BAB 10 BERNEGOSIASI YANG MENGHASILKAN DALAM KONTEKS BEKERJA

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

-

Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat madya Bernegosiasi bekerja yang menghasilkan dalam konteks

-

Indikator

-

Mengemukakan gagasan, pendapat, atau komentar dalam kalimat yang menarik dan santun dengan memerhatikan butir-butir yang akan dibahas Menyanggah pendapat orang lain dalam kalimat yang santun dengan tetap menghargai pendapat mitra bicara Meyakinkan mitra bicara untuk menyetujui pendapat pembicara dengan sikap dan kalimat yang cermat, serta argumentasi yang rasional

Pada pelajaran ini, kita diajarkan tentang bernegosiasi mulai dari pengertian negosiasi, perlunya negosiasi, persyaratan untuk bernegosiasi yang berhasil, serta mencermati dialog yang mencerminkan kegiatan negosiasi. Diharapkan setelah mempelajari bab ini, kita akan memahami hal-hal yang berkaitan dengan negosiasi yang baik serta mampu menghasilkan dan melakukan negosiasi.

Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI

185

mengatakan. Wahono Sumaryono. akan mempengaruhi harga biodiesel maupun gasohol juga. katanya. Selain insentif. Pemakaian energi alternatif baru dan terbarukan sebagai pengganti BBM perlu dilakukan mengingat cadangan BBM yang makin berkurang. di Jakarta.” kata Menristek/Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kusmayanto Kadiman pada peluncuran perdana Gasohol BE-10 untuk bahan bakar otomotif. bagi mereka yang menggunakan bahan bakar biodisel atau gasohol. Sox. Menurut dia. kata Menristek. dengan memakai 186 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI . Kusmayanto mengatakan subsidi Pemerintah terhadap BBM dianggap bukan sebagai faktor penyebab dan energi terbarukan kalah bersaing dengan harga BBM. harus diakui bahwa harganya menjadi lebih murah dan persoalan pokoknya bahwa biodiesel maupun gasohol adalah energi terbarukan. Namun. senyawa aromatik dalam bensin serta partikel lembut kurang dari 10um. “Saya harapkan Presiden mau memberikan insentif untuk mengembangkan energi baru dan terbarukan. Berbeda pendapat dengan pakar energi lainnya. Nox. baru-baru ini. Pemerintah Austria memberikan keringanan pajak dan pemberian voucher kepada pemilik mobil yang menggunakan biodesel sebagai bahan bakar kendaraannya. dalam pengolahan biodiesel maupun gasohol tetap membutuhkan BBM sehingga bila harga BBM naik. Biodiesel-Gasohol pengganti BBM Pemakaian energi alternatif perlu diberikan program intensif oleh pemerintah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Di negara lain seperti di Austria. Pemerintah juga dapat memanfaatkan lahan-lahan marjinal di sejumlah daerah sebagai lahan untuk ditanami dengan tanaman sumber energi terbarukan seperti singkong dan tanaman jarak yang merupakan bahan bakunya. Itu sebabnya lebih baik diberikan potongan pajak kendaraan bermotor misalnya. Diputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT. Pemakaian gasohol maupun biodiesel mendukung program langit biru karena dapat menurunkan kadar emisi gas berbahaya seperti CO. Sementara itu. tidak seperti BBM yang makin habis disedot dari bumi.Wacana Perlu Intensif Pengembangan. kata Kusmayanto.

Cina (Gasohol-10). kata Wahono. Menurut Wahono.” kata Wahono. Brasil (ethanol murni dan Gasohol-20). Menristek mencanangkan pemakaian gasohol sebagai bahan bakar pada kendaraan dinas yang digunakan sehari-hari di lingkungan kementeriannya. bioethanol 10%) mencapai seperlima dari total konsumsi bensin. kapasitas produksi ethanol saat ini hanya berkisar 0. Beberapa negara yang telah lama mengaplikasikan gasohol antara lain Amerika Serikat (Gasohol-10). Menurut Wahono.3 juta KL per tahun. pilot plant Ethanol BPPT berkapasitas 8.18 juta KL sebagai crude alchohol kadar 96%. katanya. Pemanfaatan gasohol. Bahan bakar campuran ini populer disebut gasohol. katanya. Dari hasil uji konfirmasi yang dilakukan Balai Termodinamika Motor dan Propulsi BPPT atas unjuk kerja mesin mobil yang berbahan bakar Gasohol BE-10 dan BE-20. hingga saat ini belum ada satu pun pabrik ethanol di Indonesia yang mampu memproduksi FGE. Thailan (Gasohol10). perlu dikembangkan lahan pertanian seluas 70.000 liter per hari itu masih dapat ditingkatkan kemampuannya untuk menghasilkan FGE. Padahal. ditemui adanya peningkatan efisiensi pembakaran nilai kalor FGE hanya dua per tiga nilai kalor bensin. Ethanol anhydrous 99% atau bioethanol fuel great (FGE) dapat dicampurkan ke dalam bensin hingga 20% sebagai aditif (octane enhancer) ataupun subsitusi bahan bakar otomotif tanpa harus mengubah mesin yang sudah ada. tidak memerlukan perubahan apa pun paa jaringan atau infrastruktur distribusi BBM. Kanada (Gasohol-10). Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 187 . Peningkatan jumlah produksi dan kualitasnya menjadi FGE akan membutuhkan sedikitnya sembilan pabrik ethanol masing-masing berkapasitas 100 KL per hari. apabila implementasi Gasohol BE-10 (Gasoline 90%. “Kinerja mesin menyamai penggunaan pertamax. Balai Besar Teknologi Pati BPPT di Lampung telah memproduksi FGE secara dehidradi 50 liter per hari. Produksi FGE tersebut hanya untuk keperluan uji unjuk kerja otomotif berbahan bakar Gasohol BE-10 yang akan dimasyarakatkan kembali. Bahan baku Gasohol BE-10 adalah singkong yang diproses menjadi ethanol anhydrous 99% atau bioethanol fuel great (FGE). maupun mesin kendaraan yang ada. maka dibutuhkan FGE 0. Agar suplai bahan bakunya (singkong) dapat terjamin. Sayangnya. Dalam peluncuran perdana Gasohol BE-10 itu. Indonesia berpeluang mendapatkan insentif Carbon Credit dari Bank Dunia sebesar 10 dolar AS setiap pengurangan emisi CO2 satu meter kubik seperti yang diatur oleh Protocol Kyoto. katanya.energi ramah lingkungan.000 hektar. India (gasohol-10).

diharapkan pihak lain.DR. Franz Von Magnis Suseno. masyarakat akan terdorong menggunakan bahan bakar gas untuk kendaraan karena harga jual gas lebih murah. atau sesuatu yang diingini dianggap sudah benar. Negosiasi dapat diartikan pula kegiatan yang ditimbulkan oleh keinginan untuk memenangkan kemauan atau kepentingan sendiri karena terhambat oleh kepentingan pihak lain atau adanya pemikiran yang bertolak belakang. Melalui kalimat yang menarik dan santun. negosiasi adalah: Proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dan pihak lainnya. gagasan. DR. Batu bara misalnya. Untuk mencapai negosiasi yang menghasilkan. perbedaan. dengan itu masyarakat akan mencari alternatif lain pengganti BBM. Pengertian Negosiasi Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). tentu bukanlah alternatif yang dapat diterima semua pihak. program. Demikian juga menyusul kebijakan ini. untuk kegiatan perusahaan. Dengan adanya perbedaan prinsip tapi berada dalam kepentingan dan tujuan yang sama. Dari pengertian tersebut. yaitu Rp.550. solar. (Sumber: Media Akademika. dan keinginan untuk berunding. per liter. Padahal BBM merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbarui dan cadangannya sangat terbatas di perut bumi. Pihak yang satu merasa konsep. edisi Mei 2005) A. dapat kita simpulkan bahwa negosiasi adalah proses yang ditimbulkan oleh adanya unsur dua pihak. penyelesaian sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa. Namun. perlu adanya penyampaian argumentasi yang kuat dan tak terbantahkan dengan kalimat yang menarik dan santun. 1. Menyakut kenaikan harga BBM dewasa ini. dan minyak tanah.BBM hampir selalu menjadi masalah di semua pemerintahan di dunia apabila harus menaikan harganya. Romo Prof. terjadilah negosiasi. SJ. selain mengakui kebenaran pendapat yang 188 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI . Magnis Suseno mengakui. menghapus subsidi beberapa jenis BBM strategis untuk masyarakat banyak seperti bensin. sementara pihak lain berpikiran sebaliknya. Menyatakan pendapatnya bahwa dengan harga BBM yang rendah tidak menguntungkan bagi upaya mencari bahan bakar alternatif. dalam suatu artikelnya di koran terkemuka di Jakarta.

Salah satu pelatihan untuk belajar bernegosiasi ialah seringnya mengikuti rapat-rapat dalam organisasi sekolah seperti OSIS. 2. Di sekolah ada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang merupakan wadah seluruh kegiatan siswa terutama kegiatan ekstrakulikuler (ekskul). OSIS juga mempunyai program kerja yang berkaitan dengan kegiatanBahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 189 . Program kerja berisi rencana-rencana kegiatan yang rutin dan insidental disertai jadwal atau waktu pelaksanaannya. beberapa hal berikut yang perlu kita perhatikan. Bernegosiasi dalam Menyusun Program Kerja Sebuah organisasi pasti memiliki program kerja sebagai acuan kegiatan selama kurun waktu tertentu. 5. Untuk dapat bernegosiasi dengan baik dan berhasil. seperti untuk kepentingan organisasipekerjaan. B. Semua kegiatan biasanya dirancang berdasarkan tujuan serta visi dan misi organisasi tersebut. kita harus banyak berlatih mengungkapkan pendapat melalui diskusi atau dialog. atau yang berhubungan dengan hajat orang banyak. dan santun Bersikap sabar dan terbuka menerima pendapat orang lain Berupaya meyakinkan mitra bicara tentang penting dan bergunanya hal yang kita negosiasikan secara santun Menghindari sikap menjatuhkan pendapat orang lain Memiliki beberapa alternatif konsep lain yang tak jauh beda bila konsep pertama tak bisa diperjuangkan Di samping itu. 8. Kita harus memiliki kemampuan bernegosiasi untuk berbagai hal yang mungkin perlu dinegosiasikan. Memahami persoalan yang akan dinegosiasikan. Kemampuan bernegosiasi juga diperlukan jika suatu saat kita terlibat dalam kegiatan bernegosiasi.dikemukakan juga tertarik pada penjelasan yang disampaikan sehingga bersepakat. Memiliki informasi dan data tentang persoalan yang akan dinegosiasikan sebagai bahan argumentasi Mengungkapkan gagasan atau pendapat dengan alasan yang rasional Menyampaikan penjelasan dengan kalimat yang menarik. Dengan seringnya berlatih menyampaikan kalimat yang menarik dan santun. 6. 4. kita akan mudah serta terampil bernegosiasi. efektif. 1. 7. 3.

Setiap bidang kegiatan pada awal tahun membuat program kegiatan yang selanjutnya akan menjadi agenda/program kerja tahunan OSIS. orang-orang yang melaksanakan. Hal itu perlu sebab sebuah program kegiatan harus dipahami dulu latar belakang. Bernegosiasi dengan Santun Seperti juga dalam diskusi ada yang menyanggah suatu usulan dan ada yang mendukung. kesenian. Tentunya melalui tawar-menawar antara pengusul program dan pihak yang menolak. perlu dirundingkan dulu. pada akhirnya harus menuju suatu keputusan yang damai dan dapat diterima semua pihak. PMR. sebuah program harus dipelajari dengan cermat apakah rencana kerja atau kegiatan tersebut layak dilaksanakan dan tujuannya sesuai dengan visi dan misi organisasi. Ada beberapa ekskul yang dilibatkan. Demikian juga dengan negosiasi. yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum OSIS dengan topik pembicaran merumuskan program kerja 1 tahun. menggunakan ungkapan yang tidak bernuansa konflik. C. program kerja juga harus realistis. keagamaan. dan tidak berputar-putar sehingga tidak membuat orang salah pengertian. Pembicaraan alot terjadi ketika membahas kegiatan jambore latgab (latihan gabungan) beberapa bidang ekskul yang dimotori oleh pengurus ekskul pramuka. logis. Oleh sebab itu. pramuka. Saat berlangsungnya rapat OSIS SMK Nurul Iman. tetapi harus melalui perundingan dan permufakatan di kalangan pengurus OSIS lainnya. proses bernegosasi harus dilakukan dengan bahasa yang santun. Selain itu. atau olahraga. Inilah yang disebut negosiasi. Tak jarang sebuah program atau rencana kerja sebelum pembentukan panitia untuk dilaksanakan. Jika butuh sebuah perincian. Tawar-menawar dalam merumuskan sesuatu itu wajar terjadi. dan ekonomis. Sanggahan yang diutarakan juga dengan alasan yang tepat dan dapat menyakinkan orang lain. sasaran.kegiatan yang diindukinya. semua itu harus berakhir pada satu titik pertemuan pandangan yang melahirkan suatu simpulan. Dalam perundingan mengenai program kerja. Singkatnya. Pada sebuah musyawarah atau perundingan. serta biaya yang dikeluarkan. seperti paskibra. 190 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI . tempat pelaksanaan. ada program yang diterima ada juga yang tertolak atau perlu direvisi bergantung pada argumentasi pihak pembuat program. Sebuah program kerja tidak serta merta dibuat dan dapat dilaksanakan. Berikut ini contoh proses berdiskusi dan negosiasi dalam merumuskan suatu program kerja. kemukakan dengan lugas. tujuan.

apakah ada yang ingin menanggapi?” ”Mohon maaf. Namun. bukannya saya tidak setuju ada tambahan kelompok peserta latgab yang dalam hal ini seksi Mading. Jadi tidak semua bidang ekskul pantas menjadi peserta latgab. Paskibra. Saya malah menyarankan untuk latgab tahun ini. tentu kita tahu bahwa pada kegiatan ini. Sebagaimana seksi KIR.” ”Mohon maaf sekali lagi rekan-rekan. yaitu keterampilan psikomotorik. kita mengnyinergikan peranan beberapa ekskul yang pada intinya memiliki kesamaan materi yang dipelajari di bidang ekskulnya. Masalah butuh pelatihnya. keikutsertaan seksi Mading menjadi kurang efektif dan tidak pada tempatnya. Berikut cuplikan percakapannya. Kami malah berkeinginan semua bidang ekskul terlibat. Jadi. dalam kegiatan latgab bulan depan. jika selama ini Pramuka yang memotori kegiatan latgab sehingga kami yang merencanakan proses kegiatan ini. tidak setuju. nanti akan kita rumuskan bersama. namun orientasi latihan gabungan ini kan mengarah pada lebih banyak kegiatan yang bersifat pelatihan fisik. khusus untuk bidang ekskul tertentu saja. Sebelum kita putuskan. kita hendaknya tidak memandang pelatihan Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI Anto : (wakil Paskibra) Tari (wakil PMR) : Dwi : (wakil Pramuka) 191 . induk kita adalah sama semua ekskul membawa visi dan misi sekolah kita dan melibatkan para siswa di SMK kita.” ”Saya sependapat dengan Anto. dan pramuka. menurut saya. pihak Pramuka mengizinkan seksi Mading diikutsertakan pada latihan gabungan tersebut. yaitu mengupayakan adanya kebersamaan di tubuh OSIS dalam bidang apa pun. peserta ekskul hanya melibatkan PMR. bidang ekskul. Mereka mengganggap kegiatan latgab. Sebenarnya jika kita cermati tujuan diadakannya latgab ini. khususnya PMR dan Paskibra. Tak ada salahnya jika kita mengajak semua bidang ekskul untuk terlibat pada jambore/latgab ini. Ketua OSIS : ”Teman-teman pengurus OSIS. latihan gabungan ini jika dilihat dari nama kegiatannya.seperti Majalah Dinding (Mading) dan KIR (Karya Ilmiah Remaja). Sebab.

namun juga setiap peserta apa pun bidang ekskulnya. bagaimana perencanaan mengenai akomodasi dan biaya pastilah akan mengalami pembengkakan. menurut saya kita coba saja. Mungkin rekan-rekan di Mading dan KIR dapat memberikan konsep dan keterampilan khusus untuk hal ini. Namun. bukannya kami bermaksud menyepelekan teman-teman di bidang lain. butuh pelatihan yang bersifat kognitif. OSIS menetapkan kegiatan latgab melibatkan semua bidang ekskul bukan saja Mading dan KIR. Kami akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk meringankan beban keuangan OSIS... 192 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI . tak ada salahnya bukan?” Tari : (wakil Pramuka) Ketua OSIS : .” Anto : (wakil Paskibra) ”Semua yang dikemukakan teman Dwi betul. Kepada Ketua umum OSIS. kami mohonkan pengertian semua pihak bahwa melibatkan banyak pihak bukan berarti berhura-hura. Ini hanya ingin supaya kegiatan tak harus bernuansa hura-hura.. Kami mohon tawaran kami ini didukung. kami mencoba ingin adanya kebersamaan yang total di tubuh OSIS. tapi lebih terfokus dan efektif karena OSIS tetap akan mengakomodasi semua kegiatan bidang lainnya pada bentuk kegiatan yang proporsional.. Tapi.” ”Baiklah jika pihak Pramuka yang menjadi ”master of job” kegiatan ini menjamin pihak OSIS dan sekolah tidak menjadi susah dalam proses penyelenggarannya. Sekali lagi kami minta maaf.ini sebagai bentuk latihan keterampilan untuk fisik saja.” ”Apa yang disampaikan Anto tidak salah jika pandangannya lebih mengarah pada proses penyelenggaraan. Akhirnya.

proses bernegosasi harus dilakukan dengan bahasa santun menggunakan ungkapan yang tidak bernuansa konflik.RANGKUMAN A. Oleh sebab itu. Bernegosiasi dalam Menyusun Program Kerja Dalam perundingan mengenai program kerja. Tawar-menawar dalam merumuskan sesuatu itu wajar terjadi. Inilah yang disebut negosiasi. Jika butuh sebuah perincian. B. dan keinginan untuk berunding. kemukakan dengan lugas. C. Sanggahan yang diutarakan juga dengan alasan yang tepat dan dapat menyakinkan orang lain. Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 193 . perbedaan. Tentunya melalui tawar-menawar antara pengusul program dan pihak yang menolak. Bernegosiasi dengan Santun Sebuah musyawarah atau perundingan pada akhirnya harus menuju suatu keputusan yang damai dan dapat diterima semua pihak. dapat kita simpulkan bahwa negosiasi adalah proses yang ditimbulkan oleh adanya unsur dua pihak. ada program yang diterima ada juga yang tertolak atau perlu direvisi bergantung pada argumentasi pihak pembuat program. dan tidak berputar-putar sehingga tidak membuat orang salah pengertian. Pengertian Negosiasi Negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak lainnya. Dari pengertian tersebut.

tapi pihak kedua tak setuju karena akan menggangu persiapan menghadapi ujian. Sekolah akan mengadakan pentas seni dalam rangka HUT sekolah. 1. Guru dapat menilai keaktifan siswa dalam kegiatan ini. masing-masing akan menjadi pihak ke. Pihak pertama setuju acara pelepasan kelas XII diadakan di luar sekolah. 2. Lakukanlah kegiatan negosiasi dengan persoalan berikut ini. pihak pertama setuju karena punya pengalaman.TUGAS KELOMPOK Bagilah kelas menjadi 8 kelompok. 194 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI . Mengenai keterlibatan kelas XII dalam ekskul dan perlombaan antarsekolah. Untuk mengisi acara. Pihak ke-1 setuju. Sekolah akan membuat peraturan bahwa siswa dilarang membawa HP ke sekolah. Setiap kelompok yang sudah berpasangan. Hal ini lalu diserahkan ke siswa untuk dimusyawarahkan. seksi Acara. tapi pihak ke-2 tak setuju dengan argumentasi masing-masing. tapi pihak ke-2 tidak setuju dengan alasan masing-masing. Pihak ke-1 setuju. pihak kedua berpendapat di dalam sekolah saja dengan bentuk acara hiburan atau panggung. Setiap kelompok yang berpasangan memilih permasalahan di atas dan dikembangkan menjadi sebuah persoalan yang menuntut negosiasi. 4. Seluruh siswa dalam kelompok diharapkan berlatih untuk mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat pihak lain dengan santun. merencanakan salah satunya mengundang penyanyi dangdut selain group band.1 dan pihak ke-2 yang akan bernegosiasi. Setiap kelompok dipasangkan dengan kelompok lainnya sehingga ada 4 kelompok berpasangan. 3. Terjadi pro dan kontra.

4. yang tidak selayaknya Anda lakukan adalah a. menyampaikan pendapat dengan kalimat yang santun d. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini! 1. menyadari bahwa pihak Anda memang masih banyak kekurangan d. mengusahakan jalan pintas yang licik Berikut ini pernyataan yang tidak benar dalam bernegosiasi adalah a. 195 . c. mendalam Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 2. Pernyataan yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi adalah a. pihak Anda tidak memenangkan negosiasi. memperjuangkannya lagi di lain kesempatan b.UJI KOMPETENSI I. Pakailah segala cara untuk memenangkan negosiasi. lugas b. tidak berdebat dan hindari pula konfrontasi. menyampaikan pendapat dengan kalimat yang menarik c. menghargai keputusan yang telah disepakati c. sistematis e. menyampaikan pendapat dengan ucapan-ucapan licik e. Orang yang bernegosiasi harus mematuhi aturan. menerima dengan sikap positif a. d. Usaha berdiskusi. 3. Sebelum bernegosiasi. e. dan perseteruan. menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang benar Penyampaian negosiasi memenuhi kriteria berikut. Jika dalam suatu negosiasi. percekcokan. orang yang bernegosiasi harus melakukan persiapan. b. menyampaikan pendapat yang dapat menyakinkan mitra bicara. subjektif c. logis d. b. Orang yang bernegosiasi harus saling menghormati. kecuali a.

5. tidak memerlukan biaya besar c. sesuai dengan harapan c. 10. tidak masuk akal 196 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI . mudah dipahami e. tidak membutuhkan anggaran d. uraiannya tidak berbelit-belit d. membutuhkan biaya banyak b. terampil bicara e. negoi + iasi Program kerja harus bersifat realistis. sesuai dengan keadaan b. mudah dicerna akal c. maksudnya a. luwes Kata negosiasi berasal dari bentukan a. membutuhkan banyak pihak yang terlibat 6. 7. tidak sulit dilakukan e. supel b. pemurah c. dapat dicerna akal b. tidak bertentangan dengan kenyataan Program kerja harus bersifat ekonomis. dapat dipertanggungjawabkan d. 8. negasi + iasi c. maksudnya a. maksudnya a. dapat menghasilkan uang Program kerja harus bersifat logis. Seorang negosiator harus mempunyai sifat berikut. 9. nego + siasi e. negasi + asi b. Ungkapan bernuansa konflik yang harus dihindari adalah di bawah ini. dapat diwujudkan secara nyata e. kecuali a. negoi + asi d. terpecaya d. kecuali a.

banyak negatif 11. mustahil dilakukan e. Saya menolak pendapat Saudara Joni tentang musik dangdut. 14. Saya tidak terima dengan tanggapan Saudara. Menyetujui diadakan pertunjukan dangdut. dangdut merupakan khas Indonesia. d. Urutan acara sambutan a. acara hiburan sekaligus penutupan. memilih kata yang baik c. Saya sependapat bahwa musik dangdut itu vulgar. Maaf saudara Nita. Alasan saudara Joni. e. tanggapan lagu dangdut saya terima. mencabut hak bicara bagi yang menolak 12. menyusun perencanaan lain d. menyanggah pendapat lain e. d. c. Kesimpulan rapat dari panitia pelepasan siswa kelas 3 SMK Jaya Bakti … a. sambutan kepala sekolah. b. Kesatuan sebuah ungkapan harus didasarkan pada pertimbangan di bawah ini. Pembukaan oleh panitia. menghargai mitra bicara b.b. Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 197 . tidak benar sama sekali c. Tidak boleh diadakannya pertunjukan dangdut sebab terlalu vulgar. kecuali a. e. 13. saya menolak pendapat Saudara Nita tentang lagu dangdut yang terkesan kampungan. Tetapi. b. Menolak pertunjukan dangdut. boleh–boleh saja d. Contoh tanggapan yang santun dalam kalimat diskusi a. c. lagu dangdut sangat merakyat dan syairnya pun diambil dari kehidupan sehari-hari. Ragu-ragu dalam mengadakan pertunjukan dangdut. bahwa musik dangdut itu murahan. Maaf Saudara Dini.

acara hiburan. diterima b. pentas seni. dan latihan upacara bendera e. Oleh 198 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI . keamanan sekolah. acara hiburan. sambutan kepala sekolah. dan penutup. Dalam diskusi “Narkoba”. direvisi c. Pembukaan oleh kepala sekolah. diperlukan sikap-sikap ini. d. pramuka. Sambutan kepala sekolah. berdoa. seseorang peseta mempertahankan pendapatnya. ditinjau ulang 17. kecuali a. dan pembayaran uang sekolah c. Ungkapan yang santun adalah a. hiburan. kebersihan sekolah. dan penutup. pentas seni. arif b. diganti d. penuh pengertian 18. tahukah narkoba sangat merugikan. c. 15. Program kegiatan biasanya dibuat untuk hal–hal yang berkaitan dengan a. kelompok belajar dan paduan suara 16. Berdoa yang dibawakan oleh guru agama. paskibraka.b. dan tata tertib sekolah d. tata tertib sekolah. tak mau kalah d. sabar c. kebersihan sekolah. semangat e. Dalam menyampaikan alasan bernegosiasi. acara hiburan. upacara bendera. Negosiasi mengupayakan agar sebuah program kerja atau usulan tidak dibuat seperti di bawah ini. e. Saudara-saudara semua. sambutan oleh panitia. pembukaan oleh panitia. Pembukaan oleh panitia. kecuali a. dan penutup. dan keagamaaan b. ditolak e.

bercakap-cakap c. d. tanya jawab b. debat II. kegiatan narkoba oke banget! Saudara-saudara harus maklum. e. c. 5. diskusi d. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar! 1. pedoman kerja e. Proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain disebut … a. negosiasi e. berarti Saudara semua bandar narkoba. kalau kegiatan ini ditolak. Saudara-saudara. program kerja d. agenda kerja c. 19. harus dicegah. 4. narkoba mesti kita berantas! Saudara-saudara. dong. jadwal kerja b. 2. Sebuah rumusan yang merupakan acuan untuk pelaksanaan sebuah pekerjaan/kegiatan disebut a. Jelaskan apa yang dimaksud negosiasi! Syarat apa yang harus dimiliki oleh seorang negosiator? Apa yang dimaksud dengan program kerja? Bagaimana cara menyanggah yang santun? Mengapa kita harus bernegosiasi dengan santun? Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 199 .b. kegiatan penyuluhan narkoba perlu kita lakukan sebab memiliki efek yang positif untuk penyalahgunaan Narkoba. Saudara-saudara harus paham. sebab itu. 3. hasil kerja 20.

Bagaimana hasil keputusan rapat tersebut? 200 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI . 8. Lalu jawablah soal-soal di bawah ini! 6. Apakah inti permasalahan dalam rapat tersebut? Apakah bahasa yang digunakan cukup santun dan tidak menyinggung perasaan orang lain? Apakah gagasan/ide disampaikan secara logis? Apakah alasan diikutsertakannya ekskul Mading dan KIR dalam latihan gabungan? 10.Amatilah perbincangan rapat OSIS SMK Nurul Iman pada materi pelajaran ini. 7. 9.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.