A. Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan.

Termasuk di dalamnya ucapan pendapat atau penilaian orang atas sesuatu. Dalam kode etik jurnalistik, pasal 3 ayat (30) dijelaskan antara lain, ³«di dalam menyusun suatu berita, wartawan Indonesia harus membedakan antara kejadian (fact) dan pendapat (opini) sehingga tidak mencampuradukkan yang satu dengan yang lain untuk mencegah penyiaran berita -berita yang diputarbalikkan atau dibubuhi secara tidak wajar.´ Pendapat juga disebut opini. Dikenal public opinion atau pendapat umum dan general opinion atau anggapan umum. Opini merupakan persatuan (sintesis) pendapat-pendapat yang banyak; sedikit banyak harus didukung orang banyak baik setuju atau tidak setuju; ikatannya dalam bentuk p erasaan/emosi; dapat berubah; dan timbul melalui diskusi sosial.

Tanggapan adalah ulasan atau komentar atas berita, pidato, laporan, dan sebagainya. Tanggapan terhadap berita dapat diberikan pada seluruh aspek berita, seperti isi, unsur berita, bahasa, ga ya penulisan berita, dan sebagainya. Sebelum menanggapi berita, kita harus memahami berita tersebut. Setelah itu, baru kita lakukan analisis secara mendalam terhadap seluruh aspeknya.

Seseorang agar memiliki keterampilan berbicara secara baik dan benar dalam forum-forum diskusi/seminar, maka dia harus menguasai hal -hal berikut ini. a. Penguasaan masalah. b. Penguasaan lafal dan intonasi. c. Pengenalan situasi. d. Keberanian berbicara. e. Penguasaan bahasa/kekayaan kosakata dan gaya penyampaiannya. f. Sering latihan/kebiasaan. Tujuan berbicara dalam forum apa pun tentulah didorong oleh keinginan

untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada siapa yang diajak berbicara. Dalam diskusi/seminar ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, mengingat diskusi itu merupakan suatu forum musyawarah untuk memufakati suatu masalah yang dihadapi bersama -sama. Pihak-pihak yang terlibat dalam diskusi. a. Moderator Seorang anggota diskusi/seminar yang ditunjuk oleh panitia seminar/diskusi untuk memimpin jalannya diskusi sampai selesai. b. Notula Seorang anggota seminar yang ditunjuk oleh panitia dan moderator sebagai pencatat dan perekam dalam proses jalannya seminar/diskusi. c. Pembicara Seorang ahli atau pakar yang dimintai oleh panitia untuk menjadi pembicara atau memberikan materi dalam diskusi/seminar tersebut. d. Peserta Anggota seminar yang mengikuti seminar/diskusi dan mendaftar secara langsung ataupun hanya sebagai partisipan.

Paragraf adalah bagian dari telaah wacana dalam bahasa Indonesia. Penalaran dalam paragraf sebuah wacana dapat berpola deduktif dan induktif.

Penalaran induktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwaperistiwa yang sifatnya khusus menuju pernyataan umum. Apabila diidentifikasi secara terperinci, paragraf berpola induktif memiliki c iri-ciri sebagai berikut: a. letak kalimat utama di akhir paragraf, b. diawali dengan uraian/penjelasan bersifat khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum.

Generalisasi Adalah proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fakta atau gejala

khusus yang diamati lalu ditarik kesimpulan umum tentang sebagian atau seluruh gejala yang diamati itu. Jadi, generalisasi merupakan pernyataan yang berlaku umum untuk semua atau sebagian besar gejala yang diamati. Di dalam pengembangan karangan, generalisasi perlu ditun jang atau dibuktikan dengan fakta-fakta, contoh-contoh, data statistik, dan sebagainya yang merupakan spesifikasi atau ciri sebagai penjelasan lebih lanjut.

b. Analogi Cara bernalar dengan membandingkan dua hal yang memiliki sifat sama. Cara ini berdasarkan pada sebuah asumsi bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi, maka akan ada persamaan pula dalam bidang yang lain.

c. Sebab-Akibat Adalah proses penalaran yang dimulai dengan mengemukakan fakta yang berupa sebab dan sampai pada kesimpulan yang merupakan akibat.

1. Unsur-Unsur dalam Surat Lamaran Pekerjaan Surat lamaran pekerjaan biasa ditulis seseorang ditujukan kepada suatu instansi atau perusahaan. Dalam surat lamaran tersebut, seorang pelamar menawarkan keahlian, kemampuan, atau jasa agar diterima menjadi karyawan atau pegawai di instansi atau perusahaan tersebut. Unsur-unsur yang terdapat dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut. a. Identitas pelamar, yang meliputi: nama, alamat, usia, tempa t dan tanggal lahir, pendidikan. b. Jenis pekerjaan yang diminta. c. Apabila telah mempunyai pengalaman, dicantumkan pengalaman kerja. d. Data pendukung yang dimiliki, misalnya: STTB, riwayat hidup, dan sertifikat keahlian. e. Sumber lamaran, baik dari iklan maupun pengumuman.

yaitu metode berpidato yang direncanakan dengan menggunakan catatan kecil sebagai inti dan rangkaian pembicaraan yang akan disampaikan kepada pendengarnya. Apabila kita pandai berpidato tentu saja akan mendatangkan banyak keuntungan. 1. . Menemukan Paragraf Berpola Deduktif Paragraf adalah bagian dari telaah wacana dalam bahasa Indonesia. paragraf berpola deduktif memiliki ciri -ciri sebagai berikut: a.Berpidato adalah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mengungkapkan ide. Penalaran dalam paragraf sebuah wacana dapat berpola deduktif dan induktif. Penalaran deduktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwaperistiwa yang sifatnya umum menuju pernyataan khusus. Metode Berpidato Berpidato yang baik tentu harus memilih metode yang baik. Metode ini biasanya akan membosankan bagi pendengarnya. pidato di televisi atau di radio. 1) Metode naskah. diawali dengan pernyataan umum disusun dengan uraian atau penjelasan khusus. 3) Metode impromptu/serta-merta. Apabila diidentifikasi secara terperinci. sehingga hasilnya a kan kurang maksimal. yaitu berpidato yang mengandalkan pada naskah. 2) Metode menghafal. baik keuntungan secara pribadi maupun secara umum bagi keluarga dan masyarakat luas. Oleh karena itu. b. metode ini tanpa ada persiapan sebelumnya. b. yaitu metode berpidato yang direncanakan jauh hari sebelumnya. 4) Metode ekstemporan (catatan kecil). letak kalimat utama di awal paragraf atau paragraf kedua. baik direncanakan maupun tidak direncanakan. Metode ini dipakai biasanya dalam pidato -pidato resmi. gagasan. dan pikiran. Berpidato merupakan salah satu keterampilan berbicara. yaitu metode berpidato berdasarkan kebutuhan sesaat. Metode -metode berpidato yang baik dapat dibagi menjadi berikut ini.

2) peserta. terdiri atas: 1) tempat dan waktu. a. Hal ini tergantung pada kesepakatan organisasi yang menyelenggarakan acara notula tersebut. 2) tujuan diskusi. Pola Penulisan Notula yang Lengkap Dalam diskusi yang bersifat resmi. Pemandu diskusi d. Notula tidak memiliki format yang standar. d) Lampiran 3. yang terdiri atas: 1) latar belakang pelaksanaan diskusi. a. 4) rumusan hasil diskusi. c) Penutup.Secara terperinci. Penyaji/pembicara diskusi . Seorang notulis yang baik harus memiliki ke cermatan dan kepandaian dalam memilih dan mengikuti jalannya diskusi atau seminar secara keseluruhan. 2) saran-saran. b) Uraian pelaksanaan. Petugas tersebut disebut notulis dan catatannya disebut notula (ada juga yang menyebut notulen). 3) langkah-langkah persiapan. Adapun unsur-unsur yang harus dicatat notulis adalah sebagai berikut. yang terdiri atas: 1) kesimpulan. Pendahuluan. biasanya ada seseorang petugas yang membuat catatan mengenai jalannya diskusi secara keseluruhan. unsur-unsur yang harus ada dalam laporan hasil diskusi adalah sebagai berikut. Nama diskusi b. Tempat dan waktu diskusi c. 3) prosesi jalannya diskusi. Melampirkan Notula Notula merupakan catatan singkat mengenai jalannya persidangan (r apat) ataupun diskusi serta hal-hal yang dibicarakan dan diputuskan.

Kesimpulan diskusi k. Jumlah peserta yang hadir f. Teks meliputi sejumlah paragraf. Letak gagasan utama dapat di awal paragraf (paragraf deduktif) atau di akhir paragraf (paragraf induktif). 3. Penanggulangan masalah i. Komunal (hasil sastra yang ada dianggap milik bersama). Ciri-ciri hikayat dan karya sastra lama Hikayat ????? 1.e. 2. Materi pokok diskusi g. Sebagian besar berupa sastra lisan (disampaikan dari mulut ke mulut). Saran dan usulan peserta j. Nama dan tanda tangan notulis. Setiap paragraf memiliki gagasan utama yang didukung oleh gagasan-gagasan pendukung. Anonim (tidak dikenal nama pengarangnya). Kata baku adalah kata yang penulisannya sesuai dengan aturan yang baku. Permasalahan yang dihadapi h. .

2. Akhir -akhir ini. Statis (tidak mengalami perubahan atau perkembangan). tetapi pengungkapannya haruslah merupakan penilaian objektif dan bukan menurut selera . dan 6. pembicaraan. 2. resensi adalah kupasan atau pembahasan tentang buku. 5. Dalam hikayat biasanya tak ketinggal an dilukiskan peperangan yang dahsyat. atau drama yang biasanya disiarkan melalui media massa. tempat para raja dan dewa menunjukkan bentuk kesaktiannya untuk memperebutkan sebuah kerajaan atau seorang putri. Pada Kamus Sinonim Bahasa Indonesia disebutkan bahwa resensi adalah pertimbangan. apakah ada hal yang baru dan penting atau hanya sekadar mengubah buku yang sudah ada. Jadi. resensi buku lebih dikenal dengan istilah timbangan buku. seperti surat kabar atau majalah. yang berarti kupasan atau pembahasan. Tujuan resensi adalah memberi informasi kepada masyarakat akan kehadiran suatu buku. Istana sentris/kraton sentris (pada umumnya menceritakan kehidupan raja-raja dan kaum kerabatnya).1 Apakah Resensi Itu? Istilah resensi berasal dari bahasa Belanda. Kelebihan dan kekurangan buku adalah objek resensi. Tidak berangka tahun (tidak diketahui secara pasti kapan karya tersebut dibuat). film. resentie. atau ulasan buku.4.

Pendahuluannya berisi perbandingan dengan karya sebelumnya. Pantat kuning berarti pelit/kikir. meliputi nama pengarang. Harus bermanfaat dan kepada siapa manfaat itu ditujukan. penerbit. daftar hitam berarti daftar orang yang terlibat dalam kejahatan. Gula-gula berarti wanita piaraan. dan nona makan sirih merupakan nama sejenis tanaman. 1 . Ada data buku. panjang tangan berarti pencuri. baik berbentuk kata. Idiom penuh. Umumnya. di akhir ringkasan terdapat nilai-nilai yang dapat diambil h ikmahnya. Berdasarkan atas makna unsur-unsur yang membentuknya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penyusunan sebuah resensi. Contoh: 1. 4. 3. yakni: a. idi om dapat dibedakan menjadi 2 jenis. atau h al yang berhubungan dengan tema atau isi. Kata gula-gula.pribadi si pembuat resensi. 2.3 Ungkapan Ungkapan/idiom adalah satuan bahasa. panjang tangan. Ada ulasan singkat terhadap buku tersebut. frasa. dan tebal buku. 2. dan nona makan sirih sudah tidak dapat dikembalikan lagi ke dalam makna denotasinya. 2. daftar hitam. yaitu idiom atau ungkapan yang seluruh unsur pembentuknya tidak dapat dikembalikan kepada makna denotasinya. Gulung tikar berarti bangkrut. tahun terbit. biografi pengarang. maupun klausa yang maknanya s udah tidak dapat dirunut kembali dari makna denotasi unsur -unsur yang menyusunnya. .

Kata gulung dan kata tikar sudah kehilangan makna denotasinya. seperti para raja ataupun para . Idiom sebagian. Contoh: 1. b. Dalam hal ini. yaitu idiom atau ungkapan yang sebagian unsur pembentuknya masih dapat dikembalikan kepada makna denotasinya. Demikian juga kata pantat dan kata kuning. 2. cerita Melayu Lama yang mengisahkan kebesaran dan kepahlawanan orang-orang ternama. RANGKUMAN 1 Hikayat adalah jenis prosa. Daftar hitam berarti daftar nama orang yang terlibat dalam tindak kejahatan. Kabar burung berarti kabar atau berita yang belum tentu kebenarannya. kata kabar dan daftar masih dapat dikembalikan pada makna denotasinya.

keanehan. Karakteristik naskah karya sastra Melayu Klasik dalam kutipan Hikayat Hang Tuah ditandai dengan adanya kata berikut. Unsur yang dominan dalam penggalan hikayat di atas adalah .. kecuali . serta Patih Gajah Mada pun aku bunuh. tiada. . . a. hatta dan hulubalang c. 21 Bab 2 Sastra Melayu I. anonim b. komunal c.orang suci di sekitar istana dengan segala kesaktian. statis d. Jikalau luka barang seorang saja akan Melayu ini. kuindahkan. dan mirip cerita sejarah atau membentuk riwayat hidup. Jika sebanyak ini prajurit Majapahit. kecuali .. diarak dan menjunjung duli 2. serta ditendangnya bumi tiga kali. tambahkan sebanyak ini lagi. pun tiada aku takut dan tiada aku indahkan. laksamana dan patih d. sastra tulisan 3... . Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1. Maka.. a.. . sahut Laksamana. Berikut ini ciri-ciri hikayat dan karya sastra lama. istana sentris e. priyayi dan berlayar b. tuanku dan dianugerahi e. maka negeri Majapahit ini pun habislah aku binasakan.

. Dalam hikayat biasanya dilukiskan peperangan yang dahsyat. dan dongeng (fabel. sage. film. setting e.. epos. legenda. gaya bahasa c. amanat e. . tempat para raja atau dewa menunjukkan kesaktiannya dlam memperebutkan kerajaan atau seorang putri. (3) komunal. atau drama yang biasanya disiarkan melalui media massa baik cetak maupun elektronik. tema b. sudut pandang pengarang d. tambo. Ciri-ciri hikayat dan karya sastra lama adalah (1) sebagian besar berupa sastra lisan. alur d. (6) istana sentris.. resensi adalah kupasan atau pembahasan tentang sebuah buku. mite. (4) statis. a. (2) ano nim.a. Istilah resensi berasal dari bahasa Belanda resentie yang berarti kupasan atau pembahasan. dan parabel). sudut pandang cerita 4. Buku ini ditulis dengan gaya narasi dan mengikuti irama buku harian. alur Selain hikayat. bentuk karya sastra lama pada Angkatan Melayu Klasik lainnya adalah cerita panji. tema b. Unsur resensi yang dominan pada kutipan di atas adalah . cerita berbingkai. Oleh karenanya buku ini kaya dengan deskripsi mengenai sejarah kehidupan berbagai tahap. Jadi. perwatakan c. (5) tidak berangka tahun.

Idiom sebagian ialah idiom atau ungkapan yang sebagian unsur pembentuknya masih dapat dikembalikan kepada makna denotasinya. kabar . yaitu idiom penuh dan idiom sebagian. frasa. biografi pengarang. (3) memberi ulasan singkat atas buku tersebut. nona makan sirih. Contoh. Contoh. tahun terbit. maupun klausa yang maknanya sudah tidak dapat dirunut kembali dari makna denotasi unsur-unsur yang menyusunnya. gulung tikar. atau hal yang berhubungan dengan tema atau isinya. seperti nama pengarang. Ungkapan/idiom adalah satuan bahasa. panjang tangan. Contoh. Beberapa syarat dalam meresensi buku. yaitu (1) menyebut data buku. (2) pendahuluannya berisi perbandingan dengan karya sebelumnya. penerbit. daftar hitam. dan tebal buku. (4) menyebutkan manfaat buku dan sasaran pembacanya. bai k berbentuk kata. gula -gula. Ada dua jenis idiom. Idiom penuh ialah idiom atau ungkapan yang seluruh unsur pembentuknya tidak dapat dikembalikan kepada makna denotasinya.Tujuan resensi adalah memberi kan informasi kepada masyarakat akan kehadiran sebuah buku dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Tema Tema adalah hal yang mendasari kegiatan tersebut. 4. . Sasaran/peserta Penyusun proposal harus menetapkan secara tegas siapa yang akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut. 6. 3.Unsur-unsur proposal 1. tujuan harus dijabarkan supaya tampak manfaatnya. Tujuan kegiatan Penyusunan proposal harus merumuskan tujuan sedemikian rupa agar target yang akan dicapai dan nilai tambah yang diperoleh dapat dirasakan oleh pembaca proposal. Oleh karena itu. Latar belakang Latar belakang proposal berisi pokok-pokok pemikiran dan alasan perlunya diadakan kegiatan tertentu. 2. 5. Tempat dan waktu kegiatan Dalam proposal harus dituliskan secara jelas kapan dan di mana kegiatan akan dilaksanakan. Nama kegiatan (Judul) Nama kegiatan/judul yang akan dilaksanakan tercermin dalam judul proposal.

Rencana anggaran kegiatan Penulis proposal harus menyusun anggaran biaya yang logis dan realistis. (3) tujuan kegiatan harus menjabarkan manfaat dari kegiatan tersebut. .7. Kepanitiaan Penyelenggara atau susunan panitia harus dicantumkan dalam proposal dan ditulis secara rinci. Penutup RANGKUMAN 2 Unsur-unsur yang harus ada dalam proposal kegiatan adalah (1) nama kegiatan/judul yang akan dilaksanakan tercermin dalam jud ul proposal. serta memperhatikan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. 9. 8. (2) latar belakang yang berisi pokok-pokok pikiran dan alasan perlunya diadakan kegiatan dimaksud.

sehingga target yang akan dicapai dan nilai tambah yang diperoleh dapat dirasakan oleh pembaca proposal. (5) menggunakan sistematika yang berlak u umum. Ketentuan umum dalam pembuatan karangan ilmiah adalah (1) kertas yang digunakan adalah HVS ukuran kuarto (21. Karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. serta mempertimbangkan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. keperluan penyusunan. (5) sasaran/peserta yang akan diikutsertakan dalam kegiatan tersebut. tesis. dan tahun penyusunan). bulan. yang meliputi kulit luar/cover dan halaman judul (yang memuat judul karangan lengkap dengan anak judulnya. Sistematika karya ilmiah adalah (1) Bagian Pembukaan. kata pengantar (yang memberi gambaran umum kepada pembaca . dan tanggal. pias kanan 3 cm. nama penyusun. skripsi. (9) penutup. (4) dengan batas -batas pengetikan pias atas 4 cm. dan laporan penelitian. (3) tinta warna hitam. nama lembaga pendidikan. misalnya times new roman ukuran 12. halaman pengesahan (yang mencantumkan nama pembimbing. pias bawah 3 cm. disertasi. nama kota. kepala sekolah. (2) digunakan huruf tegak dan jelas. (4) tema. Contoh karangan ilmiah adah makalah.5 x 28). tahun persetujuan). pias kiri 4 cm. (7) kepanitiaan yang ditulis secara rinci. yaitu yang mendasari kegiatan tersebut. (6) tempat dan waktu pelaksanaan kegiatannya. (8) rencana anggaran kegiatan yang logis dan realistis. sedangkan cover -nya adalah kertas yang lebih tebal.

spasi dua. (b) keterangan dalam rangka apa karya ilmiah dibuat. tahun. metode dan teknik berkaitan dengan pengumpulan dta. ruang lingkup atau pembatasan masalah. dan diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya dari segi objektivitas. dan meliputi (a) puji syukur kepada Tuhan. sumber data. Dalam pengambilan data harus mencantumkan sumber aslinya agar tidak dinilai sebagai plagiat atau menjiplak. kutipan harus sama persis dengan aslinya. daftar singkatan.tentang penulisan karangan ilmiah. dan tanda bacanya. dan bab kesimpulan dan saran. dan dibubuhi tanda kutip. sistematika penulisan. rumusan masalah. landasan teori/kerangka teori. susunan kalimat. harus sesuai dengan fakta dan tidak boleh diubah ataupun direkayasa. Dalam mengutip pendapat atau tulisan orang. daftar tabel. tanggal. secara singkat tapi jelas. (d) ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu tersusunnya karangan ilmiah. daftar grafik. baik ejaan. Bab analisis/pembahasan. atau skema. (c) kesulitan/hambatan yang ditemui. Kutipan yang panjangnya 5 baris atau lebih tidak harus diberi . Kutipan yang panjangnya kurang dari 5 baris diintegrasikan dengan teks. (6) tempat. (3) Bagian Penutup yang menyertakan daftar pustaka. (2) Bagian Inti yang meliputi pendahuluan yang memaparkan latar belakang masalah. bagan. (e) harapan penulis. teknikpenelitian. dan na ma penyusun karangan ilmiah). tujuan penulisan. hipotesis. metode pengumpulan maupun kewenangan pihak pemberi datanya.

Tiap kutipan diberi nomor pada akhir kutipan dan penulisannya setengah spasi ke atas. Unsur-unsur yang harus ada dalam penulisan catatan kaki adalah pengarang. dan bahan -bahan penerbitan lain yang mempunyai pertalian dengan karangan yang telah disusun. serta seluruh kutipan diketik ke dalam 5 -7 ketikan. merumuskan pertanyaan -pertanyaannya. dipisahkan dari teks utama dengan jarak 2. Bila ada bagian yang dihapus. . Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan informasi dengan menanyakan langsung kepada seorang narasumber. dan data publikasi. opini atas sebuah topik tertentu dengan menggunakan kata-kata narasumber sehingga pembaca dapat membuat kesimpulan dari ungkapan narasumber. bagian ini diberi tanda titik -titik tiga buah. Semua kutipan baik langsung maupun tidak langsung dapat dijelaskan sumbernya dalam catatan kaki. artikel. judul.tanda kutip. jarak antarbaris satu spasi. Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar yang berisi judul buku. Catatan kaki adalah keterangan atas teks karangan yang ditempatkan pada kaki halaman karangan yang bersangkutan. Pertanyaan -pertanyaan yang akan diajukan disiapkan terlebih dahulu dan diarahkan kepada informasi yang menyangkut topik yang akan dibahas. alasan. Yang harus diperhatikan sebelum wawancara adalah menetapkan tujuannya. Daftar pustaka berfungsi sebagai sumber informasi bagi seseorang peneliti agar hasil tulisannya dapat dipertanggungjawabkan. men entukan narasumber yang tepat. Tujuan wawancara adalah memberi fakta.5 spasi.

Artikel adalah bentuk karangan yang berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial dengan maksud menjelaskan siapa. gunakan bahasa Indonesia yang efektif dan komunikatif. kesusastraan. baik berupa teori maupun keterampilan atau alternatif pemecahan masalah. kapan.dan membuat kesepakatan waktu dan tempat wawancara dengan narasumber. hukum. Karangan eksposisi adalah karangan yang berisi penjelasan-penjelasan yang bersifat informatif atau instruktif tentang berbagai aspek kehidupan. dan . Karangan argumentatif adalah karangan yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca akan pendapat atau sikap pengarang tentang suatu hal. ajukan pertanyaan yang umum dulu baru ke yang k husus. hindari pertanyaan yang menyinggung perasaan narasumber. Setelah melakukan wawancara. di mana. olahraga. dan mengapa fenomena itu terjadi. keluarga. Tips wawancara: siapkan daftar pertanyaan sebelum melakukan wawancara. kesehatan. dan lain-lain. bila terjadi penyimpangan arahkan pembicaraan ke pokok persoalan semula. Untuk itu pengarang mengemukakan fakta. bagaimana. apa. agama. ilmu dan teknologi. Artikel dapat menawarkan wawasan baru. lapora n hasil wawancara segera dibuat dalam kalimat yang efektif dan tidak ditambahi opini pribadi pewawancara. keuangan. seperti pendidikan. analisis fakta. bersikaplah sopan dan wajar.

filsafat. seperti tokoh. Artikel bisa tergolong dalam karangan eksposisi ataupun karangan argumentatif. baik masa kini maupun masa lampau. S truktur artikel terdiri atas judul.kesimpulan berdasarkan analisis tersebut. seperti biografi pengarang. ekonomi. dan gaya bahasa. layout. amanat. Sambutan disampaikan sebagai pengantar atau pembuka suatu acara. batang tubuh. pembaca. tema. plot. dan isi mading itu sendiri. dan lain-lain. ukuran. dan penutup. Menganalisis sebuah hasil karya sastra menyentuh dua unsurnya. latar. at aupun politik. Unsur-unsur karya sastra adalah unsur intrinsik. bahasa. pendahuluan. perwatakan. isi artikel. . Isi sambutan biasanya berisi hal-hal yang terdapat dalam pokok acara. yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Novel Indonesia adalah novel yang ditulis oleh orang Indonesia dengan latar belakang budaya Indonesia. Unsur intrinsik secara langsung dapat ditemukan di dalam hasil karya sastra itu setelah dibaca dengan cermat. filsafat. politik. Novel Indonesia menceriterakan tentang kehidupan masyarakat Indonesia. Unsur ekstrinsik merupak an unsur dari luar yang turut mempengaruhi terciptanya karya sastra. Nilai-nilai yang terkandung dalam novel adalah nilai sosial. kondisi sosial. budaya. Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan majalah dinding adalah jarak pandang. dan unsur ekstrinsik. tema. sudut pandang.

Surat kuasa yang dibuat atas nama pribadi tergolong sebagai surat pribadi dan surat kuasa yang dibuat untuk mewakili seorang pejabat di dalam suatu organisasi termasuk surat organisasi. Dalam surat kuasa ada dua pihak yang berkepentingan. Pihak yang memberi kuasa harus menyebutkan jenis pe limpahan kekuasaan. yaitu untuk keperluan intern dan ekstern organisasi. penulisan ilmiah. atas nama pribadi atau organisasi.Ceramah umumnya dipahami sebagai pidato yang berisi pengetahuan agama. Bahasa baku digunakan dalam situasi resmi . Sedangkan kata yang tidak baku adalah yang sebaliknya. pendidikan. dan pengajaran. Tetapi sesungguhnya ceramah tidak selalu berisi pengetahuan agama. seperti dalam pemerintahan. yaitu kata-kata yang tidak sesuai dengan pedoman atau kaidah yang ditentukan. melainkan juga karena pengucapan ataupun pembentukan maupun penyusunan kalimat yang tidak benar. Surat kuasa di dalam suatu organisasi dapat dibedakan menjadi dua dalam pemakaiannya. Kata baku adalah kata -kata yang sesuai dengan pedoman atau kaidah yang ditentukan. . perundang -undangan. Ketidakbakuan tidak hanya disebabkan oleh penulisan yang salah. Surat kuasa adalah surat yang berisi pelimpahan wewenang dari perseorangan atau pejabat kepada orang atau pejabat lain sehingga pihak yang diberi wewenang dapat bertindak mewakili pihak yang memberi wewenang kekuasaan. ataupun kegiatan diskusi ilmiah. yaitu pihak yang memberi kuasa dan pihak yang diberi kuasa.

surat kuasa harus dibubuhi meterai. tata panggung. Unsur dalam drama seperti halnya dalam cerpen. Pertama -tama oleh pihak yang diberi kuasa. Fungsi dialog dalam drama adalah melukiskan watak tokoh-tokohnya. tata bunyi. Yang perlu diidentifikasi dalam pementasan drama adalah konflik. Apabila naskah drama dipentaskan harus dilengkapi dengan unsur gerakan.Surat kuasa untuk keperluan ekstern organisasi harus disertai data pribadi pihak yang memberi kuasa. mengembangkan plot dan menjelaskan isi cerita kepada penonton. juga ada plot/alur. tata rias. tokoh. novel. Selain dialog. Bila ditulis di atas kertas segel. Besarnya meterai disesuaikan dengan peraturan yang berlaku pada saat pembuatan surat kuasa. Letak meterai adalah pada posisi pemberi kuasa. surat kuasa tidak perlu diberi meterai. dan latar/setting. kemudian pihak yang memberi kuasa. peristiwa. maupun roman adalah dialog yang menjadi ciri formal drama yang membedakannya dengan bentuk prosa yang lain. dan watak tokoh. data pribadi pihak yang diberi kuasa. Bila menyangkut aspek hukum atau uang yang bernilai mulai lima ratus ribu rupiah. dialog. dan tata sinar. Surat kuasa sah jika ditandatangani kedua belah pihak. memberikan isyarat peristiwa yang mendahului maupun yang akan . dan bentuk kekuasaan yang diberikan lengkap dengan batas-batasnya. karakter/tokoh. tata busana.

dan memberikan komentar terhadap peristi wa yang sedang terjadi dalam drama tersebut. penulis naskah/cerita. dan suara calon pemain dengan tokoh yang akan diperankannya. pengiring. Skimming adalah salah satu te knik membaca cepat . yang merancang rias sesuai dengan peran. penata artistik yang mengatur setting. Dalam menanggapi pementasan drama ada dua hal yang harus diperhatikan. pemain. penata musik yang mengatur musik. kostum. dan lain-lain. penata tari/koreografer yang menata gerak dalam pementasan. panggung. kesesuaian postur tubuh. Unsur drama meliputi unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. yaitu unsur drama dan unsur pendukung pementasan drama.datang. yang akan memerankan tokoh-tokohnya. Pemilihan pemain harus didasarkan pada kemampuan calon pemain untuk memerankan tokoh tertentu. Unsur pendukung pementasan meliputi pemain. Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam pementasan drama adalah sutradara sebagai pemimpin pementasan. penata kostum yang merancang pakaian sesuai dengan peran. lighting maupun properti. tipe gerak. penata rias. dan efek -efek suara.

jangan melakukan regresi. Jika bacaan itu terdiri atas beberapa halaman. jangan menggunakan jari untuk menunjuk teks. jumlah kata ialah hasil kali dari jumlah kata tiap baris. lalu menghitung jumlah baris pada tiap kolom/halamannya. sehingga kami berjalan dengan sangat hati -hati. . jangan melafalkan kata demi kata. Untuk mengukur kecepatan membaca dapat digunakan rumus: jumlah kata yang dibaca dibagi jumlah detik dalam membaca dikali 60. melacak materi. Untuk meningkatkan kecepatan membaca. Hasil perkalian antara jumlah kata dan jumlah baris adalah jumlah kata yang terdapat dalam kolom/halaman. Untuk menghitung jumlah kata yang dibaca dapat digunakan cara dengan menghitung jumlah kata yang terdapat dalam satu garis penuh. bahkan sampai meninggal. karena jalan setapak ini licin. sedangkan autobiografi ditulis sendiri oleh yang bersangkutan. dan mencari serta mendapatkan informasi. Biografi adalah buku riwayat hidup seseorang tokoh yang berisi antara lain identitas tokoh sejak kecil sampai tua. janganlah bersuara. meskipun membaca dalam hati. Untuk dapat membaca cepat perlu melatih gerak mata. Kalimat mengalami kontaminasi bila terjadi penggabungan dua kata penghubung yang tidak tepat. memperhatikan. jangan menggerakkan bibir. jumlah baris. buah karya. jasa -jasanya. jangan menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan. dan segala yang dihasilk ditulis orang lain.dalam diam dengan proses melihat. dan jumlah halaman. Contoh.

(3) membuat reproduksi den gan menyusun kembali karangan singkat berdasarkan gagasan utama. Ringkasan adalah penyajian singkat dari suatu karangan asli dengan tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli. ia terjatuh dari sepeda motor sehingga akibatnya kakinya patah. sampai -sampai. . pengolahan. sampai. Penelitian adalah pemeriksaan yang teliti ataupun kegiatan pengumpulan. Tujuannya adalah membantu seseorang memahami dan mengetahui isi buku atau karangan tertentu. Contoh. dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip -prinsip umum. akibatnya. Maka.Kalimat mengalami pleonasme bila terdapat dua kata penghubung yang sama -sama makna dan fungsinya. analisis. (2) mencatat gagan utama. hingga. Kata penghubung penanda hubungan akibat meliputi sehingga. dan maka. harus dipilih salah satu. Editorial atau tajuk rencana adalah artikel dalam surat kabar ataupun majalah yang mengungkapkan pendirian editor atau pimpinan surat kabar/majalah mengenai pokok masalah tertentu. Cara membuat ringkasan adalah (1) membaca naskah asli untuk menangkap kesan umum dan sudut pandang pengarang. Untuk itu ia harus membaca dengan cermat agar dapat menangkap dan membedakan antara gagasan utama dan gagasan tambahan.

pokok-pokok hasil penelitian. mengendalikan gerakan tubuh agar tidak mencitrakan diri yang gelisah. gunakan bahasa tubuh yang tepat. latar belakang ma salah. Contoh penelitian dengan metode survei. Selain makalah harus berbobot/berkualitas. Sedangkan penelitian eksperimental adalah . dalam presentasi perlu tenangkan diri. mengumpulkan data. Penelitian deskriptif adalah kegiatan mengamati. terutama untuk menemukan fakta baru atau informasi tentang sesuatu itu untuk menemukan teori baru. dan menyimpulkan apa adanya. tanpa ada perlakuan apa pun dalam proses penelitiannya. yaitu penelitian deskripti f dan penelitian eksperimental. penentuan sumber data. dalil-dalil. dan pengolahan data melalui deskripsi analisis dan interpretasi. presentasinya pun harus dibawakan dengan tepat baik dalam sikap. Maka. Penelitian adalah kegiatan mempe lajari sesuatu dengan saksama. ruang lingkup masalah.Yang harus disampaikan dari hasil penelitian adalah tema. urutan yang logis. premis-premis. penampilan. berdiri tegak. hipotesis. anggapan dasar. menatap seluruh peserta. Pemaparan laporan penelitian meliputi masalah yang diteliti. maupun cara pengaturan suara yang baik. Ada dua jenis penelitian. teori yang digunakan. menganalisis data. pengumpulan data. tujuan penelitian. memperhatikan suara. atau kaidah-kaidah.

analisis data c. a. kesimpulan 2.. Bab dalam laporan penelitian yang berisi latar belakang dilakukannya penelitian. yaitu bagian pendahuluan dan bagian isi. yang berisi latar belakang dilakukannya penelitian. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1. yaitu (1) Bab I . dan tujuan penelitian adalah bab . Ada pelbagai bentuk penataan laporan. 115 Bab 9 Diskusi I. Bagian isi memuat uraian utama tentang hasil penelitian.. pendahuluan d. metode penelitian e.Pendahuluan. Laporan penelitian umumnya terdiri atas 5 bab. namun pada dasarnya sama. masalah penelitian. yang memaparkan metode penelitian yang digunakan. Bagian pendahul uan berisi informasi yang membantu pembaca untuk lebih mudah memahami isi laporan. dan tujuan penelitian. kerangka teori b. Setelah Anda menentukan topik penelitian.. a. ..penelitian yang berusaha memberi perlakuan atas objek yang dikaji. (2) Bab II Kerangka Teori. . yakni terdiri atas dua bagian pokok. msalah penelitian. menentukan judul penelitian . yang berisi penjelasan teori yang digunakan untuk melakukan penelitian. langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah . (3) Bab III Metode Penelitian.

ketidakdisiplinan pengemudi. Kemacetan dapat diatasi bila masyarakat berperan aktif. Kemacetan lalu lintas belum dapat dia tasi secara maksimal. menentukan tujuan penelitian d. mengidentifikasi data e.. yakni pemilik modal antara 1500 cc hingga 3000 cc. menentukan keranka teori c. yakni batasan temperatur pendingin udara dan pengurangan jam siar televisi. a. Permintaan sumbengan di jalan raya. Kemacetan lalu lintas dapat diatasi bila ada kepedulian masyarakat dan instansi terkait. c. e. misalnya menggunakan metode penelitia n deskriptif.b. Kalau yang dilihat hanya satu bagian. dan kehadiran pedagang asongan merupakan beberapa faktor yang menimbulkan kemacetan. membatasi topik 3.. Kemacetan lalu lintas disebabkan berbagai faktor. ketidaksiapan sarana dan prasarana jalan. Berdasarkan pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulan . pasti tidak efektif karena yang dikenai hanya masyarakat tertentu. b. yang berisi analisis data untuk menghasilkan penemuan sebagaimana telah . Kenaikan tarif BBM ini hanya akan efektif menurunkan konsumsi BBM jika dikaitkan dengan kebijaksanaan penghematan lainnya. (4) Bab IV Analisis Data. Kemacetan lalu lintas menimbulkan ketegangan fisik dan mental. 4. d.

peserta. perlu menggunakan alasan yang logis untuk memperkuat gagasan. Isi notulen diskusi meliputi judul diskusi. harus jelas apa. Rangkuman diskusi adalah ringkasan kegiatan diskusi yang ditulis dalam bentuk notulen diskusi. waktu dan tempat. Berdasarkan kelas kata. (5) Bab V yang berisi kesimpulan dari hasil penelitian. Berdasarkan frasa setara dan frasa bertingkat. Peserta diskusi harus aktif mengemukakan pendapat secara objektif dan mengandung kebenaran. Untuk menyampaikan sanggahan yang baik. dan kesimpulan diskusi. Frasa terdiri atas unsur inti dan penjelas. adjektival. Frasa adalah kesatuan yang terdiri atas dua kata atau lebih yang masing -masing mempertahankan makna dasar katanya. pembicara. dan diperluas dengan . Frasa berdasarkan kelompok kata ada frasa endosentris dan eksosentris. menyertakan fakta. Agar dapat merumuskan gagasan dengan baik. moderator. Sedangkan frasa nominal yang diperluas ada 4. dan bagaimana menyampaikannya. ada frasa nominal. Dalam mengikuti diskusi kita perlu mencatat pokok-pokok pembicaraan. diperluas dengan kata penunjuk ini atau itu. yaitu diperluas dengan meletakkan kata penggolong di depannya. hal -hal yang masih kurang jelas. Kesimpulan. acara.disebutkan dalam tujuan penelitian. masalah yang ingin ditanggapi dengan sanggahan ataupun dukungan. serta pemilihan katanya. menggunakan kalimat efektif. dan memperhati kan santun berbahasa. verbal. diperluas dengan kata yang. notulis. mengapa. preposisional.

yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.menambahkan aposisi. Ada tiga cara untuk melukiskan watak tokoh cerita. Novel pertamanya adalah Kasih Tak Terlerai (1929). dikenal sebagai Bapak Cerpen dan Novelis Indonesia . Kumpulan cerpen pertama adalah Teman Duduk karya M. dan sebagainya. Latar waktu adalah waktu tertentu ketika peristiwa dalam cerita itu terjadi. baik keadaan lahir maupun batin. dan latar suasana. pertikaian atau konflik terjadi. yaitu dengan cara langsung. yaitu latar waktu.S. Bahkan kini merupakan bentuk prosa yang dominan karena mudah disampaikan melalui surat kabar. Setiap cerita mempunyai pola alur sebagai berikut perkenalan keadaan. dan radio. pandangan hidup. Di Indonesia cerpen mulai ditulis sekitar 1930. latar tempat. Penokohan atau perwatakan adalah pelukisan tokoh cerita. Cerpen kemudian dikembangkan oleh pengarang Pujangga Baru. peleraian/solusi/penyelesaian. Latar tempat adalah lokasi atau bangunan fisik lain yang menjadi tempat terjadinya peristiwa dalam cerita. Selanjutnya cerpen berkembang dengan pesat. majalah. Latar . Suman H. konflik berkembang menjadi semakin rumit. Ada tiga jenis latar. Mengidentifikasi cerpen dapat dilakukan berdasarkan dua unsur. termasuk keyakinan. Kasim (1936). dan kontekstual. tidak langsung. adatistiadatnya. seperti Armin Pane dan Hamka. klimaks.

Nilai moral dan nilai keagamaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pandangan hidup yang berhubungan dengan moral itu bersumber dari nilai keagamaan. Kadang pada kesan itu tersirat pesan tertentu. Drama mempunyai dua aspek. Ditinjau dari cara penyajiannya drama dibedakan menjadi opera. yaitu aspek cerita dan aspek pementasan. drama terdiri atas adegan -adegan yang di dalamnya meliputi dialog -dialog. sedangkan agama lebih dalam hubungannya dengan Tuhan.suasana adalah salah satu unsur intrinsik yang berkaitan dengan keadaan psikologis yang timbul dengan sendirinya bersamaan dengan jalan cerita. sandiwara radio atau drama mini kata. perilaku tokoh juga dapat dideskripsikan dalam bentuk keterangan. sendratari. operet. dalam drama perilaku tokohnya dapat dideskripsikan dalam dialog tersebut. Keterpaduan kesan dan pesan terangkum dalam cerita . Dan. pantomim. Suasana dalam cerita biasanya dibangun bersama pelukisan tokoh utama. Menulis drama berbeda dengan menulis cerita narasi. Penulis cerpen dalam menuangkan idenya berdasarkan nilai tertentu yang ingin disampaikannya kepada pembaca. Nilai moral dan keagamaan tampak kental pada karya -karya sastra Indonesia. Sebab. Moral lebih berkaitan dengan manusia. lawak. Selain itu. tablo. Aspek cerita mengungkapkan peristiwa atau kejadian yang dialami pelaku. Nilai moral dalam karya sastra biasanya mencerminkan pandangan hidup pengarangnya.

tata musik. Peralatan ekspresi yang bersifat kejiwaan adalah imajinasi. daya ingat. alur. melodrama. seperti tragedi. . emosi. Pelbagai macam bentuk drama. dan satire. force. Kekhasan naskah drama ialah adanya dialog. perasaan. inteligensi. dan pikiran. Aspek pementasan ialah pertunjukan di atas panggung yang didukung oleh dekorasi panggung. Keterangan lakuan mendeskripsikan perilaku tokoh. dan episode. tata lampu. Cerpen terdiri atas paragraf-paragraf. sedangkan drama terdiri atas adegan-adegan dan dialog. dan sebagainya. k elenturan tubuh. Dalam naskah drama ditulis di antara tanda kurung dan biasanya dicetak miring. kemahiran vokal.yang dilukiskan dalam drama. Menyadur adalah menyusun kembali cerita secara bebas tanopa merusak faris besar cerita. dan kekayaan imajinasi yang diwujudkan dalam tingkah laku. kemauan. Perilaku tokoh dalam naskah drama tercermin dari dialog dan/atau disertakan dalam bentuk keterangan lakuan. Dialog drama biasanya disusun dalam bentuk skenario (rencana lakon s andiwara secara terperinci). Keterampilan menggunakan alat ekspresi jasmani adalah keterampilan menggunakan tubuh. kewajaran bertingkah laku. komedi. Teknik peran (acting) adalah cara mendayagunakan peralatan ekspresi baik jasmani maupun rohani serta keterampilan dalam menggunakan unsur penunjang.

berisi dongeng yang serba indah yang membawa pikiran pembaca ke alam khayal. jalan ceritanya singkat. dan silsilah yang bersifat rekaan. tempat para raja/dewa mempertunjukkan kesaktiannya untuk merebut kerajaan atau seorang putri. se orang pahlawan yang memiliki senjata sakti. biografis. hanya mengenai . atau gabungan sifat -sifat tersebut. Ciri khas novel a dalah mengandung konflik yang mengakibatkan perubahan nasib pada pelakunya. pertempuran antarnegara. Mulai dikenal di Indonesia sejak masuknya ajaran Islam ke Indonesia. Hikayat merupakan bentuk cerita yang berasal dari Arab. atau sekadar untuk meramaikan pesta. pembangkit semangat juang. Hikayat sering disebut dongeng istana. Istilah novel berasal dari bahasa Italia novella yang berartti kabar atau berita. putra dan putri raja. kisah cerita anak -anak raja. undang -undang. Ciri khas hikayat adalah menimba bahannya dari kehidupan raja-raja dan dewa-dewi. ataupun para kerabat raja. Tokoh dalam hikayat biasanya adalah para raja. Biasanya berisi cerita kehidupan seputar istana. dibaca untuk pelipur lara. permaisuri.Hikayat adalah karya sastra lama Melayu yang berbentuk prosa yang berisi cerita. Novel adalah karangan prosa yang panjang. dan melukiskan peperangan hebat. menceriterakan satu segi kehidupan pelaku. mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. keagamaan. dan sebagainya. historis.

daftar acara. jalannya rapat. waktu. beserta bukti -bukti atau fakta pendukung agar gagasan ataupun kritikan dapat diterima secara objektif Hasil kegiatan diskusi disusun dalam bentuk notulen diskusi. pemimpin. Hikayat merupakan peninggalan sastra Melayu. Unsur-unsur dalam notulen diskusi adalah judul dan tema diskusi. dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Kegiatan diskusi pada prinsipnya bertujuan untuk melatih seseorang agar dapat berpikir kritis dan mampu menyampaikan gagasannya dalam forum resmi. tanggal penandatanganan notulen dan tempat. Maka. hari/tanggal. tanda tangan pemimpin dan notulis. .hal-hal yang pokok/garis besarnya saja. harus memperhatikan situasi. Hikayat dan novel sama-sama merupakan bentuk karya sastra yang berupa prosa. disertai argum en. peserta. sedangkan novel adalah bagian dari prosa baru. Bedanya adalah hikayat merupakan bagian dari prosa lama. dalam menyampaikan gagasan hendaknya secara sistematis. tempat pelaksanaan. Notulen adalah hasil pencatatan sebuah rapat yang dilakukan oleh notulis/sekretaris. Demikian juga kalau menyampaikan kritik. dalam kalimat yang singkat tapi jelas. pembicara/pemakalah. moderator. sementara novel merupakan bagian dari perkembangan hasil karya sastra Indonesia. sertai dengan alasan yang tepat. notulis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful