P. 1
STRUKTUR BIJI

STRUKTUR BIJI

|Views: 1,387|Likes:
Published by Yudhistira Adhianto

More info:

Published by: Yudhistira Adhianto on Mar 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

Yudhistira Adhianto 4442090808

dan kotiledon. Embrio yang berkembang sempurna terdiri dari struktur berikut : epikotil. seperti rerumputan dan bawang. Sedangkan Gymnospermae umumnya memiliki lebih dari dua kotiledon. misalnya pinus yang memiliki 15 kotiledon. hipokotil. .Yaitu : 1. Tanaman monokotil memiliki satu kotiledon. Embrio Suatu tanaman baru yang terjadi dari proses bersatunya gamet ² gamet jantan dan betina pada suatu proses pembuahan. contoh nya kacang ² kacangan. Pada tanaman kelas Angiospermae diklasifikasikan oleh banyaknya jumlah kotiledon. sedangkan pada tanaman dikotil memiliki dua kotiledon.

dan kacang ² kacangan. misal pada semangka. yaitu : 2.1.2. labu. . serta kelapa.2. Jaringan Penyimpan Cadangan Makanan Pada biji ada beberapa struktur yang dapat berfungsi sebagai jaringan penyimpan cadangan makanan. misal pada jagung. Kotiledon. gandum. 2. Endosperm.

Gametophyte betina yang haploid.4. . Komposisi dan persentasenya berbeda ² beda tergantung pada jenis biji.3. Perisperm. Cadangan makanan yang tersimpan dalam biji umumnya terdiri dari karbohidrat. 2. misal pada famili Chenopodiaceae ( Beta vulgaris L dan Spinacia oleraceae L ) dan Caryophyllaceae ( Dianthus sp dan Agros temaa sp ). protein dan mineral.2. lemak. misal pada kelas Gymnospermae yaitu pinus ( Pinus sp ).

Pelindung biji Pelindung biji dapat terdiri dari kulit biji.3. Biasanya kulit luar biji keras dan kuat berwarna kecoklatan sedangkan bagian dalamnya tipis dan berselaput. kerusakan mekanis atau serangan cendawan. . sisa ² sisa nucleus dan endosperm dan kadang ² kadang bagian dari buah. bakteri dan insekta. Tetapi umumnya kulit biji ( testa ) berasal dari integument ovule yang mengalami modifikasi selama proses pembentukan biji berlangsung. Kulit biji berfungsi untuk melindungi biji dari kekeringan.

2. dan labu. dan gandum.Dalam hal penggunaan cadangan makanan terdapat perbedaan di antara sub kelas monokotiledon dan dikotiledon di mana pada : 1. bunga matahari. Contohnya jagung. Contohnya kacang ² kacangan. Sub kelas monokotiledon. cadangan makanan yang terdapat dalam kotiledon atau perisperm sudah mulai dicerna dan diserap oleh embrio sebelum biji masak. cadangan makanan dalam endosperm baru akan dicerna setelah biji masak dan dikecambahkan serta telah menyerap air. padi. Sub kelas dikotiledon. .

KARAKTER BIJI .

ada juga yang berbentuk bulat pipih seperti biji cabai. Dengan bentuk yang seperti ini maka biji tidak memerlukan banyak ruang ketika akan ditanam sehingga dapat meminimalisir penggunaan lahan yang akan digunakan untuk penanaman. namun terkadang tidak membentuk lingkaran atau bulat secara sempurna.‡ Pada umumnya biji memiliki karakter sebagai berikut : 1. . Berbentuk bulat ‡ Biji yang kita temui dalam kehidupan sehari hari umumnya berbentuk bulat atau lingkaran.

hal ini menunjukkan bahwa biji tidak terkena efek dari luar yang mungkin dapat mengurangi keunggulan atau kemampuan dari biji tersebut untuk bertahan selama fase vegetatif.2. . Mengkilat dan bersih ‡ Biji yang baik akan memiliki warna yang terlihat mengkilat dan bersih.

walaupun ada juga biji yang berwarna coklat kehitaman seperti biji alpukat dan biji papaya.3. . Berwarna kuning atau putih ‡ Kebanyakan biji yang kita temui dalam kehidupan sehari ² hari umumnya berwarna kuning atau putih. Namun kebanyakan buah yang kita temui memiliki warna umum seperti kuning ataupun putih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->