Sejarah perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat

Disusun oleh : Nama No. Induk No. Absen Kelas : Cerianto Chandra : 07099 :8 : IX D

SMP Santu Petrus Jln. K.S Tubun No. 3 PONTIANAK 2009 / 2010

3. Adapun tujuan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia dan sekaligus sebagai salah satu syarat untuk kenaikan ke jenjang yang berikutnya. sehingga penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bisa menambah kualitas makalah ini. Ibu Lili jumaria selaku guru pembimbing di kelas IX. 2. Orang tua tercinta yang selalu mendukung penulis. Dalam menyelesaikan makalah penulis. 23 November 2009 Penulis . penulis dapat menyelesaikan makalah penulis tepat waktu. Untuk itu penulis ingin meyampaikan ucapan terima kasih kepada: 1. Pontianak. penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak. Teman ± teman sekelas yang membantu penulis Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan karunia-Nya.

D. ii BAB I PENDAHULUAN«««««««««««««««. 6 . Trikora (Tri Komando Rakyat)««««««««««« 2 2 3 3 E. Perjuangan Diplomasi««««««««««««««.. C... Perjuangan dengan Konfrotansi Politik dan Ekonomi«... 4 BAB III PENUTUP«««««««««««««««««« 5 Daftar Pustaka«««««««««««««««««««. Persetujuan New York«««««««««««... Latar belakangnya terjadi Perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat«««««««««««««««« B. 1 BAB II PEMBAHASAN «««««««««««««««.Daftar Isi Kata pengantar ««««««««««««««««««« i Daftar isi «««««««««««««««««««««.. 2 A.

Apa saja tanggal . . 3.BAB I PENDAHULUAN A. Dalam penyusunanya penulis memilih tema tentang ³Perjuangan bangsaIndonesia merebut Irian Barat´. Pihak ± pihak yang terlibat ? 3. Ingin mengetahui hal ± hal penting yang terjadi. Tujuan Dengan dibuatnya makalah ini. metode penulisan Untuk mengumpulkan data ± data yang dibutuhkan dalam pembuatan makalah ini. Penulis mengambil tema ini karena penulis ingin lebih mengetahui bagamana Indonesia merebutkan Irian Barat. Penulis hanya membatasi masalah ± masalah yang dibahas sebagai berikut. Untuk mengetahui tentang latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat. 1.tanggal penting ? C. D. Apakah latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat? 2. B. Pihak yang terlibat dalam perjuangan mengembalikan Irian Barat. penulis menggunakan metode baca pustaka. 2. Latar Belakang Kegiatan penyusunan makalah ini adalah untuk tugas yang diberikan oleh guru Bahasa Indonesia kami untuk menambah pengetahuan siswa/I bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. Permasalahan Agar pembahasan sesuai dengan yang diinginkan penulis. penulis mempunyai keinginan yang ingin diketahui adalah sebagai berikut: 1.

terutama PBB dan forum ± forum solidaritas Asia ± Afrika. Setelah upaya tersebut tidak berhasil maka sejak tahun 1953 pejuangan pembebasan Irian Barat mulai dilakukan di Foru ± forum internasional. Konfrensi meja bundar dilaksanakan di Den Haag Belanda pada tanggal 23 Agustus sampai 2 September 1949.BAB II PERMASALAHAN A. tetapi Belanda menafsirkan lain yaitu mereka hanya akan merundingkan tentang masalah Irian barat saja. Oleh karna itu Indonesia melakukan berbagai upaya untuk merebut kembali Irian Barat. namun upaya ini tetap tidak memperoleh hasil yang positif. Akan tetapi usaha ± usaha melalui meja perundingan tidaklah berhasil. Perjuangan Diplomasi Dalam mengahadapi masala Irian Barat tersebut Indonesia mula ± mula melakukan upaya damai. Salah satu dari isi perjanjian konfrensi meja bundar adalah Irian Barat akan dikembalikan setahun setelah pengakuan kedaulatan. Awal dari perjuangan ini berasal dari konfrensi meja bundar. Sejak tahun 1954 masalah irian barat ini selalu dibawa ke dalam acara sidang majelis umum PBB. Pada tanggal 23 September 1956 diresmikan ibu kota soa ± siu sebagai ibu kota Irian Barat dan Zainal Abidin syah sebagai Gubernur provinsi Irian Barat. Perjuangan dengan Konfrotansi Politik dan Ekonomi . C. Latar belakangnya terjadi Perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat. yakni melakukan diplomasi bilateral dalam lingkungan ikatan Uni Indonesia belanda. B. Dari keputusan tersebut pihak Indonesia berpikir bahwa Belanda akan menyerahkan Irian Barat.

gagalkan berdirinya ³Negara Papua´.V (Sekarang menjadi Bank Dagang Negara) serta perusahaan Philips dan KLM. Pada tanggal 17 Agustus Indonesia resmi memutuskan hubungan dengan Pemerintah Kerajaan Belanda. Sebagai tindak lanjut dari Tri Komando Rakyat tersebut. tiga bersiap-siap untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa. penggunaan kekuatan AURI saat itu adalah yang paling memungkinkan karena menjelang dilancarkannya Operasi Trikora. maka Indonesia aksi ± aksi perjuangan untuk membebaskan Irian barat ditingkatkan di seluruh Tanah Air Indonesia. AURI sedang berada di puncak kejayaannya. Apalagi pertimbangan dari faktor kekuatan dan kemampuan. dengan ditingkatkannya aksi ± aksi perjuangan di seluruh Tanah air maka banyak perusahaan ± perusahaan Belanda yang diambil alih oleh Indonesia pada bulan Desember 1957 tersebut antara lain Nerderlandsche Handel Maatschappij N. Trikora (Tri Komando Rakyat) TRI Komando Rakyat ( Trikora ) dikumandangkan oleh Presiden Soekarno dalam sebuah di alun-alun utara kota Yogyakarta pada 19 Desember 1961 sebagai reaksi atas sikap Belanda yang secara sepihak telah mendirikan Dewan Papua yang bertugas mempersiapkan pembentukan Negara Papua di bawah bayangbayang Pemerintahan Belanda. . para perancang strategi perang nasional serta para senior TNI saat itu membuat suatu keputusan yang sangat penting. Karena dengan menggunakan cara apapun masih tetap tidak bisa. Tri Komando Rakyat yang dicanangkan kepada seluruh Rakyat Indonesia tersebut berbunyi : Satu.Ternyata berbagai upaya yang dilakukan oleh Indonesia sampai Tahun 1957 belum membawa hasil apapun bagi Indonesia dan Irian Barat masih diduduki oleh Belanda. Berdasarkan pertimbangan dimensi ruang dan waktu. dua. mereka memutuskan bahwa operasi-operasi yang dilancarkan melalui media udara adalah cara yang paling efektif dan menguntungkan. D. terutama bagi sejarah perjalanan TNI Angkatan Udara dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara. kibarkan bendera Merah Putih di seluruh wilayah Irian Barat.

Pemerintah Belanda akan menyerahkan Irian Barat pada Penguasa Pelaksana sementara PBB (UNTEA) pada tanggal 1 Oktober 1992. Adapun isi dari perjanjian New York adalah: 1. Selanjutnya sebagai wujud pelaksanaan persetujuan New York maka diselenggarakanlah Penentuan Pendapat Rakyat Irian Barat (Pepera) pada tahun 1969 dan hasil dari pepera membuktikan Irian Barat tetap merupakan bagian dari Republik Indonesia. Persetujuan New York Pada tanggal 15 Agustus 1962 ditandatangani suatu perjanjian dengan pemerintah Belanda di New York. Pemerintah UNTEA akan digantikan pada tanggal 1 Mei 1963. 3. Selanjutnya untuk menjaga keamanan di Irian Barat maka PBB membentuk pasukan keamanan PBB yang disebut UNSF di bawah pimpinan Brigadir Jendral Said Uddin Khan dari Pakistan. 2. . pemerintahan selanjutnya diserahkan Kepada Indonesia.E. Hasil pepera ini disetujui oleh PBB pada tanggal 19 November 1969. Pada tanggal 1 Oktober 1992 bendera Belanda akan berkibar berdampingan dengan bendera PBB di Irian Barat dan pada tanggal 31 Desember akan digantikan dengan bendera Indonesia.

BAB III Penutup KESIMPULAN Dengan perjuangan yang sangat lama barulah kita bisa membentuk Negara NKRI. SARAN Untuk tetap dapat mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia kita harus menjaga kesatuan dan persatuan dari Negara yang telah diperjuangkan oleh para Pahlawan Negara kita. dan terus membangunya secara adil dan merata. dan telah banyak orang yang berkorba demi memperjuangkan bangsa Indonesia. DAFTAR PUSTAKA . Dengan keteguhan dan kecintaanya pada bangsa Indonesia kita tetap mempertahankan daerah NKRI dengan berbagai cara.

2000. Jakarta: PT Widya Dara. Jakarta : Balai Pustaka.Gloriel International. . Marwati : Nugroho. Ilmu Pengetahuan Populer. Djoened. Poesponegoro. Inc. Sejarah Nasional Indonesia VI. 1993.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful