Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar

Oleh: AnneAhira.com Content Team

Anda sering membaca buku bukan? Jika memang sering, maka daftar pustaka bukanlah hal yang asing untuk Anda. Karena di setiap akhir buku dan karangan atau tulisan ilmiah selalu terdapat daftar pus taka. Apalagi, bila Anda sedang membutuhkan bahan -bahan pustaka atau literatur untuk mengerjakan tugas, makalah, skripsi ataupun disertasi. Dengan adanya daftar pustaka, Anda dapat menelusuri kembali sebuah bahan pustaka darimana berasal. Bahkan dengan daftar pustaka pula, Anda dapat melihat apakah teori yang ditulis dalam sebuah tulisan ilmiah memiliki dasar yang nyata ataukah tidak. Penting! Yup, daftar pustaka adalah sesua tu yang penting. Makanya Anda perlu tahu cara menulis daftar pustaka yang benar . Agar tidak keliru atau yang lebih buruk, Anda bisa saja dituduh mencuri Hak Kekayaan Intelektual orang lain. Urusan bisa makin rumit kalau Anda sampai dipenjara, hanya karena tidak dapat menulis daftar pustaka yang benar.
Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah daftar bahan pustaka yang dipakai oleh para penulis dalam buku atau karangan ilmiahnya yang dipakai sebagai sumber referensi dan wajib ditulis sebagai pengakuan atas hak kekayaan intelektual milik orang la in. Ada standar yang telah ditetapkan untuk cara menulis daftar pustaka yang baik. Biasanya kalau sudah menjadi mahasiswa, pengetahuan tersebut Anda dapat di buku akademik fakultas, pada bagian tentang tata cara penulisan tugas akhir atau skripsi. Tapi, mungkin ada juga yang tak memilikinya. Karena itu seringkali orang menganggap remeh si daftar pustaka ini. Semua bahan pustaka yang dijadikan referensi menulis wajib ditulis dan disebutkan ke dalam daftar pustaka. Bahan pustaka tersebut dapat berupa buku cetak, karangan atau tulisan ilmiah milik orang lain, materi seminar atau workshop, artikel-artikel dari internet, aturan-aturan hukum tertulis misalnya undang -undang atau surat keputusan dan lainnya.
Cara Menulis Daftar Pustaka yang Baik

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis daftar pustaka antara lain ialah Anda harus memiliki data buku atau infor masi sumber tulisan yang dijadikan referensi. Mulai dari judulnya, pengarang / penulisnya, tahun terbit atau pembuatan, penerbit bukunya, kota penerbit bukunya.

Sebaiknya pisahkan serta kelompokkan antara referensi buku cetak dengan referensi dari internet. dan yang ditulis lebih dahulu adalah nama belakang si penulis. lalu tuliskan judul buku dengan tulisan cetak miring atau ditulis tegak tapi diberi garis bawah ( underline). Setelah judul buku. Beri tanda titik lagi sebagai pemisah. Berikut ini beberapa panduan menulis daftar pustaka yang baik: 1. Jakarta: Lentera Dipantara Referensi dari internet Simatupang. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah .sinarharapan. Tentang Bermain Drama.co. Jakarta: Pustaka Jaya Sylado. atau referensi yang berupa media cetak.html (diakses pada tanggal 7 Juli 2007) DaftarPerundang-undangan Undang-undang No. Blues untuk Bonnie. Setelah nama penulis. alamat link atau website -nya. 2.Demikian juga bila Anda mengambil referensi dari internet.id/hiburan/budaya/2002/04/4/bud01. Bumi Manusia.http://www. Jika ada nama atau buku asing lebih didahulukan untuk ditulis. Yang berikutnya ditulis adalah kota tempat penerbit buku. 1985. Sihar Ramses. penulis. 2005. 3. 7. Saya Tak Pernah Menyangka Akan Menjadi Tua. beri titik kembali. Remy.S. Misalnya: Rendra. Judul tulisan. Pramoedya Ananta Toer: Dulu. Kemudian tulislah tahun terbit buku. 1987. beri tanda titik sebagai jeda. 2002. W. Cabaukan. 2002. Nama penulis diurutkan secara alfabetis mulai dari huruf A -Z. Pramoedya Ananta. Anda dapat menuliskannya tepat dibawah nama penulis yang sama kemudian beri tanda garis bawah yang panjang. Jakarta: Gramedia Toer. 6. Kemudian yang terakhir setelah kota beri tanda titik dua. 5. atau referensi dari perundang -undangan. kemudian tuliskan nama penerbit. Jakarta: Pustaka Jaya __________. Jika referensi yang dipakai nama penulisnya sama tetapi bukunya berbeda. 4. wajib dicantumkan secara utuh. tanggal Anda mengunduhnya.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Cara menulis daftar pustaka yang baik adalah hal kecil dan remeh. Bahkan berterima kasih atas penghormatan Anda dalam sebuah daftar pustaka yang berada di akhir buku. Sebab hanya dengan mengakui sebuah karya sebagai milik mereka dengan benar dalam menulis sebuah daftar pustaka. maka para penulis pun tidak akan merasa dirampok ilmu serta pemikirannya. . namun berarti besar bagi para penulis.