P. 1
Perkembangan Kelompok Masyarakat Multikultural

Perkembangan Kelompok Masyarakat Multikultural

|Views: 113|Likes:
Published by Fikri Irmansyah

More info:

Published by: Fikri Irmansyah on Mar 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2011

pdf

text

original

Masyarakat

berinteraksi

wilayah, aturan, saling berinteraksi,

Multikultural

Multi: banyak,beragam Kultural: kebudayaan

Jadi, Masyarakat Multikultural Adalah

Kelompok sosial Berdasarkan Ras € Kelompok sosial Berdasarkan Bahasa € Kelompok sosial Berdasarkan Suku Bangsa € Kelompok sosial Berdasarkan Perbedaan Agama € Kelompok sosial Berdasarkan Perbedaan Gender € .

Interkseksi € Konsolidasi € Mutual Akulturasi € Primordialisme € Stereotip Etnis € Politik Aliran € Pluralisme dan Nasionalisme € .

Asimilasi € Pemisahan diri € Integrasi € .

Berikut ini adalah beberapa sikap kritis yang harus dikembangkan dalam masyarakat yang beranekaragam .yaitu: Klik .

Mengembangkan konsensus € Mengembangkan peran struktur masyarakat € Upaya pemerintah menciptakan integrasi € .

.Terima Kasih Atas Perhatiannya Wassalamualaikum Wr Wb.

Meninggalkan sikap primordialisme Menegakkan supremasi hukum Mengembangkan rasa nasionalisme Menyelesaikan semua konflik dengan cara yang akomodatif Mengembangkan kesadaran sosial dan menyadari peranan bagi setiap individu. 4. 3. 2. . Mengembangkan sikap saling menhargai terhadap nilai dan norma dari anggota masyarakat yang ditemui. 6. 5.1.

Interseksi adalah titik perpotongan atau pertemuan atau persilangan antara sua garis atau dua arah. .

Jadi. . konsolidasi adalah suatu proses penguatan atau peneguhankeanggotaan individu atau beberapa kelompok yang berbeda dalam suatu kelompok sosial. melalui tumpang tindih keanggotaan.Konsolidasi merupakan perbuatan yang memperteguh atau memperkuat suatu hubungan.

.Mutual Akulturasi adalah keadaan dimana masing-masing orang saling menyukai (tertarik) dengan nsur-unssur kebudayaan laiin dan kemudian mempelajari dan menerapkan atau menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

. baik mengenai tradisi. mupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya sehingga membentuk sikap tertentu. kepercayaan.Primordialisme adalah suatu pandangan atau paaham yang memegang teeguh hal-hal yang dibawa sejak kecil. adat istiadat. primordialisme berasal dari kata bahasa Latin primus (pertama) dan ordiri (tenunan atau ikatan).Secara Etimologos.

.Stereotip etnis adalah gambaran subjektif mengenai suku bangsa lain. Beberapa contoh stereotip etnis adalah stereotip yang melekat pada etnis jawa lamban dan penurut dan stereotip yang melekat pada etnis batak adalah keras kepala dan maunya menang sendiri.

PKB sesuai dengan kaidah keislamannya.Politik aliran adalah kaidah-kaidah dalam berpolitik sesuai dengan aliran atau kepercayaan orang-orang yang ber-politik di dalam nya seperti contoh: 1. . PDS yang berisikan orang nasrani di dalamnya. 2. dan berisikan orangorang muslim di dalam partai tersebut.

.Pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain. Nasionalisme adalah rasa cinta terhadap tanah air.

.Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

atau bahkan tidak ada sehingga potensi timbulnya konflikantara kelompok-kelomok tersebut menjadi kecil. .Mengasingkan diri dari kebudayaan mayoritas.interaksi antarkelompok menjadi sedikit sekali. Dengan mengasingkan diri.

.Proses penyesuaian di antara unsurunsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi.

serta memiliki banyak kebudayaan dan saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. memiliki aturan. .Suatu kelompok individu yang menempati suatu wilayah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->