PROPOSAL RENCANA KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN INSTALASI PENGELOLAHAN AIR LIMBAH BOJONGSOANG PDAM KOTA BANDUNG

Oleh: Rasyid Indra Maulana 240110070044

TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2010

NIP. H. Jatinangor. Wagiono. Ir. 5 Agustus 2010 Dosen Pembimbing Praktek Kerja Lapangan Dr.LEMBAR PENGESAHAN Nama Mahasiswa NPM Program Studi : Rasyid Indra Maulana : 240110070044 : Teknik dan Manajemen Industri Pertanian Tempat Praktek : INSTALASI PENGELOLAHAN AIR LIMBAH BOJONGSOANG PDAM KOTA BANDUNG Tanggal Praktek : 5 Agustus ± 30 Agustus 2010 Judul PKL : Analisis Kemampuan Tanam Berbagai Jenis Tanaman yang Diunggulkan di Kondisi Lingkungan dan Cuaca Bandung. 195606061986011001 .

Sedangkan produk samping instalasi yang berupa lumpur Kolam Anaerobik telah dimanfaatkan untuk berbagai penelitian dan kebutuhan perkebunan dan penghijauan. Instalasi ini terletak di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung dengan luas area 85 Ha. Instalasi pengelolaan ini mempunyai kapasitas 243. Berbagai sarana mulai dapat dilengkapi untuk kebutuhan keseimbangan ekosistem di areal instalasi pengelolaan air kotor Bojongsoang sehingga dapat dimanfaatkan untuk studi berbagai bidang ilmu pengetahuan. Sesuai dengan hasil proses dari instalasi pengelolaan tersebut berupa air (effluen) yang laik buang ke badan air penerima. yang mana melalui proyek BUDP Dewi Sartika Tahap I dan Tahap II telah dibangun sarana air kotor secara perpipaan lengkap dengan instalasi Pengolahan Air Kotor dan dikelola oleh PDAM Kota Bandung. serta dapat memperkaya ekosistem penunjang di lingkungan tersebut.000 m3 yang dapat melayani 400. sampai saat ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk irigasi (pertanian dan perikanan). dan Bandung Selatan. Instalasi ini berproses dengan sistem Kolam Stabilitasi (Stabilization Ponds) yang sangat bergantung pada faktor alam. Untuk itu antisipasi telah banyak dilakukan untuk kelangsungan proses operasional pengelolaan tersebut. . Bandung Tengah. Sejak dioperasikannya instalasi tersebut (tahun 1992) berbagai kendala banyak dihadapi diantaranya perubahan kualitas air limbah yang masuk ke instalasi pengelolaan sebagai akibat dari perubahan lingkungan dan perilaku manusia. Adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah tanaman unggulan yang sebelumnya telah ditanam di areal instalasi pengelolaan air kotor Bojongsoang.000 jiwa penduduk untuk daerah pelayanan Bandung Timur.Latar Belakang Dalam rangka penataan sistem sanitasi lingkungan di Kota Bandung.

disertai dengan pengambilan data seperti penambahan tinggi tanaman. pengairan tanaman. tanah. Evalausi dan Pembuatan Laporan .Tujuan Praktek Kerja Lapangan Adapun tujuan dari melaksanakan praktek kerja lapangan ini adalah untuk mengidentifikasi jenis tanaman unggulan apa saja yang bisa ditanam di kondisi lingkungan. maupun cuaca Bandung. 2. dan perkembangan lainnya yang terjadi pada tanaman tersebut. 4. Uji lapangan berbagai jenis tanaman unggulan yang telah kita identifikasi. Pengamatan terhadap perkembangan hidup tanaman ± tanaman yang telah kita tanam. Mengidentifikasi berbagai jenis tanaman unggulan yang bisa ditanam di lingkungan Instalasi Pengelolaan Air Limbah Bojongsoang PDAM Kota Bandung. khususnya di lingkungan Instalasi Pengolahan Air Limbah Bojongsoang PDAM Kota Bandung. Lokasi Praktek Kerja Lapangan Lokasi tempat praktek kerja lapangan yang akan dilaksanakan adalah di Instalasi Pengolahan Air Limbah Bojongsoang PDAM Kota Bandung. Rencana Kerja 1. 3.

Semester 7 (tingkat 4) . 24 Mei 1989 : Islam : Jl. Ciwastra.Lampiran 1. BIODATA PESERTA KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANG Nama Lengkap NPM Jenis kelamin Tempat/Tanggal Lahir Agama Alamat Rumah : Rasyid Indra Maulana : 240110070044 : Laki . Alamraya VIII B4/21 Griya Bandung Indah. Bandung Telepon Status : 085223298741 : Mahasiswa Teknik dan Manajemen Industri Pertanian Universitas Padjadjaran.Laki : Bandung.

Lampiran 2. Time Schedule Kegiatan 1. 4. 3. Evalausi dan Pembuatan Laporan ¥ 1 ¥ Minggu 2 3 4 ¥ ¥ . Mengidentifikasi berbagai jenis tanaman yang diunggulkan serta persiapan alat dan perlakuan apa saja yang dibutuhkan untuk menanam tanaman tersebut. dilihat dari tinggi tanaman maupun perubahan ± perubahan yang terjadi pada tanaman tersebut. Mengevaluasi perkembangan tanaman ± tanaman yang telah kita tanam. bagaimana perkembangannya selama seminggu ditanam. Uji lapangan tanaman ± tanaman yang telah kita identifikasi sebelumnya. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful