P. 1
pohon_keputusan

pohon_keputusan

|Views: 197|Likes:
Published by Adhie Tri Wahyudi

More info:

Published by: Adhie Tri Wahyudi on Mar 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2015

pdf

text

original

POHON KEPUTUSAN

Pohon keputusan adalah gambaran skematik dari alternative yang tersedia bagi pengambil keputusan dan kemungkinan hasilnya. Istilah pohon keputusan diambil dari bentuk diagramnya yang memiliki cabang dan ranting seperti halnya suatu pohon. Pohon keputusan memiliki fungsi yang sama dengan tabel keputusan, namun biasanya lebih sesuai untuk situasi analisis yang memiliki keputusan berjenjang. Tabel keputusan pada contoh kasus PT. Spektrum dapat digambarkan dalam bentuk pohon keputusan seperti berikut :

Pohon Keputusan dibuat dan dibaca dari kiri ke kanan. Cabang yang berasal dari segi empat (simpul keputusan) menunjukkan alternative atau pilihan keputusan, sedangkan cabang yang berasal dari lingkaran (simpul kejadian) menunjukkan kejadian yang akan terjadi dari setiap alternating beserta probabilitasnya. Analisis pohon keputusan dimulai dari arah kanan ke kiri. Pada setiap simpul kejadian, dihitung nilai harapan dari alternative yang bersangkutan. Pada simpul keputusan, dipilih satu alternative terbaik (berupa : nilai harapan tertinggi atau biaya terendah) dari berbagai alternative yang ada pada simpul itu.

Teknik Industri – Universitas Setia Budi @ 2011 - 1

6 EV2 = 0.2 . Pada latihan berikutnya. Teknik Industri – Universitas Setia Budi @ 2011 .6(16) + 0. karena memiliki EV terbesar. akan dijelaskan lebih lanjut suatu proses analisis yang lebih kompleks dengan menggunakan pohon keputusan. 2 dan 3 sebagai berikut : EV1 = 0. Spektrum dapat dihitung nilai harapan simpul 1. Apabila keputusan berjenjang harus dilakukan.3(14) + 0.3(12) + 0.Kriteria analisis yang paling banyak digunakan dalam analisis pohon keputusan adalah nilai harapan (EV).1(10) = 25 EV3 = 0. Dari pohon keputusan untuk investasi PT. pohon keputusan merupakan analisis yang lebih bermanfaat daripada tabel keputusan. Pohon keputusan dapat digunakan untuk analisis lebih dari satu tingkat keputusan (berjenjang).6(41) + 0.1(4) = 28.1(12) = 15 Maka.3(20) + 0. pilihan jatuh pada investasi pada proyek A.6(30) + 0.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->