P. 1
Ciri khusus tumbuhan

Ciri khusus tumbuhan

|Views: 8,428|Likes:
Published by Syaiful Afif

More info:

Published by: Syaiful Afif on Mar 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/23/2013

pdf

text

original

Definisi Sansevieria Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias

bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing. Sansevieria dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Sanseiveria tak hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseiveria digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan. Dibanding tumbuhan lain, Sanseivieria memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbidioksida, benzena, formaldehyde dan tricloroethylene. Keistimewaan lidah mertua adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi tersebut. Sanseiveria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk rotet dengan ukuran 8cm dan lebar 3-6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karena ini ada yang menyebut Sanseiviria sebagai tanaman pedang-pedangan. Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lemab atau basah, Sanseiveria bisa tumbuh subur. Warna daun Sanseiveria beragam, mulai dari hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motof alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.

Cara Pemeliharaan : Sanseiveria termasuk tanaman yang mudah untuk dipelihara. Syarat utama untuk memelihara lidah mertua agar bisa tumbuh optimal adalah media yang porous dan cahaya. Untuk memelihara media diperlukan

pertimbangan seperti ketinggian tempat, ketersediaan bahan, dan iklim. Bisa tumbuh optimal di ketinggian 0 – 1.800 m dpl, bisa hidup di sinar matahari penuh atau ruangan. Dan kebutuhan airnya tidak terlalu banyak sekitar 25 – 30 ml/tanaman/minggu, juga bisa tahan disiram 1- 2 minggu sekali, karena air berlebih hanya akan mengundang bakteri dan penyakit lain. Untuk pemupukan dilakukan melalui akar, daun atau kombinasi dari keduanya. Tiap variasi sanseiveria bisa digabungkan dalam penatannya dengan repotting dan pemilihan pot yang tepat untuk penampilan sanseiveria agar terlihat lebih menarik, anggun dan elegan.

Alocasia Plumbea atau Senthe Hitam atau Sente Wulung biasa juga disebut Java Black Alocasia. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia (P. Jawa) dengan ciri-ciri batang dan daun bagian bawah berwarna coklat kehitaman/keunguan, daun bagian atas hijau tua mengkilap. Senthe Hitam sulit didapatkan karena berkurangnya lahan-lahan terbuka di P. Jawa sekarang ini.

“Bonsai bukan produk suka-suka, tapi karya seni yang ada di dalam koridor. Itu untuk meluruskan mitos kalau bonsai tak sekedar koleksi bergengsi,” kata Anggota Tim Juri Kontes Bonsai Indonesia, Wawang Sawala.

Draft dan teknik penjurian bonsai penting diketahui, terutama bagi penghobi pemula. Tokoh bonsai dan juga anggota tim juri, Wawang Sawala, akan memandu artikel ini, sejalan juga dengan bagaimana teknik penjurian Ia juga memberikan beberapa tips bagaimana mendapatkan poin tinggi dalam kontes, dengan mendekatkan pada draft yang ada. Memang tak ada yang bisa menyalahkan bila kita menyebutkan, kalau bonsai sebagai produk suka-suka. Sebab, bonsai yang dibuat merupakan satu bentuk ekspresi yang kita tuangkan dalam bentuk tanaman. Jadi apapun bentuknya, pasti berdasakan selera dari pemilik yang tentu tak bisa disalahkan. Anggapan ini tentu bisa saja benar, dengan syarat bahwa karya bonsai yang dimiliki untuk dinikmati sendiri, bukan untuk diikutkan dalam lomba. Sebab, saat masuk dalam lomba atau kontes akan ada aturan baku yang mengatur bagiamana bonsai yang bagus dan layak jadi juara. Pedomannya ada pada draft penjurian yang nantinya akan memberikan nilai dari produk tersebut. “Aturan dibuat untuk memberikan pedoman mana produk yang baik dan layak juara,” tandas Wawang yang sudah menggeluti bonsai dari tahun 70-an.

Tumbuhan lumut merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam divisio Bryophyta (dari bahasa Yunani bryum, “lumut”). Tumbuhan ini sudah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan organ fotosintetik namun belum memiliki akar dan daun sejati. Kelompok tumbuhan ini juga belum memiliki pembuluh sejati. Alih-alih akar, organ penyerap haranya adalah rizoid (harafiah: “serupa akar”). Daun tumbuhan lumut dapat berfotosintesis. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan pelopor, yang tumbuh di suatu tempat sebelum tumbuhan lain mampu tumbuh. Ini terjadi karena tumbuhan lumut berukuran kecil tetapi membentuk koloni yang dapat menjangkau area yang luas. Jaringan tumbuhan yang mati menjadi sumber hara bagi tumbuhan lumut lain dan tumbuhan yang lainnya.

adapun yang akan kita pelajari adalah nepenthes sp (kantung semar) yang udah terkenal itu… ciri -ciri tanaman itu adalah sebagai berikut : Genus Nepenthes (Kantong semar, bahasa Inggris: Tropical pitcher plant), yang termasuk dalam familia monotypic, terdiri dari 80-100 spesies, baik yang alami maupun hibrida. Genus ini merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis Dunia Lama, kini meliputi negara Indonesia (55 spesies, 85%), Republik Rakyat Cina bagian selatan, Malaysia, Filipina, Madagaskar, Seychelles, Australia, Kaledonia Baru, India, dan Sri Lanka. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra. Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga, pacet, anak kodok) yang masuk ke dalam.

Putri malu termasuk tumbuhan hidrofit (hidup diair) termasuk golongan rerumputan, mempunyai duri dan gerakannya tidak dipengaruhi oleh arah rangsangan tetapi di pengaruhi oleh tumbuhan itu sendiri sehingga disebut gerak NASTI Ciri khusus yang dimiliki oleh putri malu adalah mengatupkan daunnya jika terkena rangsangan.

Tumbuhan padang pasir, daunnya berduri karena berbentuk duri , daun kaktus mengurangi penguapan, duri tersebut dapat melindungi diri dari hewan yang ingin merusak, akarnya panjang , merupakan tumbuhan Xerofit yakni tumbuhan yang hidup ditempat kering / panas batang kaktus dapat menyimpan air maka dari itu batangnya terlihat gemuk atau tebal yang fungsinya untuk mengurangi penguapan.

Para hobies adenium atau pun pemula yang ingin memelihara adenium saat ini banyak sekali yang kecewa pada tanaman yang sudah dibeli. banyak sekali yang mengeluh tanaman yang dibeli tidak mau berbunga padahal sebelumnya mengeluarkan bunga.ada juga yang sudah ditanam sekian lama tapi tanamannya tidak mau tumbuh besar dan seringkali ditemui tanamannya kerdil.sebenarnya kenapa sih?pertanyaan itu sering dilontarkan calon penghobi.sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman itu sendiri.contohnya lokasi penanaman,pemupukan yang tdk seimbang,dan juga faktor keturunan dari tanaman itu sendiri.berdasarkan informasi dan pengalaman saya sendiri sebagai penghobi adenium. faktor pemupukan berperan besar pada proses pertumbuhan tanaman itu sendiri.juga lokasi penanaman adenium kita.pada adenium tanaman ini sangat menyukai lokasi yang penuh sinar matahari.sebab dengan pencahayaan yang cukup tanaman dapat tumbuh dengan sempurna karena proses fotosintesis yang dilakukan berhasil dengan sempurna.sedangkan pada pemupukan usahakan menggunakan pupuk organik,karena dari segi keamanannya pupuk organik tdk mencemari lingkungan.penggunaan pupuk kimia seperti NPK harus dilakukan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.gunakan secara periodik untuk pupuk kimia.ciri khusus tanaman sehat yang akan kita beli biasanya mempunyai ciri daunnya hijau mengkilat kecuali pada jenis tertentu.karena pada adenium jenis arabicum,dan swazicum mempunyai bulu bulu halus pada permukaan daunnya.seadangkan pada adenium obesum tdk.pada permukaan batang biasanya terdapat guratan guratan seperti kulit yang merekah hal itu baik karena menandakan pertumbuhan adenium berlangsung sempurna.tdk terdapat bercak coklat ataupun kuning pada daun.biasanya komposisi daunnya besar di bagian pucuk dahan,dan mengecil kebagian bawah.daun tanaman tdk menggulung ataupun mudah rontok.pada perakaran tanaman tdk terdapat bekas luka.pada permukaan batang juga tdk terdapat bekas luka ataupun pigmen yang menggeras.pertumbuhan bunga biasanya berlangsung normal.bunga yang dihasilkan tdk mengalami penyimpangan bentuk.pada pertumbuhan batang tanaman bersifat radial.secara keseluruhan tanaman harus terlihat kokoh.

Merupakan tumbuhan tidak berklorofil , bungsnys terbesar di dunia (garis tengahnya kurang lebih satu meter), ditemukan oleh Raflesia Arnoldi, berkembang biak melalui penyerbukan serangga, merupakan tumbuhan parasit pada akar tumbuhan yang menjalar , banyak hidup di hutan Bengkulu, Sumatra, baru terlihat ketika kuncup bunganya menmbus tumbuhan inangnya. ciri khusus bunga raflesia yakni mengeluarkan bau busuk (bau bangkai).

Pengertian Mangrove Kata “mangrove” berkaitan sebagai tumbuhan tropis yang komunitas tumbuhnya didaerah pasang surut dan sepanjang garis pantai (seperti : tepi pantai, muara laguna (danau dipinggir laut) dan tepi sungai) yang dipengaruhi oleh kondisi pasang surut air laut. Menurut FAO (1952) definisi mangrove adalah pohon dan semak – semak yang tumbuh dibawah ketinggian air pasang tertinggi. Mangrove merupakan termasuk varietas yang besar dari famili tumbuhan, yang beradaptasi pada lingkungan tertentu. Tomlinson (1986) mengklasifikasikan jenis mangrove menjadi 3 (tiga ) kelompok, yaitu : Kelompok Mayor, Kelompok Minor dan Kelompok Asosiasi Mangrove. Habitat Mangrove Sebagian pohon mangrove dijumpai disepanjang pantai terlindung yang berlumpur, bebas dari angin yang kencang dan arus (misalnya di mulut muara sungai besar). Mangrove juga dapat tumbuh diatas pantai berpasir dan berkarang , terumbu karang dan di pulau – pulau kecil. Sementara itu air payau bukanlah hal pokok untuk pertumbuhan mangrove, mereka juga dapat tumbuh dengan subur jika terdapat persediaan endapan yang baik dan pada air tawar yang berlimpah. Hutan mangrove dapat tersebar luas dan tumbuh rapat mulut sungai besar di daerah tropis, tetapi didaerah pesisir pantai pegunungan, hutan mangrove tumbuh di sepanjang garis pantai yang terbatas dan sempit. RANCANGAN DAUN YANG SEMPURNA: PORI-PORI

Ada rancangan yang sempurna di dalam setiap milimeter persegi setiap daun, sebuah objek yang biasanya kita anggap, sepintas lalu, sebagai hal yang biasa, sekadar “keanekaragaman kebun.” Pori-pori, yang merupakan salah satu struktur penting tanaman, adalah bagian kunci dari rancangan ini. Lubang mikroskopis (pori-pori) yang terdapat pada daun ini bertanggung jawab dalam fasilitasi perpindahan air dan panas, begitu pula dalam pengambilan karbondioksida, yaitu gas yang diperlukan untuk fotosintesis, dari atmosfer. Selain itu, pori-pori memiliki struktur yang memungkinkannya terbuka dan tertutup sendiri saat diperlukan. Ciri khas menarik lainnya dari pori-pori adalah letaknya yang kebanyakan di dasar daun. Dengan cara ini, efek sinar matahari yang membahayakan ditekan serendah mungkin. Jika pori-pori, yang mengeluarkan air dari tanaman, memenuhi permukaan bagian atas daun, akibatnya pori-pori akan diterpa sinar matahari dalam waktu yang lama. Dalam keadaan ini, pori-pori akan secara terus-menerus mengeluarkan air untuk mencegah tumbuhan mati karena panas. Akibatnya, karena terlalu banyak kehilangan air, tanaman justru akan layu dan mati. Allah, yang telah menciptakan segala sesuatu secara sempurna dan lengkap, menciptakan pori-pori sebagai suatu rancangan eksklusif bagi tanaman dan karenanya mencegahnya dari bahaya akibat kehilangan air. Pori-pori, yang terletak berpasang-pasangan di permukaan jaringan daun, berbentuk seperti kacang merah. Pori yang berhadapan berposisi cembung yang mengatur bukaan pori sehingga menjaga transmisi atau pengiriman gas antara daun dan atmosfer. Bukaan ini, yang disebut bukaan pori, berubah-ubah sesuai keadaan lingkungan (cahaya, kelembapan, suhu, kadar karbon dioksida) dan keadaan di bagian dalam tanaman, terutama menyangkut air. Transmisi air dan gas dari tanaman diatur dengan memperbesar atau memperkecil bukaan pori. Ada perincian yang sangat halus dan cermat dalam struktur pori-pori ini, yang telah dirancang dengan mempertimbangkan semua dampak dari lingkungan luar. Kita semua tahu bahwa kondisi lingkungan luar dipengaruhi perubahan yang terus-menerus: perbandingan gas dan kelembapan, kualitas suhu dan kualitas udara… Tetapi pori-pori daun dapat melakukan adaptasi atau penyesuaian terhadap semua faktor ini. Sistem dalam tumbuh-tumbuhan ini, seperti juga berbagai sistem lainnya, dapat berfungsi hanya jika semua bagiannya ada sekaligus. Karenanya, jelaslah tidak mungkin pori-pori tanaman muncul melalui kebetulan yang evolusioner (berangsur-angsur). Allah menciptakan pori-pori dengan struktur yang sangat khusus, dan merancangnya terutama agar dapat menjalankan fungsinya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->