Tugas Cerpen Bhs Indonesia

LAGU TERAKHIR UNTUK ITA

Nama : Fitria Dewi Kelas : VII H

hatinya kembali tak tenang ketika sang kekasih belum juga membalas SMS-nya hingga sore hari. Kadang . dia merasa ada yang aneh dengan pesan dari kekasihnya itu.. Berulang kali dia melirik hp kecil yang ada di tempat tidurnya. hingga akhirnya dia harus di rawat di rumah sakit. Namun. Keesokan harinya. Dia tidak menyangka pacar yang selama ini sangat dicintainya ternyata tega memutuskan hubungan mereka begitu saja. hingga akhirnya balasan yang ditunggu datang. sebuah SMS masuk dan di layar ponsel itu tertulis My Prince. gadis ini terlihat sangat gelisah. Ita akhirnya menerima keputusan itu dengan hati yang hancur. tapi Ita masih juga kesal dengan sikap Ivan yang tidak mau membalas SMS-nya. Gati. Dokter pun mengatakan kalau salah satu faktor yang menyebabkan penyakit Ita semakin parah adalah stres yang dialaminya hingga membuat kondisi tubuhnya menurun. Dia berharap Ivan akan menghubunginya dan bilang kalau mereka tidak jadi putus. Hingga akhirnya dia tahu kalau ternyata yang membalas SMS itu bukanlah Ivan pacarnya. hanya menjadi harapan semata. Sudah hampir seminggu Ita sakit. tapi temannya. Tubuhnya demam dan kadang dia menggigil. Malam harinya. tapi setelah beberapa kali SMS-an. Dan malam itu pun berakhir tanpa ada SMS dari keduanya. Pertengkaran kedua pasangan itu berakhir dengan kata putus yang dikirimkan lewat SMS oleh Ivan. karena tak satu pun SMS dari Ivan yang masuk ke hp-nya. Hal itu membuat Ita yang sejak awal sudah sedih akhirnya menangis di depan sahabatsahabatnya.Lagu Terakhir Untuk Ita Sudah hampir dua jam Ita mondar-mandir mengelilingi kamarnya. Wajahnya pucat dan tubuhnya semakin kurus. Setelah membalas SMS itu. karena malam telah larut. Gati sangat mengerti perasaan Ita yang merasa sangat kehilangan Ivan kekasihnya. sahabat Ita yang paling mengerti keadaan Ita hanya bisa menatap iba tubuh sahabatnya yang sekarang terkulai lemah diatas tempat tidur. Secepat kilat dia membuka SMS itu lalu membacanya dengan tidak sabar. -aku udah solat dan makan kokIta langsung membalas SMS itu. Berkali-kali dia mengirimkan SMS. Dia berharap pacarnya akan menghubunginya dan meminta maaf langsung padanya. sih? Kok sms ku nggak di balas-balas´ gerutu Ita sambil memencet nomer telepon dengan cepat. Maag yang selama ini di deritanya ternyata sudah sangat parah hingga menimbulkan pendarahan. Hal itu membuat Ita sangat marah dan tidak membalas SMS itu lagi.. Tapi kondisinya belum juga membaik. Meskipun Ivan telah meminta maaf. Ita selalu mengirimkan ucapan selamat pagi pada kekasihnya sebelum dia berangkat kuliah. Sebelum Ita sempat menelpon. Seperti biasa. ³Kamu kemana. Ternyata orang yang selama ini dia tunggu itu baru saja selesai bertanding dalam turnamen voli. Tapi harapan itu. Ita memejamkan matanya untuk tidur. setelah mendengar alasan Ivan yang sudah merasa tidak nyaman lagi dengan dia. Tapi pertengkaran itu malah berlanjut hingga malam hari. Namun. Ita yang masih stres dengan kenyataan yang menyakitkan itu mendadak jatuh sakit. tapi tak ada satu pun pesan masuk yang tampak di hp itu.

tapi sedih melihat penderitaan yang harus dialami Ita. mantan kekasihnya. Hingga suatu hari. tolong temui dia. wajahnya terlihat pucat. ³Apa maksud kamu? Memang penyakitnya itu parah?´ . Apa dia menghubungiku?´ jawab Ita. Gati akhirnya mengerti kerinduan Ita pada Ivan sangatlah besar hingga menyiksa seluruh tubuhnya bukan hanya hatinya. sih. ³Apa perlu aku telepon dia untuk kasih tahu keadaan kamu?´ ³Enggak usah. ³Iya. Tapi. Ita selalu mendengarkan sebuah lagu ciptaan Ivan. dan hal itu membuat Gati menangis. tak sanggup melihat penderitaan yang di rasakan oleh sahabatnya itu. pasti Ita ingin Ivan ada bersamanya. Kagum akan ketegaran sahabatnya itu. Mungkin dengan bertemu denganmu dia bisa sembuh. ³Setahu aku. dan nggak meninggalkannya seperti ini. ³Satu kali saja. ³Aku belum bisa menemui dia. Atau kamu akan menyesal´ paksa Gati. Setiap kali Ita merasa sakit di tubuhnya ataupun tubuhnya demam. Dan seperti mukjizat. Gati menelpon Ivan yang ada di luar kota. Hampir tiga minggu Ita di rawat di rumah sakit. Dia menceritakan keadaan Ita pada cowok itu. aku nggak mau dikasihani sama dia. ³Ta. tanpa sepengetahuan Ita. Kamu kepikiran dia lagi?´ tanya Gati cemas. cuma mau tahu aja dia peduli atau nggak´ jawabnya.´ Gati hanya bisa diam mendengar jawaban sahabatnya itu. Tolong datanglah ke Jakarta dan temui Ita walaupun hanya sebentar´ ucap Gati. Ita butuh kamu. gimana keadaan kamu sekarang?´ tanya Gati ketika sahabatnya baru saja bangun. dan selama itu juga Gati selalu memperhatikan perkembangan kesehatan sahabatnya itu. Kenapa?´ ³Enggak apa-apa. aku kangen sama dia. Ivan masih belum juga mau menemui Ita. ya?´ ³Maksud kamu?´ ³Dari kemarin aku dengar kamu memanggil nama Ivan berkali-kali saat kamu lagi tidur. udahlah nggak usah cemas gitu´ jawab Ita. wajahnya terlihat sedih. lagipula kehadiranku malah bisa membuat dia semakin sakit´ jawab Ivan. dan dia juga meminta Ivan untuk datang menemui Ita. ³Aku mohon sama kamu.samar-samar dia mendengar Ita menyebut nama Ivan dalam tidurnya. Gati tahu di saat sakit seperti itu. ³Alhamdulillah udah mendingan. ³Kamu masih mikirin Ivan. Rasa kagum dan sedih bercampur di hatinya. belum ada SMS ataupun telepon dari dia. keadaan Ita perlahan membaik setelah mendengar lagu itu.

Gati yang mendapat kabar menggembirakan itu langsung menemui Ita. Sementara Ivan masih terus berbicara pada Ita. Itu yang dia lakukan bila sedang merindukanmu. Tapi sayangnya Ita sedang tidur saat itu. Beberapa hari setelah telepon itu.³Datang dan lihatlah sendiri keadaan Ita sekarang. ³Itulah yang membuat Ita bertahan selama ini. Karena aku nggak tega melihat kamu seperti ini terus. Tunggu saja. Hari itu akhirnya tiba juga. Dia meminta Gati mengantarkannya ke rumah sakit. Tiba-tiba tangan yang di pegang Ivan bergerak. Dan . sampai Ivan tiba di Jakarta dua hari lagi. Sekarang coba kau dengar lagu yang sedang di dengarkan Ita´ ucap Gati sambil melepas satu headset itu dan memberikannya pada Ivan. ³Tenang. kini dilihatnya dengan kondisi yang memprihatinkan. Ivan. ³Sudah berapa lama dia seperti ini?´ tanya Ivan. ³Waktu itu kamu kan udah janji. orang yang selama ini di tunggu kedatangannya oleh Ita dan Gati akhirnya datang. Ita bangun dari tidurnya. ³Ivan? Kenapa bisa ada disini?´ tanya Ita yang masih terkejut.´ ³Kenapa kamu bisa sampai kayak gini? Kenapa kamu nggak menjaga kesehatanmu?´ tanya Ivan yang masih tetap menatap wajah Ita. ³Hampir satu bulan dia terbaring di tempat tidur itu. Terlihat masih ada kasih sayang yang dalam dari tatapan itu. kedua matanya tak lepas dari wajah Ita. Kedua matanya menatap wajah Ita yang tertidur. Gati yang melihat itu hanya berharap keadaan Ita akan membaik setelah bertemu Ivan. Suaramu yang sangat dia rindu´ ucap Gati. Sebelum kamu menyesal untuk selamanya´ ucap Gati sebelum mengakhiri teleponnya. dan berjanji akan baik-baik saja. Gati hanya bisa menunggu. Sesampainya di rumah sakit. Aku yang menelpon dia dan meminta dia untuk datang menjengukmu. dia mulai berjalan mendekati tempat tidur Ita. lagu yang pernah dia ciptakan untuk Ita dulu. Dan dia terkejut ketika ada seorang cowok duduk di sampinya sambil memegang tangannya. Selang infus terpasang di tangannya. Ivan terkejut ketika mendengar lagu itu. orang yang selama ini kamu rindu´ ucap Gati. tapi di kedua telinganya terpasang headset agar Ita bisa selalu mendengarkan lagu musik yang bisa menenangkan. ³Dia hanya sedang tidur. Ivan terdiam melihat keadaan gadis yang ada di kamar rawat itu. ³Maaf. Ta. Ivan yang masih merasa terkejut perlahan memegang tangan Ita. sebentar lagi juga dia bangun´ ucap Gati yang berdiri di belakang Ivan. ³Itu bukan urusanmu´ sahut Ita sambil melepaskan genggaman Ivan. Sosok yang selama ini tidak pernah di jumpainya. ya. Ivan mengabari Gati kalau dia akan ke Jakarta untuk menemui Ita. Dia Ivan. Tapi kenapa sekarang kamu kayak gini?´ Ita hanya diam dan memalingkan wajahnya dari Ivan. matanya terpejam. Dia tidak menyangka gadis itu masih menyimpan rekaman lagu itu. bisa terima keputusanku untuk mengakhiri hubungan kita.

Air mata mengalir dari mata Ita. Dan kini lagu itu telah selesai dan Ivan menyanyikannya secara langsung untuk Ita. ³Aku juga senang bisa jalan sama kamu. sayang?´ tanya orang tua Ita. Semua dokter dan perawat sibuk mengatasi keadaan itu. . Gati dan keluarga Ita hanya bisa menunggu dan berdoa dari luar ruang ICU.ternyata benar. Lalu mencium kening Ita dengan lembut. tertawa dan melihat sunset bersama kamu. Setelah itu mereka kembali ke rumah sakit karena Ita masih harus di rawat. Wajah Ita yang tadinya pucat juga mulai berubah cerah. dulu dia pernah meminta Ivan untuk menciptakan lagu dari lirik yang dibuatnya. ³Nanti saja. Keadaan yang sangat romantis itu membuat Ita bahagia. Lagu yang liriknya adalah ciptaan Ita. ³Aku baik-baik aja kok. ³Kamu nggak apa-apa kan. ya´ ucap Ivan. lalu tersenyum. Ita ingin pergi ke pantai bersama Ivan. sekarang kamu istirahat dulu´ sahut Ivan. aku mau mendengar kamu menyanyi. Aku mau dengar´ ucap Ita dengan suara yang hampir seperti bisikan. Suasana mengharukan itu terlihat sangat membahagiakan. dan Ivan tidak setuju. Bahagia seperti ini. ³Aku bahagia banget hari ini. setelah berdebat cukup lama akhirnya Ita dan Ivan mulai akrab kembali. ³Iya.´ Ivan hanya bisa tersenyum mendengar ucapan Ita. Kebahagiaan yang entah akan bertahan sampai kapan. Dan yang lebih membahagiakan. Ita yang terkejut hanya bisa menatap Ivan. Di pantai itu. aku ingin terus bersama kamu. karena bisa pergi sama kamu. dan selama itu keadaan Ita berangsur membaik. Keadaan Ita yang belakangan ini mulai membaik. aku bisa mendengar lagu itu secara langsung´ Ucap Ita sambil memandang langit. Makanya kamu harus cepat sembuh. Sedangkan Ivan. nanti kita bisa jalan-jalan lagi´ sahut Ivan. tiba-tiba drop. Ivan menyanyikan lagu yang baru di buatnya untuk Ita. Setelah beberapa lama menunggu. Berkali-kali dia tersenyum dan tertawa saat bersama Ivan. Tolong nyanyikan lagu itu sekarang. ³Ivan. Wajah gadis itu semakin pucat dan tubuhnya dingin. Rasanya aku nggak ingin ini berakhir. akhirnya dokter membolehkan mereka untuk masuk ruangan itu dan melihat kondisi Ita yang sudah sadar. Pertemuan antara Ita dan Ivan terus berlangsung selama seminggu. dia ingin melihat sunset bersama orang yang di cintainya. Dan pergilah mereka berdua ke pantai untuk melihat sunset. Cepat sembuh. tapi demi kesembuhan Ita. akhirnya mereka menyetujui permintaan Ita itu. Suatu hari. ³Aku sayang kamu. orang tua Ita. Tapi dia masih tersenyum saat melihat keluarga dan dua orang yang berharga baginya itu masuk ke kamarnya. Walaupun awalnya dokter. Sebuah kabar mengejutkan membuat Ivan dan Gati datang ke rumah sakit lebih pagi dari biasanya. Bu´ sahut Ita yang masih lemah.

Akhirnya Ivan menyanyikan lagu yang ingin di dengar Ita itu. Gati dan Ivan. Ita juga menggenggamnya dengan erat seperti tak mau lepas lagi.³Aku mau mendengarnya sekarang. ³Selamat jalan. karena monitor yang menunjukkan gerakan jantung Ita perlahan berhenti.´ . Sebelum wajah Ita di tutupi kain putih.´ ³Nyanyikan saja´ ucap Ibu Ita. Perlahan matanya terpejam dan akirnya dia tertidur. Ivan mencium kening gadis yang pernah di cintainya itu dengan lembut. Mereka tidak menyangka. Dokter juga sudah mengatakan kalau Ita telah pergi untuk selamanya. Dan tak ada lagi pergerakan grafik detak jantung Ita. Begitu juga Ivan. Tapi bukan tidur biasa. dia tidak mengira kalau lagu yang dia nyanyikan itu adalah lagu terakhir untuk Ita. sayang. Mereka terus memanggil Ita. hingga akhirnya sebuah garis muncul di monitor itu. Semoga kau tenang disana. Aku ingin mendengar lagu itu untuk menemani tidurku. Tangannya menggenggam tangan Ita yang dingin. Ita yang mereka kira akan segera sembuh ternyata meninggalkan mereka secepat itu. Ivan yang dari tadi menggenggam tangan Ita merasa tangan Ita perlahan melepas genggamannya. Maafkan aku yang telah membuatmu seperti ini. Air mata seperti tak bisa berhenti mengalir dari mata keluarga. ingin istirahat. Aku lelah. tapi dia tidak juga membuka matanya.

Alur : Alur maju 5. Amanat : Cintailah seseorang yang kau cintai dan jangan pernah untuk menyakitinya karena akan membuatmu menyesal 4. Latar : Rumah Sakit dan Pantai 3. Suasana : Sedih . Tokoh & Watak :  Ita = Protagonis  Ivan = Protagonis  Gati = Protagonis 2.Unsur Intrinsik yang terdapat dalam cerpen : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful