MASA KEPENDUDUKAN JEPANG

KELOMPOK IV : 1. Ghariza Qurratu·ain 2. Firstcillia eldy P. 3. Haliza utari 4. Loisa Rosalia 5. Merisa Gunawan 6. Harun Almahdi 7. Ian Rimhot

Bidang Politik dan Pemerintahan Membentuk pemerintahan militer Jepang Pemerintahan militer Angkatan Darat (Tentara Keduapuluh Lima) yang menguasai wilayah Sumatera dengan pusatnya di Bukittinggi Pemerintahan militer Angakatan Darat (tentara keenambelas) yang menguasai wilayah Jawa dan Madura dan pusatnya Jakarta .BENTUK-BENTUK KEBIJAKAN KOLONIAL JEPANG DI INDONESIA ´ 1.

27 tahun 1942 tentang perubahan tata pemerintahan daerah .Pemerintahan militer angkatan laut (armada Selatan kedua) yang menguasai wilayah Sulawesi. Kalimantan dan Maluku dengan pusatnya di Makasar Pemerintahan sementara militer Jepang ini berakhir ketika dikeluarkannya UU No.

Organisasi Semi Militer 1) Seinendan (barisan Pemuda) pada 29 April 1943 2) Keibodan (barisan Pembantu Polisi) pada 29 April 1943 3) Fujinkai (Himpunan Wanita) pada Agustus 1943 4) Suishitasi (Barisan Pelopor) pada 1 Novemner 1944 5) Jibakutai (Barisan berani mati) pada 8 Desember 1944 6) Kaikyo Seinen Teishintai (Hizbullah) pada 15 Desember 1944 7) Gakutotai (Korps Palajar) « .2. Pengarah pemuda Membentuk Barisan Pemuda Asia Raya (BPAR) pada 11 Juni 1942 « Membentuk San A Seinendan Kunrensho b. BIDANG MILITER ´ a.

organisasi-organisasi militer 1) Heiho (Pembantu Prajurit Jepang) pada April 1943 2) Peta (Pembela Tanah Air / Boei Giyugun) yang diresmikan pada 22 November 1943 .c.

. Dan waktu Jepanglah yang harus kita pakai .3. Dalam bidang kebudayaan . BIDANG EKONOMI DAN BUDAYA Dalam bidang ekonomi diberlakukannya politik penyerahan padi secara paksa karena Indonesia sumber pasokan utama bahan mentah . lagu kebangsaan Jepang Kimigayo dinyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan keharusan memasang bendera Jepang pada hari-hari tertentu .

Selama pendudukan Jepang. desa menjadi miskin . karena aktivitas pertanian menjadi terabaikan karena para pemuda dikerahkan untuk romusha. anggota militer yang berasal dari Indonesia sering diperlakukan dan dipandang inferior oleh anggota militer Jepang Secara ekonomi. korupsi dan pasar gelapnya paling ekstrim .DAMPAK KEBIJAKAN KOLONIAL JEPANG ´ ´ ´ ´ DAMPAK NEGATIF Dalam dinas militer. Indonesia menjadi negeri yang tingkat penderitaan inflasi.

.´ DAMPAK ´ POSITIF Pembentukan organisasi politik dan militer Jepang yang memanfaatkan orang-orang Indonesia telah membentuk karakter kedisiplinan . penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar disekolah dan dianggap sebagai pelajaran utama. ´ Dalam bidang budaya. kepemimpinan dan intelektualitas bangsa sehingga semakin banyak individu yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

.

4. Apa yang dimaksud dengan waktu jepang? Tugas utama heiho Apa tujuan jepang membentuk organisasiµ? Gagukotai.1. 3. 2. tujuan apa dan tahun berapa? .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful