangkaran. Namun. Para ilmuwan mengestimasi hanya ada 100 serigala merah di alam liar Carolina Utara. tingkat keberhasilan pengembangbiakan badak yang sangat kecil turut menuntun hewan ini menuju kepunahan. kini hewan tersebut han ya bisa bebas . Di pasar gelap. bukan di alam liar. hewan bernama serigala merah (Canis lupus rufus) ini adalah salah satu hewan "Ice Age" yang masih hidup hingga kini. Selain itu. 4. Sejak tahun 1947 pada masa masa perburuan paus abu -abu. zaman dimana hampir seluruh permukaan bumi ditutupi es. Harimau Siberia Harimau Siberia atau disebut juga harimau amur (Panthera tigris altaica) adalah spesies harimau yang pernah tinggal di wilayah Cina. Namun. Amerika Serikat. 3.Berikut adalah daftar sepuluh hewan terancam punah dunia 2009 versi Livescience: 1. Nah .

jumlah populasi hewan ini terus berkurang akibat pembalakan liar. Gorila Gunung Sejak gorila gunung (Gorilla beringei beringei) ditemukan akhir 1902. Musang Berkaki Hitam Akibat ulah manusia yang terus membabat alam liar tanpa henti. Berdasarkan survei pada 1995. Hewan malam hari atau nokturnal ini memburu hewan pengerat. Buaya Filipina Sesuai namanya. semakin tercemarnya Sungai Gangga menjadi faktor lain yang menyebabkan spesies ini kian sulit ditemukan. Hal ini menjadikan buaya tersebut sebagai satu dari spesies hewan paling terancam di dunia. prairie dog sebagai makanan utama. jumlah musang berkaki hitam ini juga ikut berkurang. buaya bertubuh relatif kecil ini hanya tersisa 100 ekor di Filipina. Selain itu. 6. 9.berkeliaran di Rusia. Orangutan Sumatra . 7. Hiu yang memiliki reputasi sebagai pemakan manusia ini banyak diburu untuk diambil minyaknya. 8. Hiu Gangga Hiu penghuni Sungai Gangga di India bernama hiu gangga (Glyphis gangeticus) ini merupakan satu dari 20 daftar hiu terancam punah versi IUCN. 5. Sejumlah ahli meyakini masih terdapat 350 hingga 450 hewan ini di alam liar. buaya Filipina (Crocodylus mindorensis) adalah spesies buaya yang dilindungi di Filipina. Saat ini. Hewan asli Amerika Utara ini kini dinyatakan sebagai mamalia paling terancam punah di kontinen AS. jumlah primata yang mampu hidup di daerah dingin maupun panas ini hanya ada 720 ekor yang tersebar di wilayah Uganda. musang berkaki hitam (Mustela nigripes) hampir punah dari muka bumi. Sei ring menurunnya jumlah populasi hewan buruannya. dan perdagangan hewan ilegal. perburuan massal. di wilayah perlindungan kawasan Amur -Ussuri.

dapat diduga akan timbulnya kematian populasi makhluk hidup da lam jumlah lebih besar lagi. atau membunuh satu ekor binatang saja dapat mempengaruhi rantai makanan ekosistem tersebut. Perebutan makanan pun akan terjadi. penyebab berkurangnya jumlah mereka adalah habitat yang hancur dan perburuan liar. 10. Burung Kondor California Burung kondor California (Gymnogyps californianus) adalah burung pemakan bangkai asal California. Keberadaan binatang -binatang tersebut di alam bebas mutlak diperlukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Namun berkat upaya konservasi dari berbagai ahli hewan. Seperti biasa. Orangutan Sumatra (Pongo abelii). menangkap. Sampai saatnya tiba. populasi binatang di daerah tersebut akan mengalami ancaman kelaparan karena kekurangan bahan makanan. burung ini selamat.Satu lagi hewan terancam punah dari Tanah Air. maka populasi binatang herbivora seperti kijang atau rusa akan bertambah. Gara-gara perburuan liar dan berkurangnya habitat. yang mempunyai masa hidup paling panjang dibanding burung lain. Bertambahnya populasi rusa dan kijang ini akan mengakibatkan bertambahnya kebutuhan akan rumput dan tanaman. termasuk 152 ekor di alam liar. Selanjutnya. Primata langka bertubuh lebih kecil dari dua spesies oranguta n yang lain ini adalah pemakan buah -buahan dan serangga. Kini. seorang pemburu membunuh seekor harimau. Pongo abelli betin a hanya mampu melahirkan tiga anak selama masa hidupnya. . Misalnya. burung langka ini hampir punah secara keseluruhan pada 1980. Orangutan ini termasuk salah satu hewan yang memiliki kemampuan reproduksi rendah. Tindakan manusia dengan memburu. AS. yai tu sekitar 50 tahun. terdapat 332 Burung Kondor California di beberapa penangkaran.

tubuh. (Pasal 40 ayat (2)) . Sumatera Jawa. (Pasal 21 ayat (2) huruf d). memiliki.000. 100. BINATANG APA SAJA YANG DILINDUNGI Berbagai upaya terus dilakukan untuk menyelamatkan mereka. 100. memelihara. memelihara. Badak Sumatera Bajing tanah.00 (seratus juta rupiah). di antaranya sebagai berikut. 100. dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup. menyimpan. (Pasal 40 ayat (2)). atau bagian -bagian lain satwa yang dilindungi atau barang barang yang dibuat dari bagian -bagian tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia. NAMA SATWA NAMA ILMIAH DAERAH ASAL 1 2 3 4 5 Alap-alap putih.00 (seratus juta rupiah). alap alap tikus Babirusa Badak Jawa. membunuh. mengangkut. mengangkut.00 (seratus juta rupiah).000. Kalimantan. menangkarkan binatang langka. Sumatera.000.000.B. serta membuat aturan hukum untuk mencegah perburuan. diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. Barang Siapa Dengan Sengaja menyimpan. tercantum aturan sebagai berikut. Sumatera. NO. Irian Sulawesi Jawa. melukai.000. diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling ban yak Rp. dan pemeliharaan binatang dilindungi.000. menyimpan atau memiliki kulit. memiliki. Dengan Sengaja memperniagakan. . Dalam kutipan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 tahun 1999 Tanggal 27 januari 1999 . penjualan. diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. (Pasal 21 ayat (2) huruf a). tupai tanah Bangau Hitam. dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan mati (Pasal 21 ayat (2) huruf b). (Pas al 40 ayat (2)). y y y Barangsiapa dengan Sengaja menangkap. (Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang KSDAH dan Ekosistemnya) Dalam lampiran peraturan di atas juga disebutkan jenis-jenis satwa yang dilindungi. Sulawesi Jawa. rhinoceros sumatrensis Larisous Insignis Ciconia epicopus Maluku. Accipiter novaehollandiae Babyrousa babyrussa Rhinoceros sondaicus. antara lain dengan mendirikan sejumlah tempat konservasi.

Kalimantan Jawa. Sumatera. 18 19 20 21 22 Megapodius Reindt Wardtii Rhipidura Javanica Muscicappa Ruecki Nectariniiae Megacephalon maleo Pavo Muticus Meliphagidae Alcedinidae Petaurista elegans Elephas maximus Sula leucogaster Pelecanidae Neofelis Nebulosa Plegadis falcinellus Threskiornis aethiopica Dugong Cairina scutulata Leucopsar rotschildii Bucerotidae Caloenas nicobarica Jenis-jenis tragulus . Sumatera. Kalimantan. kukang Blawok. Rinca. mambruk Burung Gaok. Sumatera. Kalimantan. Komodo Jawa. Irian Pulau Nias Sumatera. Kalimantan Sulawesi Jawa Sulawesi. Sumatera. Kalimantan Irian Jawa. Indonesia Kep. burung titi. Indonesia Perairan Indonesia Jawa. roko-roko Ibis Putih. Kalimantan Kep. Seram. Irian Jawa. Maluku Jawa. walangkadak Burung alap-alap. Kalimantan Bali Kep. Burung Mas . Irian Sumatera. Irian Ambon. Sulawesi. Sulawesi Kalimantan Maluku. Kalimantan Flores.6 7 8 9 10 11 12 13 Sandang Lawe Banteng Bayan Beo Jenis Nias Beruang Madu Komodo Binatang hantu. Irian Sumatera. Rangkong Junai. Sumatera. Sumatera. pelanduk. Minata Kancil. Nusa Tenggara. P. Burung Cacing Burung Gosong Burung Kipas Burung Kipas Biru Burung Madu. Irian Irian Jawa. Jantingan. Kalimantan. Sumatera Jawa. Elang Cendrawasih Burung Dara Laut Burung dara. Bos Sondaicus Larius rorattus Gracula robustus Helacctus Malayanus Faranus komodoensis Tarsius Ibis cincerius Acciptridae 14 15 16 17 Paradiseidae Sternidae laridae Jenis Goura Pittidae Kalimantan. pelatuk besi Ikan Duyung Itik Liar Jalak Bali Enggang. Indonesia Irian Jawa. Kleces Burung Maleo Burung Merak Burung Sesap Burung Udang Bajing terbang Gajah Gangsa batu Gangsa laut Harimau Dahan Ibis hitam. Sumatera. Sulawesi Jawa. Kalimantan Sumatera Jawa. Sulawesi. Sulawesi. Sumatera. Kalimantan Sumatera. Maluku. Sumatera. Sulawesi.

Muncak Koak Merah Kuau Kubung Kucing hutan. Sumatera. Anoa Nasalis larvatus Cacatua galerita probosciger aterrimus Nemorhaedus sumatrensis Dorcopsis mulleri Casuarius casuarius Trogonidae Nesolagus Netchen Muntiacus muntjak Nycticorax caledonicus Argusianus argus Cybocephalus variegatus Felis bengalensis Jenis Egretta dan bubulcus ibis Felis Marmorata Proechidna Bruijnii Ratufa bicolor Dolpin Orcella fluminalis Panthera tigris sumatrensis Panthera pardus Nycticebus coucang Aramidopsis plateni Jenis cervus Leptoptilos javanicus Cynopithecus niger Cynogale bennettii Larius rorattus Pongo-pygmeus Hylobatidae Anghinga sp Axis kuhli Anoa depressiocornis sp Kalimantan Kalimantan Aru. Kalimantan Sulawesi Kep. Aru. Kalimantan. Kalimantan Jawa. Jawa. Sumatera. Suruku. Irian Jawa. Kalimantan Jawa. Sumatera. Rusa. Bali. Indonesia Sumatera. Kalimantan Irian Jawa. Mawas Owa. Sulawesi Sulawesi Sumatera. Bangau Tontong Monyet hitam Sulawesi Musang Air Nuri Merah kepala hitam Orang Utan. Kalimantan Kep. Burung Luntur Kelinci liar Kidang. Sumatera. Bali. Kakaktua hitam Kambing hutan Kangguru pohon Kasuari Kasumba. Lombok Irian Sumatera. Kalimantan. Irian Aru. Indonesia Jawa. Kalimantan Maluku. Irian Sumatera Irian Seram. Kalimantan Kep. Aru. Sumatera. Sambar Marabu. Aru. Kalimantan Sumatera. Bali Kalimantan Kalimantan Sumatera Jawa Jawa. Sumatera. Irian Sumatera. Indonesia Bawean Sulawesi .napu Kahau Kakaktua Jambul kuning Kakaktua raja. Kalimantan Sumatera Jawa. Kera tak berbuntut Pecuk Ular Rusa Bawean Sapi hutan. congkok Kuntul. Bangau Putih Kuwuk Landak semut Lelarang Lumba-lumba air laut Lumba-lumba air tawar Harimau loreng Macan Kumbang Malu-malu Mandar Menjangan.

Kalimantan. Berikut nama-nama binatang dilindungi di Indonesia dari jenis mamalia NO. burung. Jenis-jenis binatang dilindungi lainnya akan dibahas pada bab selanjutnya. Sumatera. Sulawesi Jawa. Peusing Wili-wili. seperti aneka binatang laut. Kalimantan Jawa. Kalimantan Jawa. Sumatera. Biawak Ambon Tapir. Mereka harus dilindungi karena terancam punah akibat perburuan liar serta perambahan hutan yang mengakibatkan hilangnya habitat asli tempat mereka hidup. Kalimantan. dan binatang jenis lainnya. 10. 9. dan reptil. tupai tanah Banteng Beruang Madu Binatang hantu. BINATANG DILINDUNGI JENIS MAMALIA Mamalia disebut juga binatang menyusui. rhinoceros sumatrensis Larisous Insignis Bos Sondaicus Helacctus Malayanus Tarsius Petaurista elegans Elephas maximus Neofelis Nebulosa Jenis-jenis tragulus Nasalis larvatus DAERAH Sulawesi Jawa. C. Sumatera Jawa. Sumatera. napu Kahau NAMA ILMIAH Babyrousa babyrussa Rhinoceros sondaicus. Sumatera. Cipan. Kalimantan Lautan India. Bebek laut Simias Concolor Hydrosaurus amboinenzis Tapirus Indicus Manis javanicus Esacus Magnirostris Mentawai Sulawesi. Pasifik Di antara binatang-binatang di atas terdiri atas mamalia termasuk primata. NAMA SATWA Babirusa Badak Jawa. serangga.Simpai Mentawai Soa-soa. Irian Sumatera Jawa. Kalimantan Sumatera. Kalimantan Sumatera. kukang Bajing terbang Gajah Harimau Dahan Kancil. Kebanyakan jenis mamalia yang dilindungi adalah dari ordo primata. Maluku. Kalimantan Kalimantan . Sulawesi Kalimantan Sumatera. Tenuk Trenggiling. pelanduk. 1 2 3 4 5 6 7 8. Sumatera. Badak Sumatera Bajing tanah. ikan. Selain itu ada juga binatang lainnya yang belum termasuk.

Indonesia Sulawesi Sumatera. Sumatera. Aru. Kalimantan Sumatera. Sambar Monyet hitam Sulawesi Musang Air Orang Utan. Kalimantan Irian Jawa. Kalimantan Supaya lebih mengenal binatang-binatang dilindungi tersebut. Muncak Kubung Kucing hutan. Kalimantan Bawean Sulawesi Mentawai Sumatera Jawa. akan diaparkan beberapa di antara mereka di bawah ini. Peusing Nemorhaedus sumatrensis Dendrolagus pulcherrimus Nesolagus Netchen Muntiacus muntjak Cynocephalus variegatus Felis bengalensis Felis Marmorata Proechidna Bruijnii Ratufa bicolor Panthera tigris sumatrensis Panthera pardus Nycticebus coucang Jenis cervus Cynopithecus niger Cynogale bennettii Pongo-pygmeus Hylobatidae Axis kuhli Anoa depressiocornis sp Simias Concolor Tapirus Indicus Manis javanicus Sumatera Irian Sumatera Jawa. Jawa. Badak jawa (Rhinoceros sondaicus) Kerajaan Filum Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Animalia : Chordata : Mammalia : Perissodactyla : Rhinocerotidae : Rhinoceros : R. congkok Kuwuk Landak semut Lelarang Harimau loreng Macan Kumbang Malu-malu Menjangan. Kalimantan Jawa. Sumatera. Sumatera. Rusa. Kalimantan Kep. 1. Tenuk Trenggiling. Bali Sumatera Jawa Jawa. Sumatera. Bali. Bali. Kalimantan. Sumatera. Kalimantan Sumatera. Cipan. Anoa Simpai Mentawai Tapir.Kambing hutan Kangguru pohon Kelinci liar Kidang. Kalimantan Sumatera. sondaicus . Kera tak berbuntut Rusa Bawean Sapi hutan. Mawas Owa. Lombok Jawa.

seperti gunung Gede -Pangrango. Badak adalah binatang terbesar di Jawa. Slamet di Jawa Tengah.5 ton. mereka menyebutnya badak priangan. Ketika Junghuhn mendaki Gn. Beratnya bisa mencapai 1. karena pada suatu waktu yang berbeda dan pada suatu tempat yang berbeda badak Jawa ini pernah dikacaukan dengan badak Sumatera Dicerorhinus sumatrensis dan badak India/be rcula satu Rhinoceros unicornis. Gunung salak. dan jalur-jalur di gunung-gunung yang ada dijawa mungkin merupakan sisa terakhir dari kehadiran binatang besar ini. Dua belas ekor badak Jawa terakhir yang terdapat di Sumatera telah ditembak oleh pemburu -pemburu Belanda antara tahun 1925 1930. itulah badak jawa terakhir di kota Bandung. pernah mencapai kawasan Sungai Brahmaputra di Bangladesh sampai Vietnam serta ke sebelah barat daya Cina. berkulit pucat. Tangkuban Parahu dan gunung Ciremai. Badak Jawa pernah tersebar di hampir seluruh wilayah gunung di Jawa Barat. Namun pada tahun 1895 seorang pemburu Belanda menembak mati badak jawa tidak jauh dari kota Bandung. Pangrango pada tahun 1839 (pen dakian pertama yang tercatat dilakukan oleh orang Eropa) ia mengejutkan dua badak Jawa di dekat puncak gunung. . dan deskripsi badak pertama berasal dari spesimen yang ditemukan di Sumatera. Dulu badak ini hanya dikenal dan bagian selatan Jawa Barat dan dari Gn. seekor sedang berendam di suatu sungai kecil dan yang lain sedang merumput di pinggir sungai (Junghuhn 1854). Tidak mengherankan bil a di Bandung ada daerah yang bernama Rancabadak. Gunung. dan setelah itu seekor lagi ditembak di Karangnunggal (Tasikmalaya) pada tahun 1934. Sampai akhir abad ke-19 penduduk kota Bandung masih bisa menyaksikan adanya badak jawa. Distribusi aslinya secara menyeluruh tidak akan pernah dapat diketahui. sejauh yang bisa dipastikan. Beberapa jalan setapak di beberapa gunung mengikuti bekas jejak badak. Nama sebutan Badak Jawa agaknya kurang tepat karena distribusi alaminya. meskipun fosil yang masih ada ditemukan di sebelah utara Yogyakarta.Badak jawa (Rhinoceros sondaicus) disebut juga badak bercula satu.

misalnya. Badak jawa memiliki satu cula yang terletak di ujung hidungnya. Badak Jawa melahirkan setiap 3-5 tahun sekali. tunas-tunas dan ranting-ranting yang tumbuh di permukaan tanah. Karena hampir semua catatan tanaman pangan berasal dari observasi tidak langsung. Keragaman makanan badak mungkin merupakan tanggapan terhadap kebutuhan untuk membatasi atau mencegah racun yang masuk. tempat keberadaannya pertama dilaporkan pada tahun 1861. Badak memakan makanannya di berbagai tipe vegetasi. Badak memakan daun-daun muda. sepuluh ekor badak jawa ditemukan bertahan hidup di sepanjang sungai Dong Nai di bagian selatan Vietnam. meskipun kebanyakan dilakukan di tempat-tempat belukar tanpa pepohonan. maka badak akan berusaha mematahkan batangnya dengan cara menabrakkan dirinya pada batang tersebut. Ada lebih dari 150 jenis tumbuhan yang diidentifikasi sebagai makanan badak. pada tahun 1989. dan kemungkinan besar semua jenis tumbuhan tersebut yang dapat dicapai dan ukurannya sesuai akan dimak an. maka sangat relevan untuk memperhatikan bahwa kerusakan pada batang-batang pohon yang umum dilakukan oleh badak dapat juga disebabkan oleh banteng dan rusa. di antara pepohonan yang roboh atau di padang semak - .Orang percaya bahwa sisa populasi badak Jawa sekarang hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon. setelah dewasa anak tersebut meninggalkan induknya. Usia badak jawa bisa mencapai hingga 50 tahun. Meskipun demikian. Lama mengandung 16 bulan. umumnya melahirkan satu ekor anak saja d an dipelihara induknya hingga umur 2 tahun. tetapi badak jawa memiliki penglihatan yang kurang baik (rabun dekat). Indra penciuman dan pendengarannya sangat tajam. yang tidak terlindung. memaksimalkan kandungan mineral tertentu. atau dengan cara menghancurkan batang dengan giginya. serta menanggulangi kesulitan -kesulitan yang disebabkan oleh keragaman musim. Badak Jawa adalah pemakan tunas dan rerumputan. Jika makanan ini tidak dapat dijangkau karena terlalu tinggi.

Primata kecil ini sering disebut sebagai monyet terkecil di dunia. 2. Cula badak adalah evolusi dari rambut badak yang bersatu dan mengeras. 2 jenis be rada di Filipina sedangkan sisanya. Badak Jawa masih satu kerabat dengan kuda dan keledai. sejak jaman Erasia. Nenek moyang badak jawa Baluchitherium. Yang paling dikenal adalah dua jenis yang terdapat di Indonesia yaitu Tarsius tarsier (Binatang Hantu / Kera Hantu) dan Tarsius pumilus (tarsius kerdil. 7 jenis terdapat di Sulawesi Indonesia. Sedikitnya terdapat 9 jenis Tarsius yang ada di dunia. Konon cula badak dijadikan ramuan obat obatan atau jadi barang kerajinan seni berharga. Kesemua jenis tarsius termasuk binatang langka dan dilindungi di Indonesia. Kukang (Tarsius) Kerajaan Filum Kelas Ordo Upaordo Infraordo Famili Genus : Animalia : Chordata : Mammalia : Primata : Haplorrhini : Tarsiiformes : Tarsiidae : Tarsius Tarsius (diantaranya Tarsius tarsier dan Tarsius pumilus) adalah binatang unik dan langka.Badak adalah salah satu mamalia purba yang masih hidup. yakni hewan yang memiliki kuku ganjil. telah hidup 50 juta tahun yang lalu. krabuku kecil atau Pygmy tarsier). meskipun satwa ini bukan monyet. Sejak jaman dahulu manusia memburu badak hanya untuk mendapatkan culanya. .

Nama Tarsius diambil berdasarkan ciri fisik tubuh mereka yang istimewa. juga di pulau -pulau sekitar Sulawesi seperti Suwu. Sangihe dan Peleng. Sulawesi Utara. Jari jari ini memiliki kuku. Di sini wisatawan secara mudah dan teratur bisa menikmati satwa unik di dunia itu. Di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Oleh sebab itu Tarsius berburu pada malam hari. Namun terkadang satwa yang dilindungi di Indonesia ini juga memangsa reptil kecil. kecuali jari kedua dan ketiga yang memiliki cakar. Mangsa mereka yang paling utama adalah serangga seperti kecoa. kecuali pada bagian ujungnya. Panjang ekornya antara 197 -205 milimeter. Tarsius juga dapat ditemukan di Filipina (Pulau Bohol). yaitu tulang tarsal yang memanjang. Siau. Tarsius memang layak disebut sebagai primata mungil karena hanya memiliki panjang sekitar 10 -15 cm dengan berat sekitar 80 gram. Ukuran matanya yang besar ini sangat bermanfaat bagi makhluk nokturnal (melakukan aktifitas pada malam hari) ini sehingga mampu melihat dengan tajam dalam kegelapan malam. Setiap tangan dan kaki hewan ini memiliki lima jari yang panjang. Habitatnya adalah di hutan-hutan Sulawesi Utara hingga Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan. Di Taman Nasional Bantimurung dan Hutan lindung Tangkoko di Bitung. burung. tarsius hanya beraktifitas pada sore hingga malam hari sedangkan siang hari lebih banyak di habiskan untuk tidur. Ukuran mata tarsius lebih besar ketimbang ukuran otaknya. Selayar. pygmy tarsierTarsius juga memiliki kepala yang unik karena mampu berputar hingga 180 d erajat ke kanan dan ke kiri seperti burung hantu. Sebagai makhluk nokturnal. Tarsius lebih . yang membentuk pergelangan kaki mereka sehingga mereka dapat melompat sejauh 3 meter (hampir 10 kaki) dari satu pohon ke pohon lainnya. Ciri-ciri fisik tarsius yang unik lainnya adalah ukuran matanya yang sangat besar. Bahkan Tarsius pumilus atau Pygmy tersier yang merupakan jenis tarsius terkecil hanya memiliki panjang tubuh antara 93 -98 milimeter dan berat 57 gram. dan kelelawar. jangkrik. Tarsius juga memiliki ekor panjang yang tidak berbulu. Telinga satwa langka ini pun mampu digerak -gerakkan untuk mendeteksi keberadaan mangsa.

Hewan ini menandai pohon daerah teritori mereka dengan urine. masih berkisar 3. Ini menurun drastis jika dibandingkan 10 tahun terakhir dimana jumlah satwa yang bernama latin Tarsius spectrum ini. Selain itu tidak sedikit yang ditangkap masyarakat untuk dikonsumsi dalam pesta anak muda. Binatang yang dilindungi ini digunakan sebagai camilan saat meneguk minuman beralkohol cap tikus. Satu lagi. 3. Tarsius berpindah tempat dengan cara melompat dari pohon ke pohon deng an lompatan hingga sejauh 3 meter. Hewan ini bahkan tidur dan melahirkan dengan terus bergantung pada batang pohon. mereka melompat ketika berada di tanah.dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan ³balao cengke´ atau ³tikus jongkok´ jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Bahkan jika ditempatkan dalam kurungan. bintang langka dan unik ini sangat sulit untuk dikembangbiakan di luar habitatnya. Penurunan populasi tarsius dikarenakan rusaknya hutan sebagai habitat utama satwa langka ini. Tarsius menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas pohon. tarsius akan melukai dirinya sendiri hingga mati karena stres.800. Bajing terbang (Petausrista elegans) Kerajaan Filum Sub Filum Kelas Ordo Famili Genus : Animalia : Chordata : Vertebrata : Mamalia : Rodentia : Sciuridae : Petaurista Flying squirrel (tupai terbang) punya kemampuan unik yang istimewa.500 ekor. Populasi satwa langka tarsius. diduga amat langka karena jarang sekali diketemukan lagi. Ia adalah satu-satunya jenis tupai yang bisa melayang di . Bahkan untuk Tarsius pumilus. primata terkecil di dunia yang hidup di hutan-hutan Sulawesi diperkirakan tersisa 1. Tarsius tidak dapat berjalan di atas tanah.

Biasanya satu indukan bisa melahirkan dua atau tiga anak. Hanya Melayang Begitupun. tupai terbang sesungguhnya bukanlah benar -benar terbang. yang membuatnya mampu melayang di udara. buta dan tanpa bulu. Sayap ³glider´ ini disokong dengan anatomi tubuh dan struktur tulang si tupai yang ringan namun kuat. Saat si tupai meregangkan keempat kakinya. Rahasia kemampuan melayang hewan ini adalah lapisan kulit tipis yang bisa mengembang dan dilipat (mirip sayap kelelawar). dan Amerika Utara ini dibukukan setinggi hampir 50 meter. lapisan kulit ini pun terkembang bagai sayap parasut. Namun ³apalah arti sebuah nama«´ yang jelas tupai dari keluarga Sciuridae ini bisa melayang di udara. ia menghabiskan beberapa masa bayinya di dalam lubang -lubang pohon sebagai sarang yang disediakan induknya. barulah membuat gerakan naik dan hup« mendarat di sasaran dengan menancapkan ³roda pendarat´ berupa cakar kuat yang tajam di keempat kakinya! Fantastik! Decak kagum peneliti untuknya.udara. Erop a. Polanya. Catatan rekor ketinggian terbang si tupai penghuni belantara Asia. . setelah melompat dari satu pohon ia membuat satu ³tukikan´ lalu melayang lurus. flying squirrelTupai terbang begitulah ia disebut. Gaya terbang khasnya bukanlah lurus segaris tapi membuat gerakan nyaris melengkung. Lalu ekornya yang cenderung lepes menjadi kendali prima arah penerbangannya. selalu menggunakan keistimewaan ini sepanjang hidupnya. Digunakan untuk berpindah tempat dari satu pohon ke pohon yang lain. Lebih tepat jika disebut sebagai tupai pelayang (gliding squirrel). Keistimewaan ini didukung perangkat ³glider´ berupa lapisan kulit di sisi kiri dan kanannya yang menghubungkan kaki depan dan belakangnya. Lahir sebagai hewan yang amat lemah.

Ada 43 spesiesnya yang tersebar di hampir semua belahan dunia. Cukup mudah untuk mengenali si tupai terbang yang banyak mendiami hutan-hutan Asia bagian selatan ini. Tetapi ada beberapa spesies yang lebih besar dari ini.Menginjak usia enam minggu. mencoba-coba mengembangkan parasutnya. Warna-warna ini mungkin menjadi bagian dari sistem pertahanan dan kamuflase (penyamaran) di alam liar. Jika sudah pernah melayang sekali saja. Ada juga yang menjadi hewan asli teritori tertentu seperti spesies Glaucomys sabrinus dan Galucomys volans sebagai penghuni asli Amerika Utara. Mecoba melayang lagi dan lagi« hingga ia dewasa. Tupai ini punya mata membulat yang besar dan cakar tajam di ujung jemarinya. dan tupai terbang Siberia (Pteromys volans) yang ³penduduk asli´ Eropa wilayah Utara.5 kg. Ciri khasnya: lapisan kulit ³berlipat´ di sisi kiri dan kanan di antara kaki depan dan belakangnya. tupai -tuipai muda akan mulai bertualang. Yang menjadi tokoh utama kita kali ini adalah tupai terbang biasa yang menyandang nama latin Glaucomys sabrinus. Ia keluar dari lubang pohon dan mencari pijakan yang mantap dari ketinggian pepohonan. yang paling besar di kelompok hewan yang mahir memanjat pohon ini adalah tupai terbang berbulu lebat ± woolly flying squirrel (Eupetaurus cinereus).2 meter. seperti tupai -tupai terbang Asia yang bisa mencapai panjang 1. . Umumnya paduan bulu coklat dan abu -abu. Tetapi dalam identifikasi ilmiah. Tetapi ada varian lain yakni abu-abu melulu atau bulu merah kecoklatan di bagian atas dan putih kotor atau krim cerah di bagian bawahnya . Berat rata -rata tupai-tupai terbang ini antara 22 gram ± 2. Tubuhnya berukuran rata-rata 20 cm plus 15 cm bagian ekor. Nokturnal Hewan pengerat yang suka bersuara ribut ini punya banyak ragam warna. tupai terbang muda akan mulai melakukan ³penerbangan´ pertamanya. Setelah ³pemansan´ yang cukup ia akan melompat dan melayang sendirian.

cacing. tupai-tupai terbang mampu bertahan hidup sampai usia 15 tahun. tupai terbang akan menyeret bangkai. Jika nasibnya baik. weasel. paduan herbivora dan karni vora. Dialah tupai terbang merah raksasa . Kalimantan. pucuk tanaman. Menghindari jenis predator alaminya seperti ular arboreal. burung hantu. Di negeri ini ia punya nama khusus yaitu ³bajing loncat´ atau ³bajing terbang´. Dengan sistem ³navigasi´ dan ³penginderaan malam´ ia melayang dari satu pohon ke pohon lain. rubah. bahkan kucing rumahan. perjuangan untuk bertahan hidup dilakukan. biji-bijian. Sifat ini membuat para ahli menggolongkannya sebagai hewan nokturnal arboreal. Tetapi t ak pernah ditemukan di Papua. ranting muda. hangat. Walau bergerak di malam hari. Sesekali juga. burung -burung kecil. Indera dan semua sensor hewan ini sangat peka dikegelapan. Sementara di siang hari ia suka tidur di sarangnya. Bahkan di Kalimantan. ada bajing terbang ada yang berukuran ³raksasa´ sampai 1. Karena itulah sejak lama para penjelajah hutan jarang melihat tupai terbang di siang hari. mencari makan. Artinya hewan malam yang menghabiskan waktunya di ketinggian pepohonan dan jarang turun ke darat. dan nyaman. Ia akan menunggu gelap menjelang untuk melakukan perburuan.3 meter. Di dalam gelap. Spesies tupai-tupai terbang adalah hewan malam (nokturnal). burung malam. bunga dan akar-akaran. Lubang-lubang pohon yang gelap. Atau menyelingi menu hariannya dengan aneka serangga. Di Indonesia. cayote. telur. dedaunan. dan Jawa. Jadilah ia hewan omnivora (pemakan segala). tupai -tupai terbang tersebar di hampir semua pulau-pulau besar seperti Sumatera. rakun. tupai -tupai terbang punya musuh yang juga tergolong hewan nokturnal. dan mengisi hari-harinya. dan hewan lain yang ukuran tubuhnya kecil.Mengandalkan sumber makanan berupa berbagai jenis tanaman. Namun berbeda dengan bangsa tupai lain yang beraktivitas di sianbg hari. Sulawesi. kacang-kacangan.

Pulau Kalimantan dan Sumatra. Semenanjung Melayu. Harimau dahan (Neofelis Nebulosa ) Kerajaan Filum Kelas Ordo Famili Subfamili Genus Species : Animalia : Chordata : Mammalia : Carnivora : Felidae : Pantherinae : Neofelis : Neofelis nebulosa Macan Dahan (Neofelis nebulosa) adalah sejenis kucing berukuran sedang. Macan dahan mempunyai kaki pendek dengan telapak kaki besar serta ekor panjang dengan garis dan bintik hitam. Daerah sebaran macan dahan adalah Asia Tenggara. mamalia .Mangsa macan dahan terdiri dari aneka satwa liar berbagai ukuran seperti kera. Bintik hitam dikepalanya berukuran lebih kecil dan terdapat totol putih di belakang kuping. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kelabu kecoklatan dengan gambaran seperti awan dan bintik hitam di tubuhnya. Spesies ini telah punah di alam bebas di Republik Cina. dengan panjang tubuh mencapai 95cm.(Petaurista petaurista) yang mampu meluncur dan melayang sejauh 450 meter di kegelapan malam! (berbagai sumber) 4. Macan dahan adalah hewan nokturna l yang aktif berburu di malam hari. ular. Macan dahan betina serupa. India. Indocina. di hutan dataran rendah dan pegunungan di Republik Rakyat Cina. Hewan ini banyak menghabiskan waktunya di atas pohon dan dapat bergerak dengan lincah di antara pepohonan.

Raseng dan Kahau. Bekantan dalam bahasa latin (ilmiah) disebut Nasalis larvatus. Bekantan yang merupakan satu dari dua spesies anggota Genus Nasalis ini sebenarnya terdiri atas dua subspesies yaitu Nasalis larvatus larvatus dan Nasalis larvatus orientalis. Macan fahan menggunakan lidahnya untuk membersihkan bulu-bulu sebelum memakan mangsanya. Bahara Bentangan. sehingga kita dapat melangkah untuk menjaga kelestariannya. dan Malaysia). Dibawah ini diuraikan secara singkat mengenai apa dan bagaimana satwa ini. Neusaap (Belanda). Dalam bahasa ilmiah. sedang dalam bahasa inggris disebut Long -Nosed Monkey atau Proboscis Monkey. larvatus Bekantan merupakan salah satu jenis satwa liar yang dilindungi Undang-undang. 5. Nasalis larvatus larvatus terdapat dihampir seluruh bagian pulau Kalimantan . Bekantan merupakan sejenis kera yang mempunyai ciri khas hidung yang panjang dan besar dengan rambut berwarna coklat kemerahan. Bekantan disebut Nasalis larvatus. Pika. Bangkatan (Brunei).kecil. Brunei. Penyebaran satwa ini sangat terbatas dan untuk kelangsungan hidupnya memerlukan kondisi tertentu. rusa dan bekantan. Di negara -negara lain disebut dengan beberapa nama seperti Kera Bekantan (Malaysia). burung. Masyarakat Kalimantan sendiri memberikan beberapa nama pada spesies kera berhidung panjang ini seperti Kera Belanda. Bekantan atau biasa disebut Monyet Belanda merupakan satwa endemik Pulau Kalimantan (Indonesia. Kahau (Nasalis larvatus ) Kerajaan Filum Kelas Ordo Famili Upafamili Genus Spesies : Animalia : Chordata : Mammalia : Primata : Cercopithecidae : Colobinae : Nasalis : N.

bekantan dikenal juga sebagai Monyet Belanda. Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina. Kera Bekantan betina berukuran sekitar 60 cm deng an berat 12 kg. Karena hidungnya inilah. Walaupun demikian Bekantan juga mampu berenang dan menyelam dengan baik. Kera betina lebih memilih jantan dengan hidung be sar sebagai pasangannya. 29 Tahun 1990 tanggal 16 Januari 1990. Ciri-ciri dan Habitat Bekantan. Satwa yang dilindungi ini lebih banyak me nghabiskan waktu di atas pohon. Bekantan (Nasalis larvatus) hidup secara berkelompok. namun ini mungkin disebabkan oleh seleksi alam. Binatang yang oleh IUCN Redlist dikategorikan dalam status konservasi ³Terancam´ (Endangered) merupakan satwa endemik pulau Kalimantan. Satwa ini dijadikan maskot (fauna identitas) provinsi Kalimantan Selatan berdasarkan SK Gubernur Kalsel No. Masing masing kelompok dipimpin oleh seekor Bekantan jantan yang besar dan kuat. Biasanya dalam satu kelompok berjumlah sekitar 10 sampai 30 ekor. Spesies ini juga memiliki perut yang besar (buncit). Hidung panjang dan besar pada Bekantan (Nasalis larvatus) hanya dimiliki oleh spesies jantan. satwa ini juga menjadi maskot Dunia Fantasi Ancol. terkadang terlihat berenang menyeberang sungai atau bahkan berenang dari satu pulau ke pulau lain. Ukurannya dapat mencapai 75 cm dengan berat mencapai 24 kg. Fungsi dari hidung besar pada bekantan jantan masih tidak jelas. Selain itu. . Perut buncit ini sebagai akibat dari kebiasaan mengkonsumsi makanannya yang selain mengonsumsi buah-buahan dan biji-bijian mereka juga memakan dedaunan yang menghasilkan banyak gas pada w aktu dicerna. Seekor Bekantan betina mempunyai masa kehamilan sekitar166 hari atau 5-6 bulan dan hanya melahirkan 1 (satu) ekor anak dalam sekali masa kehamilan. Anak Bekantan ini akan bersama induknya hingga menginjak dewasa (berumur 4-5 tahun).sedangkan Nasalis larvatus orientalis terdapat di bagian timur laut dari Pulau Kalimantan.

: Mammalia. Dendrolagus merupakan sejenis kanguru pohon yang hanya ditemukan di hutan pegunungan pulau Irian. VU). Spesies ini memiliki rambut -rambut halus pendek berwarna coklat muda.Habitat Bekantan (Nasalis larvatus) masih dapat dijumpai di beberapa lokasi antara lain di Suaka Margasatwa (SM) Pleihari Tanah Laut. CA Selat Sebuku dan Teluk Kelumpang. Sungai Negara. Filum Kelas Ordo Famili Genus : Chordata. SM Pleihari Martapura. 6. : Diprotodontia. Juga terdapat di pinggiran Sungai Barito. . pipi dan kakinya berwarna kekuningan. CA Gunung Kentawan. Konservasi Bekantan. Kangguru pohon Mantel emas ( Dendrolagus pulcherrimus) Kerajaan : Animalia. Ekor panjang dan tidak prehensil dengan lingkaran -lingkaran terang. Sungai Tapin. Sisi bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan Dendrolagus pulcherrimusdipunggungnya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya habitat yang mulai beralih fungsi dan kebakaran hutan. Sungai Paminggir. Cagar Alam (CA) Pulau Kaget. Leher. Pulau Bakut dan Pulau Kembang. : Macropodidae : Dendrolagus dan Thylogale pulcherrimus (Kanguru Pohon Mantel Emas) Infrakelas : Marsupialia. Sel ain itu Bekantan juga terdaftar pada CITES sebagai Apendix I (tidak boleh diperdagangkan secara internasional) Pada tahun 1987 diperkirakan terdapat sekitar 260.000. Bekantan (Nasalis larvatus) oleh IUCN Redlist sejak tahun 2000 dimasukkan dalam status konservasi kategori Endangered (Terancam Kepunahan) setelah sebelumnya masuk kategori ³Rentan´ (Vulnerable.000 Bekantan di Pulau Kalimantan saja tetapi pada tahun 2008 diperkirakan jumlah itu menurun drastis dan hanya tersisa sekitar 25.

Dendrolagus inustus Dendrolagus inustus disebut juga sebagai Kanguru Pohon Wakera atau Grizzled Tree-kangaroo. . Perbedaannya adalah Kanguru -pohon Mantel-emas memiliki warna muka lebih terang atau merah -muda. Kulit tubuhnya berwarna Dendrolagus mbaiso cokelat sawo matang dan banyak terdapat di hutan hujan di pulau Papua Dendrolagus mbaiso (disebut sebagai Kanguru Pohon Mbaiso atau Dingiso) kanguru ini ditemukan di hutan montane yang tinggi dan subalpine semak belukar di Puncak Sudirman. Kanguru-pohon Mantel-emas merupakan salah satu jenis kangurupohon yang paling terancam kepunahan diantara semua kanguru pohon.Penampilan Kanguru-pohon Mantel-emas serupa dengan Kanguru pohon Hias. Dengrolagus dorianus atau disebut sebagai Kanggu ru Pohon Ndomea atau Doria¶s Tree-kangaroo. Dendrolagus stellarum disebut juga sebagai Seri¶s Tree -kangaroo. Kanguru pohon ini terdapat di Tembagapura. Spesies ini telah punah di sebagian besar daerah habitat aslinya Dendrolagus goodfellowi (disebut Kanguru Pohon Goodfellow atau kanguru pohon hias atau Goodfellow¶s Tree -kangaroo) merupakan jenis kanguru pohon yang paling sering ditemui. Beberapa ahli menempatkan Kanguru -pohon Mantelemas sebagai subspesies dari Kanguru-pohon Hias. pundak keemasan. Kanguru pohon ini mempunyai bulu hitam dengan kombinasi putih di bagian dadanya. Dendrolagus dorianus. Mempunyai telinga panjang dan ekor panjang dan hitam. Dendrolagus ursinus (disebut Vogelkop Tree -kangaroo atau Kanguru Pohon Nemena) merupakan kanguru pohon yang paling awal terklasifikasikan. Dendrolagus ursinus. telinga putih dan berukuran lebih kecil dari Kanguru pohon Hias.

Thailand dan Indo-Cina. berukuran besar dengan berat 2000g dan berwarna cerah. bersifat aktif di malam hari (nokturnal). Nycticebus coucang. Sumatera. Tangannya berfungsi sebagai pemegang yang telah berkembang baik. kukang menempati Sub Ordo Prosimian dan Family Lorisidae. Pada bagian kepala hingga punggun gnya terdapat garis coklat tua yang menjadi salah satu cirinya. malu-malu atau lori. tersebar di Malaysia. pygmy loris (Nycticebus pygmaeus) dan slender loris (Loris tardigardus).7. Berukuran lebih kecil daripada Nycticebus coucang bengalensis. coucang Kukang (Nycticebus coucang) adalah salah satu spesies primata dari genus Nycticebus yang penyebarannya di Indonesia meliputi pulau Jawa. antara lain Nycticebus coucang bengalensis yang terdapat di Assam. sebelah Utara Kepulauan Natuna. Myanmar. yang penyebarannya meliputi Jawa Barat. Thailand bagian Selatan. Empat sub spesies dari slow loris yang ada. Pengelompokan Berasal dari Ordo Primate. bermata besar menonjol keluar. berwarna coklat terang dengan bagian dahi . yaitu slow loris (Nycticebus coucang). Kukang (Nycticebus coucang ) Kerajaan : Animalia Filum Kelas Ordo Famili Genus : Chordata : Mammalia : Primata : Lorisidae : Nycticebus Spesies : N. Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan ciri bulu tubuhnya berwarna coklat muda sampai coklat tua. Kukang dikenal juga dengan sebutan pukang. Di pulau Jawa terdapat subspesies Nycticebus coucang javanicus. Sumatera dan Kalimantan. Banten. Terdapat sedikitnya tiga sp esies di Asia. panjang kepala dan badannya 33 cm dengan bobot badan berkisar antara 300 -1500 g. Secara morfologi.

Tak jauh berbeda dengan kehidupannya di alam. cara yang dil akukan pun cukup unik. Nycticebus coucang menagensis yang dapat dijumpai di daerah Borneo. Di Indonesia belum ditemui adanya skema pasti mengenai keberadaan dan distribusi satwa ini. dengan corak yang tebal pada bagian dorsal (punggung) yang menjadikan perbedaan yang cukup mencolok. kepala diletakkan diantara kedua lutut/ekstrimitasnya. sesuai dengan namanya penyebarannya di Pulau Jawa.ngannya dan menjiltinya. Pada hewan-hewan yang hidup di penangka ran. juga beberapa insecta. kukang mulai melakkukan aktivitasnya. Satu yang unik dari kebiasaan tidur kukang yaitu posisi dimana mereka akan menggulungkan badan.mmalia kecil dan bahkan burung. Nycticebus coucang javanicus. Mereka tidak minum langsung dari sumbernya tetapi mereka membasahi ta. pergerakan seperti ini disebut dengan quadropedal ke segala arah baik itu peregrakan vertical ataupun horizontal (climbing). Ketiga. Perilaku Kukang terkenal dengan kehidupan mala mnya (nocturnal) dan memakan beberapa buah-buahan dan sayuran. Berbeda halnya dengan minum. Mereka bergerak dengan menggunakan 4 anggota tubuhnya. Bangka dengan ukuran tubuh relative lebih kecil jika dibandingkan dengan Nycticebus coucang coucang. kukang1Layaknya hewan-hewan nocturnal lainnya.ngan salah satu tangan lalu memasukkannya ke dalam mulut. Hal ini dikarenakan keterbatasan dalam penyampaian informasi. Ketika malam hari tiba. Ukuran tubuhnya lebih besar daripada sub spesies lainnya. Terakhir. pada siang hari kukang beristirahat atau tidur pada cabang -cabang pohon.yang lebih gelap. kukang yang hidup di . Penduduk lokal bahkan kerap kali keliru menganalogikannya dengan kus -kus. ma. mereka bergerak memanjat dan mengitari kandang disebut denan aksplorasi. Umumnya mereka meraih makanan de. Bahkan ada yang membenamkan diri ke dalam tumpukan serasah tetapi hal ini sangat jarang ditemui.

diketahui bahwa kukang hidup secara soliter. 8. Akibatnya kukang sekarang termasuk kategori spesies terancam punah dan dilindungi Undang -undang dalam Konvensi CITES Appendix II. seperti halnya dengan primata lainnya pakan utama adalah buah -buahan dan dedaunan. Populasi dan Status Populasi kukang di alam saat ini diperkirakan cenderung menurun yang disebabkan oleh perusakan habita t dan penangkapan yang terus berlangsung tanpa memper -dulikan umur dan jenis kelamin. Tapir (Tapirus Indicus) Kerajaan : Filum Kelas Ordo Famili : : : : Animalia Chordata Mammalia Perissodactyla Tapiridae . Berdasarkan rekaman hasil penelitian di lapangan. juga memakan biji-bijian. serangga. walaupun di beebrapa saat ditemui adanya interaksi namun tidak lebih sebatas fase tahapan reproduksi.ngadakan kopulasi. telur burung. Pada hewan betina. Namun demikian kukang di habitat aslinya. kadal dan mamalia kecil. Masa kehamilan atau gestation periode selama 176 sampai 198 hari atau kurang lebih selama 6 bulan. Jika jantan men dengarkan dan tertarik akan siulan betina. maka jantan kemudian mendekati betina dan me. terjadi pembengkakan pada area genitalianya.penangkaran pun menciumi segala sesuatu / objek yang ditemuinya serta melakukan penandaan / marking dengan urin e. jika memasuki masa estrus maka akan lebih sering mengeluarkan suara / vokalisasi berupa siulan. Masa estrus pada kukang berkisar antara 30-40 hari. Penangkapan kukang yang tidak terkendali terutama untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan (pet animal). Kukang tergolong satwa pemakan segala (omnivora). Selain itu.

Nama ilmiahnya indicus merujuk pada Hindia Timur.Genus : Tapirus T. kuda arau. kuda rimbu. kuda ayer. Anak tapir disapih antara umur 6 dan 8 bulan dan binatang ini menjadi dewasa pada umur tiga tahun. dan sipan .5 kaki).8 kg (15 pon). indicus Spesies : Tapir Asia (Tapirus indicus) adalah salah satu jenis tapir. gindol. Masa hamil tapir Asia sekitar 400 hari. Bulu -bulu di bagian lain tubuhnya berwarna hitam kecuali ujung teli nganya yang berwarna putih seperti jenis tapir lain. Indera penglihatan tapir Asia agak buruk namun indera pendenga rannya dan penciuman tajam. Di Sumatra tapir umumnya disebut tenuk or seladang. marba.8 sampai 2. Pola warna ini berguna untuk kamuflase: warna yang membuat kacau membuatnya tidak nampak seperti tapir. dengan biasanya 250 sampai 320 kg (550 dan 700 pon). cipan. Tapir Asia merupakan yang terbesar saat lahir dibanding jenis -jenis tapir lainnya dan tumbuh lebih cepat dari jenis tapir lain. Tapir Asia tumbuh hingga sepanjang 1. Pola pada bayi ini berubah menjadi pola warna tapir dewasa antara empat hingga tujuh bulan setelah kelahiran. perkembangbiakan basanya .100 pon). pola yang memungkinkannya bersembunyi dengan efektif di dalam bayangan bayangan hutan. binatang lain mungkin mengiranya batu besar dan bukannya mangsa saat tapir ini berbaring atau tidur .4 mdan 8 kaki). dimana setelahnya seekor anak lahir dengan berat 6. Seperti jenis tapir lain ekornya pendek gemuk serta belalai yang panjang dan lentur. Tapir muda dari semua jenis berbulu cokelat dengan garis-garis dan bintik-bintik putih. babi alu.Di tiap kaki depanya terdapat empat kuku dan di tiap kaki belakangnya ada tiga kuku. Tapir Asia merupakan jenis yang terbesar dari keempat jenis tapir dan satu satunya yang berasal dari Asia. yaitu habitat alami jenis ini.[3] Tapir betina biasanya lebih besa r daripada tapir jantan. tinggi 90 sampai 107 cm (3 sampai 3. Tapir Asia mudah dikenali dari cirinya berupa "pelana" berwarna terang dari bahu hingga pantat. meskipun berat mereka dapat mencapai 500 kg (1.

Mereka suka tinggal di dekat air dan sering mandi dan berenang. Mei Atau Juni. bahkan tapir jarang dimangsa oleh harimau. Tapir betina biasanya melahirkan satu anak tiap dua tahun. Laos. Mereka percaya bahwa ada pasar untuk tapir kerdil sebagai binatang peliharaan di Amerika Serikat. bila merasa terancam. Indonesia. Myanmar Burma. tapir Asia dapat ditemukan diseluruh hutan hujan dataran rendah di Asia Tenggara termasuk Kamboja. Tingkah laku ini menandai mereka sebagai satwa krepusk ular. dan Vietnam. Namun populasinya menurun tahun-tahun belakangan ini. Malaysia. Tapir Asia dapat hidup hingga 30 tahun baik di alam liar maupun di kurungan. . Tapir -tapir Asia berkomunikasi satu sama lain dengan cicitan dan siulan bernada tinggi. Akan tetapi. tapir dapat lari dengan cepat meskipun bertubuh besar. Tapir aktif terutama malam hari.[6] Karena ukurannya. dan mereka juga dapat membela diri dengan rahang kuat serta gigi tajamnya. Thailand. Tapir menandai teritorinya dengan mengencingi tetumbuhan dan mereka sering mengikuti jalur lain dari yang telah mereka buat yang telah ditumbuhi tumbuhan. meski daerah ini biasanya bertumpang tindih dengan daerah kekuasaan individu lain. bergerak lambat di hutan dan berhenti untuk makan dan memperhatikan bau yang ditinggal kan tapir lain di daerah itu. ia mencari makan berupa umbi empuk dan daun-daunan dari lebih dari 115 jenis tumbuhan (ada kira-kira 30 yang terutama disukainya). Tapir Asia terutama merupakan hewan penyendiri. mereka juga sering tidur siang sebentar. Binatang ini vegetarian. Mereka juga bisa memanjat tempat yang c uram. walaupun mereka tidak benar -benar nokturnal.terjadi pada bulan April. dan seperti jenis jenis tapir lainnya juga terancam kepunahan. Ketertarikan baru-baru ini mendorong para perekayasa biologi mencoba menciptakan versi kerdil dari tapir. Dahulu. menandai jalur jalur besar di darat sebagai teritori atau daerah kekuasaannya. Mereka cenderung makan begitu matahari terbenam dan sebelum matahari terbit. tapir memiliki sedikit pemangsa alami.

sejumlah kecil tapir Asia melanistik (serba-hitam) telah diamati.Ancaman utama bagi tapir Asia adalah kegiatan manusiatermasuk penebangan hutan untuk pertanian. tapir jarang diburu untuk dimakan karena kemiripan tubuhnya dengan babi membuat daging tapir tabu. . banjir akibat dib endungnya sungai untuk membuat pembangkit listrik tenaga air. seekor tapir serba -hitam dikirim ke kebun binatang Rotterdam dan diklasifikasikan sebagai subspesies yang disebut Tapirus indicus brevetianus yang dinamai berdasarkan penemunya Kapten K. telah membatasi pemulihan atau menjaga polulasi tapir. sebagai contoh. dua ekor tapir melanistik diamati selama studi harimau di Suaka Hutan Jerangau di Malaysia. Brevet. Tahun 1942. dan perdagangan ilegal. Pada tahun 2000. Penyebab variasi ini mungkin ketidaknormalan genetis yang mirip dengan macan kumbang yang muncul pada populasi macan tutul. Di daerah seperti Sumatra. Status dilindungi di Thailand. penangkapan dan penjualan seekor tapir muda dapat bernilai US$5500. Di Thailand. namun di beberapa daerah mereka diburu untuk olahraga atau tidak sengaja tertemb ak karena dikira binatang lain. dimana populasinya kebanyakan Muslim . Malaysia dan Indonesi a. yang ditujukan pada pembunuhan tapir dengan sengaja tapi tidak ditujukan pada isu hilangnya habitat.

Elang (semua jenis dari famili Accipitridae) Jantingan gunung Burung madu Sangihe Burung udang. Rangkong. Kangkareng (semua jenis dari famili Bucerotidae) Kakatua putih besar jambul kuning Kakatua gofin Kakatua Seram Kakatua kecil jambul kuning Itik liar Junai. Raja udang (semua jenis dari famili Alcedinidae) Brencet wergan Pecuk ular Mandar Sulawesi Kuau Kuntul. Bangau putih Julang.D. Sandanglawe Burung sohabe coklat Burung matahari Pergam raja satu. BINATANG DILINDUNGI JENIS BURUNG Dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa terdapat 93 jenis Burung dilindungi undang-undang antara Lain: No. Minata Kasuari kecil Kasuari Kasuari gelambir kuning Bangau hitam. Burung mas. Enggang. Kasuari leher 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 Ciconia episcopus Colluricincla megarhyncha Crocias albonotatus Ducula whartoni . 1 2 3 4 Nama Ilmiah Nama Indonesia Accipitridae Aethopyga exima Aethopyga duyvenbodei Alcedinidae Alcippe pyrrhoptera Anhinga melanogaster Aramidopsis plateni Argusianus argus Bubulcus ibis Bucerotidae Cacatua galerita Cacatua goffini Cacatua moluccensis Cacatua sulphurea Cairina scutulata Caloenas nicobarica Casuarius bennetti Casuarius casuarius Casuarius unappenddiculatus Burung alap-alap.

Bebek laut Seriwang Sangihe Burung alap-alap. Mambruk (semua jenis dari genus Goura) Beo Flores Beo Nias Beo Sumbawa Jenjang (semua jenis dari genus Grus) Trulek lidi. Gracula religiosa mertensi Gracula religiosa robusta Gracula religiosa venerata Grus spp. Elanus caerulleus Elanus hypoleucus Eos histrio Esacus magnirostris Eutrichomyias rowleyi Falconidae Fregeta andrewsi Garrulax rufifrons Goura spp. Himantopus himantopus Ibis cinereus Ibis leucocephala Lorius roratus Leptoptilos javanicus Leucopsar rothschildi Limnodromus semipalmatus Lophozosterops javanica Lophura bulweri Loriculus catamene Loriculus exilis Lorius domicellus Macrocephalon maleo Megalaima armillaris Kuntul karang Kuntul. Alap-alap tikus Alap-alap putih. Burung titi. Bintayung Burung kuda Burung dara mahkota. Bangau putih (semua jenis dari genus Egretta) Alap-alap putih. Lilimo Bluwok. Walangkadak Bluwok berwarna Bayan Marabu.24 25 Egretta sacra Egretta spp. Elang (semua jenis dari famili Falconidae) Burung gunting. Uar. Alap-alap tikus Nuri Sangir Wili-wili. Bangau tongtong Jalak Bali Blekek Asia Burung kacamata leher abu-abu Beleang ekor putih Serindit Sangihe Serindit Sulawesi Nori merah kepala hitam Burung maleo Cangcarang 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 .

Bluwok Burung madu. Roko-roko Merak kerdil Kakatua raja. Bultok Jawa Maleo. Jantingan. Glatik gunung Ibis hitam punggung putih Kasturi raja. Ketuk-ketuk Tulung tumpuk. Nycticorax caledonicus Otus migicus beccarii Pandionidae Paradiseidae Pavo muticus Pelecanidae 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 Pittidae Plegadis falcinellus Polyplectron malacense Probosciger aterrimus Psaltria exilis Pseudibis davisoni Psittrichas fulgidus Ptilonorhynchidae Rhipidura euryura Rhipidura javanica . Betet besar Burung namdur. Burung cacing (semua jenis dari famili Pittidae) Ibis hitam.53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 Megalaima corvina Megalaima javensis Megapoddidae Megapodius reintwardtii Meliphagidae Musciscapa ruecki Mycteria cinerea Nectariniidae Haruku. Elang (semua jenis dari famili Pandionidae) Burung cendrawasih (semua jenis dari famili Paradiseidae) Burung merak Gangsa laut (semua jenis dari famili Pelecanidae) Burung paok. Burung gosong (semua jenis dari famili Megapododae) Burung gosong Burung sesap. Kakatua hitam Glatik kecil. Kipas gunung Burung kipas (semua jenis dari genus Numenius spp. Klaces (semua jenis dari famili Nectariniidae) Gagajahan Numenius) Kowak merah Burung hantu Biak Burung alap-alap. Burung dewata Burung kipas perut putih. Pengisap madu (semua jenis dari famili Meliphagidae) Burung kipas biru Bangau putih susu.

Di seluruh dunia. Burung luntur Trulek ekor putih 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 Hampir 100 jenis burung berada dalam perlindungan undang -undang. jenis-jenis burung dilindungi tidka boleh kita pelihara. Supaya lebih mengenal burung -burung dilindungi. Suruku. Raja udang ( Alcedinidae) Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Aves Ordo : Coraciiformes Upaordo : Alcedines Famili : Alcedinidae Halcyonidae Cerylidae akan Raja-udang adalah nama umum bagi sejenis burung pemakan ikan dari suku Alcedinidae. Seperti kita ketahui.78 79 80 81 82 Rhipidura phoenicura Satchyris grammiceps Spizaetus bartelsi Sterna zimmermanni Sternidae Sturnus melanopterus Sula abbotti Sula dactylatra Sula leucogaster Sula sula Tanygnathus sumatranus Threskiornis aethiopicus Trichoglossus ornatus Tringa guttifer Trogonidae Vanellus macropterus Burung kipas ekor merah Burung tepus dada putih Elang jawa Dara laut berjambul Burung dara laut (semua jenis dari famili Sternidae) Jalak putih. perjualbelikan. 1. terdapat kurang lebih 90 . Platuk besi Kasturi Sulawesi Trinil tutul Kasumba. berikut dipaparkan beberapa jenis burung dilindungi sebagai berikut. Untuk itu kita harus hati-hati dalam memperlakukan jenis-jenis burung di atas. apalagi dianiaya atau diburu untuk kepentingan apapun. Kaleng putih Gangsa batu aboti Gangsa batu muka biru Gangsa batu Gangsa batu kaki merah Nuri Sulawesi Ibis putih.

begitu juga lehernya. burung ini dapat tiba -tiba menukik dan menyelam ke air untuk memburu mangsanya. kerap terlihat terbang cepat dekat permukaan air d alam lintasan lurus. Beberapa jenis yang lebih besar kerap mengeluarkan suara yang keras dan kasar seperti pekikan. Bertengger diam-diam di ranting kering atau di bawah lindungan dedaunan dekat air. Raja-udang dikaruniai kemampuan untuk mengira-ngira posisi tepat mangsanya di dalam air. hidup terbatas di bagian timur Indonesia: Nusa Tenggara. 1992). baik kolam. memiliki paruh yang besar pula. Tiga jari yang menghadap ke muka. Mangsa dibunuh dengan memukul-mukulkannya ke batang pohon atau ke batu. Telur antara 2-5 butir. batang pohon atau sarang rayap. Di Indonesia terdapat sekitar 45 spesies raja-udang. Asia dan Australasia. Banyak dari para anggotanya yang memiliki warna cerah. panjang dan runcing. kodok dan serangga. yakni separuh dari kekayaan jenis dunia. tebing sungai. kodok dan serangga yang nampak di atas tanah atau di semak-semak. Beberapa spesies. Kaki pendek. di antaranya: * Raja-udang Sungai (Alcedo atthis) * Raja-udang Punggung-merah (Ceyx rufidorsa) * Pekaka Emas (Pelargopsis capensis) * Cekakak Batu (Lacedo pulchella) * Cekakak Belukar (Halcyon smyrnensis) * Cekakak Jawa (Halcyon cyanoventris) * Cekakak Sungai (Todirhamphus chloris) . Lebih dari setengahnya. danau. nampak kurang seimbang dengan ukuran tubuhnya yang relatif kecil. Beberapa jenis yang umum didapati di Indonesia. Pola warna sangat beragam.spesies burung raja-udang. saling melekat sebagian di pangkalnya. Semua anggotanya berkepala besar. Raja-udang perairan memburu ikan. Raja-udang hutan kerap berdiam di kegelapan ranting pohon di bawah tajuk. misalnya dari marga Alcedo. Raja-udang merupakan burung yang berukuran kecil hingga sedang. Sebagian jenis raja-udang hidup tak jauh dari air. biasanya keputih-putihan dan hampir bundar. terutama biru berkilau dan coklat kemerahan. maupun sungai. sambil mengeluarkan suara berderik nyaring. baru dimakan. di samping warna putih. Pusat keragamannya adalah di daerah tropis di Afrika. melalui bentuk lensa matanya yang mirip telur. Maluku dan Papua (Andrew. 26 spesies. Sebagian jenis lagi hidup di pedalaman hutan. Bersarang dalam lubang di tanah. Ia memburu aneka reptil.

Merangin. mengetahui kapan gempa terjadi.* Cekakak Suci (Todirhamphus sanctus) * Cekakak-pita Biasa (Tanysiptera galatea) 2. Kalau di daerah jambi biasa di jumpai di daerah bagian barat yaitu Kabaupaten Kerinci. namun 'burung Kuau' diyakini memiliki insting. Burung ini mempunyai suara tanda bahaya yang cirinya pendek. Keduanya berasal dari Kepulauan Nusantara. Namun burung tersebuat bukan berada di jambi saja melainkin di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. tajam dan merupakan alunan yang parau. Burung Kuau ~ Adalah salah satu burung Langka di Propinsi Jambi. Burung ini hidup dari biji -bijian dan binatang kecil di tanah. Suara burung ini sangat lantang sehingga dapat terdengar dari kejauhan lebih dari satu mil. yang juga menggunakan prilaku binatang. Koordinator Pusat Pengendalian Operas i Bencana Sumbar Ade Edwar mengatakan. meskipun belum ada penelitian tentang hewan yang mampu mendeteksi gempa.300 meter dpl. Suara yang jantan dapat dibedakan karena mempunyai interval pengulangan yang pendek. deskripsinya didasarkan pada sejumlah bulu yang dikirim ke London dan dipertelakan pada tahun 1871. Selain untuk Argusianus. . misalnya serangga dan cacing. Burung yang sangat indah dan mempesona. Kuau (Argusianus argus) Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Aves Ordo : Galliformes Famili : Phasianidae Genus : Argusianus Kuau adalah unggas yang tergabung dalam marga Argusianus. nama kuau juga diberikan pada kuau kerdil Malaya (Polyplectron malacense). dan Sarolangun. Terdapat dua jenis kuau: kuau raja (Argusianus argus) dan kuau bergaris ganda (Argusianus bipunctatus) . Seorang peneliti di Sumatera Barat berhasil membuat terobosan baru dalam mendeteksi gejala awal gempa bumi. Kuau bergaris ganda tidak pernah ditemukan di alam. yakni melalui 'burung kuau' yang hidup di hutan-hutan belantara. umumnya dijumpai di hutan primer kering. IUCN memasukkannya dalam status punah. Mereka jarang dijumpai di hutan sekunder dan bekas tebangan sampai ketinggian 1. Sedangkan yang betina suaranya mempunyai pengulangan deng an interval semakin cepat dan yang terakhir suaranya panjang sekali.

kemudian burung jantan memberi makan burung betinanya melalui sebuah lubang kecil selama masa inkubasi. sedangkan warna paruhnya merupakan perpaduan warna kuning. enggang betina bertelur sampai ena m biji telur putih terkurung di dalam kurungan sarang. Ada sekitar 8 jenis burung enggang dengan warna tubuh perpaduan antara hitam dan putih. Sembilan spesies daripadanya berasal endemik di bagian selatan Afrika. Enggang (Allo.Burung yang tergabung dalam jenis Argusianus dikabarkan mampu menditeksi gempa besar akan terjadi satu hingga dua hari sebelum terjadi gempa. tikus. Enggang/rangkong ( Bucerotidae) Kerajaan :Animalia Filum Kelas Ordo Famili Genus : Chordata : Aves : Coraciiformes : Bucerotidae : Buceros Spesies : B. Ruai/Arue sebutan bagi orang dayak) adalah jenis burung yang ada di pulau Borneo.Pada awal masa bertelur burung jantan membuat lubang yang terletak tinggi pada batang pohon untuk tempa t bersarang dan bertelurnya burung betina. Makanannya terutama buah buahan juga kadal. jingga dan merah. rhinoceros Burung Enggang atau Burung Rangkong (bahasa Inggris: Hornbill) adalah sejenis burung yang mempunyai paruh berbentuk tanduk sapi tetapi tanpa lingkaran. 3. Biasanya paruhnya itu berwarna terang. Ketika waktunya mengeram. Hanya terdapat satu bukaan kecil yang . Burung enggang mempunyai kebiasaan hidup berpasang -pasangan dan cara bertelurnya merupakan suatu daya tarik tersendiri. dan berlanjut sampai anak mereka tumbuh menjadi burung muda. yaitu sekitar 100 cm. Nama ilmiahnya ³Buceros´ merujuk pada bentuk paruh. dibuat antara lain dari kotoran dan kulit buah. Burung yang makanannya buah ara ini mempunyai tingkah laku bersarang yang khusus. Burung enggang memiliki ukuran tubuh cukup besar. Burung Enggang tergolong dalam kelompok Bucerotid ae yang termasuk 57 spesies. kelelawar. Ciri khas dari burung ini adalah adanya cula paruh (casque) yang tumbuh di atas paruhnya. ular dan berbagai jenis serangga. dan memiliki arti ³tanduk sapi´ dalam Bahasa Yunani.

burung enggang sakti dipakai sebagai lamba ng daerah atau simbol organisasi seperti di lambang negeri Sarawak. Kasuari tidak dibiarkan berkeliaran bebas. Burung enggang diwujudkan dalam bentuk ukiran pada Budaya Dayak. Bahkan konon. dan kedua burung dewasa akan mencari makanan bagi anak-anak burung. sedangkan dalam budaya Banjar. burung betina akan memecahkan sarang untuk keluar dan membangun lagi dinding tersebut. Ketiga spesies Kasuari yaitu Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus). dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti). anak-anak burung itu sendiri membangun kembali dinding yang pecah itu tanpa bantuan burung dewasa. Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius). Kare nanya di kebun binatangpun.cukup untuk burung jantan mengulurkan makanan kepada anak burung dan burung enggang betina. The Guinnes Book of Records memasukkan burung Kasuari sebagai burung paling berbahaya di dunia. burung enggang (tingan) merupakan simbol ³Alam Atas´ yaitu alam kedewataan yang bersifat ³maskulin´. Apabila anak burung dan burung betina tidak lagi muat dalam sarang. lambang provinsi Kalimantan Tengah. Burung bergrnus Casuarius ini sangat galak dan pemarah dan tidak segan -segan mengejar µkorban¶ atau para pengganggunya. Meski untuk rekor ini saya belum dapat melakukan verifikasi ke situs The Guinness Book of Records. Namun dibalik keindahan burung Kasuari mempunyai sifat yang agresif dan cenderung galak jika diganggu. Dalam budaya Kalimantan. Kasuari yang merupakan binatang yang dilindungi di Indonesia dan juga menjadi fauna identitas provinsi Papua Barat terdiri atas tiga jenis (spesies). burung enggang diukir dalam bentuk tersamar (didistilir) karena Budaya Banjar tumbuh di bawah pengaruh agama Islam yang melarang adanya ukiran makhluk bernyawa. Burung Kasuari merupakan buru ng besar yang indah menawan. Di Pulau Kalimantan. Kasuari ( Casuarius casuarius) Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Aves Ordo : Struthioniformes Famili : Casuariidae Genus : Casuarius Kasuari merupakan sebangsa burung yang mempunyai ukuran tubuh sangat besar dan tidak mampu terbang. simbol Universitas Lambung Mangkurat dan sebagainya. Dalam sebagian spesies. 4. .

Pada Kasuari Gelambir Ganda terdapat dua buah gelambir berwarna merah pada lehernya dengan kulit leher berwarna biru. dan biasanya berukuran lebih besar dan lebih dominan. kecuali Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti) yang ukuran tubuhnya lebih kecil. Burung Kasuari mempunyai ukuran tubuh yang berukuran sangat besar. hanya dengan sekali tendangan. Kaki burung Kasuari mampu menendang dan merobohkan musuh -musuhnya. Burung betina serupa dengan burung jantan. Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) disebut (Southern Cassowary).. Se dangkan pada Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus). Kaki burung Kasuari sangat panjang dan kuat. dan memiliki bulu berwarna hitam yang keras dan kaku. Burung Kasuari biasa hidup sendiri. Kaki ini menjadi senjata utama burung langka dan dilindungi ini. Burung Kasuari yang termasuk satwa yang dilindungi dari keounahan ini memakan buah -buahan yang jatuh dari pohonnya. Ciri-ciri dan Tingkah Laku. Dalam bahasa Inggris.Kasuari Gelambir Ganda Kasuari merupakan burung endemik yang hanya hidup di pulau Papua dan sekitarnya. Anak burung dierami oleh Kasuari jantan. Kasuari Kerdil Meskipun Kasuari memiliki tubuh yang besar. dan berpasangan hanya pada saat musim kawin saja. . namun ternyata tidak banyak yang diketahui tentang burung endemik papua ini. Burung Kasuari tidak dapat terbang. Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus) disebut (Northern Cassowary) dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti) disebut sebagai (Dwarf Cassowary). sesuai namanya hanya mempunyai satu gelambir. Burung kasuari dewasa mempunyai tinggi mencapai 170 cm. termasuk manusia. Apalagi untuk spesies Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus) dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti). Mungkin karena tendangan dan agresifitasnya ini tidak berlebihan jika kemudian The Guinness Book of Records menganugerahinya sebagai burung paling berbahaya di dunia. Kasuari Gelambir Tunggal Di atas kepalanya Kasuari memiliki tanduk yang tinggi berwarna kecokelatan. kecuali Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) yang dapat juga ditemukan di benua Australia bagian timur laut.

satwa yang masuk kategori ³kritis´ (Critically Endangered) dalam Redlist IUCN dan nyaris punah di habitat aslinya ini din obatkan sebagai fauna identitas (maskot) provinsi Bali. Burung Jalak Bali ini mudah dikenali dengan ciri -ciri khusus. Burung Kasuari mempunyai habitat di daerah hutan dataran rendah termasuk di daerah rawa-rawa. Populasi burung Kasuari tidak diketahui dengan pasti namun diyakini dari hari ke hari semakin mengalami penurunan. Sejak tahun 1991. Indonesia) dan Australian bagian timur laut. Sedang Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti) diberikan status konservasi Near Threatened (Hampir Terancam). Burun g ini juga merupakan satu-satunya satwa endemik Pulau Bali yang masih tersisa setelah Harimau Bali dinyatakan punah. Jalak Bali memiliki . Jalak bali ( Leucopsar rothschildi) Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Aves Ordo : Passeriformes Famili : Sturnidae Genus : Leucopsar Spesies : L. bulu ataupun telurnya. Baron Stressmann seorang ahli burung berkebangsaan Inggeris pada tanggal 24 Maret 1911. Ancaman kepunahan burung Kasuari lebih karena perburuan baik untuk mendpatkan daging. Karena itu IUCN Redlist memasukkan burung Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) dan Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus) dalam status konservasi Vulnerable (Rentan) sejak tahun 1994. Jalak Bali ditemukan pertama kali oleh Dr. sedangkan Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) selain di pulau Papua juga terdapat di pulau Seram (Maluku. Burung Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus) dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti) merupakan satwa endemik pulau P apua (Indonesia dan Papua New Guinea). di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. rothschildi Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) atau disebut juga Curik Bali adalah sejenis burung sedang dengan panjang lebih kurang 25 cm. Nama ilmiah Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) dinamakan sesuai dengan nama Walter Rothschild pakar hewan berkebangsaan Inggris yang pertama kali mendiskripsikan spesies pada tahun 1912. 5.Habitat dan Penyebaran. Burung pengicau berwarna putih ini merupakan satwa endemik Indonesia yang hanya bisa ditemukan di Pulau Bali bagian barat. Populasi dan Konservasi.

Jalak Bali memperoleh perhatian cukup serius dari pemerintah Republik Indonesia. Sedang IUCN (International Union for Conservation of Natur and Natural Resources) memasukkan Jalak Bali dalam kategori ³kritis´ (Critically Endangered) yang merupakan status konservasi yang diberikan terhadap spesies yang memiliki risiko besar akan menjadi punah di alam liar atau akan sepenuhnya punah dalam waktu dekat. mungkinkah beberapa tahun ke depan kita hanya akan menemui Jalak Bali. Diperkirakan jumlah spesies ini yang masih mampu bertahan di alam bebas hanya sekitar belasan ekor saja. Kepunahan Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) di habitat aslinya disebabkan oleh deforestasi (penggundulan hutan) dan perdagangan liar. sebanyak 39 ekor Jalak Ba li yang berada di pusat penangkaran di Taman Nasional Bali Barat. di balik sangkar -sangkar kebun binatang. yaitu kelompok yang terancam kepunahan dan dilarang untuk diperdagangkan. yaitu dengan ditetapkannya makhluk tersebut sebagai satwa liar yang dilindungi oleh undang -undang. Bahkan pada tahun 1999. Jalak Bali 1Dalam konvensi perdagangan internasional bagi jasad liar CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) Jalak Bali terdaftar pada Apendix I. berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabu-abuan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Jalak Bali merupakan satwa yang dilarang diperdagangkan kecuali hasil penangkaran dari generasi ketiga (indukan bukan dari alam). 6. Antara burung jantan dan betina serupa. Selain itu sebagian besar kebun binatang di seluruh dunia juga menjalankan program penangkaran Jalak Bali.pipi yang tidak ditumbuhi bulu. Perlindungan hukum untuk menyelamatkan satwa tersebut ditetapkan berdasarkan surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 421/Kpts/Um/8/1970 tanggal 26 Agustus 1970. Tetapi tetap muncul sebuah tanya di hati saya. Karena itu. Suatu hal yang ironis. Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) merupakan satwa yang secara hidupan liar (di habitat aslinya) populasinya amat langka dan terancam kepunahan. telah didirikan pusat penangkaran yang salah satunya berada di Buleleng. melihat sebuah maskot yang harus dikurung dalam kerangkeng besi. Padahal penangkaran ini bertujuan untuk melepasliarkan satwa yang terancam kepunahan ini ke alam bebas. Bali sejak 1995. di rampok. Sang Maskot Bali. Maleo (Macrocephalon maleo) Kerajaan : Hewan Filum : Chordata . Untuk menghindari kepunahan.

hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung didalam telur maleo lima kali lipat dari telur biasa. anak Maleo menggali jalan keluar dari dalam tanah dan bersembunyi ke dalam hutan. saat baru menetas anak bur ung maleo sudah bisa terbang. daerah sekitar pantai gunung berapi dan daerah -daerah yang hangat dari panas bumi untuk menetaskan telurnya yang berukuran besar. Ukuran telur burung maleo beratnya 240 gram hingga 270 gram per butirnya. kemampuan sayap pada anak maleo sudah seperti unggas dewasa. iris mata merah kecoklatan. Jantan dan betina serupa. Tidak semua tempat di Sulawesi bisa ditemukan maleo. yang dalam nama ilmiahnya Macrocephalon maleo adalah sejenis burung gosong berukuran sedang. kulit sekita r mata berwarna kuning.Kelas : Burung Ordo : Galliformes Famili : Megapodiidae Genus : Macrocephalon Spesies : M. Maleo bersarang di daerah pasir yang terbuka. Berdasarkan pantauan di Tanjung Matop. ukuran rata -rata 11 cm. Diperkirakan jumlahnya kurang dari 10. Di atas kepalanya terdapat tanduk atau jambul keras berwarna hitam.Tolitoli. Sejauh ini. jumlah populasi dari maleo terus berkurang dari tahun ke tahun karena dikonsumsi dan juga telur -telur yang terus diburu oleh warga. anak maleo harus mencari makan sendiri . Biasanya betina berukuran lebih kecil dan berwarna lebih kelam dibanding burung jantan . yakni di daearah Kabupaten Donggala (Desa Pakuli dan sekitarnya) dan Kabupaten Luwuk Bangg ai. Berbeda dengan anak unggas pada umumnya yang pada sayapnya masih berupa bulu-bulu halus. dengan panjang sekitar 55cm. dan perbandingannya sekitar 5 hingga 8 kali lipat dari ukuran telur ayam. Populasi maleo di Sulawesi mengalami penurunan sebesar 90% semenjak tahun 1950 an. ladang peneluran hanya ditemukan di daerah yang memliki sejarah geologi yang berhubungan dengan lemp eng pasifik atau Australasia. maleo Maleo Senkawor atau Maleo. Setelah menetas.Namun saat ini mulai terancam punah karena habitat yang semakin sempit dan telur telurnya yang diambil oleh manusia. dan merupakan satu -satunya burung di dalam genus tunggal Macrocephalon.000 ekor saat ini. Yang unik dari maleo adalah. paruh jingga dan bulu sisi bawah berwarna merah-muda keputihan. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam. sehingga ia bisa terbang. Populasi hewan endemik Indonesia ini hanya ditemukan di hutan tropis dataran rendah pulau Sulawesi khususnya daerah Sulawesi Tengah. kaki abu -abu. mencapai lima kali lebih besar dari telur ayam.Sulawesi Tengah.

Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan yang terus berlanjut. Maleo Senkawor adalah monogami spesies. Mereka ditemukan di Indonesia timur. . terutama bulu yang sangat memanjang dan rumit yang tumbuh dari paruh. dan hijau. Dengan warna -warna yang demikian mereka menjadi burung paling indah dan menarik di dunia. Burung-burung cendrawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Pakan burung ini terdiri dari aneka biji-bijian. kucing. tingkat kematian anak burung yang tinggi. buah. 7. bulu berwarna kuning. kadal.dan menghindari hewan pemangsa. Predator yang sering ditemukan pada malam hari adalah ular. populasi yang terus menyusut serta daerah dimana burung ini ditemukan sangat terbatas. Ada sekitar 13 Genus dari burung-burung ini dan yang paling terkenal adalah anggota genus Paradisaea. dan Australia timur. soa soa atau biasa disebut biawak. anjing. babi hutan dan burung elang. Burung anggota keluarga ini dikenal karena bulu burung jantan pada banyak jenisnya. seperti ular. dan tikus. biru. Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendice I. Pada siang hari predatornya adalah elang dan manusia yang sering mengambil telurnya dan menggunakan jerat untuk menangkap satwa maleo. kumbang sert a berbagai jenis hewan kecil. sehingga disebut sebagai burung dari surga. kucing. Cendrawasih (Paradiseidae) Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Aves Ordo : Passeriformes Famili : Paradisaeidae Ada lebih dari tiga lusin spesies dalam keluarga Paradisaeidae. merah. sayap atau kepalanya. Maleo Senkawor dievaluasikan sebagai terancam punah di dalam IUCN Red List. pulau-pulau selat Torres. Ukuran burung cendrawasih mulai dari Cendrawasih Raja pada 50 gram dan 15 cm hingga Cendrawasih Paruh -sabit Hitam pada 110 cm dan Cendrawasih Manukod Jambul -bergulung pada 430 gram. babi. atau lebih dikenal dengan bird of paradise. semut. Di Indonesia kita menyebutnya dengan burung cendrawasih. Papua Nugini. Bercirikan dengan warna yang mencolok dan cerah.

mungkin hampir selalu satu telur. termasuk spesies tipenya. Hal ini tidak diketahui oleh para penjelajah dan menimbulkan kepercayaan bahwa burung ini tidak pernah mendarat namun tetap berada di udara karena bulu -bulunya.Burung cendrawasih yang paling terkenal adalah anggota genus Paradisaea. Jenis ini dideskripsikan dari spesimen yang dibawa ke Eropa dari ekpedisi dagang. berwarna merah-coklat dengan mahkota kuning dan punggung atas kuning kecoklatan. Sayangnya keberadaan burung ini semakin berkurang seiring dengan banyaknya perburuan liar yang tidak bertanggung ja wab. Sementara jenis lain seperti jenis -jenis Cicinnurus dan Parotia memiliki tari perkawinan yang beraturan. Burung jantan memiliki tenggorokan berwarna zamrud -hijau tua. Burung ini juga yang paling dikenal sebagai . Burung betina berukuran lebih kecil dari burung ja ntan. Jumlah telurnya agak kurang pasti. Spesimen ini disiapkan oleh pedagang pribumi dengan membuang sayap dan kakinya agar dapat dijadikan hiasan. Lesser bird of paradise (Paradisaea minor) The Lesser bird of paradise dikenal dengan nama Cendrawasih kuning kecil. Paradisaea apoda. memiliki kepala berwarna coklat tua. Pada jenis besar. Burung ini berukuran sedang dengan panjang sekitar 32 cm. cendrawasih kuning besar.yang berarti 'tak berkaki'. dengan sistem kawin jenis-jenis Paradisaea adalah burung-burung jantan berkumpul untuk bersaing memperlihatkan keelokannya pada burung betina agar dapat kawin. termasuk juga Australia Timur. Banyak burung hibrida yang dideskripsikan sebagai jenis baru. sepasang ekor panjang dan dihiasi dengan bulu hiasan sayap yang berwarna kuning di daerah pangkal berwarna putih di daerah luarnya. dada berwarna putih dan tanpa dihiasi bulu-bulu hiasan. dan beberapa spesies diragukan kevalidannya. Jenis kecil dapat menghasilkan sebanyak 23 telur Burung cendrawasih banyak ditemukan di Papua atau Papua Nugini dan pulau-pulau sekitarnya. Inilah asal mula nama bird of paradise ('burung surga' oleh orang Inggris) dan nama jenis apoda . Daerah penyabaranya meliputi seluruh hutan bagian utara Papua Nugini. dan pulau -pulau di dekat Misool dan Yapen. y Raggiana bird of paradise (Paradisaea Raggi ana) The Raggiana bird of paradise dikenal juga dengan nama Count Raggi¶s bird of paradise. Burung jantan pada jenis yang dimorfik seksual bersifat poligami. Banyak jenis mempunyai ritual kawin yang rumit.

Panjang burung dewasa mencapai 32 cm dengan ekor burung jantan yang bisa mencapai 1 meter. dengan muka berwarna coklat dan tidak punya bulu -bulu hiasan. panjangnya mencapai lebih dari tiga kali panjang tubuhnya. Burung jantan dapat mengembangkan sayapnya dan memamerkannya seraya bergerak ke kanan dan ke kiri di hadapan burung betina untuk memikat mereka. maka anda akan melihat burung ini. y Riflebird Paradise (Ptiloris paradiseus) Kalau anda pernah melihat film Planet Earth. Burung ini memiliki panjang sekitar 30 cm dengan burung jantan berwarna hitam dengan warna -warni mahkota biru kehijauan. berwarna merah -coklat keabuabuan. Daerah penyebarannya meliputi pegunungan tenggara Papua Nugini. Burung ini berukuran sekitar 30 cm. iris coklat gelap dan mulut kuning. Burung jantan memilki ekor panjang berbentuk pita berwarna putih. Astrapia Ribbon-tailed (Astrapia mayeri) Ini adalah salah satu burung cendrawasih yang paling spektakuler. Memiliki panjang 34 cm panjang. Sehingga disebut juga dengan Cendrawasih Biru. Namanya Astrapia Ribbon-tailed dan memiliki bulu ekor terpanjang dalam kaitannya dengan ukuran tubuh. iris kuning dan kaki berwarna cokelat keabu -abuan. Blue Bird of Paradise adalah burung endemik Papua Nugini. y Red bird of paradise (Pa radisaea rubra) . y Blue bird of paradise (Paradisaea rudolphi) Namanya mengingatkan nama salah satu angkutan Taksi di Indonesia. Burung jantan dihiasi dengan bulu sayap dengan dominasi warna ungu biru . Burung betina jenis ini berwarna coklat zaitun. Riflebird juga tersebar di hutan hujan di New South Wales dan pusat Queensland. Habitat burung ini terdistribusi secara luas di Pulau Irian selatan dan timur laut. Warna bulu sayap bervariasi dari merah ke jingga tergantung subspesies. Burung jantan memiliki warna hitam dan hijau zaitun sedangkan burung betina berwana coklat. kaki abu-abu. Daerah penyebarannya ada di bagian tengah Pulau Irian. tenggorokan zamrud -hijau tua dan kerah kuning di antara tenggorokan. kaki hitam. Burung jantan memiliki mahkota kuning. Merupakan endemik di Australia timur. iris warna coklat gelap. berwarna hitam. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan.burung Cendrawasih.

Burung jantan dewasa bisa mencapai 72cm termasuk bulu -bulu hiasannya yang berwarna merah darah dengan ujung berwarna putih pada bag ian sisi perutnya. Daerah penyebarannya meliputi hutan pegunungan di tenggara dan timur Papua Nugini. panjang sekitar 33cm berwarna kuning dan coklat. Dihiasi dengan tiga kawat hias kepala dari belakang setiap mata dan memanjang mengapit bulu yang berwarna hitam. Betina berukuran lebih kecil dari burung jantan dan tanpa dihiasi mantel atau bulu kawat hiasan. Burung jantan memiliki warna hitam dengan kening putih. provinsi Irian Jaya Barat. Bulu mantel dan punggung tumbuh memanjang berbentuk tudung berwarna hitam. y Wilson¶s Bird of Paradise (Cicinnurus respublica) Wilson¶s Bird of Paradise berukuran lumayan kecil sampai dengan 21 cm. Bulu muka berwarna hijau zamrud gelap dan diekornya terdapat dua buah tali yang panjang berbentuk pilin ganda berwarna hitam. y King of Saxony bird of paradise (Pteridophora alberti) King of Saxonyi adalah sejenis burung pengicau be rukuran kecil. y Lawes¶s Parotia (Parotia Lawesii) Parotia lawesii berukuran sedang sampai dengan 27 cm). Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. serta berparuh kuning. Burung betina berwarna abu -abu kecoklatan dengan garis-garis dan bintik gelap. Daerah penyebarannya ada di hutan pegunungan pulau Ir ian. dengan muka berwarna coklat tua dan tidak punya bulu -bulu hiasan. Oleh karenanya burung ini dimakan Cendrawasih Panji. Burung betina berwarna coklat dengan kepala burung gelap. Merupakan endemik dari Indonesia. kaki berwarna abu abu kecoklatan dan paruh berwarna hitam dengan bagian dalam mulut berwarna hijau laut. dikepalanya terdapat dua helai bulu kawat bersisik biru-langit mengilap seperti panji yang panjangnya mencapai 40cm dan dapat ditegakkan pada wak tu memikat betina. Burung jantan dewasa mempunyai bulu berwarna hitam dan kuning tua.Kita menamakannya Cendrawasih Merah. Burun jantan adalah berwarna merah dan hitam dengan . Cendrawasih Merah hanya ditemukan di hutan dataran rendah pada pulau Waigeo dan Batanta di kabupaten Raja Ampat. Iris mata berwarna coklat tua. warnawarni tengkuk biru ungu dan emas bulu dada hijau. dengan panjang sekitar 22cm. iris kuning dan gelap.

Kakatua Raja adalah satu -satunya burung di marga tunggal Probosciger. Walaupun spesies ini terancam oleh hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk perdagangan. Kakatua Raja masih sering ditemukan di habitatnya. mulut hijau muda. Daerah sebaran burung in i adalah di pulau Irian dan Australia bagian utara. Burung ini memiliki k ulit pipi berwarna merah dan paruh besar berwarna kehitaman. Kakatua raja ( Probosciger aterrimus) Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Aves Ordo : Psittaciformes Famili : Cacatuidae Genus : Probosciger Spesies : P. Burung betinanya berwarna coklat gelap dengan kepala hitam kebiruan. Kakatua Raja dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List. kaki biru dan dua bulu ekor berwarna ungu yang melengkung. . y Princess Stephanie¶s Astrapia (Astrapia stephaniae) Stephanie Astrapia berukuran sekitar 37 cm.jubah kuning di leher. aterrimus Kakatua Raja atau dalam nama ilmiahnya Probosciger aterrimus adalah sejenis burung Kakatua berwarna hitam dan berukuran besar. burung ini berwarna hitam dengan warna-warni kepala biru-hijau dan ungu. Semetara itu betina berwarna kecoklatan dengan mahkota biru. disamping itu memiliki bulu ekor panjang hitam keungunan. Pakan burung Kakatua Raja terdiri dari biji bijian. Burung betina serupa dengan burung jantan. dengan panjang sekitar 60cm. dengan daerah penyebaran di bukit dan hutan hujan dataran rendah K epulauan Waigeo dan Batanta dari Papua Barat. Kakatua Raja atau dalam nama ilmiahnya Probosciger aterrimus adalah sejenis burung Kakatua berwarna hitam dan berukuran besar. Dan ini berguna untuk menahan dan membuka biji-bijian untuk dikonsumsi. Habitat aslinya ada di pegunungan di pusat dan timur Papua Nugini 8. Paruh burung Kakatua Raja tidak dapat tertutup rapat. Merupakan endemik Indonesia. Di kepalanya terdapat jambul besar yang dapat ditegakkan. Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix I. dikarenakan ukuran paruh bagian atas dan bagian bawah yang berbeda.

daerah kepala burung dan P. Pipi mereka berubah warna kul it berdasarkan tingkat kesehatan atau stres sehingga ketika stres berat kulit akan berubah warna ke merah muda / krem. tinggi mulai 49-68 cm. Paruh burung Kakatua Raja tidak dapat tertutup rapat. tetapi lebar bulu jambulnya lebih sempit. . Penyebarannya meliputi daerah sekitar Irian Jaya bagian barat. Pakan burung Kakatua Ra ja terdiri dari biji-bijian. Paruh bawah mereka dirancang keras untuk menghancurkan kacang dan lebih besar pada Jantan daripada betina.100 g. Kakatua Raja masih sering ditemukan di habitatnya. Kakatua Raja adalah burung terbesar dari semua burung kakatua. Di kepalanya terdapat jambul besar yang dapat ditegakkan. Burung betina serupa dengan burung jantan. Yapen. Waigeo. Penyebarannya meliputi daerah Irian Jaya bagian selatan.1 cm. Dan ini berguna untuk menahan dan membuka biji-bijian untuk dikonsumsi. Kakatua raja hampir semua tubuhnya berwarna hitam. Kakatua Raja adalah satu -satunya burung di marga tunggal Probosciger. Jenis ini mempunyai 3 anak jenis yaitu: ‡ Probosciger aterrimus goliath : Ukuran tubuhnya paling besar diantara ke-3 anak jenis yaitu berkisar 60 ± 70 cm. ‡ Probosciger aterrimus aterrimus : Ukuran tubuhnya berkisar antara 55 ± 60 cm. Paruh mereka tidak bisa berdekatan sama sekali. Aru sampai Australia bagian utara. Berat mereka 500-1. dan panjang kaki rata-rata 3. Bagian mulutnya yang terbuka memudahkannya untuk menahan kacang atau biji-bijian di dalam mulut mereka dan memecahkannya pada waktu yang sama. panjang ekor 23. dikarenakan ukuran paruh bagian atas dan bagian bawah yang berbeda.100 g. panjang paruh 9. Penyebarannya meliputi sekitar Irian Jaya bagian utara dan P. sementara ketika sangat bersemangat/gembira perubahan kulit menjadi kuning. Kaki mereka berwarna abu-abu / hitam dengan sedikit bulu -bulu di paha mereka dan pada wajah mereka terdapat karakteristik yang paling istimewa yaitu terdapat warna merah di pipinya. Walaupun spesies ini terancam oleh hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk perdagangan.dengan panjang sekitar 60cm. Panjang sayap sekitar 35.5 cm. dengan betina berkisar 500-950 g jantan berkisar 5 40-1. P. Burung ini memiliki kulit pipi berwarna merah dan paruh besar berwarna kehitaman.1 cm. dan selalu mengungkapkan sedikit lidah mereka yang berwarna merah dengan ujung hitam.8 cm. ‡ Probosciger aterrimus stenolophus : Ukuran tubuhnya hampir sama dengan Probosciger aterrimus goliath.

Papua ini secara geografis terletak pada 2025¶ ± 90 LS dan 1300 ± 1410 LU sehingga pulau papua ini memiliki iklim tropis dengan curah hujan 1. Kakaktua Raja ditemukan di hutan hujan tropis. suhu udara 19-280C dan kelembaban 80%. Selama kawin burung jantan dan betina berdekatan satu sama lain dengan sayap dibuka lebar. Pulau ini memiliki luas 420.800 ± 3. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea. Hewan ini biasanya ditemukan di kepulauan Aru. pulau Misool di bagian barat pulau Papua. Jika pemangsa atau ancaman lainnya muncul. Burung kakatua raja hanya bertelur satu telur per sarang. Selatan New Guinea dari Timur Marauke sampai teluk Papua. seolah-olah sedang mandi. Kakatua raja adalah monogami dan tinggal bersama pasangannya sempanjang hidupnya. Dalam kondisi hujan mereka dapat ditemukan tergantung terbalik dengan sayap dan ekor mereka terulur. Mereka menghabiskan banyak waktu mereka di kanopi hutan yang tinggi atau terbang di antara tempat bertengger dan mencari makan. Kakaktua Raja dapat ditemukan sendirian. Kakatua raja t idak dapat membuat lubang sarang sendiri. sehingga di Papua banyak terdapat hutan hujan tropis yang sangat sesuai dengan habitat dari burung kakatua raja ini.540 Km2. Mereka memilih pohon -pohon besar dan tinggi untuk bersarang dan berkembangbiak. Mereka sering makan dalam kelompok besar. dimana telur tersebut akan dierami selama 30 -33 hari.Kakaktua Raja merupakan hewan asli pulau Papua. berpasangan. termasuk pinggiran hutan. Tetapi biasanya dari bulan Agustus hingga Januari. Pada siang hari mereka berdiam di dekat makanan atau sumber air dan pada malam hari bertengger di dalam atau di dekat sarangnya. di mana satu burung penjaga akan mengamati predator yang ada. para ³penjaga´ memberikan alarm menangis untuk memberitahukan yang lain. Sebelum melakukan perkawinan jantan akan membuat siulan yang keras dan menunduk -nundukkan kepalanya berkali-kali hingga kulit diwajahnya berubah menjadi sangat merah. Papua adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Musim kawin bervariasi sesuai dengan iklim setempat. dan di Australia pada kawasan utara tanjung York Peninsula.000 mm. . Irian Barat. dan kadang dalam kelompok yang lebih besar. melainkan mereka menggunakan lubang di pohon besar yang telah dilubangi sebelumya. dan Australi a.

langsing. karenanya hutan hutan di Papua menerima banyak sinar matahari. mahkota dan kumis berwarna hitam. bartelsi Elang Jawa atau dalam nama ilmiahnya Spizaetus bartelsi adalah salah satu spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau Jawa. Selain itu karena Papua terletak di daerah tropis.Hutan hujan tropis adalah hutan yang memiliki pohon -pohon yang tinggi sehingga burung kakatua raja senang hidup di daerah ini karena burung kakatua raja ini senang bertengger dan membuat sarangnya di pohon-pohon yang tinggi. Kerongkongan keputihan dengan garis (sebetulnya garis -garis) hitam membujur di tengahnya. Ke bawah. dengan jambul yang tinggi menonjol (2 -4 bulu. Jambul hitam dengan ujung putih. Sinar matahari ini diubah menjadi energi oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis. 9. Elang jawa ( Spizaetus bartelsi ) Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Aves Ordo : Falconiformes Famili : Accipitridae Genus : Spizaetus Spesies : S. Dan sejak 1992. sedangkan punggung dan sayap coklat gelap. Energi ini tersimpan di vegetasi tumbuhan yang kemudian dikonsumsi oleh burung kakatua raja tersebut sehingga burung kakatua raja ini tidak akan kekurangan makanan yang menyebabkan burung kakatua raja ini sedikit yang memiliki kebiasaan bermigrasi untuk mencari makanan di daerah lain. yang pada . Karena banyak sinar matahari. yaitu Garuda. Selai n itu burung kakatua raja banyak menghabiskan waktunya untuk terbang di bawah kanopi hutan yang tinggi dan kondisi ini kebanyak hanya terdapat di hutan hujan tropis yang memiliki kanopi (lapisan -lapisan cabang pohon beserta daunnya yang terbentuk oleh rapa tnya pohon-pohon hutan hujan) yang tinggi karena pohon -pohon yang tumbuh cukup tinggi. coret -coret hitam menyebar di atas warna kuning kecoklatan pucat. burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia Elang yang bertubuh sedang sampai besar. ke arah dada. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia. maka banyak pula energi yang terdapat di hutan-hutan di Papua. Kepala berwarna coklat kemerahan (kadru). dengan panjang tubuh antara 60 -70 cm (dari ujung paruh hingga ujung ekor). panjang hingga 12 cm) dan tengkuk yang coklat kekuningan (kadang nampak keemasan bila terkena sinar matahari).

Namun demikian penyebarannya kini terbatas di wilayah-wilayah dengan hutan primer dan di daerah perbukitan berhutan pada peralihan dataran rendah dengan pegunungan. Agaknya burung ini hidup berspesialisasi pa da wilayah berlereng. klii-iiw atau ii-iiiw. di dataran rendah maupun pada tempat -tempat yang lebih tinggi. burung -burung sejenis walik. berulang -ulang. Mulai dari wilayah dekat pantai seperti di Ujung Kulon dan Meru Betiri. Bulu pada kaki menutup tungkai hingga dekat ke pangkal jari. tanpa coretan atau garis-garis. Iris mata kuning atau kecoklatan. Burung muda dengan kepala. bervariasi antara satu hingga tiga suku kata. serta berukuran sedikit lebih kecil. elang Jawa serupa dengan elang brontok (Spizaetus cirrhatus) bentuk terang. Juga mamalia berukuran kecil sampai sedang seperti tupai dan bajing. dari ujung barat (Taman Nasional Ujung Kulon) hingga ujung timur di Semenanjung Blambangan Purwo. seperti pelbagai jenis reptil. Ekor kecoklatan dengan empat garis gelap dan lebar melinta ng yang nampak jelas di sisi bawah. mus ang. Sedikit banyak. akan tetapi letaknya berdekatan dengan hutan primer yang luas. namun cenderung nampak lebih kecoklatan. . dengan perut terlihat lebi h gelap. Dengan sigap dan tang kas menyergap aneka mangsanya yang berada di dahan pohon maupun yang di atas tanah. leher dan sisi bawah tubuh berwarna coklat kayu manis terang.akhirnya di sebelah bawah lagi berubah men jadi pola garis (coretcoret) rapat melintang merah sawomatang sampai kecoklatan di atas warna pucat keputihan bulu -bulu perut dan kaki. Ketika terbang. sampai dengan anak monyet. Sebaran elang ini terbatas di Pulau Jawa. Pada umumnya tempat tinggal elang jawa sukar untuk dicapai. Walaupun dit emukan elang yang menggunakan hutan sekunder sebagai tempat berburu dan bersarang. kaki (jari) kekuningan. Betina berwarna serupa. Atau bunyi bernada tinggi dan cepat kli-kli-kli-kli-kli. sera (daging di pangkal paruh) kekuningan. Elang Jawa menyukai ekosistem hutan hujan tropika yang selalu hijau. punai. suaranya ini mirip dengan suar a elang brontok meski perbedaannya cukup jelas dalam nadanya. sedikit lebih besar. Sebagian besar ditemukan di separuh belahan selatan Pulau Jawa. Bunyi nyaring tinggi. sampai ke hutan -hutan pegunungan bawah dan atas hingga ketinggian 2 . dan bahkan ayam kampung. kalong.000 m dpl. ujung ekor bergaris putih tipis. Burung pemangsa ini berburu dari tempat bertenggernya di pohon pohon tinggi dalam hutan. Agaknya burung ini sangat tergantung pada keberadaan hutan primer sebagai tempat hidupnya. paruh kehitaman. meski tidak selalu jauh dari lokasi aktivitas manusia.200 m dan kadang-kadang 3.

ada pula sarang-sarang yang ditemukan hanya sejarak 200300 m dari tempat rekreasi. atau perkiraan jumlah individu elang ini be rkisar antara 600-1. total jumlahnya hanya sekitar 137 188 pasang burung. puspa (Schima wallichii). elang ini juga terus diburu orang untuk diperjual belikan di pasar gelap sebagai satwa peliharaan. . dan pada gilirannya menjadikan harga burung ini melambung tinggi. Karena kelangkaannya. Baru di tahun 1908. Di habitatnya. Pembalakan liar dan konversi hutan menjadi laha n pertanian telah menyusutkan tutupan hutan primer di Jawa. sejenis elang yang ada di Sri Lanka. Tidak selalu ja uh berada di dalam hutan.000 ekor. O. wilayah agihannya yang terbatas dan tekanan tinggi yang dihadapi itu. dan ki sireum (Eugenia clavimyrtus). Pohon sarang merupakan jenis-jenis pohon hutan yang tinggi. Sehingga meskipun luas daerah agihannya. Ia mengiranya sebagai anak jenis dari Spizaetus kelaarti. Populasi yang kecil ini menghadapi ancaman besar terhadap kelestariannya. mengenalinya sebagai takson yang baru. yang dierami selama kurang-lebih 47 hari. Sarang berupa tumpukan ranting-ranting berdaun yang disusun tinggi. Sampai kemu dian pada tahun 1924. Negeri Belanda. dibuat di cabang pohon setinggi 20 -30 di atas tanah. atas dasar spesimen koleksi yang dibuat oleh Max Bartels dari Pasir Datar. tatkala van Hasselt dan Kuhl mengoleksi dua spesimen burung ini dari kawasan Gunung Salak untuk Museum Leiden.Masa bertelur tercatat mulai bulan Januari hingga Juni. Finsch. pasang (Lithocarpus dan Quercus). Sukabumi pada tahun 1907. Akan tetapi pada masa itu hingga akhir abad -19. spesimen-spesimen burung ini masih dianggap sebagai jenis elang brontok. Sesungguhnya keberadaan elang Jawa telah diketahui sejak sedini tahun 1820. memelihara burung ini seolah menjadi kebanggaan tersendi ri. Prof. dan memasukkannya sebagai anak jenis elang gunung Spizaetus nipalensis. Stresemann memberi nama takson baru tersebut dengan epitet spesifik bartelsi. elang Jawa menyebar jarang -jarang. seorang pakar burung di Negeri Jerman. untuk menghormati Max Bartels di atas. Telur berjumlah satu butir.[6] Dalam pada itu. tusam (Pinus merkusii). organisasi konservasi dunia IUCN memasukkan elang Jawa ke dalam status EN (Endangered. yang disebabkan oleh kehilangan habitat dan eksploitasi jenis. terancam kepunahan). Mempertimbangkan kecilnya populasi. Demikian pula. seperti rasamala (Altingia excelsa). Pemerintah Indonesia menetapkannya sebagai hewan yang dilindungi oleh undang-undang.

BINATANG DILINDUNGI JENIS REPTIL Dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa terdapat 31 jenis rReptilia dilindungi undang-undang antara Lain: No. Biawak pohon Penyu ridel Penyu pipih Kura-kura gading Sanca bodo Sanca Timor Kadal Panan Senyulong. Buaya sapit Biawak Kalimantan Biawak coklat Biawak Maluku .E. NAMA ILMIAH NAMA INDONESIA 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 Batagur baska Caretta caretta Carettochelys insculpta Chelodina novaeguineae Chelonia mydas Chitra indica Chlamydosaurus kingii Chondropython viridis Crocodylus novaeguineae Crocodylus porosus Crocodylus siamensis Dermochelys coriacea Elseya novaeguineae Eretmochelys imbricata Gonychephalus dilophus Hydrasaurus amboinensis Lepidochelys olivacea Natator depressa Orlitia borneensis Python molurus Phyton timorensis Tiliqua gigas Tomistoma schlegelii Varanus borneensis Varanus gouldi Varanus indicus Tuntong Penyu tempayan Kura-kura Irian Kura Irian leher panjang Penyu hijau Labi-labi besar Soa payung Sanca hijau Buaya air tawar Irian Buaya muara Buaya siam Penyu belimbing Kura Irian leher pendek Penyu sisik Bunglon sisir Soa-soa. Biawak Ambon.

Penyu ini pada karapasnya terdapat empat pasang sisik dan di sekitar mata terdapat dua pasang sisi k.27 28 29 30 31 Varanus komodoensis Varanus nebulosus Varanus prasinus Varanus timorensis Varanus togianus Biawak komodo. terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. berikut dipaparkan beberapa di antara reptile yang dilindungi di Indonesia. Penyu hijau dapat dibedakan dari penyu pipih oleh tidak adanya sisik praokular dan karapas yang seperti kubah. Namanya didap at dari lemak bewarna hijau yang terletak di bawah cangkang mereka. Hewan ini adalah satu -satunya spesies dalam golongan Chelonia. atau yang biasanya dikenal dengan nama penyu hijau adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis. Ora Biawak abu-abu Biawak hijau Biawak Timor Biawak Togian Supaya lebih mengenal binatang dilindungi jenis reptil. Ciri identifikasi ini mirip seperti penyu belimbing dan penyu tem payan yang mempunyai dua pasang prafrontal. Panjang karapas penyu ini yang pernah dijumpai adalah 75 -115 cm dan beratnya mencapai 300 kg. Penyu hijau dapat diidentifkasi berdasarkan adanya sepasang sisik prafrontal. Penyu hijau ( Chelonia mydas) Kerajaan Filum Kelas Ordo Upaordo Superfamili Familia : Animalia : Chordata : Sauropsida : Testudinata : Cryptodira : Chelonioidea : Cheloniidae Chelonia mydas. 1. yang merupakan sisik diantara kedua matanya. . Sisik pada jenis penyu ini tidak tumpang tindih.

udang remis. lamun. rumput laut juga alga. Waktu pengeraman terjadi sekitar 50 sampai 60 hari. Karapas penyu ini tidak bersisik. tetapi ada lima . Umur penyu ini dapat mencapai 200 tahun. Oleh karena itu. dagingnya dikonsumsi (dimakan) dan karapasnya dijadikan kerajinan ta ngan untuk para wisatawan. Penyu hijau terdapat dimana-mana di perairan tropik dan subtropik. mereka berubah menjadi herbivora dan makanan utamanya adalah rumput laut (ikan mania. Ganggang laut. populasi dari penyu hijau di Indonesia menurun dengan cep at. telurnya juga dapat dikumpulkan dalam skala besar. lumut. Di Indonesia. Ketika tubuhnya mencapai ukuran sekitar 20-30 cm. penyu ini terdapat di perairan pantai Jawa. 2. Mu sim kawin dari penyu ini berlangsung antara Januari dan Mei. Sumatra dan mungkin di semua perairan pantai yang landai di Indonesia. Sebenarnya.Penyu hijau memakan semua tumbuh-tumbuhan yang hidup di laut (mis. terutama untuk dagingnya. Tukik penyu hijau yang berada di sekitar Teluk California hanya memakan alga merah. Bali. 1893) Famili : Dermochelyidae Spesies : Dermochelys coriacea Mempunyai punggung yang diliputi kulit kuat dari zat tanduk yang disebut karapas. dan ikan). 2004). Penyu betina dapat bertelur antara 100 sampai 125 butir dalam sekali bertelur. Di Bali. Ketika penyu hijau masih muda mereka makan berbagai jenis biota lau t seperti cacing laut. Penyu hijau akan kembali ke pantai asal ia dilahirkan untuk bertelur setiap 3 hingga 4 tahun sekali. Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Sauropsida Ordo : Testudines Subordp : Cryptodira Superfamili : Chelonioidea (Bauer. penyu hijau dari dulu secara ekstensif telah diburu di Indonesia.

Pak istan hingga Nepal dan Python molurus bivittatus yang hidup secara alami di Indochina termasuk Indonesia (Sumatera. Untuk menga tasi hal tersebut. Panjang karapas mencapai 2. Ular sanca bodo (Python molurus) dilindungi berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 1999. 3. Bangladesh. dan Sulawesi). 2008). Hal ini menempatkan penyu belimbing pasifik menjadi penyu laut yang paling terancam populasinya di dunia. Ular sanca bodo (Python molurus) disebut juga Burmese Python Ular sanca bodo dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Asiatic Rock Python. termasuk salah satu jenis ular yang banyak dipelihara oleh pencinta binatang. Sanca bodo (Python molurus) Ular sanca bodo atau Python molurus. Kegiatan in dilakukan kira -kira selama 2½ jam. umurnya dapat mencapai 200 tahun lebih.983 sarang pada 1999 dari 13000 sarang pada tahun 1984). Bali. Jawa.300 betina dewasa yang tersisa. Selama dua puluh tahun terakhir jumlah spesies ini menurun dengan cepat. Kemudian mereka bertelur dalam lubang dan menim bunnya kembali dengan pasir. Burmese Python. hanya sekitar 2. khususnya di kawasan pasifik.5 m dengan berat mencapai 1500 Kg. seperti di Indonesia. Penyu ini menggali pasir kira-kira 50 cm dalamnya dengan diameter 50 cm. Namun tidak sedikit yang menyadari bahwa ular sanca bodo yang biasa disebut juga sebagai Asiatic Rock Python termasuk salah satu binatang langka yang dilindungi undang -undang di Indonesia. Papua New Guinea dan Kepulauan Solomon telah sepakat untuk melindungi habitat penyu belimbing melalui MoU Tri National Partnership Agreement (WWF. Di kawasan Pasifik. Pasir itu kemudian mengerami sendiri telur -telur itu selama 6-8 minggu sampai menetas menjadi tukik yang keluar dari sarang untuk kemudian merangkak ke laut. Sumbawa. atau Tiger Python. Kalimantan. betinanya mendarat untuk meletakkan telur-telurnya di pasir hingga mencapai 80 butir. Penyu belimbing telah bertahan hidup selama lebih dari ratusan juta tahun. Sedangkan dalam . kini spesies ini menghadapi kepunahan. populasinya hanya tersisa sedikit dari sebelumnya (2. Musim kawinn peny u ini berlangsung dari bulan Juni sampai Agustus. pada tanggal 28 Agustus 2006 tiga negara yaitu Indonesia.sampai tujuh garis tebal yang memanjang dari leher sampai ekor. Ular sanca bodo terdiri atas dua anak jenis (subspesies) yaitu Python molurus molurus yang dijumpai di India.

Pakistan hingga Nepal hingga ke Indonesia. 1758). Jawa. Ular sanca bodo tersebar di India. Ular sanca bodo termasuk ular besar lantaran mampu mencapai panjang 9 meter. Laos. Corak belang pada sanca bodo berupa jaringan dengan mata jaring hampir berbentuk segi empat. Kalimantan. Ular sanca bodo secara alami mendiami hutan tropis basah. Thailand. Berat tubuh Burmese Python ini mampu mencapai 160 kg. Beberapa dekade terakhir. Vietnam. Bangladesh. ada pula yang kuning atau krem. tetapi sesekall dia akan memanjat pohon untuk mendapatkan sinar matahari guna menaikkan suhu tubuhnya.bahasa latin. kera. Myanmar. Seekor ular bodo betina sekali bertelur bisa mencapai 40 butir bahkan lebih. dan Malaysia. meskipun rata-rata hanya mencapai 5 meter saja. Di Indonesia. Ular ini senang berada ditempat yang tidak jauh dari air atau tempat lembab bahkan kadang di dekat pemukiman. Selain itu mereka makan pula burung dan ayam hutan. Meskipun hewan ini termasuk binatang nokturnal (beraktifitas di malam hari). hingga sebagian Sulawesi. bajing juga hewan besar seperti babi hutan. hewan melata raksasa ini juga dapat ditemukan di hutan di Florida Amerika Serikat . Hewan yang banyak dijadikan peliharaan ini ini mematikan mangsanya dengan cara melilit tubuhnya. namun sanca bodo juga senang berkeliaran disiang hari. Makanan kesukaan sanca bodo antara lain tikus. dengan belang-belang hitam atau coklat tua. Panjang anak yang baru menetas tersebut berkisar 60 -70 cm. Sumbawa. ular sanca bodo (Python molurus) dapat ditemukan di Sumatera. luwak. ular yang banyak dijadikan peliharaan ini disebut Python molurus (Linnaeus. Ular sanca bodo (Python molurus) mempunyai warna dasar kulitnya coklat muda hingga coklat tua. Ular sanca bodo lebih suka berada di tanah dari pada bergulung di pohon. Telur-telur tersebut akan menetas setelah 60-80 hari. rusa dan kijang. 1758) sebagai yang bersinonim dengan Coluber molurus (Linnaeus.

yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo.[6] Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910.[3] Termasuk anggota famili biawak Varanidae. dan klad Toxicofera. adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo. meskipun hewan melata ini banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan namun banyak yang tidak mengetahui bahwa ular sanca bodo ini termasuk hewan yang dilindungi sebagaimana saudara dekatnya sanca timor (Python timorensis) lantaran semakin langka di alam liar.[4][5] Karena besar tubuhny a. Flores. Satu yang pasti.[2] Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora. Komodo (Varanus komodoensis) Komodo. Habitat komodo di al am bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup. dengan rata -rata panjang 2-3 m. atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis[1]).akibat banyak para pemeliharanya yang melepaskan hewan ini begitu saja ke alam liar. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Ukurannya yang besar ini berhubungan deng an gejala gigantisme pulau. dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. 4. dan laju metabolisme komodo yang kecil. Ular sanca bodo meskipun mulai langka di Indonesia tetapi populasinya masih dianggap banyak sehingga IUCN Redlist masih melabelinya dalam status konservasi ³Near Threatened´ (Hampir Terancam). komodo merupakan kadal terbesar di dunia. Rinca. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah . Gili Motang.

[8] Meski komodo tercatat sebagai kadal terbesar yang masih hidup. [sunting] Fisiologi Komodo yang berjemur. meski memiliki lubang telinga. komodo dewasa biasanya memiliki massa sekitar 70 kilogram. didirikan untuk melindungi mereka.13 meter dan berat sekitar 166 kilogram. hijau dan putih pada latar belakang hitam. dan sekitar 60 buah gigi yang bergerigi tajam sepanjang sekitar 2.5 cm. Komodo tak memiliki indera pendengaran. [sunting] Anatomi dan morfologi Kulit komodo.[9] Komodo memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya.[7] namun komodo yang dipelihara di penangkaran sering memiliki bobot tubuh yang lebih besar. yaitu Taman Nasional Komodo. Komodo muda lebih berwarna. Di alam bebas. hewan ini agaknya tak begitu baik melihat di kegelapan malam. Reputasi ini dipegang oleh biawak Papua (Varanus salvadorii). dengan warna kuning.[12] Komodo memiliki lidah yang panjang. dan memiliki potongan kecil kuning p ada tenggorokannya. sementara komodo betina lebih berwarna hijau buah zaitun. namun karena retinanya hanya memiliki sel kerucut.[14] Komodo menggunakan lidahnya untuk mendeteksi rasa dan mencium stimuli. seperti reptil lainnya.taman nasional. berwarna kuning dan bercabang. dengan . namun bukan yang terpan jang. dengan warna kulit dari abu -abu gelap sampai merah batu bata.[13] Biawak ini mampu melihat hi ngga sejauh 300 m. termasuk berat makanan yang belum dicerna di dalam perutnya.[8] Komodo jantan lebih besar daripada komodo betina. Komodo mampu membedakan warna namun tidak seberapa mampu membedakan obyek yang tak bergerak.[10] Air liur komodo sering kali bercampur sedikit darah karena giginya hampir seluruhnya dilapisi jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik selama makan. yang kerap diganti.[11] Kondisi ini menciptakan lingkungan pertumbuhan yang ideal untuk bakteri mematikan yang hidup di mulut mereka. S pesimen liar terbesar yang pernah ada memiliki panjang sebesar 3.

Komodo secara alami hanya ditemui di Indonesia. beberapa di antaranya diperkuat dengan tulang. suara yang meningkat dan teriakan ternyata tidak mengakibatkan agitasi (gangguan) pad a komodo liar. dagu dan tapak kaki memiliki tiga sensor rangsangan atau lebih. perilaku dan cara hidup Kaki dan ekor komodo. di pulau Komodo. memiliki sensor yang terhubung dengan saraf yang memfasilitasi rangsang sentuhan.[7] Untuk menangkap mangsa yang berada di luar jangkauannya.[17] [sunting] Ekologi. Mereka aktif pada siang hari. bahkan juga ketika ia tidak terlihat oleh si biawak. Joan Proctor melatih biawak untuk keluar makan dengan suaranya.5 meter. Hal ini terbantah kemudian ketika karyawan Kebun Binatang London ZSL.[19] serta pandai memanjat pohon menggunakan cakar mereka yang kuat. komodo dapat berdiri dengan kaki belakangnya dan menggunakan ekornya .[15] Dengan bantuan angin dan kebiasaannya menelengkan kepalanya ke kanan dan ke kiri ketika berjalan.[11] Komodo pernah dianggap tuli ketika penelitian mendapatkan bahwa bisikan. bibir. sabana dan hutan tropis pada ketinggian rendah. Komodo adalah binatang yang penyendiri. biawak ini menyukai tem pat panas dan kering ini. Reptil besar ini dapat berlari cepat hingga 20 kilometer per jam pada jarak yang pendek.[18] Hidup di padang rumput kering terbuka. berkumpul bersama hanya pada saat makan dan berkembang biak. suatu kemampuan yang dapat membantu navigasi pada saat gelap. walaupun kadang -kadang aktif juga pada malam hari. komodo dapat mendeteksi keberadaan daging bangkai sejauh 4 ²9.indera vomeronasal memanfaatkan organ Jacobson. hanya ada sedikit ujung -ujung saraf perasa di bagian belakang tenggorokan.[15] Sisik-sisik komodo. berenang dengan sangat baik dan mampu menyelam sedalam 4. Flores dan Rinca dan beberapa pulau lainnya di Nusa Tenggara.[11] Lubang hidung komodo bukan merupakan alat penciuman yang baik karena mereka tidak memiliki sekat rongga badan. Sisik-sisik di sekitar telinga.5 kilometer.[16] Hewan ini tidak memiliki indra perasa di lidahnya.

15 ± .[23] Air liur yang kemerahan dan keluar dalam jumlah banyak amat membantu komodo dalam menelan mangsanya. Walaupun mereka kebanyakan makan daging bangkai.[17] Dengan bertambahnya umur. Untuk mangsa berukuran kecil hingga sebesar kambing.[22] Tempat -tempat sembunyi komodo ini biasanya berada di daerah gumuk atau perbukitan dengan semilir angin laut.5 kilometer. karena ukuran tubuhnya yang besar menyulitkannya memanjat pohon. Meski demikian.[11] Komodo muda di Rinca yang makan bangkai kerbau. Ketika mangsa itu tiba di dekat tempat sembunyi komodo.[20] Karena besar tubuhnya dan kebiasaan tidur di dalam lubang. terbuka dari vegetasi. Reptil purba ini makan dengan cara mencabik potong an besar daging dan lalu menelannya bulat -bulat sementara tungkai depannya menahan tubuh mangsanya. komodo menggali lu bang selebar 1±3 meter dengan tungkai depan dan cakarnya yang kuat. tetapi tetap berteduh selama bagian hari yang terpanas.sebagai penunjang. Tempat ini umumnya juga merupakan lokasi yang strategis untuk menyergap rusa. Komodo adalah hewan karnivora. komodo dapat menjaga panas tubuhnya selama malam hari dan mengurangi waktu berjemur pada pagi selanjutnya. Isi perut mangsa yang berupa tumbuhan biasanya dibiarkan t ak disentuh. yang dapat menemukan binatang mati atau sekarat pada jarak hingga 9.[21] Komodo umumnya berburu pada siang hingga sore hari.[23] [sunting] Perilaku makan Komodo di Rinca. hewan ini segera menyerangnya pada sisi bawah tubuh atau tenggorokan.[11] Komodo dapat menemukan mangsanya dengan menggunakan penciumannya yang tajam. bisa jadi dagingnya dihabiskan sekali telan. komodo lebih menggunakan cakarnya sebagai senjata. Untuk tempat berlindung. dan di sana -sini berserak kotoran hewan penghuninya.[4] penelitian menunjukkan bahwa mereka juga berburu mangsa hidup dengan cara mengendap -endap diikuti dengan serangan tiba-tiba terhadap korbannya. proses menelan tetap memakan waktu yang panjang.

20 menit diperlukan untuk menelan seekor kambing. Komodo kadang-kadang berusaha mempercepat proses menelan itu dengan menekankan daging bangkai mangsanya ke sebatang pohon, agar karkas itu bisa masuk melewati kerongkongannya. Dan kadang kadang pula upaya menekan itu begitu keras sehingga pohon itu menjadi rebah.[23] Untuk menghindari agar tak tercekik ketika menelan, komodo bernafas melalui sebuah saluran kecil di bawah lidah, yang berhubungan langsung dengan paru -parunya.[11] Rahangnya yang dapat dikembangkan dengan leluasa, tengkoraknya yang lentur, dan lambungnya yang dapa t melar luar biasa memungkinkan komodo menyantap mangsa yang besar, hingga sebesar 80% bobot tubuhnya sendiri dalam satu kali makan.[24][6] Setelah makan, komodo menyeret tubuhnya yang kekenyangan membusuk mencari sinar matahari dan untuk berjemur dan mempercepat proses pencernaan. Kalau tidak, makanan itu dapat dalam perutnya meracuni tubuhnya sendiri. Dikarenakan metabolismenya yang lamban, komodo besar dapat bertahan dengan hanya makan 12 kali setahun atau kira -kira sekali sebulan.[11] Setelah daging man gsanya tercerna, komodo memuntahkan sisa-sisa tanduk, rambut dan gigi mangsanya, dalam gumpalan-gumpalan bercampur dengan lendir berbau busuk, gumpalan mana dikenal sebagai gastric pellet. Setelah itu komodo menyapukan wajahnya ke tanah atau ke semak-semak untuk membersihkan sisa-sisa lendir yang masih menempel; perilaku yang menimbulkan dugaan bahwa komodo, sebagaimana halnya manusia, tidak menyukai bau ludahnya sendiri.[11] Dalam kumpulan, komodo yang berukuran paling besar biasanya makan lebih dahulu, diikuti yang berukuran lebih kecil menurut hirarki. Jantan terbesar menunjukkan dominansinya melalui bahasa tubuh dan desisannya; yang disambut dengan bahasa yang sama oleh jantan-jantan lain yang lebih kecil untuk memperlihatkan pengakuannya atas kekuasaan itu. Komodo-komodo yang berukuran sama mungkin akan berkelahi mengadu kekuatan, dengan cara semacam gulat biawak, hingga salah satunya mengaku kalah dan

mundur; meskipun adakalanya yang kalah dapat terbunuh dalam perkelahian dan dimangsa oleh si pemenang.[ 11] Mangsa biawak komodo amat bervariasi, mencakup aneka avertebrata, reptil lain (termasuk pula komodo yang bertubuh lebih kecil), burung dan telurnya, mamalia kecil, monyet, babi hutan, kambing, rusa, kuda, dan kerbau. Komodo muda memangsa serangga, telur, cecak, dan mamalia kecil.[4][24] Kadang -kadang komodo juga memangsa manusia dan mayat yang digali dari lubang makam yang dangkal.[17] Kebiasaan ini menyebabkan penduduk pulau Komodo menghindari tanah berpasir dan memilih mengubur jenazah di tanah liat, serta menutupi atasnya dengan batu -batu agar tak dapat digali komodo.[23] Ada pula yang menduga bahwa komodo berevolusi untuk memangsa gajah kerdil Stegodon yang pernah hidup di Flores.[25] Komodo juga pernah teramati ketika mengejutkan dan menakuti rusa-rusa betina yang tengah hamil, dengan harapan agar keguguran dan bangkai janinnya dapat dimangsa; suatu perilaku yang juga didapati pada predator besar di Afrika.[25] Karena tak memiliki sekat rongga badan, komodo tak dapat menghirup air atau menjilati air untuk minum (seperti kucing). Alihalih, komodo µmencedok¶ air dengan seluruh mulutnya, lalu mengangkat kepalanya agar air mengalir masuk ke perutnya.[11] [sunting] Bisa dan bakteri Pada akhir 2005, peneliti dari Universitas Melbourne, Australia, menyimpulkan bahwa biawak Perentie (Varanus giganteus) dan biawak-biawak lainnya, serta kadal-kadal dari suku Agamidae, kemungkinan memiliki semacam bisa. Selama ini diketahui bahwa luka-luka akibat gigitan hewan -hewan ini sangat rawan infeksi karena adanya bakteria yang hidup di mulut kadal-kadal ini, akan tetapi para peneliti ini menunjukkan bahwa efek langsung yang muncul pada luka-luka gigitan itu disebabkan oleh masuknya bisa berkekuatan menengah. Para peneliti ini telah mengamati luka -luka di tangan manusia akibat gigitan biawak Varanus varius, V. scalaris dan komodo, dan semuanya memperlihatkan reaksi yang serupa:

bengkak secara cepat dalam beberapa menit, gangguan lokal dalam pembekuan darah, rasa sakit yang mencekam hingga ke siku, dengan beberapa gejala yan g bertahan hingga beberapa jam kemudian.[26] Sebuah kelenjar yang berisi bisa yang amat beracun telah berhasil diambil dari mulut seekor komodo di Kebun Binatang Singapura, dan meyakinkan para peneliti akan kandungan bisa yang dipunyai komodo[27]. Di samping mengandung bisa, air liur komodo juga memiliki aneka bakteri mematikan di dalamnya; lebih dari 28 bakteri Gram-negatif dan 29 Gram-positif telah diisolasi dari air liur ini.[28] Bakteri -bakteri tersebut menyebabkan septikemia pada korbannya; jika gigita n komodo tidak langsung membunuh mangsa dan mangsa itu dapat melarikan diri, umumnya mangsa yang sial ini akan mati dalam waktu satu minggu akibat infeksi. Bakteri yang paling mematikan di air liur komodo agaknya adalah bakteri Pasteurella multocida yang sangat mematikan; diketahui melalui percobaan dengan tikus laboratorium.[29] Karena komodo nampaknya kebal terhadap mikrobanya sendiri, banyak penelitian dilakukan untuk mencari molekul antibakteri dengan harapan dapat digunakan untuk pengobatan manusia.[30 ] [sunting] Reproduksi Pada gambar ini, ekor dan cakar komodo dapat terlihat dengan jelas. Komodo yang tidur. Perhatikan kukunya yang besar. Kukunya digunakan untuk bertempur dan makan. Musim kawin terjadi antara bulan Mei dan Agustus, dan telur komodo diletakkan pada bulan September.[19] Selama periode ini, komodo jantan bertempur untuk mempertahankan betina dan teritorinya dengan cara "bergulat" dengan jantan lainnya sambil berdiri di atas kaki belakangnya. Komodo yang kalah akan terjatuh dan "terkunci " ke tanah. Kedua komodo jantan itu dapat muntah atau buang air besar ketika bersiap untuk bertempur.[17] Pemenang pertarungan akan menjentikkan lidah panjangnya pada tubuh si betina untuk melihat penerimaan sang betina.[6] Komodo betina bersifat antagonis dan melawan dengan gigi dan cakar mereka selama awal

bayi -bayi ini tak seberapa berdaya dan dapat dimangsa oleh predator. bayi komodo dapat berbaring di cangkang telur mereka untuk beberapa jam sebelum memulai menggali keluar sarang mereka. tempat mereka relatif aman dari predator.[7] . yang Selanjutnya. garukan keras di atas punggung menjilat. Setelah berhasil menyobek kulit telur.[11] Komodo muda menghabiskan tahun-tahun pertamanya di atas pohon. dan dapat hidup lebih dari 50 tahun. termasuk dari komodo dewasa yang kanibal.[17] Betina berbaring di atas telur-telur itu untuk mengerami dan melindunginya sampai menetas di sekitar bulan April. pada akhir musim hujan ketika terdapat sangat banyak serangga.[33][17] Komodo membutuhkan tiga sampai lima tahun untuk menjadi dewasa.[20] Di samping proses reproduksi yang normal. selama jantan proses harus ini sepenuhnya jantan jantan mengendalikan betina selama bersetubuh agar tidak terluka." suatu sifat yang langka untuk kadal.[31] Kopulasi terjadi memasukan salah satu hemipenisnya ke kloaka betina.[19] Proses penetasan adalah usaha melelahkan untuk anak komodo. yang sekitar 10% dari makanannya adalah biawak-biawak muda yang berhasil diburu. terdapat beberapa contoh kasus komodo betina menghasilkan anak tanpa kehadiran pejantan (partenogenesis). Komodo lebih suka menyimpan telur -telurnya di sarang yang telah ditinggalkan. fenomena yang juga diketahui muncul pada beberapa spesies reptil lainnya seperti pada Cnemidophorus.[14] Komodo dapat bersifat monogamus dan membentuk "pasangan. mengorek tebing bukit atau gundukan sarang burung gosong berkaki -jingga yang telah ditinggalkan. Perilaku diperlihatkan dan adalah ketika menggosokkan dagu mereka pada si betina.fase lain berpasangan. yang keluar dari cangkang telur setelah menyobeknya dengan gigi telur yang akan tanggal setelah pekerjaan berat ini selesai.[32] Sebuah sarang komodo rata -rata berisi 20 telur yang akan menetas setelah 7 ±8 bulan. Ketika menetas.[17][24] Betina akan meletakkan telurnya di lubang tanah.

Satu set kromosom tunggal ini kemudian diduplikasi dalam telur. suatu adaptasi yang dikenal dengan istilah superfekundasi. Setelah temuan yang mengejutkan ini. Ilmuwan pada awalnya mengira bahwa komod o ini dapat menyimpan sperma beberapa lama hasil dari perkawinan dengan komodo jantan di waktu sebelumnya.[34] Pada tanggal 20 Desember 2006. seekor komodo di Kebun Binatang London. pengujian lalu dilakukan terhadap telur -telur Sungai dan mendapatkan bahwa telur-telur itupun dihasilkan tanpa pembuahan dari luar. Ketika komodo betina (memiliki kromosom seks ZW) menghasilkan anak dengan cara ini. Inggris.[35] Peneliti dari Universitas Liverpool di Inggris utara melakukan tes genetika pada tiga telur yang gagal menetas setelah dipindah ke inkubator. Komodo memiliki sistem penentuan seks kromosomal ZW. Sungai. telah bertelur pada awal tahun 2006 setelah dipisah dari jantan selama lebih dari dua tahun. sebagaimana bisa terjadi jika salah satu proses pembelahan-reduksi meiosis pada ovariumnya gagal. bukan sistem penentuan seks XY. Yalah bahwa telur Flora yang tidak dibuahi bersifat haploid pada mulanya dan kemudian menggandakan kromosomnya sendiri menjadi diploid. dan terbukti bahwa Flora tidak memiliki kontak fisik dengan komodo jantan. termasuk satu dari dua kromosom seksnya. dilaporkan bahwa Flora. Inggris adalah komodo kedua yang diketahui menghasilkan telur tanpa fertilisasi (pembuahan dari perkawinan): ia mengeluarkan 11 telur.[sunting] Partenogenesis Bayi komodo partenogenetik di Kebun Binatang Chester. ia mewariskan hanya salah satu dari pasangan-pasangan kromosom yang dipunyainya. Keturunan Flora yang berkelamin jantan. komodo yang hidup di Kebun Bina tang Chester. menunjukkan terjadinya beberapa hal. dan 7 di antaranya berhasil menetas.[36] Bayi komodo partenogenetik di Kebun Binatang Chester. dan bahwa ia tidak menghasilkan telur diploid. yang berkembang secara partenogenetika. Telur yang menerima kromosom Z akan menjadi . Inggris.

Hanya dua telur yang diinkubasi dan ditetaskan karena persoalan ketersediaan ruang. diikuti oleh yang kedua pada 1 Februari. K edua anak komodo itu berkelamin jantan .[38] Pada 31 Januari 2008. Kebun Binatang Sedgwick County di Wichita. Melalui perkawinan dengan anaknya itu di saat yang berikutnya hewan-hewan ini dapat membentuk populasi yang bereproduksi secara seksual.[37] Diduga bahwa adaptasi reproduktif semacam ini memungkinkan seekor hewan betina memasuki sebuah relung ekologi yang terisolasi (seperti halnya pulau) dan dengan cara partenogenesis kemudian menghasilkan keturunan jantan. yang pertama menetas pada 31 Januari 2008. karena dapat menghasilkan keturunan jantan dan betina. kebun binatang perlu waspada kerena partenogenesis mungkin dapat mengurangi keragaman genetika.[37] Meskipun adaptasi ini bersifat menguntungkan. Kebun binatang ini memiliki dua komodo betina dewasa.ZZ (jantan). dan yang menerima kromosom W akan menjadi WW dan gagal untuk berkembang. Kansas menjadi kebun binatang yang pertama kali mendokumentasi partenogenesis pada komodo di Amerika. yang salah satu di antaranya menghasilkan 17 butir telur pada 19 -20 Mei 2007.

Kupu-kupu sayap burung Goliath (Ornithoptera goliath) Secara umum kupu ini dikenal dengan nama Goliath Birdwing (kupu sayap burung). disebut kupu sayap burung karena pada saat istirahat penutupan sayapnya menyerupai penutupan sayap seekor burung pada saat sedang tidak terbang. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 NAMA ILMIAH Cethosia myrina Ornithoptera chimaera Ornithoptera goliath Ornithoptera paradisea Ornithoptera priamus Ornithoptera rotschldi Ornithoptera tithonus Trogonotera brookiana Troides amphrysus Troides andromanche Troides criton Troides haliphron Troides helena Troides hypolitus Troides meoris Troides miranda Troides plato Troides rhadamantus Troides riedeli Troides vandepolli NAMA INDONESIA Kupu bidadari Kupu sayap burung peri Kupu sayap burung goliat Kupu sayap burung surga Kupu sayap priamus Kupu burung rotsil Kupu burung titon Kupu trogon Kupu raja Kupu raja Kupu raja Kupu raja Kupu raja Kupu raja Kupu raja Kupu raja Kupu raja Kupu raja Kupu raja Kupu raja 1. . warna hijau kekuningan berpadu dengan hitam. BINATANG DILINDUNGI JENIS SERANGGA Dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa terdapat 20 jenis serangga dilindungi undang-undang antara Lain: No. Pada kupu jantan. Ada perbedaan dari morfologi atau penampakan luar antara kupu jantan dan betina. Perbedaan itu meliputi warna dan ukuran. Masih dalam padanan kontras antara hitam dan hijau dengan pola seperti batik be rwarna coklat kekuningan menambah semarak sepasang sayap bagian belakang.F. suatu komposisi yang sangat kontras untuk sepasang sayap depan.

Kupu-kupu ini dapat ditemukan di hutan-hutan pedalaman Irian Jaya dan sekitarnya. Ta naman ini nantinya sebagai sumber makanan pokok untuk ulat-ulat yang telah menetas dari telur. goliath dapat ditemukan keberadaannya di Indonesia bagian timur antara lain di kepulauan Seram. Oleh sebab itu marilah kita menjaga hutan hutan yang masih tersisa di wilayah negara kita. . goliath sering dijumpai di tanaman sirih hutan (Aristolochia spp. sedangkan secara vertikal. Cukup besar memang bila dilihat dari segi ukuran jika dibandingkan dengan kupu kupu yang sering kita temui di pekarangan. dan Irian Jaya (Manokwari). Ada alasan tertentu tentang ukuran kupu jantan yang lebih kecil dibandingkan dengan betina. Dalam dunia s erangga sering dijumpai individu jantan selalu berukuran lebih kecil. Setiap jenis kupu mempunyai tanaman inang khusus untuk tempat meletakkan telur-telurnyanya. Ukuran bentang sayap secara horizontal untuk jantan dan betina masing-masing 15 cm dan 19 cm. Kupu O. Ukuran tubuh yang lebih besar menyimpan banyak cadangan energi. Tubuh yang kecil memungkinkan serangga jantan dapat b ergerak lebih aktif dan agresif. supaya kita lebih sering bertemu dengan kupu-kupu indah yang ada di dalamnya. Telur kupu O.). Pola warna kupu betina tidak begitu menarik bila dibandingkan dengan jantan. Ukuran betina yang lebih besar berhubungan dengan peran betina setelah melakukan perkawinan dengan jantan. hal ini berhubungan dengan tingkah laku jantan yang lebih aktif dan agresif ketika berhadapan dengan pasangan yang akan dikawininya. Waigeo. energi tersebut digunakan untuk terbang lebih jauh d an lama serta memilih tanaman inang yang cocok untuk meletakkan telur-telurnya. Dari segi ukuran. bentang sayap jantan dan betina ma sing-masing 13 cm dan 15 cm. jantan tampak berukuran lebih kecil dibanding betina.Lain halnya dengan pola warna kupu betina yang hanya didominasi oleh warna putih dan coklat kemerahan dengan pola seperti batik juga.

DAFTAR IKAN. Koral hitam (semua jenis dari genus Anthiphates) Ketam kenari Kepala kambing Triton terompet Kima tapak kuda. Siput hijau . Kupu-kupu raja Troides helena Jenis kupu ± Kupu yang paling banyak terdapat di taman kupu ± kupu. untuk mempertahankan populasi hele na. Lopis Jawa (semua jenis dari genus Notopterus) Pari Sentani. Birgus latro Cassis cornuta Charonia tritonis Hippopus hippopus Hippopus porcellanus Nautilus popillius Tachipleus gigas Tridacna crocea Tridacna derasa Tridacna gigas Tridacna maxima Tridacna squamosa Trochus niloticus Turbo marmoratus NAMA INDONESIA Selusur Maninjau Ikan raja laut Belida Jawa. DAN BIVALVIA DILINDUNGI Dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa terdapat 7 jenis ikan dilindungi undang-undang antara Lain: No. Tangkelasa Arowana Irian. Kima kuku beruang Kima Cina Nautilus berongga Ketam tapak kuda Kima kunia.2. namun telah terdapat penangkarannya. Kaloso Akar bahar. Puntius microps Scleropages formasus Scleropages jardini Anthiphates spp. Kima seruling Troka. sangat aktif di taman kupu ± kupu. Pritis spp. Sayapnya berwarna kuning dengan ukurannya yang cukup besar. dan sebenarnya sudah masuk kategori satwa dilindungi. ANTHOZOA. Hiu Sentani (semua jenis dari genus Pritis) Wader goa Peyang malaya. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 NAMA ILMIAH Homaloptera gymnogaster Latimeria chalumnae Notopterus spp. Lubang Kima selatan Kima raksasa Kima kecil Kima sisik. Troides helena merupakan salah satu spesies khas jawa. Peyang Irian. telur dan larva helena dapat ditemukan di tanaman sirih hutan (Aristolochia tagala) G. Dan merupakan salah satu indikator perubahan iklim. Susur bundar Batu laga.

Ikan jenis ini sebenarnya sudah umum dikenal oleh nelayan setempat namun belum terdiskripsikan hingga seorang peneliti Amerika yang tinggal di Manado. Afrika Selatan. Perbedaannya terdapat pada warna kulit Latimeria menadoensis yang berwarna coklat sedangkan Latimeria chalumnae berwarna biru baja. Dr. . sekitar 120 spesies.B. seekor ikan raja laut tertangkap jaring nelayan di perairan Pulau Manado Tua. dinyatakan telah punah dan hanya ditemukan fosilnya saja. Ikan raja laut (Coelacanth) telah dianggap punah pada 65 juta tahun yang silam.1. Pada tahun 1998. Nama genus ikan diambil dari nama pimpinan museum London. Ikan raja laut (Latimeria chalumnae) Ikan raja laut atau Coelacanth merupakan ikan purba yang banyak hidup pada 360 juta tahun yang lalu. Sedangkan berbagai jenis lainnya. Mark Erdmann dan beberapa temannya termasuk ilmuan LIPI mempublikasikannya dan belakangan ikan raja laut ini disebut sebagai spesies baru. Panjangnya mencapai 2 meter dengan berat mencapai 80 -100 kg. Ekor ikan purba ini berbentuk seperti kipas dengan mata yang besar dan sisik yang terlihat tidak sempurna (seperti batu). yaitu nenek moyang binatang yang hidup di darat termasuk manusia. Sulawesi Utara. Antara ikan raja laut spesies Latimeria chalumnae (Coelacanth Komoro) dan Latimeria menadoensis (Coelacanth Sulawesi) mempunyai ciri -ciri yang serupa. perairan Afika Selatan hingga ke Madagaskar. beberapa ekor jenis Latimeria chalumnae (Comoro Coelacanth) berhasil tertangkap di Kepulauan Komoro. Ikan raja laut yang dikenal sebagai Coelacanth kini hanya tersisa dua spesies yaitu Latimeria menadoensis (Indonesia Coelacanth) dan Latimeria chalumnae (Comoro Coelacanth). Marjorie Courtney-Latimer.L. Coelacanth adalah jenis ikan berpa ru-paru yang dipercaya sebagian ahli sebagai nenek moyang tetrapoda. Kapten kapal yang menangkap ikan tersebut tertarik sehingga mengirimkannya ke museum di London yang dipimpin oleh Nn. Latimeria men adoensis (Coelacanth Sulawesi). seekor coelacanth hidup tertangkap ole h jaring hiu di Chalumna. Smith kemudian mendiskripsikan ikan purba tersebut dan memberikan nama Latimeria chalumnae pada tahun 1939. Ke-120 spesies hanya dikenali dari berbagai fosil yang ditemukan. Namun pada 1938. sedangkan nama spesiesnya sebagai pengenang lokasi penemuan ikan raja laut itu. Ikan raja laut atau Coelacanth mempunyai habitat di lautan dalam. Hingga tahun 1990. Meskipun terkadang ikan purba ini bisa berada di kedalaman laut 200 meter. 700 meter di bawah permukaan laut. J.

Pada tahap ini biasanya ia bersaing dengan para kepiting tulen untuk memperoleh makanan. sebagian besar telur yang akan m enetas menjadi larva nanti dapat terbawa ke tengah laut.Status konservasi kedua jenis ikan raja laut ini juga berbeda. tempat mereka menemukan plankton sebagai makanannya. Kepiting biasa umumnya kawin di laut. Tetapi akhir -akhir ini. dan sesudah kawin. CITES memasukkannya dalam daftar Apendiks I. Selama 3 ± 8 minggu. Di Indonesia. telur yang sudah dibuahi disimpan di bagian bawah perut ket am kenari betina. Famili: Latimeriidae. Mereka kawin di daratan. Talaud. ia berlindung ke dalam rumah siput yang kosong ditinggalkan pemiliknya. Oleh IUCN Redlist Coelacanth Komoro (Latimeria chalumnae) berstatuskan Kritis (Critically Endangered) sedangkan Coelacanth Sulawesi bersatuskan Vulnerable (Rentan). larva itu sendiri menjadi bagian dari plankton. Spesies: Latimeria chalumnae. seperti di Kepulauan Salomon misalnya. Ketam kenari Pada masa lalu. masih ada yang menyisa di Pulau Sangihe. ikan raja laut termasuk ikan yang dilindungi berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 1999. penyebarannya hanya terbatas di pulau -pulau kecil yang umumnya tidak dihuni orang. Agar tidak ditelan oleh binatang lain yang mengira bahwa ia juga plankton. Kawio. Nama Indonesia: Ikan raja laut 2. Latimeria menadoensis. tetapi ketam kenari tidak. Togian. Filum: Chordata. Menunggu air pasang bulan purnama ini ada maksudnya! Sebab. Telur yang jumlahnya puluhan ribu butir itu kemudian dilepas ke air laut kalau sudah ada air pasang pada bulan purnama. Penyebarannya berkaitan dengan penyebaran tanaman kelapa. Genus: Latimeria. Kelas: Sarcopterygii. tetapi kadang juga dapat ditemukan di daerah yang jauh (sampai 100 m di atas permukaan laut) ke arah pedalaman. Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia. Di Sulawesi. Subkelas: Coelacanthimorpha. . ketam itu diduga sudah punah.Penghuni pantai Ketam kenari hidup di pantai dekat laut. Ordo: Coelacanthiformes. dan Banggai. Mungkin karena binatang itu senang sekali makan buah kelapa. dengan adanya air pasang. ketam ini cukup luas penyebarannya dan dapat ditemui di seluruh kawasan barat Samudera Pasifik dan Samudera India. Di pantai pulau -pulau yang sudah ada orangnya.

Pada waktu malam ia mencari makan. Walaupun ia dipandang sebagai binatang malam. Sebab. Sesudah itu. Ketam kenari yang sudah besar ini umumnya bersemb unyi dalam lubang karang atau lubang bebatuan yang cocok di dekat pantai. Dibiarkan hidup selamat sampai tua. tetapi sesudah tua berwarna lembayung muda. sampai ia sering disebut pencuri kelapa. buah akan dibawa lagi naik pohon. Menurut cerita rakyat setempat. tubuhnya sudah tumbuh bongsor sampai rumah bekas siput tidak muat lagi. Ia akan tinggal dalam rumah siput yang berhasil digotongnya ke pantai itu selama 3 ± 4 minggu. Pada siang hari ia lebih suka tinggal diam dalam lubang persembunyiannya.6 m. dengan bobot 17 kg. akan meninggalkan air laut untuk mengung si ke daratan tepi pantai. Rumah curiannya ditinggalkan dan ia mengubur diri dalam lubang galian pasir pantai yang basah. Bahkan terkadang di bawah pohon kelapa atau akar pandan. Di sinilah ia berubah menjadi ketam kenari yang menanjak dewasa. namun tidak semua pakar perikanan menyetujuinya sebagai binatang malam. Ia hidup sebagai binatang malam karena tubuhnya tidak tahan terhadap sengatan matahari terik tepi pantai. sampai setinggi 20 m untuk memetik buah. ketika pemilik pohon sedang tidur lelap. dan dari atas pohon buah itu dijatuhkan . Makanan utamanya buah kelapa. dengan ujung kakinya yang runcing sebagai tangan pemeluk batang.Ketam kenari yang sudah berhasil memperoleh rumah siput. terk adang ketam kenari itu juga tertangkap basah ketika sedang ngeluyur waktu siang. Sesudah dikuliti. bebas dari ancaman musuh yang tergiur oleh tubuhnya yang telanjang. Biasanya memakan waktu beberapa hari untuk menghabiskannya. campur coklat dan ungu tua. ia akan menjatuhkan buah itu ke tanah dan turun dulu untuk menguliti buah dengan capitnya yang luar biasa kuatnya. Lubang ini bisa sampai sedalam 0. Tidak hanya kelapa Dalam lubang persembunyian itu ketam kenari akan berganti kulit dengan aman. Orang Inggris menyebutnya robber crab karena menganggap ketam itu mencuri kelapa pada malam hari. Ia memang mahir memanjat kelapa. kalau sudah berhasil memetik buah kelapa. ia bisa sampai 30 tahun umurnya. Ketam kenari dewasa dapat mencapai ukuran 1 m (dari ujung kaki ke ujung kaki lainnya). Ketika masih muda berwarna coklat dengan loreng hitam di kakinya. dan makanan yang diperolehnya dibawa ke dalam lubang persembunyian.

ia masih saja dapat dijumpai di berbagai restoran mahal di Manado. dan Jakarta. Karena dagingnya lezat seperti kepiting. Dalam pemeliharaan sebagai binatang rumah.± Rp 60. Barulah ia turun lagi untuk makan bu ah yang sudah pecah.seekor. atau bahkan berbagai macam makanan lainnya. dan kelapa juga bukan makanan utama satu -satunya baginya. ketam kenari jadi langka. Ia tidak pernah makan buah di atas pohon.ke tanah agar pecah.. kayu yang sudah lapuk. tergantung besarnya ketam dan cara memasaknya. ketam kenari sering diburu untuk dimakan.. Ia dapat memak an apa saja. Terancam punah Ketam kenari muda biasanya menjadi mangsa bagi binatang lain yang lebih besar. sehingga harganya mahal. ketam kenari tidak sepenuhnya tergantung pada kelapa.000. ketam kenari juga dapat hidup dengan makan kol. daun selada. Para penggemar makanan enak yang pernah merasakan ketam kenari akan mengatakan bahwa tidak ada satu kepiting pun yang dapat melebihi kelezatan ketam kenari. babi hutan. Tetapi karena merupakan hidangan istimewa. Namun. termasuk kepiting yang sedang berganti kulit. Ternate. Sebelum krisis moneter. harganya di Sulawesi sekitar Rp 40. . Populasi binatang itu turun sampai di beberapa pulau di Indonesia diduga sudah langka (meskipun belum ada yang mendata jumlahnya secara pasti).000. seperti biawak. Tetapi ancaman yang lebih besar datang dari pihak manusia. Makanan lain yang juga sering dimakannya ialah buah pandan. atau bahkan burung kecil. Karena populasinya yang sudah merosot itulah. dan terkadang burung besar. baik oleh penduduk setempat maupun oleh para wisatawan yang diperkenalkan kepadanya.

Kepunahan dalam biologi berarti hilangnya keberadaan dari sebuah spesies atau sekelompok takson. . dan masih ada kemungkinan tersisa di area lainnya. : lenyap dan tidak bias ditemui lagi keberadaannya do dunia.Glosarium Ekstirpasi Punah : kepunahan di suatu area.

html http://www.wisatakaltim.com/2009/07/daftar -serangga-insectadilindungi.go.dephut.com/fauna/badak -jawa.http://blogmhariyanto.com http://www.com .html http://id.wordpress.id http://alamendah.merbabu.blogspot.