sikap antisosial sering dipandang sebagai sikap dan perilaku yang tidak mempertimbangkaan penilaian dan keberadaan orang lain ataupun masyarakat secara umum disekitarnya .` Menurut Kathleen Stassen Berger.

Tindakan antisosial karena tidak peduli Yaitu tindakan yang dilakukan karena ketidakpedulian si pelaku terhadap keberadaan masyarakat disekitarnya.    Berdasarkan sifat. Contoh: Grafiti pada tembok rumah orang lain    2. tetapi tidak mempertimbangkan orang lain terhadap tindakan tersebut. Tindakan antisosial yang dilakukan secara sengaja Yaitu tindakan yang dilakukan secara sadar oleh pelaku. Contoh: Mengebut di jalan raya. . antisosial dibedakan menjadi 2: 1.

Mencoret-coret tembok Ngebut di jalan raya .

Contoh: mengunakan obat terlarang ketika tidak diakui oleh masyarakat.` ` ` ` Soerjono Soekanto mencatat tiga istilah yang berkaitan dengan antisosial yaitu: 1. Anti konformitas (rebellion) Yaitu suatu pelanggaran terhadap norma-norma dan nilai-nilai sosial yang disengaja oleh individu atau sekelompok orang. Aksi antisosial Yaitu suatu aksi yang menempatkan kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok di atas kepentingan umum. Contoh: membuat keributan. ` ` ` ` ` ` . Anti Sosial grudge Yaitu rasa sakit hati atau dendam terhadap masyarakat atau terhadap aturan sosial tertentu sehingga menimbulkan perilaku menyeleweng. membunuh. mengisolasi dari pergaulan masyarakat. Contoh: Menghidupkan radio dengan volume tinggi 3. 2.

Membuat keributan Memdengarkan musik dengan volume keras Menggunakan obat terlarang Mengisolasikan diri .

` ` ` ` ` ` . membuang sampah sembarangan. 2. meja kelas dll.` ` ` ` Umumnya tindakan sosial dibagi menjadi tiga tipe yaitu: 1. Contoh: Menyetel radio dengan kencang 3. sehingga pada akhirnya menimbulkan gangguan bagi masyarakat di sekitar atau melintasi jalan tersebut. Dilakukan oleh tetangga Yaitu tetangga yang mengganggu dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat sekitarnya. Dilakukan di jalan Tindakan yang dilakukan diwilayah jalan. Contoh: Prostitusi. Dilakukan terhadap lingkungan sekitar Tindakan yang berdampak pada rusaknya lingkungan alam dan benda-benda lain disekitarnya. Mabuk. Contoh: Mencoret-coret tembok.