Hakekat Kewirausahaan

Anda tentu sering hip, Kewirausahaan | mendengar tentang kata “Wirausaha”, “Kewirausahaan” maupun “Wirausahawan” Apakah yang dimaksud dengan “Wirausaha”, “Kewirausahaan” maupun “Wirausahawan” tersebut? Dan apakah beda ketiga kata tersebut? Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber dayasumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses. Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif. Sedangkan yang dimaksudkan dengan seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatankesempatan bisnis; mengumpulkan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses/meningkatkan pendapatan. Intinya, seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki jiwa Wirausaha dan mengaplikasikan hakekat Kewirausahaan dalam hidupnya. Orang-orang yang memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam hidupnya. Secara epistimologis, sebenarnya kewirausahaan hakikatnya adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat dan kiat dalam menghadapi tantangan hidup. Seorang wirausahawan tidak hanya dapat berencana, berkata-kata tetapi juga berbuat, merealisasikan rencana-rencana dalam pikirannya ke dalam suatu tindakan yang berorientasi pada sukses. Maka dibutuhkan kreatifitas, yaitu pola pikir tentang sesuatu yang baru, serta inovasi, yaitu tindakan dalam melakukan sesuatu yang baru. Beberapa konsep kewirausahaan seolah identik dengan kemampuan para wirausahawan dalam dunia usaha (business). Padahal, dalam kenyataannya, kewirausahaan tidak selalu identik dengan watak/ciri wirausahawan semata, karena sifatsifat wirausahawan pun dimiliki oleh seorang yang bukan wirausahawan. Wirausaha mencakup semua aspek pekerjaan, baik karyawan swasta maupun pemerintahan (Soeparman Soemahamidjaja, 1980). Wirausahawan adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide, dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang (opportunity) dan perbaikan (preparation) hidup (Prawirokusumo, 1997) Kewirausahaan (entrepreneurship) muncul apabila seseorang individu berani mengembangkan usahausaha dan ide-ide barunya. Proses kewirausahaan meliputi semua fungsi, aktivitas dan tindakan yang berhubungan dengan perolehan peluang dan penciptaan organisasi usaha (Suryana, 2001). Esensi dari kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengkombinasian sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda agar dapat bersaing.

Dengan demikian. siasat. yaitu: Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya. proses dan hasil bisnis (Ahmad Sanusi. kiat. 1996) Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. . Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Drucker. nilai tambah tersebut dapat diciptakan melalui cara-cara sebagai berikut: Pengembangan teknologi baru (developing new technology) Penemuan pengetahuan baru (discovering new knowledge) Perbaikan produk (barang dan jasa) yang sudah ada (improving existing products or services) Penemuan cara-cara yang berbeda untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit (finding different ways of providing more goods and services with fewer resources) Walaupun di antara para ahli ada yang lebih menekankan kewirausahaan pada peran pengusaha kecil. 1959) Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreatifitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha (Zimmerer. namun sifat inipun sebenarnya dimiliki oleh orang-orang yang berprofesi di luar wirausahawan. apapun profesinya. tujuan. kemajuan dan tantangan. tenaga penggerak. 1997) Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (kreatif) dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih. 1994) Kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkan usaha (Soeharto Prawiro. pembaharuan. Jiwa kewirausahaan ada pada setiap orang yang menyukai perubahan. ada enam hakekat pentingnya Kewirausahaan.Menurut Zimmerer (1996:51).

pahlawan. sikap. tenaga kerja dan modal-menggunakannya untuk memproduksi barang atau jasa baru. teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. sedangkan satu lagi adalah kata usaha yang berarti bekerja. Stoner. menciptakan serta menerapkan cara kerja. tapi di sini kita coba buat definisi kewirausahaan ini secara umum dan bahasa sehari-hari. Seperti kita tahu kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha dan wirausaha terdiri dari 2 kata yaitu. Mengacu dari Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995. Dengan demikian pengertian dari wirausaha ditinjau dari segi arti kata adalah orang tangguh yang melakukan sesuatu. rasa dan karya atau mampu menggabungkan unsur kreativitas. pejuang. melakukan sesuatu. unggul. Kewirausahaan atau dalam bahasa perancis disebut entrepreneurship dan kalau diterjemahkan secara harfiah punya pengertian sebagai perantara. Tetapi kalau definisi kewirausahaan yang lebih detail disini akan kita ambil dari beberapa sumber. Kewirausahaan adalah semangat. Demikianlah beberapa definisi kewirausahaan yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk teman-teman semua. gagah berani. disebutkan bahwa: Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat. . wira yang berarti kesatria. tantangan. diartikan sebagai sikap dan perilaku mandiri yang mampu memadukan unsur cipta. sikap. Wirausahawan menyadari peluang yang tidak dilihat atau tidak dipedulikan oleh eksekutif bisnis lain. semoga teman-teman bisa mengambil suatu kesimpulan baru. perilaku dan kemampuan kewirausahaan. kerja keras dan kepuasan untuk mencapai prestasi maksimal . James: kewirausahaan adalah kemampuan mengambil faktor-faktor produksilahan kerja. perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari.Definisi Kewirausahaan Sebenarnya definisi kewirausahaan itu cukup bervariasi.

Robbin & Coulter Entrepreneurship is the process whereby an individual or a group of individuals uses organized efforts and means to pursue opportunities to create value and grow by fulfilling wants and need through innovation and uniqueness. (Acmad Sanusi. Hadipranata. dan hasil bisnis. Kathleen mengemukakan bahwa wirausaha adalah orang yang mengatur. 1994) Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya. 4. 6. . mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas. wirausaha adalah sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun non uang. Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth). menguasai. Andrew J Dubrin Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business). menjalankan. suatu proses dimana orang mengejar peluang. 1. 8. siasat. no matter what resources are currently controlled. (Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan sarana untuk mencari peluang untuk menciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan. 1997).Wirausaha atau kewirausahaan adalah kemampuan untuk berdiri sendiri. Menurut Arif F. tenaga penggerak. kiat. merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola. tidak peduli apa sumber daya yang saat ini dikendalikan. dan menanggung risiko bagi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya dalam dunia usaha. 7. 3.Pengertian dan definisi wirausaha menurut para ahli. Sebelumnya ada baiknya penulis bahas pengertian dari wirausaha itu sendiri. Peter F Drucker Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) . sumber peningkatan kepribadian. (Soeharto Prawiro. Dan berikut Pengertian dan definisi kewirausahaan menurut Beberapa Para Ahli . 5. Thomas W Zimmerer Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari. berdaulat. merdeka lahir dan bathin. 2. tujuan. proses.

9. (3) membuka pasar yang baru (new market). dan membawa visi ke dalam kehidupan. atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya 13. 1979) Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas. . Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio: Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi. 12. Jean Baptista Say (1816) Seorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari produksinya. cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Israel Kirzner (1979) Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. Kasmir (2006) Wirausaha adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Raymond. mengembangkaan. 14. 11. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsifungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk: (1) memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru. atau (5) menjalankan organisasi baru pada suatu industri. (2) memperkenalkan metoda produksi baru. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif. (4) Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru. (1995) Wirausaha adalah orang yang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkanya untuk meningkatkan kesejahteraan diri masyarakat dan lingkungan. Definisi ini menekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. peluang. Penrose (1963) Kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. 14. Joseph Schumpeter (1934) Wirausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahanperubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. 10. 13. Harvey Leibenstein (1968. . Schumpeter mengkaitkan wirausaha dengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya. Frank Knight (1921) Wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar.

Wirausaha merupakan pejuang kemajuan yang mengabdikan diri kepada masyarakat dalam wujud dedikasi dan tekadnya atas kemampuan sendiri untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang makin meningkat. wirausaha adalah sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun non uang. Kathleen mengemukakan bahwa wirausaha adalah orang yang mengatur. perilaku. dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah kepada upaya mencari. serta usaha berarti kemampuan melakukan usaha atas kekuatan sendiri. Oleh karena itu. seperti adanya keinginan untuk melakukan perubahan. dikembangkan dan ditingkatkan jumlahnya. luhur. Pendidikan kewirausahaan perlu diberikan sejak diri. 5 tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan kewirausahaan menjelaskan arti kewirausahaan. Kepribadian unggul kewirausahaan adalah nilai-nilai watak usaha yang sangat tinggi. Wira dapat berarti mulia. dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Kewirausahaan tidak muncul secara mendadak. dan menanggung risiko bagi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya dalam dunia usaha. Kewirausahaan adalah sumber peningkatan mutu kepribadian dan kemampuan usaha. Ilmu kewirausahaan dapat dibentuk. serta meningkatkan daya saing dan daya juang untuk mencapai kemajuan. Mereka merupakan pimpinan yang berupaya merealisasikan pemikiran menjadi kenyataan yang menguntungkan. Jadi. Jiwa kewirausahaan merupakan salah satu bekal bagi seseorang dalam menjalani kehidupan. wirausaha berarti manusia unggul dalam usaha atas kekuatan sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. diri sendirilah yang menjadikan seorang manusia yang berkepribadian dan berwatak unggul. Inpres No. Anwar Gozally mengartikan wirausaha sebagai seorang yang mengambil tanggung jawab untuk menciptakan atau memperkenalkan gagasan baru yang disebut innovasi. menjalankan. Menurut Arif F. Usaha penggalian kewirausahaan sangat mutlak diharapkan oleh setiap orang. Drucker menilai wirausaha secara umum dalam arti jiwa atau nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Hadipranata. d. Kewirausahaan adalah kepribadian wirausaha.Wirausaha berasal dari kata wira dan usaha. dididik. c. b. unggul. turut serta. akan tetapi melalui proses pembelajaran. Seorang yang berjiwa wirausaha. Tenaga-tenaga wirausaha mempunyai kemampuan luar biasa. Kewirausahaan adalah semangat. dilatih. . teknologi. Perlunya pendidikan kewirausahaan bagi setiap orang antara lain sebagai berikut : a. menerapkan cara kerja. memberikan kemampuan untuk membersihkan sikap mental negatif. dan sifat harus terhadap sesuatu yang baru. sudah sewajarnya memberikan kesempatan kepada setiap manusia memiliki kepribadian wirausaha. memperluas kesempatan kerja. menciptakan. dan berdaya upaya mengakhiri ketergantungan pada luar negeri dan dalam melakukan fungsi-fungsinya tersebut selalu tunduk pada hukum dan lingkungannya. sikap. Kewirausahaan dapat diistilahkan dalam bahasa Inggris entrepreneur. Mereka dapat berperan sebagai pencetus maupun penemu.

Memiliki cara analisis yang tepat. Sebagai pembayar pajak yang teratur. d. Memiliki semangat dan kemauan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi. d. baik untuk memperluas usaha yang sudah ada maupun menanamkannya pada usaha-usaha yang baru.Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh suatu masyarakat dan negara dengan adanya orang-orang yang berjiwa wira-usaha. Memiliki kemampuan dalam menilai kesempatan yang ada serta membawa teknikteknik baru dalam mengorganisasi usaha-usahanya secara tepat dan efisien . antara lain sebagai berikut : a. h. c. Ciri-ciri wirausaha Dalam rangka menjadi seorang wirausahawan yang tangguh. Tidak konsumtif. b. Memiliki keberanian untuk mengambil risiko dalam menjalankan usaha. Memiliki daya kreasi. seseorang harus memiliki beberapa ciri tertentu antara lain sebagai berikut: a. selalu menanamkan kembali keuntungan yang diperoleh. Sebagai pelaksanaan pembangunan yang dapat dipercaya integritasnya dan berdedikasi memajukan lingkungannya. Sebagai generator dan sumber penciptaan serta perluasan kesempatan kerja. g. sistematis dan metodologis. b. e. Memiliki kemampuan untuk memotivasi bawahan atau partner usaha agar mempunyai kemampuan tinggi. Mengutamakan efisiensi dan penghematan penghematan biaya. Sebagai sumber tenaga manusia yang ideal. imajinasi dan kemampuan yang tinggi untuk menyesuaikan diri dengan keadaan. Sebagai penolong orang lain agar orang lain mampu membantu dan menolong dirinya. c. e. f.

Karena itu kemampuan manajemen mutlak diperlukan sebagai landasan kelangsungan usahanya. merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan dirinya. Pelaku usaha kecil biasanya adalah pemilik usaha yang memiliki fungsi ganda. Dalam manajemen usaha kecil perpaduan antara seni dan keterampilan mutlak diperlukan. Adapun ciri-ciri kewirausahaan lainnya secara komprehensif : . Kaum profesional merupakan orang atau kelompok tertentu yang bekerja dengan keahlian dan keterampilan tertentu. Di dalam manajemen usaha kecil ada dua hal yang perlu menjadi landasan keberhasilan usaha yaitu Manajemen yang berbasis profesionalisme dan kewirausahaan. Karena itu penting bagi pelaku usaha kecil untuk mencermati dan belajar mengenai manajemen usaha ini. pengembangan usaha dan lain-lain. meski konsekuensinya keuntungan menurun tetapi kepercayaan konsumen tetap tinggi. Contoh sederhana jika sebuah usaha menghadapi lonjakan harga bahan baku maka yang dilakukan bukan mengurangi kualitas agar tetap untung tetapi tetap menjaga kualitas. akhirnya tidak berkembang. yakni kecenderungan untuk senantiasa mengambil risiko yang moderat yang direfleksikan oleh pilihan keputusannya yang selalu menghindari tingkat risiko yang terlalu tinggi maupun yang terlalu rendah.Preference for moderate risk. sumber daya. Tidak hanya manajemen usaha berlandaskan teori-teori manajemen semata tetapi diperlukan pendekatan dan perlakuan lain yang bersifat holistik.Manajemen Usaha Kecil Bagi pelaku usaha kecil manajemen usaha terkadang dianggap sebuah konsep yang terlalu muluk-muluk. . Dengan demikian Majanemen Usaha kecil berbasis profesionalisme dilandaskan pada kualitas bukan semata-mata berlandaskan keuntungan material semata. yakni hasrat bertanggung jawab terhadap usaha-usaha yang tengah dirintisnya yang diaktualisasikan melalui sikap mawas diri. . Atau sebuah bisnis usaha kecil yang sebenarnya baik dan memiliki prospek cerah tetapi tidak didukung oleh Manajemen Bisnis Yang baik. karena itu manajer dalam usaha kecil berhadapan langsung dengan semua hal yang berkaitan dengan usaha. Seorang wirausaha memiliki sifat percaya diri dibarengi dengan wataknya yang mandiri. Keduanya merupakan suatu tuntutan yang tidak dapat dihindari oleh setiap pelaku bisnis . Tetapi sebenarnya tidak demikian. produksi.Desire for responsibility. pemasaran. fikiran dan kemampuannya didedikasikan secara penuh untuk mengaplikasikan keahlian tersebut. Manajemen sebuah usaha tidak semata-mata keterampilan mengelola tetapi juga sebagai sebuah seni. waktu. banyak usaha kecil yang sebenarnya memiliki prospek baik akhirnya kandas di tengah jalan karena missmanajemen atau salah kelola dari pemiliknya. Majanemen usaha berdasarkan sifat kewirausahaan merupakan pendekatan dari watak seorang wirausaha.

Manajemen yang baik baik bisnis usaha kecil merupakan salah satu kunci sukses dalam pengembangan bisnis usaha kecil. yakni dimilikinya perspektif ruang dan waktu ke masa depan . -Future orientation.High level of energy. yakni dimilikinya keyakinan atas kemampuan dirinya untuk sukses yang direfleksikan melalui moto bahwa kegagalan itu tak lain adalah sukses yang tertunda.Desire for immediate feedback. yakni dimilikinya keahlian dan keterampilan dalam mengorganisasikan sumberdaya untuk menciptakan nilai tambah. . yakni dimilikinya semangat dan dorongan bekerja keras untuk mewujudkan impiannya yang lebih baik di masa mendatang. yakni kehendak untuk senantiasa memperoleh umpan balik yang sesegera mungkin. . maka patut diyakini di sini bahwa kualitas profesionalisme seorang manajer usaha kecil akan semakin kokoh dan terpelihara apabila pada dirinya melekat perilaku tersebut. baik yang ia bawa semenjak lahir maupun yang ia peroleh atau ciptakan melalui transfer of knowledge. yakni dimilikinya suatu tolok ukur yang bersifat kuantitatif-finansial dalam menilai suatu kinerja..Skill at organizing. . . Dengan memperhatikan ciri dan watak dari wirausahaan sebagaimana dikemukakan di atas.Value achievement over money.Confidence in their ability to success.

baik dalam bentuk uang maupun waktu. pemasok. yaitu : Jujur. Komitmen untuk melakukan sesuatu memang merupakan kewajiban untuk segera ditepati dana direalisasikan. Dalam bahasa lain. Selalu taat berdoa. dan mau melaksanakan kegiatan usahanya sesuai dengan kemampuannya. tetapi Tuhan-lah yang . Dari analisis pengalaman di lapangan. dalam arti berani untuk mengemukakan kondisi sebenarnya dari usaha yang dijalankan. Hubungan baik yang perlu dlijalankan. ciri-ciri wirausaha yang pokok untuk dapat berhasil dapat dirangkum dalam tiga sikap. serta masyarakat luas. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Jam kerja pengusaha tidak terbatas pada waktu.Ciri-ciri wirausaha yang berhasil Memiliki visi dan tujuan yang jelas. Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapanpun dan dimanapun. di mana ada peluang di situ dia datang. dalam arti mempunyai gambaran yang jelas mengenai perkembangan akhir dari usaha yang dilaksanakan. pelayanan yang diberikan. Hal ini berfungsi untuk menebak ke mana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui langkah yang harus dilakukan oleh pengusaha tersebut Inisiatif dan selalu proaktif. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja kerjas merealisasikannya. Berorientasi pada prestasi. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit untuk mengatur waktu kerjanya. antara lain kepada : para pelanggan. Setiap waktu segala aktifitas usaha yang dijalankan selalu dievaluasi dan harus lebih baik dibanding sebelumnya. pemerintah. Hal ini diperlukan karena dengan sikap tersebut cenderung akan membuat pembeli mempunyai kepercayaan yang tinggi kepada pengusaha sehingga mau dengan rela untuk menjadi pelanggan dalam jangka waktu panjang ke depan Mempunyai tujuan jangka panjang. Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak. dapat dikemukakan bahwa ”manusia yang berusaha. baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak. Bertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang dijalankannya. Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Berani mengambil risiko. Tanggungjawab seorang pengusaha tidak hanya pada segi material. Hal ini untuk dapat memberikan motivasi yang besar kepada pelaku wirausaha untuk dapat melakukan kerja walaupun pada saat yang bersamaan hasil yang diharapkan masih juga belum dapat diperoleh. Ini merupakan ciri mendasar di mana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi. Mutu produk. yang merupakan penyerahan diri kepada Tuhan untuk meminta apa yang diinginkan dan menerima apapun hasil yang diperoleh. Benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Kerja keras. tetapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan. baik sekarang maupun yang akan datang. serta kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama. Komitmen pada berbagai pihak merupakan ciri yang harus dipegang teguh dan harus ditepati. tetapi juga moral kepada berbagai pihak.

mengarahkan / memotivasi. yaitu memiliki kemampuan / mengelola keuangan. memprediksi. Oleh karena itu. mengatur. yaitu mengetahui strategi / cara bersaing. termasuk dapat memperhitungkan. proses dan pengelolaan semua sumberdaya perusahaan secara efektif dan efisien. dan ancaman (threat). bermanfaat dan memuaskan. mengadministrasikan. kompetensi ini mendukungnya ke arah kesuksesan. secara efektif dan efisien. yaitu kemampuan merencanakan. managing finances effectively. cukup uang. yaitu : knowing your business. copying with regulation and paper work. cukup tenaga. Modal tidak hanya bentuk materi tetapi juga rohani. Dan & Bradstreet business Credit Service (1993 : 1) mengemukakan 10 kompetensi yang harus dimiliki. industriawan. Dengan kata lain. managing time efficiently. yaitu membuat aturan / pedoman yang jelas tersurat. pengusaha. knowing Hozu to Compete. 2007 :137 – 139) Delapan anak tangga menuju puncak karir berwirausaha (Alma. harus cukup waktu. (Triton. dan membukukan kegiatan-kegiatan usaha. tempat dan mental. eksekutif yang sunggung-sungguh dan tidak setengah hati. yaitu memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya. misalnya cara merancang usaha. statisfying customer by providing high quality product. yaitu memiliki modal yang cukup. peluang (opportunity). kelemahan (weaks). yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. having adequate capital. dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan. 106 – 109). Dia harus bersikap seperti pedagang. knowing the basic business management. yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis. seorang wirausahawan harus mengetahui segala sesuatu yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis yang akan dilakukan. Kompetensi perlu dimiliki oleh wirausahawan seperti halnya profesi lain dalam kehidupan. terdiri atas : mau kerja keras (capacity for hard work) bekerjasama dengan orang lain (getting things done with and through people) penampilan yang baik (good appearance) yakin (self confidence) . cara. mencari sumber dana dan menggunakannnya secara tepat. Mengatur. Mengetahui manajemen bisnis berarti memahami kiat. yaitu mengetahui usaha apa yang akan dilakukan. dirinya dan pesaing. dan mengendalikannya secara akurat. managing people. Dia harus menggunakan analisis SWOT sebaik terhadap dirinya dan terhadap pesaing.menentukan !” dengan demikian berdoa merupakan salah satu terapi bagi pemeliharaan usaha untuk mencapai cita-cita. dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya. Kepercayaan dan keteguhan hati merupakan modal utama dalam usaha. having the proper attitude. mengorganisasi dan mengenalikan perusahaan. tidak tersirat. yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu. Wirausaha harus dapat mengungkap kekuatan (strength). menghitung.

pandai membuat keputusan (making sound decision) mau menambah ilmu pengetahuan (college education) ambisi untuk maju (ambition drive) pandai berkomunikasi (ability to communicate .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful