PENGGOLONGAN DAN JENIS JENIS JENIS-JENIS PERPAJAKAN

SUKANTO, S.E., M.Si

DASAR PEMUNGUTAN PAJAK DI INDONESIA

.

serta sifat-sifat yang melekat pada pajak yang bersangkutan . seperti: siapa yang membayar pajak. siapa yang memungut. apakah beban pajak dapat dilimpahkan/dialihkan kepada pihak lain atau tidak.Pembedaan atau penggolongan pajakdidasarkan pada suatu kriteria. siapa yang pada akhirnya i b j k i d khi memikul beban pajak.

pembayarannya harus ditanggung sendiri oleh wajib pajak dan tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. cukai. Contoh : Pajak penjualan bea materai dan penjualan.Pajak Langsung adalah pajak yang Langsung. adalah pajak yang pembayarannya d b dapat di lihk t dialihkan k kepada d pihak lain. . Contoh : PPh. PBB. Pajak Tidak Langsung.

pemerintah daerah. Iuran kebersihan. p j . Retribusi galian pasir. j . PPn dan Bea Materai. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) PBB. Retribusi terminal. pajak reklame. .Pajak Negara atau Pajak Pusat. Pajak pusat merupakan salah satu sumber penerimaan negara. Pajak daerah merupakan salah satu sumber penerimaan pemerintahan daerah. i Contoh : PPh. Pajak Daerah adalah pajak yang dipungut oleh Daerah. PPN. adalah pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat. Contoh: Pajak tontonan. Retribusi parkir.

Bea masuk II.PAJAK LAINNYA Pajak perdagangan internasional j p g g I. Pajak pungutan ekspor .

Contoh : PPN. PPn-BM. adalah pajak yang memperhatikan kondisi keadaan wajib pajak.Pajak Subjektif. PBB. Dalam hal ini penentuan besarnya pajak h b j k harus ada alasan-alasan objektif yang d l l bj ktif berhubungan erat dengan kemampuan membayar wajib pajak. . adalah pajak yang berdasarkan pada objeknya tanpa memperhatikan keadaan diri wajib pajak. j j Contoh : PPh. Pajak Objektif.

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 3.Pajak Penghasilan (PPh) 2.Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan ( (BPHTB) ) .Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 6.Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM) j j g ( ) 4.Pajak pajak Pajak-pajak Pusat yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak meliputi : 1.Bea Meterai j g ( ) 5.

d. a a a a da e u aa .Bea b Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Kendaraan di Atas Air. c.Pajak a Pajak Kendaraan Bermotor dan Kendaraan di Atas Air.Pajak c Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bemotor.Pajak Propinsi: a.Pajak Pengambilan dan Pemanfaatan Air Bawah Tanah dan Air Permukaan. b.

Pajak f Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C. b. f. c.Pajak Restoran.Pajak Hiburan. d.Pajak Reklame. e.Pajak Kabupaten/Kota a. .Pajak Parkir.Pajak Hotel.Pajak Penerangan Jalan. g.

khususnya di negara-negara yang tidak g g g mengkonsumsi daging hewan.BEBERAPA ISTILAH PERPAJAKAN Abattoir tax. adalah pungutan atas reklame. Advertising tax. adalah pungutan yang dikenakan terhadap penumpang yang akan berangkat melalui bandar udara . Pungutan ini bermaksud baik g p g j p sebagai pungutan atas jasa dan peristiwa pemotongan maupun sebagai pungutan semi mewah. yakni g g y pungutan yang dikenakan kepada setiap hewan yang dipotong. Airport tax. iklan atau bentuk promosi lainnya yang biasanya ditempatkan di luar ruang ruang. atau disebut slaughtering tax.

Appropriated tax. Yang diterima/diperoleh kantor Cabang perusahaan di dalam p g p negeri yang kantor pusatnya berada di luar negeri. Branch Earning Tax. . kepada pemberi kerja di bidang usaha tertentu yang dananya diperuntukkan untuk latihan dan magangAdvertising tax adalah pungutan atas reklame tax.BEBERAPA ISTILAH PERPAJAKAN LANJUTAN Apprenticeship tax adalah pungutan yang dikenakan tax. Branch tax. reklame. Branch Profit Tax. sepeda yang di Indonesia disebut ‘pening’ sepeda. adalah pajak yang dikenakan terhadap laba setelah dikurangi Pajak Penghasilan di Indonesia. adalah pungutan yang dananya direncanakan untuk membiayai aktivitas atau area tertentu. iklan atau bentuk promosi lainnya yang biasanya ditempatkan di luar ruang. Bicycle tax adalah pungutan terhadap penggunaan tax.

atau gg p p g pengggantian pada waktu kematian. capital gain tax sudah termasuk dalam Pajak Penghasilan yakni sebagaimana yang diatur dalam pasal 4 ayat 1 huruf d UU PPh 1994 1994.BEBERAPA ISTILAH PERPAJAKAN LANJUTAN Capital Acquisition Tax. adalah pajak yang dikenakan terhadap laba yang diperoleh atas penjualan atau pengalihan harta. warisan) . di Indonesia. adalah suatu jenis pajak yang dipungut di I l di t h d hib h d warisan. di t Irlandia terhadap hibah dan i Capital Gain Tax. adalah pajak yang dikenakan di Inggris terhadap pemberian antara keluarga. Sejak tahun 1985 jenis pajak ini diganti dengan inheritance tax (pajak atau warisan). Capital Transfer Tax.

.

.

.

.

PERMASALAHAN PENGGALIAN PAJAK kemampuan pemerintah dalam mengumpulkan pajak sebagai sumber penerimaan Negara masih sangat tergolong rendah (tax ratio) Indonesia Philipina Muangthai Perancis USA 10.8 10 8 Singapura 12.9 17 9 30.2 18 2 17.8 .8 18 8 18.5 16 5 India 24.4 Korea Selatan 16.7 17.6 Inggris 18.

Si FE UNIVERSITAS SRIWIJAYA .PENGAWASAN DANA DEKONSENTRASI & TUGAS PEMBANTUAN DI SEKTOR INDUSTRI 20 05/05/2009 0 SUKANTO. S. M.E.