P. 1
perlu tidaknya d buat jalan tol

perlu tidaknya d buat jalan tol

|Views: 18|Likes:
Published by Mira Elvira

More info:

Published by: Mira Elvira on Mar 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2011

pdf

text

original

aku dulu pernah di stop dalam perjalanan dari balikpapan menuju samarinda oleh para mahasiswa dari salah

satu universitas untuk mengisi sebuah kuisioner tentang perlu tidaknya dibuat jalan tol antara samarinda - balikpapan. menurut aku sih setuju aja, karna dari segi jumlah kendaraan diantara dua kota itu yang semakin bertambah, populasi kendaraan kian padat. belum lagi sepeda motor yang semakin menggila jumlahnya akibat mahalnya harga BBM. jalan tol juga membuat waktu perjalanan menjadi lebih singkat, karna ya tau sendirilah... bebas hambatan, terutama pembalap2 motor anak muda samarinda yang kadang gak punya otak dijalanan. selain itu juga bis dan truk punya jalur sendiri dilajur kiri, sehingga tidak menghalangi jalannya kendaraan dibelakang yang ingin cepat. write down brur pendapat loe... de-jambroNk Mar 1 2006, 05:34 AM aku setuju seh , tapi belum saatnya. kapan-kapan kira2 bisa ?mungkin sekitar tahun 2030 lah. disaat populasi meningkat. mengapa 2030, karena susah kalau dibikin jalan tol smd-bpp. Itu kan tol jalannnya harus lurus. sementara smd-bpp belum bisa jalannya belok2, sama aja kek jalan biasa. dan juga untuk pembabatan gunung memakan ongkos yang sangat mahal. Dan bisa jadi nantinya malah jalan tol tidak mesti harus sampai samarinda, bisa saja hingga loa janan, atau mangkupalas. Dan pihak yang berwenang pasti telah menghitung dengan pasti kemungkinannya, biaya, waktu pengerjaan dan penampungan tenaga kerja lumayan lah mengurangi pengangguran tuh. Bagaimana seandainya tenggarong juga mau mempunyai jalan tol, bisa jadi hanya akan ada 1 jalan tol bpp-tenggarong. /geg CiPz Mar 3 2006, 02:25 AM hehehehehe.. ada bener jg sie dr jambronk.. mesti baekin dulu tu jalan yang jerawatan disamarinda. baru bikin tol biar makin cakep aja nieh samarinda... duh.. i lop samarinda mentoks.. de-jambroNk Mar 3 2006, 04:43 AM kalau samarinda ada lautnya mungkin 99% bisa lah bersaing dengan balikpapan. metropolitan didunia semuanya semaunay dipinggir laut bukan sungai. all-x Mar 5 2006, 12:30 AM Ndak perlu. Yang perlu itu tansportasi masal yang murah. Dari dulu cita2 doank ada kereta api dll.... .gif" style="vertical-align:middle" emoid="/sob" 90 % kota

border="0" alt="sob.gif" />.gif" style="vertical-align:middle" emoid="/sob" border="0" alt="sob.gif" /> de-jambroNk Mar 5 2006, 12:38 AM ahhahaa setuju banget ko. coba dikalimantan ada kereta api, mun kada harus kejawa gasan liat kereta api. CiPz Mar 10 2006, 11:38 PM kereta api emank mungkin yah dikalimantan? tipikal tanah kalimantan yang bergelombang dan juga lembek seperti tanah liat. belum lagi banyak sungai-sungai kecil yang butuh lebih banyak biaya untuk mbangun jembatan.. all-x Mar 11 2006, 05:50 PM Kondisi tanah kalimantan masih mungkin. sebab dulu ada kereta lori dari Loa kulu hingga tenggarong (untuk muat batu bara dan kayu). Kalo untuk Light Rail sangat mungkin di implementasikan. CiPz Mar 11 2006, 09:19 PM yak.. silahkan buat pemerintah propinsi ato pemerintah kabupaten/kota yang berminat untuk bangun rel kereta api bisa hubungi ko alex... siap jadi konsultan jk fearless Mar 12 2006, 08:48 AM mimpi sih enggak!! tapi klo emang mau di buat kek nya berat dah... duit udah pasti kena tilep sono sini dulu , kapan maju nya indonesia klo korup gak ilang. sedih gw liat gaji DPR 80jt

/bulan gitu masih kurang apa buat dia orang??? kok masih nilep sana sini bgt ^syubidubabpap^ Mar 13 2006, 12:24 AM matjem-matjem adje.... daripada ngurusin djalan tol baeknja ngurus djalan jang udah ada adje dulu.... soalnja masih banjak nih djalan di Kota kita jang tertjinta ini jang masih pada rusak dan masih perlu dibenahin..... gimana nih menurut kawan-kawan sekalian...?????? .gif" style="vertical-align:middle" emoid="/gawi" border="0" alt="gawi.gif" />.gif" style="verticalalign:middle" emoid="/gawi" border="0" alt="gawi.gif" /> Nadzia Apr 8 2006, 12:58 PM Mending perhatikan jalan2 di PERKOTAAN yg belum kelar2. volron Apr 8 2006, 02:32 PM <Deleted> Continue to the next post ... volron

Apr 8 2006, 02:33 PM Umm ... kalo sudah ada jalan tol Nanti segala bahan baku pembuatan jalan lebih mudah masuk ke Samarinda, sehingga harganya lebih murah Jadinya secara ngga langsung jalan-jalan kota di Samarinda lebih mudah diperbaiki, karena biaya bahan baku lebih murah dengan kualitas yang lebih baik ... Harapannya sih begitu .... Jadi kalo ada yang mau bikin jalan tol ... kenapa ngga? Ramaon Apr 21 2006, 11:20 AM Pembuatan Jalan tol Samarinda Balikpapan tidak perlu. Karena Ke depan nanti jalanan tidak menjadi sarana utama pengangkutan. Kita akan memakai sistem subway MRC seperti di negara2 maju (sebaiknya). Lagipula di kota Samarinda dan Tenggarong akan segera dibangun Bandara berkelas Internasional. Apalagi proyek pembangunan jalan tol akan memakan biaya pembangunan fisik yang terlalu besar jika dikaitkan dengan kepentingan sistem transportasi masa depan. Yah disini tergantung para pemimpin kita saling menyatukan visi di Kaltim. bigred Apr 21 2006, 07:20 PM tuk sekarang masih blon..deh Sukman Apr 21 2006, 11:55 PM Jalan Tol.............. Sepadat apakah samarinda ini udah perlu kah????????????? pingkiwingki1 Apr 22 2006, 09:19 AM efisiensi waktu... sanko Apr 22 2006, 09:22 AM Akses jalan Samarinda-Balikpapan yang sering kita lalui saat ini akan mendapat alternatif lewat pantai yang tidak berbukit-bukit. Beberapa jembatan dalam tahap penyelesaian, mudah-mudahan tahun ini selesai atau tahun depan sebelum PON XVII-2008. Akses termudah nantinya via Jembatan Mahkota II. Akses pantai ini akan melewati Manggar dengan pemandangan beberapa titik pengeboran minyak yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dulu. Sedangkan rencana Jalan Tol atau Highway Samarinda-Balikpapan juga direncanakan diantara dua jalan yang sudah ada, jalan tepi pantai dan jalan yang saat ini. Highway diperlukan jika ide Kapet Sasamba jadi, tapi tampaknya ide jaman presiden Suharto/Habibie ini kok kurang terasa gaungnya. Highway sangat penting untuk peningkatan industri. Jalan baja, atau rel kereta juga dirancang untuk akses Balikpapan-Samarinda-Bontang-Sangatta, tapi tujuannya bukan untuk penumpang manusia. Jalan baja ini dikhususkan untuk batubara. Secara teknik sipil tidak ada yang tidak mungkin untuk semua pekerjaan di atas. Bukit bisa diratakan atau dibuat terowongan, jurang bisa diberi jembatan. Negara yang maju karena infrastruktur transportasi dimajukan terus menerus yang pernah saya lihat adalah Taiwan. Kaltim

seharusnya bisa seperti itu jika tidak ingin tergantung dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang suatu saat akan habis. czelite Apr 23 2006, 12:52 AM

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->