Konsep Kontinuitas ‡ Definisi kontinu di suatu titik Misalkan fungsi f terdefinisi disekitar a.

Dikatakan f kontinu di a bila limxpa f(x) ada dan nilai limitnya sama dengan nilai fungsi di a. Dengan kata lain, f kontinu di a jika

lim f ( x ) ! f (a )
x a

.Maka suatu fungsi kontinu di titik a jika memenuhi tiga kondisi: 1. Fungsi harus terdefinisi di a (f(a) ada) 2. Kondisi 1 dan 2 harus sama: ‡ lim f ( x ) ! f (a ) x pa Jika salah satu tidak dipenuhi maka f diskontinu di a. Limit dari f(x) jika x mendekati a harus ada 3.

‡ Terdapat 3 jenis diskontinuitas: 1. tetapi tidak sama. loncat berhingga di a jika limit kiri dan kanannya berhingga namun tak sama. ‡ lim f ( x ) { f (a ) x a . dapat dihapuskan / dihilangkan di a jika nilai fungsi dan limitnya ada.Diskontinu Dicirikan dengan adanya loncatan/ ³gap´ pada grafik fungsi. tak hingga di a jika limitnya (kiri dan kanan) tak hingga (tidak ada). 3. 2.

f(x) Diskontinu yg dapat dihapuskan di a Jika ada fungsi F sedemikian sehingga ‡ F(x) = f(x) untuk semua x{ a didalam domain dari f ‡ Fungsi baru F kontinu di a ‡ Contoh sin ® x ± ika x { 0 ( x) ! ¯ x ± 0 ika x ! 0 ° .

.

ATAU ‡ f diskontinu dapat dihapuskan di x = a.Sifat fungsi-fungsi kontinu ‡ Jika f dan g kontinu di a. maka ‡ jika f(x) {0. maka f mempunyai diskontinu tak hingga di x=a. f·g juga kontinu di a. fsg. maka kf (k konstanta). ‡ Khusus fungsi rasional f ( x) juga kontinu di a asalkan g ( x ) { 0 g( x) Jika g(x) = 0 di titik c (diskontinu di c). .

Komposisi fungsi-fungsi kontinu ‡ Teorema Komposisi dari dua buah fungsi kontinu adalah juga kontinu. . maka f S g kontinu di a. Jadi jika g kontinu di a dan f kontinu di g(a).

Kontinu sepihak Suatu fungsi f dikatakan ‡ Kontinu kiri di a jika x pa lim f ( x ) ! f (a ) ‡ Kontinu kanan di a jika x pa lim f ( x ) ! f (a ) .

b].b) jika kontinu pada setiap titik c(a. Lalu f dikatakan kontinu pada [a. jika f kontinu pada (a.b).b) dan x pa lim f ( x ) ! f (a ) x pb lim f ( x ) ! f (b) .‡ Definisi. Dikatakan f kontinu pada selang (a.

Teorema Nilai Antara ‡ Misalkan f kontinu pada selang tutup [a. maka terdapat paling sedikit satu bilangan c di dalam selang (a. ‡ Aplikasi: untuk verifikasi ada tidaknya solusi dari suatu persamaan berbentuk f(x) = 0 .b) sehingga f (c ) ! K .b]. Jika K sembarang bilangan antara f(a) dan f(b).