MAKALAH DATABASE

“MICROSOFT SQL SERVER

Oleh :
1. Siti Fatonah 2. Slamet Hariyono 3. Soko Aji Prabowo 4. Sugianti 5. Sukadiyono 09.1.03.02.0466 09.1.03.02.0437 09.1.03.02.0474 09.1.03.02.0479 09.1.03.02.0481

6. Sukris Eka Chandra Bayu 09.1.03.02.0482 7. Syaiful Anam 8. Rizqi Adi Sofyan 09.1.03.02.0485 09.1.03.02.0439

Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI 2010

B. Menurut ANSI (American National Standards Institute). Sybase. SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional. tentang cara berinteraksi/berkomunikasi antara pemakai dengan database. Meskipun demikian. DATABASE Bahasa database adalah bahasa khusus yang ditetapkan pembuat DMBS (database management system). "Insert". Ingres. "Update". B. SQL SQL (dibaca "ess-que-el") singkatan dari Structured Query Language. . Salah satu bahasa database yang populer adalah SQL. "Create". perintah-perintah SQL standar seperti "Select". Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti update data. "Delete". Microsoft SQL Server . Access. dan lain-lain. kebanyakan dari mereka juga memiliki ekstensi tambahan milik mereka sendiri yang biasanya hanya digunakan pada sistem mereka. atau mengambil data dari database. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database.A. Bahasa ini terdiri atas sejumlah perintah yang diformulasikan untuk dapat diberikan oleh pengguna dan dikenali oleh DBMS. dan "Drop" dapat digunakan pada seluruh DBMS tersebut. Meskipun sebagian besar sistem database menggunakan SQL. Microsoft SQL Server. Beberapa sistem manajemen database relasional umum yang menggunakan SQL adalah: Oracle.

Pada saat itu masih didesain untuk platform OS/2 dan didevelop bersama antara Microsoft dengan Sybase. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Pada tahun 1993.1 dan SQL Server 4. Selain dari itu. Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity). Target . Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream).2 untuk NT dirilis oleh Microsoft. Windows NT 3. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering. Sejarah Microsoft SQL Server Pada tahun 1988. Microsoft mulai untuk membuat versi baru dari SQL Server untuk platform NT-nya. Selama awal tahun 1990an. dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah. MS SQL Server 2000 terserang oleh cacing komputer SQL Slammer yang mengakibatkan kelambatan akses Internet pada tanggal 25 Januari 2003. Microsoft mengeluarkan versi pertama dari SQL Server. Pada versi sebelumnya.Micrrosoft SQL SERVER adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Selama proses development tersebut Microsoft memutuskan bahwa Microsoft SQL Server ini harus bisa terintegrasi dengan kuat dengan sistem operasi NT-nya. tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.

. Kalau anda asal-asalan maka ini akan menyebabkan program anda tidak efektif dan terkesan tidak praktis.Microsoft untuk mengkombinasikan antara performa database server yang tinggi serta kemudahan cara penggunaan dan administrasinya rupanya tercapai melalui SQL Server ini.. kita kondisikan jalan itu sebagai bandwidth. Microsoft terus berhasil memasarkan SQL Server dan menjadi database server yang terkenal. sehingga untuk bus tujuan yang sama bisa dipakai oleh banyak . maka jadi nggak isa berjalan.0 dirilis Microsoft pada tahun 1998 dan database engine-nya ditulis ulang agar lebih optimal. Jika dalam suatu kota ada trayek bus kota..0 dari SQL Server. Versi 6. dan kita bisa menganalogikan seperti ini. Microsoft merilis SQL Server 6. nah jika dalam waktu bersamaan bus pada jalan semua. Versi ini merupakan versi yang penting karena sebagian besar merupakan hasil tulis ulang dan juga redesain dari core technology sebelumnya. Pada tahun 1997. Kondisi ini dalam komputer kita dinamakan kondisi hang. maka jalan jadi macet. Pada tahun 1996. SP merupakan suatu perintah yang disimpan dalam server.. MS SQL Server mendukung adanya SP SP memang bagus. Nah hubungannya dengan SP adalah.5 yang berisi berbagai macam kemampuan tambahan dan juga fitur-fitur baru. SQL Server 7. tapi tidak bagus jika salah dan asal2an dalam membuatnya. maka yang terjadi adalah makin banyak peluang bus yang ada dijalan. Nah kalau dah macet. built-in replication dan juga administrasi yang tersentralisasi. Kelebihan Microsoft SQL SERVER 1. Jika tipa penumpang mempunyai 5 tujuan yang berbeda. maka punumpang itu berarti memiliki 5 bus. Di tahun 1995 Microsoft merilis versi 6. Microsoft dan Sybase secara resmi mengakhiri kerjasamanya.5 Enterprise Edition. Akhirnya tahun 2000 Microsoft mengeluarkan SQL.0 sebelumnya. Versi SQL Server 2000 ini berbasis pada framework yang ada pada versi 7. Pada tahun 1994. Microsoft merilis SQL Server versi 6. SP bisa mengurani network traffic. nah kalau tiap penumpang diberikan satu bus kota.0 ini menawarkan peningkatan pada performa.

ini yang sangat bagus. artinya untuk 1 SP bisa memiliki beberapa proses yang berbeda-beda. Kemudian kelebihan dari SP lagi adalah.penumpang dan dengan demikian. maka bus tersebut bisa diijinkan berjalan dengan kecepatan 200 km/jam nah dengan demikian prosesnya jadi cepat dan dengan waktu yang cepat juga bisa melayani penumpang yang lain. artinya SP bisa memberikan konsep n-tier yang mana akan memberikan kemudahan dalam programming dan membuat analisa anda makin cepat dan tidak bertele2. Karena ini akan memudahkan dalam proses otorisasi. kemudian anda juga bisa membuat program berantai disini(masuk ke konsep AI). jangan membuat tabel baru. MS SQL Server mendukung adanya Trigger Dengan adanya trigger dalam database. karena kondisi tidak macet. sehingga saya menyarankan kepada temen2. karena disini kalau anda jeli bisa menggunakan konsep trigger untuk AI. 2. jika saya membuat SP dalam 1 aplikasi bisa lebih dari 1000 SP. maka program aplikasi database kita akan menjadi lebih sempurna. melainkan membuat user dengan tabel yang sudah disediakan oleh database server sendiri. jika membuat database user. Kemudian kelebihan dari SP. anda bisa memjalankan SP yang telah kita buat dari sini. penghapusan ataupun proses peng-update-an. bisa memberikan security terhadap user yang ada di database server. adalah bisa n-tier. yang mana membuat aplikasi anda saat dijalankan tidak terasa kalau proses sudah selesai dikerjakan. Jadi kesimpulannya adalah dengan SP bisa membuat program aplikasi database anda jadi lebih cepat dan bisa men-tuning transact SQL anda. Sebelumnya. Dengan demikian anda tidak perlu lagi repot2 membuat perintah baru lagi di listing program delphi. Trigger juga memberikan kemampuan lebih dalam hal processing data sebagai contoh. dengan trigger anda bisa memberikan tingkah laku atau kondisi terhadap suatu tabel jika dilakukan proses penambahan. jadi ini bener2 gila jika anda memang bener2 suka dan . sekarang tinggal puluhan saja.

3. jika anda bisa menggabungkan keempat feature yang dimiliki oleh MS SQL Server. bisa-bisa di explot dari luar contoh.yang mana bila kita mennggunakan aplikasi tersebut secara resmi. sehingga kalau tidak hati-hati. file databasenya bisa dengan mudah di-attach ataupun di-remove dari system sql server Contoh penggunaan microsoft sql server . Kekurangan / Kelemahan Microsoft SQL Server 1. Mempunyai banyak BUG. Merupakan aplikasi berbayar. kita harus mengeluarkan dana agak besar untuk software ini. jadi kita bisa mapping record terhadap tabel yang kita proses. maka saya yakin program anda akan stabil dan dijamin kecepatannya. 4.sayang sekali jika anda tidak memanfaatkannya. MS SQL Server mendukung adanya function dan beberapa transact SQL yang lain. MS SQL Server mendukung adanya cursor Kemudian kelebihan lain adalah cursor. 2.

Pada jendela Database Back Up. . Jika ini adalah pertama kalinya Anda melakukan backup database. Anda dapat mengkonfigurasi informasi tentang cadangan. 3. Pilih Tasks -> Backup ..1 \ MSSQL \ Backup". Anda dapat nama apapun yang Anda inginkan. Anda dapat meninggalkan nilai-nilai default. Default akan backup ke "C: \ Program Files \ Microsoft SQL Server \ MSSQL. Jenis Backup . Berikut adalah beberapa deskripsi singkat Database . Menyambung ke server sumber.file yang akan cadangan untuk.database yang ingin Anda backup. Nama .Nama backup ini. Buka Microsoft SQL Server Management Studio dan terhubung ke BKKSQL2005. Anda dapat meninggalkan sebagai default. Jika Anda tidak terbiasa konfigurasi ini. Klik kanan pada database AdventureWorks.Anda dapat memilih 2 pilihan: Purna dan Diferensial. 2. Anda harus pilih Penuh. Klik OK untuk melanjutkan cadangan.. Tujuan . Mem-back up data 1.

. 5. Default direktori backup "C: \ Program Files \ Microsoft SQL Server \ MSSQL. Tunggu beberapa saat dan Anda akan melihat pesan pop-up saat backup selesai. Browse ke tujuan.) Yang Anda dapat menyalin ke server lain untuk mengembalikan pada langkah berikutnya.3. Anda akan melihat file cadangan (format bak.1 \ MSSQL \ Backup".

SQL Server 2005 5. SQL Server 6. SQL Server 2008 6.Versi Microsoft SQL Server 1. SQL Server 2000 4.5 2. SQL Server 7 3. SQL Server 2008 R2 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful