P. 1
Tawuran Pelajar - Bahasa Indonesia

Tawuran Pelajar - Bahasa Indonesia

|Views: 1,833|Likes:
Published by Tristan Spencer

More info:

Published by: Tristan Spencer on Mar 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2013

pdf

text

original

Tema: Maraknya Tawuran Pelajar di Jakarta Topik: Tawuran Pelajar

Maraknya Tawuran Pelajar di Jakarta

Diajukan untuk Memenuhi Tugas Bahasa Indonesia Sebagai Salah Satu Syarat mengikuti Ujian Praktik

Dibuat Oleh: Rebecca, Zalfa, Melvin, Kevin Vincent, Yensi, Jason 9A

Jl. Sunter Jaya I No. 1 Sunter Agung, Tanjung Priok Jakarta 14350 Telp: 021-65300300 Fax: 021-65300800

Amin. Kami ingin berterima kasih sebesar-besarnya kepada Ms. Martha dan Ms. Kami juga berharap semoga makalah ini dapat berguna bagi orang lain. karena tim kami telah berhasil menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Kami tahu bahwa masih banyak kesahalan yang terdapat dalam makalah ini. oleh karena itu kami mohon kritik dan sarannya. Nur selaku pembimbing dan tim penguji. Jakarta. temanteman dan juga pihak-pihak lain yang telah membantu kami dalam proses penyusunan makalah ini. Februari 2011 Tim Penyusun .Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

I Pengendalian III. Pemecahan Masalah dan Penutup III.IV Dampak Sosial dari Tawuran Pelajar Bab 3 III.I Arti dari Tawuran Pelajar II.III Saran Daftar Pustaka . Pembahasan II. Pendahuluan I.III Dampak Umum dari Tawuran Pelajar II.Daftar Isi Bab 1 I.II Kesimpulan III.II Penyebab Tawuran Pelajar II.I Latar Belakang Tawuran Pelajar Bab 2 II.

Masyarakat sering sekali tidak peka terhadap respon yang ditimbulkan remaja.sehingga tidak sedikit remaja yang mengalami semacam gejolak jiwa yang berupa agresi guna menunjukkan keberadaan mereka dalam suatu lingkungan.seolah-olah seperti seorang terdakwa yang mendapat vonis hukum.Sungguh ironis yang terjadi di dunia pelajar saat ini.kekerasan dianggap sebagai solusi yang paling tepat dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa memikirkan akibat-akibat buruk yang akan ditimbulkan tawuran pelajar.adat.kriminalisme yang lebih mengedepankan otot daripada otak. premanisme. Latar Belakang Masalah Menurut para remaja.yang seharusnya menuntut ilmu setinggi-tingginya agar bisa berguna bagi masyarakat.Memojokkan mereka dari sudut pandang negatif permasalahan yang ada.sekolah. II. Pada saat bersamaan.Dari situlah dimulainya pembelajaran kekerasan.norma.I Pendahuluan I.Yang berlaku adaalah hukum anarkisme.dan kesusilaan.dan masyarakat.seperti berkumpul dengan sekelompok preman dan secara tidak langsung menjadi bagian dari mereka.karena di kelompok barunya mereka mendapat pengakuan yang selama ini tidak pernah mereka dapat dari dalam keluarga.Bab I I. Hal itu menunjukkan gejolak jiwa yang menimbulkan stress dan mencari pelampiasan.di lingkungan baru yang tanpa kenal akan aturan. masyarakat hanya bisa menyaksikan kekerasan demi kekerasan terjadi di hadapan mereka.Padahal sebenarnya tidak bisa dikatakan bahwa kesalahan itu berasal sepenuhnya dari dalam diri atau faktor internal pelajar sendiri.Namun seringkali mencaci perbuatan mereka tanpa berusaha mencari solusi yang bijak akan permasalahan tersebut.Hal tersebut seringkali tersalurkan dalam perbuatan negatif. .

1) Situasional Perkelahian ini terjadi karena adanya situasi yang µmengharuskan¶ mereka untuk berkelahi. Secara psikologis. Pembahasan II. menyalahkan orang lain.Kenakalan remaja dalam bentuk perkelahian tergolong dalam 2 jenis delikuensi.Komplekas berarti adanya keanekaragaman budaya. .III Penyebab dari Tawuran Pelajar 1.dan sangat membutuhkan pengakuan.biasanya memiliki konflik batin. I.termaksud berkelahi. 2) Sistematik Para remaja yang terlibat dalam perkelahian ini berada dalam suatu organisasi tertentu yang mempunyai aturan yang harus diikuti anggotanya.cepat melarikan diri dari suatu masalah.perkelahian yang melibatkan pelajar usia remaja digolongkan sebagai salah satu bentuk kenakalan remaja.Mereka biasa mudah putus asa.Bab II II.Pada remaja yang sering berkelahi. Arti dari Tawuran Pelajar ³Tawuran´ dalam kamus Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai perkelahian yang meliputi banyak orang.II.mereka kurang mampu untuk mengatasi situasi itu untuk pengembangan dirinya. II.Tapi pada remaja yang terlibat perkelahian.yaitu situasional dan sistematik.dll.Apabila kita menarik garis besarnya yaitu perkelahian antar banyak orang yang pelakunya adalah para pelajar.sedangkan ³Pelajar´ adalah seorang manusia yang belajar.memiliki emosi yang labil. Faktor Internal Remaja yang mengikuti tawuran pelajar biasanya kurang mampu untuk beradaptasi menghadapi lingkungan yang kompleks.tingkat ekonomi.Keharusan itu biasanya muncul akibat adanya kebutuhan untuk menyelesaikan masalah secara cepat.mudah frustasi.

.siswa akan membenci sekolahnya.2.Sebaliknya.Para pelajar itu belajar bahwa kekerasan adalah cara yang paling efektif untuk memecahkan masalah.Akibat yang terakhir ini jelas memiliki konsekuensi jangka panjang terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat di Indonesia. II.IV.dan fasilitas lainnya. Dampak Umum Tawuran Pelajar 1. 3. Faktor Sekolah Lingkungan sekolah yang tidak merangsang siswanya untuk belajar akan menyebabkan siswa lebih senang melakukan kegiatan di luar sekolah bersama teman-temannya. Berkurangnya perhargaan siswa seperti toleransi. anak yang tumbuh di rumah tangga yang dipenuhi kekerasan merasa bahwa kekerasan adalah bagian dari dirinya. Rusaknya fasilitas umum seperti bus.Disamping itu.sehingga bagi mereka berkelahi adalah hal yang wajar. 4.jika orang tua yang terlalu melindungi anaknya juga tidak baik.perdamaian dan nilai hidup orang lain.yang paling penting dalam mengajar adalah menumbuhkan motivasi sendiri untuk belajar.serta fasilitas pribadi seperti kaca toko dan kendaraan.Jika anak tumbuh sepertii itu. Faktor Keluarga Rumah tangga yang dipenuhi kekerasan jelas berpengaruh besar pada anak. 4.Anak akan terbiasa hidup kasar dan berkelahi.Jika guru berperan sebagai penghukum dan pelaksana aturan yang menggunakan kekerasan dalam mendidik siswanya.dan karenanya memilih untuk melakukan apa saja agar tujuan mereka tercapai. Terganggunya proses belajar di sekolah.halte.ia akan menyerahkan dirinya secara total terhadap kelompok yang menjadi bagian dari identitas yang dibangunnya. Faktor lingkungan Lingkungan tinggal yang kumuh dan penuh dengan orang kasar juga dapat mempengaruhi kehidupan anak. Pelajar dan keluarganya yang terlibat perkelahian sendiri jelas mengalami dampak negatif pertama bila mengalami cedera atau bahkan tewas. 2. 3.

Tawuran Pelajar SMPTawuran Pelajar SMA .V. Maraknya tindak kekerasan. 3.II. Dampak Sosial Tawuran Pelajar 1. Menunjukan arah kehancuran suatu bangsa antara lain meningkatkan kekerasan di kalangan remaja. 2. Semakin kaburnya pedoman moral. 4. Membuat masyarakat prihatin dan berupaya mencari solusi yang efektif.

dan nyaman bagi remaja. teman sebaya untuk melakukan point pertama. Untuk menindak lanjuti itu. sebaiknya masyarakat yang meliputi keluarga. Pemecahan Masalah dan Penutup III. III.Bab III III. Adanya motivasi dari keluarga. guru. b.Namun faktor lingkungan dimana mereka berada juga mempunyai peranan besar dalam memicu seorang pelajar mencari pelampiasan-pelampiasan negatif. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul. e.I. Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan. faktor sekolah yang kurang memperhatikan potensi anak-anak didiknya. komunikatif. Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Sampai faktor masyarakat yang senantiasa menyepelekan keberadaan mereka. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini. tidak bisa dikatakan bahwa semua aspek pendorong berasal dari internal mereka saja. dan masyarakat sadar betapa pentingnya mereka menjaga kestabilan remaja dengan memberi ruang yang cukup kepada mereka untuk berekspresi sehingga mereka mendapatkan kenyamanan yang cukup di mana mereka .II. Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis. sekolah. c. d. seperti halnya tawuran pelajar.Seperti faktor keluarga yang dipenuhi oleh kekerasan orang tua. Pengendalian a. Kesimpulan Bisa dikatakan bahwa kenakalan remaja.III.

masyarakat harus sadar akan pentingnya peran mereka dalam membentuk lingkungan yang kondusif. pengakuan masyarakat yang selama ini mereka idamkan. produktif dan berpotensi menjadi generasi penerus yang baik. b.IV. d. Keluarga sebagai elemen dasar sebuah bangunan pendidikan agar lebih aktif dalam memperhatikan anak-anaknya. Saran a. aktif. Mulai dari sekarang. c. sambutan keluarga yang mereka impikan dan sekolah yang nyaman untuk meningkatkan potensi mereka. Sekolah sebagai suatu lembaga pendidik seharusnya memperhatikan potensi-potensi dasar peserta didik untuk lebih meningkatkan daya kreativitas mereka. Dengan hal-hal tersebut diharapkan masyarakat bisa meminimalisasi potensi . Pelajar yang dihajar pelajar lain Pelajar menyerang musuh . pentingnya menciptakan demokratisasi dalam keluarga. Adanya sistem penanganan yang lebih tepat apabila diketemukan tawuran pelajar. III.potensi yang ada guna menimbulkan remaja yang kreatif.berada.

beritajakarta.jpg http://photos-494.com/2008/id/berita_detail. DAFTAR PUSTAKA http://daimabadi.friendster.jpg http://buletininfo.com/?com=news&task=banneritem&view=raw&id=5050 .com/2010/04/27/tawuran-pelajar/commentpage-1/ http://www.com/content/2009/08/07/10/tawuran-dalam.blogdetik.asp?nNewsId=32527&idwil=0 http://ksupointer.com/permainan-tradisional-engklek/tawuran-pelajar http://images.com/e1/photos/49/40/73620494/1_563617752l.IV.detik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->