BAB II PELATIHAN DASAR ANJING AGAR BERGUNA BAGI PEMILIKNYA

A. Dog Fighting yang Benar
1. Matching (Disetarakan) Yang disetarakan adalah umur, jenis kelamin, berat, dan pengalaman bertarung. Agar tidak terjadi pertarungan yang tidak imbang. (anjing dalam kondisi sakit, kondisi lemah, ataupun mengalami cacat/ gangguan fisik tidak pernah diperbolehkan mengikuti, karena sebenarnya hampir mirip dengan pertandingan tinju, terdapat ahli/dokter hewan yang terlebih dahulu mengecek kesehatan anjing harus dalam keadaan maksimal sehat prima, tidak ada cacing, parasit, dsb didalam darahnya) 2. Scratching (dihadapkan untuk saling melihat & dilepas secara bersamaan) Pagar kayu ring arena yang berukuran kurang lebih 4m x 4m, dibuat pendek dengan tinggi sekitar 70cm, dimaksudkan agar jika terdapat anjing yang ingin menghindar/ mundur,maka dapat dengan mudah untuk melompati pagar tersebut. Terbukti pada beberapa anjing dari jenis yang bukan Pit Bull seperti American Bulldog akan sangat bersemangat pada saat awal pertandingan namun ketika keadaan terjepit, dia akan berusaha kabur dengan melompati pagar tersebut. Hal kedua adalah pada saat Scratching dimaksudkan agar anjing yang tidak ingin bertarung lagi/ ingin berhenti maka anjing tersebut biasanya akan berpaling pemenangnya akan langsung dapat ditentukan jika terdapat anjing yang berpaling kepalanya kearah samping, menghindari tatapan anjing lawan. Dan tentu saja. Itulah fungsi garis :"Scratch-line" yaitu kedua anjing petarung diposisikan pada masingmasing garis "Scratch-line", dan setelah dinyatakan siap, maka wasit memberikan 4

3. Seringkali pertandingan segera dihentikan agar pihak anjing yang kalah tetap dapat diselamatkan. & membasuh air untuk anjingnya. Terdapat saat istirahat sejenak seperti pada istirahat tiap ronde pada pertandingan tinju. fair dan kaku. namun sebenarnya pertarungan tersebut tidak setara (tidak "match") karena babi hutan/ hewan buas lain bukanlah type "Fighter" yang setype dengan Pit Bull dan mereka memiliki atribut yang berbeda dengan Pit Bull. Meski Pit Bull dapat mengalahkannya. Hal ini berbeda dengan anggapan orang awam yang menduga bahwa pertarungan anjing dibuat dengan brutal dan sadis tanpa memikirkan nyawa anjingnya. namun perlu diketahui bahwa sebenarnya sejarah lama APBT menggunakan "Pit Rules" yang benar. sehingga jika terdapat pemilik yang berlaku curang. maka pertandingan akan langsung didiskualifikasikan. Dari fakta-fakta diatas. karena dikhawatirkan akan mengalami penyimpangan karakter yaitu berani hanya dengan yang lebih lemah. Demikian pula pertarungan Pit Bull dengan jenis hewan lain seperti babi hutan. seperti: taring babi. dan peraturan yang baku dibuat dan dijalankan secara ketat. Pit Rules Semua ketentuan. cakar macan dapat 5 . dan pemiliknya mendapatkan sangsi yang berat. namun lebih ditujukan pada pengujian daya tanding/ kemampuan fisik dan terutama sifat gamenessnya. dsb. Demikian pula tata cara/ peraturan "Pit Rules" yang diberlakukan di Amerika/ Eropa (contoh: Al Brown) terdapat 15 Pasal ketentuan dalam persiapan dan pelaksanaan pertandingan.aba-aba seperti ronde-ronde tinju agar kedua Pitdogmen secara bersamaan saling melepaskan anjingnya. dimana terdapat cornerman yang memberikan sedikit perawatan luka. Beberapa pertarungan gelap/ jalanan yang dilakukan oleh segelintir orang/ mafia/ penjudi. tata cara pertandingan. peraturan justru dibuat untuk menghindari adanya ketidakseimbangan pertarungan dan tentu saja untuk menghindari agar anjing gamedog tersebut meskipun menang ataupun kalah tapi tetap harus dapat diselamatkan oleh Pemiliknya. mungkin saja tidak akan memakai "Pit Rules" tersebut. bahwa jenis ini tidaklah layak dipertarungkan dengan hewan lain yang lebih lemah. dapat ditarik kesimpulan. bukanlah sekedar melemparkan kedua anjing untuk saling melukai. macan akar.

berburu. Hal ini berbeda artinya jika kita hanya bertujuan melatih Pit Bull sebagai "Catch-dog"/ anjing penangkap babi hutan. namun jika terpaksa diujipun harus dengan jenis yang sama dan setara ukuran/umurnya. anjing pemburu. anjing penjaga peternakan. karena fokusnya adalah hanya sebagai pelatihan dasar berburu. Sebenarnya fakta adalah hanya kurang dari 5% dari Pemilik APBT yang ingin/ pernah melakukan uji kemampuan anjingnya di arena tarung. dan kegiatan lainnya yang lebih positif dan berguna. anjing pemburu atau penjaga peternakan saja. uji kemampuan menarik beban berat (weight pulling). karena kita dapat melatihnya dengan cara lain yang lebih baik seperti. Cara Melatih Untuk melatih kekuatan gigitan ataupun keberanian seekor Pit Bull tidak perlu dilakukan terhadap anjing kampung.ban motor. Untuk keberaniannya sebenarnya Pit Bull Purebred tidak perlu diragukan karena mentalnya memang sudah kuat. Menurut saya sebaiknya babi hutan tersebut dibebaskan setelah 3 sampai 5 ekor anjing berhasil menangkapnya. treadmill. memanjat tebing/ pohon . anjing therapy. anjing pelacak/ pencari jejak .membahayakan anjing. menggigit springpole. Jadi latihan apa yang baik untuk jenis ini? Banyak cara untuk menguji kemampuan dan keteguhan tekadnya. 4. Namun secara pribadi saya tidak menyarankan jenis ini untuk diperlakukan 6 .dll. kita dapat memberikan latihan menggigit springpole/ sabuk/ ban motor. Karena hal ini akan menjadi penderitaan yang berat bagi babi hutan. dsb.Pangandaran. teman bermain anak-anak. melatih fisiknya dengan Catmill. Dan kegunaan apa saja yang dapat diberikan sebagai tugas bagi anjing jenis ini? Pit Bull dapat digunakan untuk banyak hal antara lain: anjing keluarga. bukan dengan menggilir seekor babi hutan dengan belasan ekor anjing sampai babi tersebut mati seperti yang dilakukan dibeberapa tempat sekitar Bandung. berenang. maka pelatihan dasar hanyalah untuk pengenalan anjing terhadap babi hutan agar dapat mempelajari buruannya. Karena 95% pemilik APBT sebenarnya sangat menyayangi anjingnya dan hanya bertujuan untuk memeliharanya sebagai anjing keluarga. antara lain.

mereka anjing dengan tekad dan keberanian yang jauh lebih tinggi dibanding jenis lain. Karena justru itulah keunikan Pitbull. namun akan bertindak familiar terhadap siapa saja. mereka akan setia melindungi Pemilik & keluarganya. latihan tidaklah selalu mengikuti langkah-langkah yg ditulis di buku atau ada di video. dapatlah kita simpulkan anjing yang mempunyai mental yang baik akan memiliki ciri-ciri seperti dibawah ini : • • Anjing mengigit karung goni dengan mantap dan tetap ngotot Anjing akan tetap mempertahankan goni itu dengan mulutnya dan membawanya pergi menjauh untuk beberapa saat Anjing akan melompat dan mengigit karung goni dalam satu gerakan Anjing akan mengonggong pada helper yang diam agar si helper melakukan gerakan 7 • • . Bagi yang pernah memeliharanya tentu akan memahaminya. B. karena sifat Pitbull tidak perlu diprovokasi secara berlebihan untuk bertindak agresif terhadap tamu. Tapi kalau kita berlatih dengan anjing yg mempunya prey drive yang solid. dan kita mengikuti program yang kami jabarkan dalam artikel ini. Pit Bull tidak akan mundur dari ancaman /gangguan penjahat.dahulu jenis ini disebut: 'nursemaid-dog'). anak-anak. sebab Pit Bull berbeda dengan kebanyakan jenis lain. orang dewasa yang masuk kerumah dengan sepengetahuan pemiliknya.sebagai khusus anjing penjaga yang "galak & agresif". dia bersifat "natural guardian"/ insting menjaganya adalah secara naluri alamiah (seperti insting seorang Ibu yang melindungi anaknya. Cara Melatih Anjing Penjaga Seperti kebanyakan orang yang main anjing kerja sudah cukup lama. dia lebih cocok dijadikan anjing keluarga saja daripada dijadikan anjing penjaga yg galak. (mungkin anda berpikir kalau tidak galak bagaimana dapat menjaga rumah? ) .

Tipe-tipe sleeve ini untuk sementara waktu tidaklah begitu penting karena bentuk latihannya sama saja. Maka lebih lanjut buruan itu bukan bergerak maju ke anjing namun selalu menjauh dari anjing walaupun setelah tertangkap olehnya. kita menyadari bahwa sleever tidak lebih adalah bagian dari tubuh kita daripada sebuah karung atau handuk. sesekali lemparkan sekali ke arahya agar bisa diperoleh oleh anjing. Yang perlu kita perhatikan dalam latihan ini sebagai helper. Setelah berkali-kali. Baik itu puppy arm. Yang pertama-tama saya lakukan adalah mengayunkan dan membuat sleeve bergerak didepan si anjing yang sudah diikat atau ditahan pemilik. sleeve intermediate atau full size arm semua ini tergantung pada progress si anjing. hal ini agak menyakiti mulut si anjing. Masalah lain apabila kita bergerak maju ke depan.. tapi mereka akan lebih percaya diri apabila bagian dari helper (sleeve) itu lepas. Dalam tahap awal latihan ini kita seharusnya mengambil langkah hati – hati agar anjing lebih percaya diri sehingga drive yang si anjing miliki lebih keluar lagi dan bahkan lebih kuat. Beberapa masalah yang sangat mengganggu saya ketika melihat banyak anjing8 • .Langkah awal untuk transfer ke sleeve adalah pertama membuat anjing mengerti bahwa sleeve adalah sasaran buruannya yang baru. Kami mendapati hasil yang lebih memuaskan apabila tidak memulai latihan sleeve pada tangan untuk awal latihan dikarenakan: • Sleeve dapat digerakkan lebih bebas yang mana bisa men-stimulasi anjing lebih kuat Beberapa anjing takut mengigit helper. maka transfer dari karung goni ke sleeve adalah langkah terbaik untuk latihan berikutnya. Hal ini dapat pula memutarbalikkan fungsi prey drive ini. Sebagaimana kita mencoba menggerakkan sleeve di alam bebas secara sporadik dan sangat mudah ditebak bahwa gerakkan tersebut dipandang sebagai tantangan bagi si anjing. Lakukan agak berjauhan sehingga tidak bisa dijangkau dengan mudah. dengan kata lain sleeve harus disamakan dengan karung goni atau handuk yang selama ini dipakai.• Anjing akan menerjang helper kemudian melompat dan mengigit buruannya Dengan asumsi bahwa anjing kita memiliki ciri yang sama dengan diatas.

kita ingin menunjukkan si anjing bagian mana pada sleeve yang harus dia gigit dengan cara memberi timing yang baik dan presentasi sleeve yang benar pula. Lama kelamaan setelah 9 . sleeve harus dipresentasikan secara progressif dan tinggi agar anjing mau pula melompat untuk mendapatkan kemenangan pada sleeve itu. cara berikutnya adalah dengan menantang untuk merebut kembali sleeve dari si anjing. Tranier melakukan hal yang sama dengan metode karung/handuk agar saya mendapatkan gigitan pertama yang baik pada sleeve. Sama saja seperti karung/handuk. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan: • • Anjing harus diberi kesempatan yang baik (timing) untuk mengigit sleeve Apabila si anjing agak ragu akan buruannya. Ada 2 poin yang paling penting yang mengakibatkan masalah baru ketika kita latihan dengan sleeve. segeralah beri dia reward walaupun gigitannya masih lemah Ini adalah proses belajar. Seperti yang telah digambarkan pada sebelumnya latihan dimulai dengan menggunakan karung goni dan sebisa mungkin anjing telah diajarkan untuk mentarget dan membuat nafsu si anjing untuk mengigit terfokus pada karung saja bukan pada helper. Ingat.Begitu anjing menang atas sleeve maka tahap berikutnya adalah agar dia tetap mempertahankan buruannya. “Buruan harus selalu menjauh dari anjing”.anjing anakkan dan muda menghindar dari sleeve seakan-akan takut akan dipukul atau takut sleeve itu menyakiti lehernya. jangan terburu-buru untuk mengenalkan sleeve. Konsep sleeve ini sama dengan konsep karung/handuk. menggunakan tali untuk di kaitkan dengan sleeve agar pada saat sleeve tidak dipertahankan kita bisa segera stimulasi atau menghidupkan terus menerus pada saat masih di gigitannya. Pertama. Pada mulanya anjing akan memberikan gigitan pada helper pada posisi samping ketimbang di depan yang lebih frontal. 2 metode yang kami gambarkan pada latihan dengan karung/handuk. helper harus tahu bagaimana menerima gigitan anjing pada sleeve dengan sehalus mungkin agar anjing tidak merasa sakit dan sleeve harus dekat dengan badan helper agar lebih kelihatan mengancam bagi anjing.

beri tanda pada pawang untuk melepas si anjing. pandangan frontal itu akan memberikan keinginan memburunya itu timbul lebih besar sehingga prey yang dipresentasikan oleh helper tepat didada secara horizontal akan diterjang dari depan. Kemudian anjing akan menerjang pada sleeve yg selalu bergoyang di tempat.terbiasa. Begitu anjing mengonggong dengan intensifnya. Anjing akan meloncat ke depan dan ke belakang untuk mendapatkan sleeve yang maju dan mundur yang mana prey akan menjauh dari anjing. Kemudian helper membawa pergi sleeve menjauh dari anjing dan pastikan mata anjing tetap fokus pada sleeve dengan cara mengoyang-goyangkannya. Kita harus sedikit berhati-hati untuk ini karena harus dengan timing yang tepat dari si helper. Saya merekomendasikan pada helper agar latihan ini dilakukan awalnya dengan anjing yang sudah 10 . Kontak haruslah pada waktu sleeve pada posisi normal untuk melakukan pelatihan frontal ke depan. Anjing akan di tahan dengan tali leher (kulit) dan distimulasi oleh helper sebagai prey yang mana sleeve akan bergerak-gerak dan biasanya saya akan membiarkan anjing kehilangan kesempatan untuk mengigit beberapa kali. Saya merasa methode ini membawakan success yg besar bagi anjing yang tidak menyerang secara frontal dan keras. Manuver untuk mengakhiri latihan dengan sleeve adalah dengan membuat anjing lebih nafsu lagi. Semua gigitan pada latihan adalah penting dan helper haruslah lebih banyak membantu masalah-masalah si anjing dan membaca si anjing agar mengerti bagaimana cara mengigit yang benar sesuai targetnya. Untuk awal. Pada saat anjing akan melompat dengan target gigitan maka saya akan mengangkat sleeve pada ketinggian yang masih dicapainya. Seperti saya katakan pada prinsip – prinsip awal. Pada awalnya tidak akan menjauh dari 5-10 meter dari anjing dan pada saat itu posisi siap (presentasi) dengan sleeve tidak terlalu jauh dari tanah. latihan promosi prey adalah sama namun caranya sedikit berbeda. Anjing yang menyerang helper secara frontal dan keras dari awal tanpa menyadarainya karena serangan kedua akan lebih memikat si anjing untuk mengigit. biarkan anjing memenangkan sleeve. Hasil yang didapat dari anjing haruslah dirasakan oleh helper yang mana akan mempersiapkan anjing untuk trial.

terjangan dan melawan adalah teknik yang harus dikuasai anjing sebelum latihan untuk trial yang mana program-program dilakukan semuannya.berpengalaman yang mana gigitannya sudah bagus dan tepat sebelum melakukannya dengan anjing yang belum berpengalaman. Skill selanjutnya untuk si anjing adalah selama promosi prey drive ini adalah sifat melawan balik yang aktif. pada saat bersamaan helper mempertahankan sleeve dengan tenang dan tidak bergerak. Melawan adalah sifat tegas pada diri anjing yang mana akan keluar pada saat stress yang terpendam pada latihan gigitan. Mengajari perlawanan tergantung sekali pada anjing. Bentuk perlawanan yang biasanya terlihat adalah tarikan-tarikan yang kuat.. Banyak sekali cara dan kemungkinan yang bisa kita lakukan asal kita harus ingat jangan melakukannya secara berlebihan. geraman. Kita harus mengenal semua sifat perlawanan sebagaimana adanya dan memberikan reward ketika itu terjadi. Bisa dengan menutup mata si anjing atau pandangan mata ke mata yang lebih frontal atau dengan menggelitik leher si anjing atau menggangkat sedikit atau menggosok stik ke badannya atau menariknya kearah objek lain dan juga bisa meniup ke arah mukanya. Biarkan anjing menggigit pada sleeve namun posisi on leash. Stress itu haruslah disertai dengan faktor lain yg bisa melepaskan stress itu sendiri karena apa yng dirasakan oleh anjing pada stress itu adalah sesuatu momen yang melemahkan mentalnya. Pada anjing lain mungkin ini tidak mungkin dilatih sampai pada umur 15 bulan atau lebih atau yang pernah mejalani latihan defence drive yang terlalu berat. Kemungkinan itu digunakan dengan tujuan si anjing mendapatkan tekanan stress lebih yang mana memberikan rasa tidak nyaman padanya. Kami beri beberapa definisi. Untuk ini kami akan memberi sebutan “perlawanan”. kita harus mendesain latihan kita sampai pada tiap anjing. Maka cara yang kita pakai untuk tahap ini adalah yang paling kecil dosisnya. Kadang melatih sifat melawan ini pada awal apabila anjing mempunyai potensi untuk itu. Anjing yang mempunyai 11 . gigitan kembali dan menggoyanggoyangkan buruan. Helper jangan terlalu menstimulasi anjing justru malah harus menenangkan si anjing. sama ketika kita melakukan latihan lainnya. Namun tetapi gigitan pada sleeve. Bisa dengan cara menggerakkan sedikit pada sleeve yang membuat si anjing kembali menggigit sedikit.

Hal ini haruslah dibarengi dengan keahlian agar teknik ini dilakukan dengan benar Latihan yang saya akan gambarkan mempunyai tujuan yang sama hanya saja anjing harus belajar sendiri bukan 12 . Pada umumnya. Drive capping itu mempunyai arti sebagai pengumpulan drive melalui latihan kepatuhan. kami katakan bahwa reward akan diberikan hanya pada gigitan yang menggoyanggoyangkan. saya haruslah memilah-milah perlawanan mana yang kami beri reward. Drive anjing terkunci pada latihan kepatuhan. Namun tetapi. Latihan ini bertujuan untuk meledakkan bentuk drive dari fase kontrol.drive yang bagus akan melawan stres tersebut dan stress itu yang menjadi suatu tuntutan yang menjadi dasar untuk melawan kembali.Apa yang harus kita sadari adalah bahwa stress itu menjadi pemicu untuk melawan. Adalah wajar kalau setelah kepatuhan latihan bitework membuat anjing tampil tertekan. sebagai penganti pada awal latihan hanya pada pada grip yang full dan hampir sempurna. tapi kita harus ingat untuk memberikan kemenangan padanya. Awalnya memberikan reward pada semua reaksi perlawanan sehingga tidak akan membuat si anjing merasa tidak aman dan nyaman (Raiser: toleransi agresi yang tidak enak akan mengakibatkan rasa ketidak-amanan dan kenyamanan). sejalan dengan perkembangan kepercayaan diri anjing dan keberanian untuk melawan. Jika metode di atas tidaklah mendekati dengan reaksi yang kita inginkan maka mungkin lebih baik kita menunggu agar anjing lebih dewasa lagi dan pada saat promosi defense drive mulai dilakukan. dan yang mana yang tidak. Mungkin saja dengan kita membuat stress si anjing dalam latihan yang mana anjing akan melawan pada awal latihan. Kita harus bisa merasakan perasaan apa yang keluar dari si anjing untuk memutuskan metode apa yang terbaik hingga tidak akan mengakibatkan masalah pada grip. geraman. Untuk ini diperlukan anjing agar lebih berpengalaman dalam latihan dan pernah latihan gigit pada sleeve (paling tidak puppy sleeve) dan lebih baik dengan latihan perlawanan ( lebih baik namun tidak menjadi keharusan). Itu bisa kita lakukan dengan melepaskan sleeve. Satu yang lebih umum namun menjadi masalah yang sangat besar dan sering kami temukan adalah anjing tertekan oleh pawangnya sendiri walaupun sedikit mungkin. lagipula kepatuhan adalah untuk mengajarkan anjing bahwa pawang yang memutuskan kapan dia bisa dan tidak untuk menuruti instingnya.

dan back transport adalah ScH II dan III sebelum melakukan face attack. Kami mengajarkan latihan-latihan ini dalam promosi prey drive karena kami pikir anjing belajar mengeluarkan drive lebih mudah daripada mereke hanya bekerja untuk mengeluarkan prey drive dan belum lagi stres dari defense drive yang keluar. helper akan meminta pawang untuk memberi perintah down pada anjing dan pawang memegangnya pada collar. Anjing yang belajar bagaimana mengeluarkan drive dari fase kepatuhan akan mendapatkan beberapa masalah dari latihan ini. Akhirnya latihan berikut sebagai helper akan meminta pawang membawa anjing memutar saya dan kemudian stop dibelakang dan anjing dalam keadaan sit. Anjing bisa berkelakuan setengah hati karena latihan kepatuhannya untuk tetap down dan harus melanggar perintah downnya itu. Latihan down sebelumnya adalah bagian dari ScH II dan III escape. heeling ke blind adalah bagian dari ScH I. Langkah selanjutnya perintahkan anjing untuk heel dan berjalan berputar sedikit kemudian down. Begitu lari anjing harus segera mengejar dan mengigit sleeve. Kemudian anjing di lepas oleh pawang bersamaan dengan gerakan lari. kemudian dalam beberapa saat akan berputar dan menpresentasikan sleeve untuk anjing melakukan gigitan. Latihan akan berkembang ketika anjing harus down dalam keadaan off leash dan tetap diam sampai helper bergerak. Dengan kata lain. Pada 13 . Namun tetap saja anjing harus bisa mengumpulkan dan mengatasi drive untuk mengejar helper dan menggigit sleeve. Ini akan membutuhkan kontrol sedikit lebih extra. Begitu anjing mendapatkan grip yang pas dan tenang saya akan melepas sleeve dan memberikan kemenangan pada si anjing. Kemudian saya sebagai helper berdiri pada posisi miring dari anjing dengan sleeve menghadap ke arah anjing. lalu seketika mungkin helper melakukan escape.Pembaca yang cermat akan segera mengenali serangan frontal ini sebagai bagian dari bagian ScH I. semua ini adalah latihan-latihan yang banyak tekanan dari pawangnya dalam setiap trial. Cara yang kami jabarkan diawal latihan ini adalah dengan melakukan seperti ujian escape ScH II dan III. Pada awalnya saya tidak menemukan grip si anjing tidak meyakinkan pada latihan stimulasi yang berat. Selanjutnya kita heel sekali lagi kemudian perintahkan untuk sit kemudian ketika anjing sudah benar-benar duduk dengan tenang. helper segera melakukan penyerangan face to face secara frontal dengan sleeve.pawangnya yang mengajarkan.

Ketika prey drive anjing sudah melelahkan itu berarti latihan terlalu berlebihan. Jika kita sanggup memberikan fondasi yang kuat dan solid untuk prey drive dalam latihan proteksi ini maka selanjutnya dalam dunia sport kita akan mendapatkan sukses yang besar. Sampai titik ini. Tujuan dari promosi prey drive ini haruslah dicapai ketika anjing belajar bahwa keberadaan helper dilapangan berarti buruan berharga tidak terlalu jauh untuk didapatkan. 14 . helper akan menjadi stimuli pembangkit untuk prey drive si anjing. Kita masih harus melatih anjing untuk menggunakan defense drivenya. cepat. Masalah lain dengan prey drive adalah kurangnya drive pada si anjing hingga untuk mengigit karung saja sangat susah. Salah satu masalah terbesar adalah prey drive bisa mengakibatkan anjing capek dan sedikit mengalami ketidaksadaran. Yang mau saya katakan dengan jelas bahwa latihan tidak hanya selesai dengan promosi prey drive saja. dan kemudian kita harus bekerja bagaimana membentuk defense menjadi prey dan bagaimana nanti kita membuat kedua drive ini seimbang. Apabila level lelah itu terlalu cepat maka untuk menormalkan kembali sangatlah sulit. dan itu bisa didapatkan dengan mengonggong dan menguasai dengan baik bagaimana grip yang baik. Dengan anjing seperti ini yang kurang harapan. melawan dan mengeluarkan drive dari fase kepatuhan. kemajuan tidak dapat dicapai dengan latihan prey saja. Ini bisa terlihat pada saat anjing terlihat malas untuk mengejar atau menangkap buruannya lagi.hakikatnya level kepatuhan yang dilewati haruslah sesuai dengan level kepatuhan yang sudah diajarkan. terjangan keras. dilapangan.

Sebagai ganti kurungan. Selama 7 atau 10 minggu pertama. Beberapa anjing seoleh tidak pernah menguasai disiplin ini walau sudah berminggu-minggu dilatih dan ini membuat pemilik mereka amat frustasi. Bila memang anda harus meninggalkannya 15 . semakin cepat mereka menguasai disiplin ini. buang air kecil/besar. Latih anjing anda seawal mungkin. kurunglah anjing anda. gudang. Para ahli menyatakan bahwa semakin awal kita melatih jadwal kencing dan buang air besar anjing. dsb. memeliharanya tidak akan menyenangkan bila anjing kita kencing atau berak di sudut-sudut rumah termasuk ruang tamu. b. setelah makan atau minum.C. Banyak anjing yang tidak buang air walau diajak berjalan-jalan selama berjam-jam dan kemudian buang air begitu mereka tiba didalam rumah. Tidak peduli selucu apa anjing kita. Cara melatih anjing buang air Salah satu hal yang paling dipertanyakan oleh pemilik anjing adalah bagaimana agar anjing mereka bersedia membuang kotoran pada waktu dan tempat yang telah ditentukan ( biasanya diluar rumah ). kamar makan atau bahkan diatas karpet. saat ceria meloncat/berlari kesana-kemari dan setelah banyak bermain/bergurau. Anak anjing berumur antara 7-8 minggu umumnya mampu mengontrol jadwal buang air mereka setelah dilatih hanya beberapa hari. tapi jangan meninggalkannya lebih dari satu jam setelah selesai makan. Rutinitas adalah tehnik terbaik untuk mengatur jadwal buang air. anda bisa mengunci anjing anda dalam ruangan yang bisa dikunci seperti dapur. Dari pengamatan anjing biasanya buang air (besar/kecil) pada saat-saat : bangun tidur. Berikut adalah tips untuk melatih agar anjing-anjing buang air kecil dan besar di tempat dan waktu yang telah ditentukan. Melatih Keterampilan Anjing 1. a.

setiap selang 2 atau 3 jam sepanjang hari. Sementara itu perpanjang juga selang waktu anda membawanya keluar. Selama 2 bulan berikutnya. Saat anda berdiam diri. Sejalan dengan berlalunya hari. jarak waktu kurungan bisa mulai diperpanjang dari 1 jam menjadi 2 jam atau bahkan 3 jam. Jangan berubah-ubah tempat karena aroma kencing/kotoran anjing itu akan membantu mereka mengingat kegiatan rutin mereka dititk itu. Sementara itu tetap letakkan koran bekas bila sewaktu-waktu ia harus buang air. tidur siang dan bermain. setelah tidur siang atau setelah bermain-main dan setengah jam setelah makan dan minum. tengah hari. tengah hari. Berdirilah diam-diam disebelahnya tanpa melakukan gerakan apapun. anjing anda akan merasa bosan dan secara alami mereka akan ingat tujuan anda mengajaknya kesitu. Setelah periode ini lewat umumnya anjing mulai terbiasa mengontrol jadwal buang airnya menjadi hanya 4 kali sehari. setengah jam setelah makan. saat ini bahkan koran bekas boleh dikurangi. Tentukan tempat yang tepat di halaman untuk kotoran anjing anda. Dan bila anjing anda akhirnya buang kotoran. sore-sore setelah makan malam dan sebelum tidur. Jangan menghukumnya dengan cambuk atau pukulan bila ia gagal buang air. Jangan duduk atau jongkok karena itu akan mendorongnya untuk meloncat pada pangkuan anda untuk bermain-main. ingat bahwa anjing anda butuh keluar untuk buang air sekurang-kurangnya 16 . letakkan beberapa lembar koran bekas agar ia bisa buang air bila ia terpaksa harus buang air. setelah makan siang. Selama 2 bulan berikutnya. selang waktu 3 sampai 4 jam sepanjang hari. kemudian ajak dia pergi ketempat lain atau ajak dia bermain-main sebagai hadiah. Anak anjing jantan biasaya butuh waktu lebih lama untuk kencing dibanding betina. sore dan sebelum tidur. misalnya dengan jadwal sbb: pagi-pagi setelah bangun tidur. Walau anda tidak perlu lagi membawanya keluar tiap selesai makan. Bersabarlah bila anjing anda sepertinya tidak berniat melakukan apa-apa untuk waktu lama. yaitu pagi-pagi. Jadwal latihan terbaik adalah pagi-pagi ketika bangun tidur. perpanjang saat kurungannya menjadi 4 jam. kurung dia selama 6 jam. Jadwal keluar rumah : pagi-pagi setelah bangun tidur.untuk waktu lama. Bawa anjing anda keluar pada waktu yang anda tetapkan. bereaksilah dengan menepuk/mengelus kepalanya sebagai pujian.

anjing anda pasti menguasai kemampuan baru berkenaan dengan dorongan alami mereka itu. Anjing punya daya serap yang berbeda-beda. atau bahkan mungkin di selokan. melainkan di sudut-sudut yang berpasir/berumput. c. anjing tetap harus buang air bila ia merasakan dorongan . bila anda memperlakukan mereka dengan kesabaran dan kasih. sedang beberapa sepertinya tidak akan pernah bisa belajar. Ingat bahwa binatang pun punya naluri untuk sedapat mungkin tidak mengotori tempat dimana mereka tidur 17 . Sebagai pemilik anjing yang bertanggung jawab anda seharusnya tidak membiarkan anjing anda buang kotoran disembarang tempat. Ingat bahwa seperti anak kecil. Beberapa anjing cepat sekali menguasai disiplin baru ini.3 kali sehari. terutama yang dilalui pejalan kaki. Buang air di jalan Umumnya kebutuhan buang air anjing anda timbul beberapa saat setelah keluar dari rumah dan berjalan di jalanan. Namun. cepat atau lambat. taman atau tempat bermain anak-anak.

lalu angkat alis Anda dua kali. ikut bernyanyi mengiringi lagu tertentu. Tarian Si Doggy. Mulailah dengan menyemangati gonggongan yang dilakukan anjing Anda ketika ia gembira. perintah lisan. Main Skateboard. Suruh saja dia menambah satu dengan satu. Kemudian cari tempat yang rata dan suruh anjing menaikkan semua kakinya diatas papan skateboard. Misalnya. latih dia dalam tempo yang singkat. Puji dia atas semua usahanya mencapai biskuit tersebut. dengan melakukan gonggongan. sambil mengucapkan perintah “Naik!“. Perintah lainnya adalah menaikkan alis untuk menyuruhnya menggonggong sehingga anjing Anda seolah-olah bisa matematika. Setelah ia memahami sinyal tangan. iming-imingi dia dengan hadiah biskuti anjing pada posisi yang hampir tidah dapat dijangkaunya. dan ulangi lagi. Bila dia turun disitu. Mudah kan? b. Karena trik ini melelahkan . Lalu tambahkan perintah “Naik semua!” yang artinya keempat kaki naik ke atas seluncur ini (Tahap ini saja bisa memakan waktu beberapa minggu). jangan berikan. jika ia berhasil berdiri selama 3 detik sudah boleh memberikan hadiah biskuit. dan katakan “Meluncur!”. Lalu ciptakan gerakan tangan atau perintah bila ia Anda ingin ia menggonggong. Bila ia sudah dapat meluncur dengan mantap. Pada awalnya. Letakkan skateboard di atas rumput agar tidak menggelinding. Lagi-lagi. tambahkan perintah dengan “Menari!” dengan menggoyangkan biskuit itu dan mengajarkan anjing mengikuti gerakannya. Suruh anjing meletakkan kaki kanannya di atas skateboard. tapi berika hadiah itu hanya setelah kaki depannya terangkat ke lantai. Mulailah ketika anjing Anda masih dalam posisi duduk. Bila ia sudah dapat berdiri. Bila ia melompat meraih hadiahnya. Beri ia hadiah bila ia berhasil melakukan perintah ini. c. Beri dia hadiah untuk setiap upayanya memajukan skateboard. Menggonggong Ketika Disuruh. ulangi percobaan.2. Pegang hadiah di depan anjin. Tips Melatih Keterampilan Anjing Berikut ini tips mudah dan sederhana untuk melatih keterampilan Anjing Anda: a. 18 . gabungkan pujian dengan gerakan tangan untuk menyuruhnya berdiri di atas 2 kakinya. seperti ketika Anda baru pulang atau akan mengajaknya jalan-jalan. Anda bisa menyruhnya melakukan beberapa perintah gonggongan lain.

walk. Ada beberapa alat yang sangat membantu ketika melatih seekor anjing. Jangan menyerah jika untuk pertama kalinya anjing anda sukar dilatih. Suruh dia menaikkan kaki dan meluncur hingga skateboard mulai bergerak. benda untuk memancing perilaku mereka.Untuk keberhasilan mereka mengikuti perintah. jika anda ingin melatih anjing anda jadi penurut: Lapal dan kata-kata perintah yang dianjurkan pada anjing harus jelas. harus diajarkan pada mereka dengan benar. Anda bisa membantu dia membiasakan diri dengan menyeretnya pelan-pelan sambil memberikan dia makanan. baik suasana hati pelatih maupun suasana hati anjing. sit stay here. Latihan yang santai. Ada beberapa kata seperti come. Hukuman harus dihindari ketika berlatih. Akhiri latihan dengan hal yang menyenangkan. lay down. yaitu terlalu banyak materi pelajaran yang ia dapatkan dalam waktu singkat dan memaksa anjing untuk belajar sementara perhatiannya tertuju pada hal lain. seperti tali pengikat. melatih anjing juga harus dilakukan dalam suasana hati yang mendukung. tenangkan sebelum memulai lagi.tiba waktunya untuk mengajaknya ke jalan. maka anda bisa memberikan penghargaan seperti makanan atau elusan dikepalanya. Kesalahan yang sering terjadi ketika melatih anjing. 3 Melatih Anjing Penurut Berikut petunjuk. Lalu biarkan dia terus meluncur. Bila dia takut. 19 . no. singkat dan menyenangkan sangat efektif untuk membuat anjing belajar dengan benar. alat peraga.