P. 1
pengukuran erosi dengan metode petak percobbaan

pengukuran erosi dengan metode petak percobbaan

|Views: 1,215|Likes:
Published by Inigo Voky

More info:

Published by: Inigo Voky on Mar 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2014

pdf

text

original

Voky A Ignatius 240110080050

Pengukuran Pendekatan Erosi dengan Menggunakan Petak Percobaan Pengukuran erosi yang dilakukan di lapangan adalah dengan menggunakan sistem petak kecil maupun petak yang berukuran besar. Pendugaan dengan menggunakan petak percobaan, pada dasarnya memang mendekati kondisi alami yang sebenarnya. Namun cara ini membutuhkan biaya, tenaga, dan waktu yang tidak kecil. Selain itu juga untuk mengetahui laju dan jumlah erosi yang terjadi pada berbagai jenis penggunaan lahan dan berbagai jenis penggunaan tanaman pada berbagai jenis tanah dan topografi (kemiringan dan panjang lereng) juga dibutuhkan biaya yang tinggi, tenaga kerja yang banyak, dan waktu yang relatif lama. Petak kecil Petak kecil yang biasanya 4 persegi, dipergunakan untuk mendapatkan besarnya erosi yang disebabkan ileh pengaruh factor-faktor ertentu untuk suatu tipe tanah dan derajat lereng tertentu. Petak yang digunakan umumnya demikian kecilnya sehingga semua aliarn permukaan yang terjadi pada saat hujan dapat ditampung dalam suatu tangki atau bak yang dipasang di ujung bagian bawah pwtak tersebut. Kelemahan dari metode ini adalah 1. Aliran alami dari daerah disekitarnya ditiadakan, dan sering aliran permukaan mengalir pada satu tempat sepanjang sekat-sekat antar plot, sehingga menimbul;kan erosi parit (Gully Erosion) 2. Sesudah terjadi beberapa hujan lebat maka plot-plot akan menjadi lebih redah dari plat seg bak penampung yang di[pasang segaris dengan sudut kemiringan lereng. Meskipun sedikit penurunan ini akan merubah derajat lereng. 3. Oleh karena plot mempunyai ukuran yang kecil, maka pengelolaan tanah dan perlakuan lainnya akan lebih hati- hati dan lebih cermat, sehingga tidak sesuai dengan cara bertani yang biasa dilakukan (Khonke dan Bertran, 1959). Uraian mendetil dari metode petak kecil adalah sebagai berikut. Lokasi dan ukuran petak. Lokasi dan ukuran petak lokasi percobaan sebaiknya pada tanah miring yang masih mempunyai solum cukup dalam (0.5m) dan tanah yang seragam . kemiringan tanah sebaiknya hamper seragam .pengukuran kemiringan tanah dilakukan dengan Abney level atau dengan

Alat penakar hujan Alat penakar hujan ynag digunakan adalah alat pengukur hujan automatic (automatic rain gauge) tipe siphon atau tipe lain yang kertas piasnya dapat diganti setiap hari (24 jam). misalnya 100 liter. sedangkan pada ujung yanh lain 0. Kertas pias diganti setiap jam 7. Sebelum percobaan dilakukan dan pada akhir musim hujan perlu di lakukan pengambilan contoh tanah untuk dianalisis . lubang yang telah di lengkapi degan corong . kandungan bahan organic dan stabilitas agregat tanah. sehingga jumlah air yanh meluap dapat di hitung . Penampung tanah dan aliran permukaan adalah bak yang terbuat dari seng yang tebal (BWG 26 atau BWG 24 ) atau plat baja . maka panjang lereng adalah 22 m dan lebar 2 m. Apabila perlakuan yang di cobakan untuk mengetahui pengaruh tanaman setahun. kecepatan infiltrasi . Penampungan tanah dan aliran permukaa (soil collector). Bak penampung di tanamkan di ujung bawah pada setiap petak dengan bagian atas setinggi permukatanah petak tersebut . kemiringan tanah dinyatakan sebagai perbandingan antara jarak vertikal dan jarak horizontal dikalikan dengan 100 %. 1 Banyaknya air dalam bak penampung .3 m dan tinggi 0. Penakar digunakan untuk mengukur banyaknya air dalam bak. di buat 5 atau 7 lubang yang letaknya horizontal . Pada sisi yang menghadap keluar . cara perhitungan (dalam keadaan meluap ). jarak horizontal di hitung dengan pytagoras . Pengukuran air dilakukan jam 7.3 pada ujung satu . susunan pori tanah .leveling ³ .00 pagi. lebar 0. sedangkan penggaris digumakan untuk mengukur banyaknya air dalam drum.25 m. dari corong tersebut air yang meluap di salurkan melalui pipa karet atau plastic ke dalam drum penampung . ukuran bak panjang 2 m. Cara mengukur aliran permukaan Untuk mengukur jumlah aliran permukaan diperlukan penakar dan penggaris. drum di perlengkapi dengan tutup. analisis ini meliputi :tekstur .menggunakan metode ³differential . .waktu menakar air dalam bak maupun dalam drum di usahakan tanahnya jangan banyak yang terangkut bersama air . sedangkan untuk tahunan maka panjang lereng adalah 22 m dan lebar 4 m . permeabilitas .00 pagi .

kompor. setelah pemanasan selesai . berat total tanah basah . apabila bak penampung mempumyai 7 lubang . masukan cawan berisi tanah ke dalam oven 5. timbangan. jadi berat total tanah basah = 50 = 14 kg = 64 kg. dari tiap perlakuan di ambil 2 contoh tanah .500 x 1 cm kubik = 25. masukan ke dalam kantongplastik lalu diikat kuat dan diberi label . 2. cawan berisi tanah di keluarkan lalu di timbang. demikian juga tanah dalam drum di ambil dan di keringkan sehari dalam tampah yang lain di timbang . label. panaskan + 3jam (sampai beratnya tetap ) 6.2 Banyaknya air dalam drum : tinggi air di ukur dengan penggaris . maka luas permukaan drum = 2.jadi jumlah aliran permukaan = 100 + 175 = 275 liter. B. jika permukaan drum diameternya = 56 cm. Jadi berat total tanah kering : x A gram = x 64. oven. A.000 gram . Untuk mengukur berat tanah tererosi di lakukan 2 tahap : a. tali (benang / rafia). tanah dr kantong plastik di masukan dalam cawan lalu di timbang . tanah dari tampah di aduk aduk dulu kemudian diambil contohnya + 25 gram . menimbang seluruh tanah basah . C.000 cm = 25 liter . berat contoh tanah basah misalnya 20 gram . 4. maka jumlah air yang meluap = 7 x 25 liter = 175 liter. Cara mengukur berat tanah . misalnya : 1 dari bak 50 kg 2 dari drum = 2 kg . misalnya 10 cm . caranya : tanah dari bak di keluarkan dan di keringkan sehari dalam tampah lalu di timbang . jadi volume air dalam drum = 10 x 2. jika bak mempunyai 7 lubang maka jumlah berat tanah yang meluap = 7x 2 kg = 14 kg . berat contoh tanah kering misalnya 10 gram . pengeringan contoh tanah untuk menghitung berat total tanah kering. dan cawan aluminium. 2 timbangan bobot cawan kosing 3. b. Caranya : 1. Cara perhitungan . Alat-alat Alat ± alat yang di pergunakan adalah : kantong plastik kecil .000 gram = 32.500 cm .

id/2010/06/02/pendugaan-erosi/ http://musemkhaniwata.blogspot. pengamatan tanaman selama pertumbuhan.pengamatan erosi dan aliran permukaan pengamatan erosi dan aliran permukaan dilakukan setiap hari hujan.uns. Pada saat panen.com/2009/05/pengertian-konservasi-dan-ruang-lingkup. tanaman diamati .ac.html . berat bahan himjau dan hasil panen harus ditimbang.blog. Pengamatan dilakukan setiap satu sampai dua minggu sekali. Caranya seperti telah di sebutkan diatas. tinggi tanaman persentase persentase penutupan tanaman terhadap permukaan tanah. http://dony.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->