SYARIAH

Syari¶ah merupakan bagian dari kerangka dasar ajaran Islam yang tidak bisa dipisahkan dari aqidah. Pada bab ini akan diuraikan pengertian syari¶ah, fungsi, prinsip syari¶ah, konsep hukum Islam, HAM menurut Islam,demokrasi dalam Islam dan tindak pidana dalam Islam.(ibadah dan mu¶amalah). A. Syari¶ah dan Ruang Lingkup Syari¶ah 1. Pengertian Syari¶ah menurut bahasa artinya jalan, aturan, ketentuan, atau undang-undang Allah SWT. Syari¶ah menurut istilah adalah aturan atau undang-undang Allah yang berisi tata cara pengaturan prilaku hidup manusia dalam melakukan hubungan dengan Allah, sesama manusia, dan alam sekitarnya untuk mencapai keridhaan Allah yaitu keselamatan di dunia dan akhirat. 2. Ruang Lingkup Syari¶ah Syari¶ah Islam mencakup dua persoalan pokok yaitu : a. Ibadah Khusus atau Ibadah Mahdlah. Yaitu ibadah yang pelaksanaannya telah dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad saw, seperti shalat, puasa. hajji. Dalam ibadah seperti ini seorang muslim tidak boleh mengurangi atau menambah-nambah dari apa saja yang telah diperintahkan Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah. Oleh karena itu, melaksanakan peribadatan yang bersifat khusus ini harus mengikuti contoh rasul yang diperbolehkan melalui ketentuan yang dimuat dalam hadits-hadits shahih. Satu kaidah yang amat penting dalam pelaksanaan ibadah ini adalah ³semua haram, kecuali yang diperintahkan Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah.´ Pekerjaan ±pekerjaan di luar ketentuan-ketentuan itu dianggap tidak sah atau batal atau dikenal dengan istilah bid¶ah. b. Ibadah umum atau ibadah mu¶amalah. Yaitu bentuk peribadatan yang bersifat umum dan pelaksanaannya tidak seluruhnya diberikan contoh langsung dari Nabi SAW. Beliau hanya meletakkan prinsip-prinsip dasar, sedangkan pengembangannya diserahkan kepada kemampuan dan daya jangkau pikiran umat.

Hidup bersih dan sehat. utang-piutang. Dan Surat Al Maidah (5) ayat 6 : ³ Allah tidak hendak menyulitkan kamu´. kecuali yang dilarang Allah dan Rasul-Nya. jual-beli. . bisnis. perkawinan. dan sebagainya. perbankan. seperti pidana. Memudahkan Dalam pembebanan (taklifi) Islam tidak terdapat hal yang menyulitkan dan memberatkan. Misalnya puasa menjadikan orang sehat. bersuci terbagi dua bagian. b. tidak bisa duduk dikerjakan dengan berbaring dan seterusnya. 5. seperti sholat. pewarisan. Hikmah bersuci antara lain : 1.Kaidah umum menyebutkan ³ Semua boleh dilakukan. Misalnya sholat dikerjakan berdiri. Allah berfirman dalam surat Al Baqarah (2) ayat 185 : ³ Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesulitan bagimu´. diharamkan babi karena merusak kesehatan. Bilamana orang menjalankan syari¶at Islam maka dia akan merasakan manfaatnya.´ Ibadah umum mencakup aturan-aturan keperdataan. Secara garis besar. tidak bisa berdiri dikerjakan sedang duduk. Berdasarkan ayat diatas jelaslah bahwa Allah tidak akan menyulitkan hambanya. dan lain-lain.Bersuci. Ibadah Bentuk-bentuk ibadah yang termasuk ibadah mahdhah antara lain sebagaiberikut : a. seperti hubungan yang menyangkut ekonomi.b. Syari¶at tidak memberi kesulitan pada manusia dan tidak menyesakkan dada mereka. Dan dalam surat An Nisak (4) ayat 28 : ³ Allah hendak memberi keringanan padamu´. 3.Terhindar dari penyakit. Fungsi dan Peran Syari¶ah Syari¶ah Islam berfungsi membimbing manusia dalam rangka mendapatkan ridha Allah dalam bentuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. 2. 4. Kemashlahatan (kebaikan) Syari¶at diturunkan Allah untuk kemashlahatan atau kebaikan umat manusia. yaitu bersuci dari najis dan hadats. Prinsip Syari¶ah Prinsip syari¶ah terdiri dari : a.tata negara. Bersuci merupakan salah satu hal sangat esensial dalam Islam karena ia menyangkut keabsahan suatu ibadah. diwajibkan zak untuk at membantu fakir miskin dan lain-lain. Sholat. Juga aturan publik.

Hidup bersih.Sabar. tidak ada sikap diskriminasi. . e. 4. Syukur nikmat. d. Membentuk sikap kebersamaan. Hikmah puasa antara lain : 1. 2. Menumbuhkan rasa kepedulian sosial terhadap fakir miskin. Zakat Hikmah zakat antara lain : 1. 3.Hidup sederhana. c.korban nyawa . Hikmah hajji antara lain : 1.Latihan mengendalikan diri dari sifat berlebih-lebihan. Pensucian harta.Konsentrasi jiwa. 2. Puasa. 2. 2. Pensucian diri. 3. 4. Hajji. yang membedakan hanya taqwa.Hikmah sholat antara lain : 1.Disiplin. 3. 4.Rendah hati.korban pikiran .korban jiwa (perasaan) .Disiplin. Pengorbanan yang sangat komplek.korban harta .

sunnah. Kemulian martabat yang dimiliki manusia itu sama sekali tidak ada pada makhluk lain. yang jelas antara yang satu dengan yang lain saling terkait. Dalam hubungan ini Martabat manusia. pada hakekatnya merupakan fitrah yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia.3 Membentuk sikap sabar. Martabat yang tinggi yang dianugerahkan Allah kepada manusia. Dan hukum wadh¶i terbagi kepada lima macam yaitu sabab. Konsep Hukum Islam Hukum Islam adalah hukum yang ditetapkan oleh Allah melalui wahyu-Nya yang kini terdapat dalam Al Qur¶an dan dijelaskan oleh Nabi Muhammad sebagai Rasul-Nya melalui Sunnah beliau yang kini terhimpun dengan baik dalam kitabkitab hadits. haram. Ulama fiqh berpendapat bahwa hukum adalah akibat yang ditimbulkan oleh tuntutan yaitu wajib. Dalam Al Qur¶an disebutkan bahwa manusia mempunyai kedudukan atau martabat yang tinggi. shah dan bathal. Ada perbedaan prinsip antara hak-hak asasi manusia dilihat darisudut pandangan Barat dan Islam. C. Dengan demikian Tuhan sangat dipentingkan. Sedangkan dalam Islam hak-hak asasi manusia bersifat teosentris artinya segala sesuatu berpusat pada Tuhan. Masyarakat Indonesia disamping memakai istilah hukum Islam juga menggunakan istilah lain seperti syari¶at Islam. syarat. Walaupun ide HAM sudah timbul pada abad ke 17 dan ke 18 sebagai reaksi terhadap keabsolutan raja-raja dan kaum feodal di zaman itu. Sedangkan ulama ushul fiqh mengatakan bahwa yang disebut hukum adalah dalil itu sendiri. Hak asasi manusia menurut pemikiran Barat semata-mata bersifat antroposentris artinya segala sesuatu berpusat kepada manusia. makruh dan mubah. B. Istilah HAM menurut Tolchach Mansoer mulai populer sejak lahirnya Declaration of Human Rights pada tanggal 10 Desember 1948. Ide hak asasi manusia juga terdapat dalam Islam. Hak Asasi Manusia adalah hak dasar atau hak pokok yang melekat pada diri manusia semenjak ia berada dalam kandungan sampai meninggal dunia yang harus mendapat perlindungan. Baik dalam pengertian syari¶at maupun fiqh. Terdapat perbedaan pendapat antara ulama ushul fiqh dan ulama fiqh dalam memberikan pengertian hukum syar¶i karena berbedanya sisi pandang mereka. Hak Asasi Manusia Menurut Islam.Q. mani¶. makruh dan mubah. Istilah-istilah tersebut mempunyai persamaan dan perbedaan. atau fiqh Islam. Hukum taklifi berbentuk tuntutan dan pilihan yang disebut dengan wajib. Mereka membagi hukum tersebut kepada dua bagian besar yaitu hukum taklifi dan hukum wadh¶i. Hal ini dapat dilihat dalam ajaran tauhid.S Al Isra¶ (17) ayat 70. haram. Dengan demikian manusia sangat dipentingkan. Kami angkut mereka di daratan dan di lautan«´ . sunnnat. hukum Islam dapat dibagi kepada dua bagian besar yaitu bidang ibadah dalam pengertian yang khusus dan ibadah dalam pengertian yang umum. Syari¶at Islam sering dipergunakan untuk ilmu syari¶at dan fiqh Islam dipergunakan istilah hukum fiqh atau kadang-kadang hukum Islam. Artinya : ³ Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak -anak Adam.

beberpa yang perlu menjadi pegangan : a. Dalam menjalankan syariah Islam. Namum demikian karena Islam merupakan ajaran yang tunggal. maka : . Ibadah ( dalam arti khusus). maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya«´ SYARIAH Syariah (berarti jalan besar) dalam makna generik adalah keseluruhan ajara n Islam itu sendiri (42 :13). 22 :78). Syariah memberikan kepastian hukum yang penting bagi pengembangan diri manusia dan pembentukan dan pengembangan masyarakat yang berperadaban (masyarakat madani). zakat. Syariah Islam secara mendalam dan mendetil dibahas dalam i lmu fiqh. amal dilakukan sesuai kemampuan d. Syariah Islam telah memberi aturan yangjelas apa yang halal dan haram (7 :33.Q. yang membahas hubungan manusia dengan Allah (vertikal). bukan karena orang itu (membunuh) orang lain. hendaklah mementingkan persatuan dan menjauhi perpecahan dalam syariah (3:103.ikuti yang wajib. Sehingga terhadap kekeliruan yang tidak disengaja & kelupaan diampuni Allah. dagang. dll. 4:59) menjauhi bid'ah (perkara yang diada-adakan) b. Syariah meliputi 2 bagian utama : 1. Tatacara dan syarat -rukunya terinci dalam Quran dan Sunah. Dalam pengertian teknis -ilmiah syariah mencakup aspek hukum dari ajaran Islam. Syariah Islam diberikan sesuai dengan kemampuan manusia (2:286).S Al Maidah (5) ayat 32. Dalam hal ini aturannya aturannya lebih bersifat garis besar. Misalnya : salat. puasa 2. 156-157). Misalnya munakahat. syariah Islam tidak bisa dilepaskan dari aqidah sebagai fondasi dan akhlaq yang menjiwai dan tujuan dari syariah itu sendiri. Berpegang teguh kepada Al -Quran dan Sunah (24 :51. atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi. 8:46) .Tinggalkan yang subhat (meragukan) . jauhi yang harap. bernegara. Mu'amalah. yang lebih berorientasi pada aspek lahir (esetoris). terhadap yang didiamkan jangan bertele -tele c. Artinya : ³ « Barang siapa yang membunuh seorang manusia. yang membahas hubungan horisontal (manusia dan lingkungannya) . dan menghendaki kemudahan (2 :185.

Variabel lain yang masih berlaku dalam ekonomi syariah adalah pengaruh positif teknologi . baik hukum-hukum tersebut tentang amal perbuatan maupun akidah. dan yang ketiga adalah jika untuk investasi maka tidak termasuk riba. sebagaimana disebutkan Drs. batasan-batasan. begitu pula kepada Nabi kita Muhammad SAW). Penulis berkeyakinan bahwa bunga untuk investasi tetap dikategorikan riba yang telah jelas hukumnya dalam syariat. Sedangkan pengertian hukum menurut ahli ushul fiqh adalah Khithab (titah) Allah Ta¶ala tentang perbuatan mukallaf (subyek hukum). SH . (semoga Allah Ta¶ala mencurahkan rahmat dan kesejahteraan kepada mereka. 3. mengatakan maksudnya ialah din. Dengan demikian maka dalam hukum syariat tidak terdapat variable bunga dalam teori investasi. Sedangkan Fakhrurrozi. Utrecht. Dalam Hukum syariat maka terdapat tiga pendapat tentang apakah bunga untuk investasitermasuk riba atau tidak. Kesimpulan 1. Sedangkan At Thahanawi mengemukakan defenisi Syariat ialah hukum-hukum yang disyari¶atkan Allah Ta¶ala untuk hamba-hamba-Nya.a mengatakan maksud Syariah ialah petunjuk yang jelas. E. menjelaskan bahwa syariat adalah hal-hal yang ditetapkan Allah SWT atas para mukallaf (orang yang dibebani melaksanakan hukum Allah Ta¶ala) supaya mereka laksanakan (patuhi). 2. Dengan demikian maka untuk membatasi penulisan maka definisi hukum syariat dalam penulisan ini adalah Titah Allah Ta¶ala tentang perbuatan mukallaf. perintah dan larangan. yaitu : jelas-jelas tidak termasuk. ialah : ³Himpunan peraturan-peraturan (perintah-perintah dan larangan-larangan) yang mengurus tata tertib suatu masyarakat dan karena itu harus ditaati oleh masyarakat itu´.Syariah harus ditegakkan dengan upaya sungguh -sungguh (jihad) dan amar ma'ruf nahi munkar Pengertian Hukum Syariah Pengertian hukum dalam hukum positif. Ibnu Zaid. dengan demikian perlu direkontruksi teori investasi yang sekarang ada. baik menuntut atau memperbolehkan a-tau menjadikan sesuatu yang telah ditetapkan Allah SAW supaya dilaksanakan. Qatadah mengatakan meksudnya ialah ketentuan ketentuan. Sedangkan Syariat tersebut menurut beberapa pendapat seperti Ibnu Abbas r. baik menuntut atau memperbolehkan a-tau menjadikan sesuatu. termsuk. yang disampaikan oleh salah seorang nabi dari nabi-nabi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful