MANAJEMEN PENDIDIKAN

Dr. Pudjosumedi AS,M.Ed. ( Jum¶at, 25 Maret 2011 )

Buku-buku yang dianjurkan
1. Educational Administrational ( Theory, Research and Practice ) Wayne K Hoy, cecil G Miskel. 2. Human Behaviour in Educational Administration ( NewellA Clarence ) 3. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan professional ( Jamal Ma¶mur Asmani ) 4. Manajemen Pendidikan Indonesia ( Made Pidarto )

Pokok Bahasan ( Discussion )
1. Seputar Isu dan Permasalahan Pendidikan 2. Urgensi Manajemen Pengelolaan Pendidikan 3. Dimensi dalam Administrasi Pendidikan 4. Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan 5. Kewenangan dan Tanggung jawab Kepala Sekolah 6. Strategi dan Pendidikan 7. Pengambilan Keputusan 8. Langkah Efektif memajukan Pendidikan 9. Perencanaan dalam Pendidikan 10. TQM, TQE, Konsep Dasar dalam Pendidikan

11. MBO, Konsep Dasar dan Pendekatan Pendidikan
12. Pengembangan SDM 13. Manajemen Berbasis Sekolah 14. Pengawasan dan Supervisi Pendidikan 15. Dimensi Layanan dalam Pendidikan 16. Pembiayaan dan Anggaran Pendidikan 17. Komunikasi dalam Pendidikan 18. Efektifitas Kualitas Guru dalam Pendidikan 19. Evaluasi dalam Pendidikan

kaji ulang) 11. Paradoks Global ( yang betul betul ga masuk akal. Rasionalisasi ( dipikirkan ulang. DKI Jakarta 0. Kekuatan Pikiran ( Makin tinggi ilmunya makin tinggi kehidupan sosialnya. B. 3.25 . 2. Konsolidasi ( Berbagai sub menyatu menjadi satu ) 10. 4. Ada budaya yang pantas dipelihara ada juga yang harus dibuang) 7. 5.Konsep MBO apa Diterapkan dalam pendidikan bagaimana DI : Human Development Indeks TANTANGAN DALAM PENDIDIKAN A. 6. masyarakat makin sejahtera makin terdorong kemampuan mencari ilmnya ) 1. Tantangan Intern Pangkal tantangan intern adalah kebijakan pemerintah yang belum/kurang progresif. membingungkan didalamnya terdapat entitas-entitas yang bertolak belakang satu sama lain. Tantangan Eksternal Globalisasi Kompleksitas (Sesuatu terjadi secara serentak dalam waktu yang bersamaan ) Turbulence ( Anak tidak kaget dengan jal-hal yang baru ) Dinamika ( Perubahan ) Akselerasi ( Percepatan ) Keberlanjutan dari Kuno ke Modern (Jaman modern dituntut melestarikan nilai nilai lama. Konektivitas ( Berhubungan ) 8. Konvergensi ( Muncul apabila ada dua system berbeda bergerak menuju system yang sama ) 9.820 di daerah 0. lebih sedikit adalah lebih banyak ) 12. evaluasi.

sistem. proses sistemik dan sistematik. manajemen pendidikan merupakan proses pengembangan kegiatan kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan Engkoswara (2001) : mengemukakan bahwa manajemen pendidikan dalam arti seluas-luasnya adalah ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta didalam mencapai tujuan yang disepakatiu bersama Sumber daya terdiri dari sumber daya manusia ( peserta didik. dan kurikulum Kesimpulan : Manajemen pendidikan menyangkut tujuan pendidikan.Kompleksitas : Sesuatu terjadi secara serentak dalam waktu yang bersamaan Menurut : E. pendidik. tetap berjalan. fasilitas. Soepardi (1998) : mengungkapkan bahwa garapan manajemen pendidikan meliputi bidang organisasi kurikulum. kurikulum. sumber-sumber yang didayagunakan.Manajemen pendidikan merupakan suatu cabang ilmu manajemen yang mempelajari penataan sumber daya manusia. perlengkapan pendidikan. yang mempunyai relasi satu dengan yang lain. sumber belajar. personil pendidikan. sumber belajar dan dana. manusia yang melakukan kerjasama. bukan berganti pemimpin bergantian system seperti sinyalemen yang ada di negeri ini. walau terjadi pergantian kepemimpinan. dan pemakai jasa pendidikan). Mulyasa (2007). dan dana financial atau keuangan MANAJEMEN SEBAGAI SISTEM Manajemen sebagai system berarti menjadi aturan main (rule of the game) yang mengikat seluruh person yang ada didalamnya. KETERAMPILAN MANAJEMEN Keterampilan Konsep Keterampilan Manusiawi Keterampilan Teknik . media pendidikan. dan yang sesuai dengan konteksnya. hubungan kemanusiaan. Sistem adalah suatu kesatuan yang utuh dengan bagian-bagiannya yang tersusun sistematis.serta upaya mencapai tujuan lembaga secara dinamis.

pendidikan yang lebih manusiawi . yang berarti juga me-manage informasi yang akan memperoleh keberhasilan yang lebih.Me-manage pendidikan adalah me-manage masa depan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful