P. 1
kONSEP DASAR GEOGRAFI

kONSEP DASAR GEOGRAFI

|Views: 480|Likes:
Published by Suhadi Rembang
Dalam tulisan ini akan mengkaji tentang perkembangan teori geografi dari waktu ke waktu. Sumber utama tulisan ini adalah materi perkuliahan Perspektif Geografi pada jurusan Pendidikan IPS PPs Unnes dengan dosen pengampu Dr. Dewi Lies Noer dan Dr. Amin. Keduanya merupakan Doktor Geografi.
Dalam tulisan ini akan mengkaji tentang perkembangan teori geografi dari waktu ke waktu. Sumber utama tulisan ini adalah materi perkuliahan Perspektif Geografi pada jurusan Pendidikan IPS PPs Unnes dengan dosen pengampu Dr. Dewi Lies Noer dan Dr. Amin. Keduanya merupakan Doktor Geografi.

More info:

Published by: Suhadi Rembang on Mar 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

KONSEP DASAR KAJIAN GEOGRAFI

PERKEMBANGAN TEORI GEOGRAFI

DEFINISI GEOGRAFI
Istilah geografi pertama kali dikemukakan oleh Erastothenes (176:194 sm). dalam bukunya Geographica
(menjelaskan pada dasarnya bumi bulat dan telah mampu menghitung keliling Bumi dengan hanya berselisih kurang dari 1% keliling sebenarnya, sebenarnya,

GEOGRAFI dari bahasa Yunani, Terdiri dari geo dan graphien Geografi berarti Ilmu pengetahuan yang mempelajari, menjelaskan, menuliskan tentang bumi. Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan (Semlok, 1988). Menurut Sutanto (1988) konsep pokok dalam geografi adalah keruangan atau spasial. Konsep spasial menjadi penciri dalam geografi. Bidang ilmu lain mempunyai konsep yang berbeda, misalnya waktu menjadi konsep sejarah, dan kelangkaan menjadi konsep ekonomi .

Drs. Bintarto, geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menceritakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak khas kehidupan dan mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu, Dr. I Made Sandy, geografi adalah ilmu yang burusaha menceritakan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi. Drs. Nathanael Daljoeni, geografi adalah uraian tentang bumi dengan segenap isinya yakni manusia ditambah dengan dunia hewan dan dunia tumbuh-tumbuhan. Frank Debenham. Menurut Debenharn tugas para ahli geografl adalah sebagai berikut.
menafsirkan agihan atau persebaran gejala dan fakta fenomena geografi.  menemukan hubungan antara kehidupan manusia dan lingkungan fisik.  Menjelaskan interaksi antara manusia dan lingkungan, 

R. Hartshorne. Geografi bertujuan untuk memberikan deskripsi teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel dari permukaan bumi. E. A. Ackerman. Geografi bertujuan mengetahui pengertian sistem yang berinteraksi secara cepat mencakup semua budaya manusia dan lingkungan alamiah di permukaan bumi P. Haggett. Geografi memberikan perhatian terutarma pada sistem ekologi dan sistem keruangan. Pada sistem ekologi berkaitan dengan manusia dan lingkungannya, sedangkan pada sistem keruangan berkaitan dengan hubungan antar wilayah. Strabo. Geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu suatu tempat dan memperhatikan juga hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan.

Vidal de la Blache (1845±1918) mengemukakan (1845±1918) konsepnya yang disebut genre de vie atau mode of live (cara hidup). Dalam konsep ini, geografi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana proses produksi dilakukan manusia terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam. Batasan geografi selalu memperhatikan ruangruanglingkunganlingkungan-waktu. Dalam kontek r-l-w ini terjadi rkehidupan dan penghidupan yang mempunyai bentuk dan pola menurut keadaan daerahnya masing-amsing. masingSemuanya selalu berubah, dan faktor peubahnya adalah manusia yang selalu siap dengan berbagai akal dan ketrampilannya.

Pengertian geografi selalu mengalami perkembangan. Namun kalau kita kaji lebih jauh, di antara pandangan para ahli tersebut tampak ada kesamaan titik pandang. Kesamaan titik pandang tersebut adalah mengkaji: 1. bumi sebagai tempat tinggal; 2. hubungan manusia dengan lingkungannya (interaksi); 3. dimensi ruang dan dimensi historis; 4. pendekatannya, spasial (keruangan), ekologi (kelingkungan) dan regional (kewilayahan).

KONSEP DASAR MERUPAKAN KONSEP PALING PENTING YANG MENGGAMBARKAN STRUKTUR ILMU EDWIN N THOMAS: STRUKTUR ILMU GEOGRAFI MEMBERIKAN PENEKANAN PENEKANAN DASAR FAKTA GEOGRAFI dikembangkan DISTRIBUSI KERUANGAN selanjutnya dikembangkan INTERAKSI KERUANGAN atau ASOSIASI KEWILAYAHAN akhirnya melalui SINTESIS sampai pada REGION ataU KAWASAN. FAKTA GEOGRAFI dipelajari sehingga menghasilkan KAJIAN GEOGRAFI. KAJIAN GEOGRAFI memusatkan perhatian pada FENOMENA GEOSFER dalam kaitan HUBUNGAN, PERSEBARAN, INTERAKSI KERUANGAN, dan KEWILAYAHAN.
FAKTA 5W WAKTU TERJADINYA KEADAAN, SIFAT, PERISTIWA YG TERJADI LOKASI KEJADIAN

PANDANGAN GEOGRAFI
Geografi Mutakhir memastikan arah perkembangan konsep geografi untuk dapat diterapkan pada berbagai lingkugan geografi yang beraneka tingkat perkembangan ekonomi, budaya dan penguasaan teknologi Dalam tahapan ini studi geografi berorientasi pada masalah interaksi manusia dengan lingkungan, selain itu juga dapat berorientasi pada studi wilayah, permukaan bumi dipandang sebagai lingkungan hidup dimana manusia dapat memanfaatkan sumberdaya alam Potensi dan masalah unsur-unsur geografi sangat bervariatif, sehingga perlu kajian secara spasial dan temporal untuk dapat mengenali watak/sifat wilayah

-

KURIKULUM 1984 TK SMA DICANTUMKAN 6 KONSEP ESENSIAL DALAM PELAJARAN GEOGRAFI: KONSEP WILAYAH KONSEP SUMBERDAYA KONSEP INTERAKSI KONSEP KERJASAMA ANTAR WILAYAH KONSEP JAGAD RAYA KONSEP KELESTARIAN LINGKUNGAN MENURUT SEMLOK DI SEMARANG 1989 dan 1990 MENGUSULKAN KONSEP ESENSIAL GEOGRAFI TERDIRI DARI: LOKASI, JARAK, KETERJANGKAUAN, POLA, MORFOLOGI, KETERKAITAN KERUANGAN, DIFERENSIASI AREAL, INTERAKSI/ INTERDEPENDENSI, KEGUNAAN

KONSEP LOKASI, merupakan konsep utama, sebagai jawaban pertanyaan DIMANA. Lokasi absolut dan relatif KONSEP JARAK, Jarak memiliki arti penting bagi kehidupan sosial, perekonomian, dan pertahanan. Merupakan faktor pembatas pertahanan, emenuhan kebutuhan, angkutan (waktu tempuh, biaya). KONSEP KETERJANGKAUAN, accessibility, keterkaitan dengan sarana angkutan KONSEP POLA, berkaitan dengan susunan bentuk atau persebaran ruang di muka bumi, baik alami (vegetasi, tanah, ch) maupun fenomena sosial budaya manusia KONSEP MORFOLOGI, merupakan perwujudan permukaan bumi sebagai hasil uplifting, subsidensi, erosi, pengendapan, sehingga berupa bentang alam bergelombang. KONSEP AGLOMERASI, merupakan kecenderungan persebaran yang mengelompok pada wilayah sempit

KONSEP NILAI KEGUNAAN, merupakan nilai kegunaan fenomena atau sumberdaya bermakna relatif, ada yang menguntungkan dan sebaliknya. KONSEP INTERAKSI/INTERDEPENDENSI, merupakan peristiwa saling mempengaruhi antara daya-daya, obyek, dan tempat. Interaksi dapat terjadi antar fenomena alam ataupun kehidupan. KONSEP DIFERENSIASI AREAL, menimbulkan corak yang karakteristiknya berubah dari waktu ke waktu. Fenomena alam dan lingkungan bersifat dinamis. Bandingkan wilayah perdesaan dan perkotaan. KONSEP KETERKAITAN KERUANGAN, keterkaitan keruangan menunjukkan adanya keterkaitan persebaran suatu fenomena dengan lainnya di suatu ruang tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->