PENDIDIKAN JASMANI dan OLAHRAGA PERMAINAN TRADISIONAL Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan Jasmani dan

Olahraga Pembimbing :

Oleh : Dela Septi Rahmayanti ( 819638212 )

PROGRAM S1 FAKULTAS KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TERBUKA UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH ( UPBJJ ) SURABAYA

khususnya tentang Permainan Tradisional.KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan kepada Ilahi Robbi. disusun untuk memenuhi tugas Pendidikan Jasmani dan Olahraga dengan tujuan : 1. Agar mahasiswa mempunyai pengetahuan tentang mata kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 2. Dengan tersusunnya makalah ini kami berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Agar mahasiswa memahami mengenai topik yang kami angkat dalam makalah ini. Sholawat serta dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW. Bojonegoro. 2011 Penyusun . taufik serta hidayahNya makalah Pendidikan Jasmani dan Olahraga dapat diselesaikan. terutama pada pembimbing Mata kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga yang telah memebimbing kami dalam menyusun makalah ini. Makalah yang bejudul”Permainan Tradisional”. karena atas rahmat.

1. 2. Latar Belakang Permainan merupakan cabang olahraga yang kita gunakan sebagai alat dalam dunia pendidikan. B. C. jadi permainan selalu diiringi oleh suatu gerakan. Rumusan Masalah Apakah pengertian permainan ? Apa sajakah macam-macam permainan tradisional ? Tujuan Mengetahui dan memahami pengertian permainan tradisional Mengetahui macam-macam permainan tradisional . 2. Tidak semua permainan tradisional dapat disajikan sebagai bahan pelajaran pendidikan jasmani. karena setiap permainan tersebut harus terlebih dahulu dikaji nilai-nilai yang dikandung dalam permainan tersebut seperti nilai pendidikan mudah aturan permainannya.BAB 1 PENDAHULUAN A. 1. Permainan itu termasuk bergerak. Indonesia memiliki beraneka ragam suku bangsa dan setiap daerah mempunyai berbagai macam permainan tradisional. Permainan tradisional setiap daerah memiliki keanekaragaman sesuai dengan tujuan ataupun sejarah permainan tersebut.

Jumlah pemain 10 orang. didalam lingkaran tersebut terdapat lingkaran lain yang lebih kecil dengan jarak garis lingkaran luar dengan dalam kurang lebih 75 cm. papan untuk mencatat angka. Permainan ditinjau dari sudut pendidikan adalah dapat mendidik anak-anak untuk menuntut pertumbuhan jasmani dan rohani. Pengertian Permainan Permainan merupakan aktifitas yang sangat digemari oleh anak-anak.Jumlah pemain minimal empat orang. Hurizinga permainan adalah perbuatan atas kemauan sendiri yang dikerjakan dalam batas-batas tempat dan waktu yang telah ditentukan diikuti oleh perasaan senang. peluit.BAB II PEMBAHASAN A. dibagi menjadi dua regu putra dan putri dan lamanya permainan 2 x 20 menit dan istirahat 5 menit. terutama bagi anak-anak yang biasanya setiap sore selalu mengisi waktunya dengan bermain bersama di halaman rumah. jam atau stopwatch dan nomor dada. kapur. Kebiasaan tersebut selalu berubah menjadi tradisi dan diakui sebagai ciri khas daerah tertentu. Macam-macam Permainan Tradisional Permainan Hadang Lapangan yang digunakan berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran 15 M x 9 M atau disesuaikan dengan kondisi disekolah. para remaja dan juga orang-orang tua. Sedangkan pengaruh permaian terhadap proses berpikir adalah dapat menumbuh dan melatih intelektual. Menurut J. Alat yang digunakan berupa bendera. . 2. Permainan tradisioanal sebenarnya merupakan bentuk-bentuk permainan yang lahir dari kebutuhan untuk mengisi waktu senggang. permainan ini dilakukan oleh anak-anak berusia 7 tahun sampai 12 tahun. Permainan Ilui Apui Permainan Ilui Apui berasal dari daerah lampung yang berarti minta sapi. dapat dimainkan anak laki-laki ataupun perempuan. Permainan juga dapat diartikan sebagai bagian dari study pendidikan jasmani yang mempunyai banyak sekali kegiatan. - . Permainan bermanfaat bagi perkembangan biologi dan juga pendidikan. Sedangkan permainan tradisional adalah simbolisasi dari pengetahuan yang turuntemurun dan mempunya bermacam-macam fungsi pesan dibaliknya. kecepatan berpikir dan daya konsentrasi. B. dimana pada prinsipnya permainan anak tetap permainan anak. Lapangan buatan lingkaran dilantai atau di tanah dengan kapur dengan diameter 225 cm. Alat yang digunakan berupa sepotong kayu atau tongkat pendek. 1.

umumnya dimainkan oleh anak-anak berumur 6 sampai 12 tahun. 5. Pejam Mata Pada permainan ini salah seorang anak harus memejamkan mata. Tawanan Didalam permainan ini ada pemain yang mengejar pemain lainnya dan disertai dengan mengeluarkan suara. 7. permainan ini dapat dimainkan oleh anak laki-laki ataupun perempuan. Lapangan permainan berbentuk persegi panjang dibagi menjadi empat bagian sama garis pemisahnya kapur. dapat dimainkan oleh anak laki-laki ataupun perempuan yang berusia 6 sampai 12 tahun. Pindah Bintang Permainan pindah bintang berasal dari daerah Kalimantan Timur. Batu Tujuh Permainan ini menggunakan batu kereweng atau pecahan genting. - . dengan cara membuaat lingkaran ditengah-tengah lapangan dengan garis tengah kurang lebih 5 meter. jumlah pemain tidak terbatas. Jumlah pemain tidak terbatas. dapat dimainkan anak laki-laki dan perempuan jumlah pemain tidak ditentukan.Alat yang digunakan dapat berupa pohon yang ada disekitarnya atau dengan cara membuat tiang pancang. 4. Jumlah pemain 12 sampai 16 orang dan hanya dimainkan oleh laki-laki. . Handiuk Lise Lapangan permainan dapat digunakan halaman atau lapangan yang cukup luas. Alat yang digunakan permainan ini adalah kain atau sapu tangan untuk menutup mata.3. Permainan ini umumnya dimainkan anak laki-laki yang berusia kkurang lelbih 12 tahun. dan jumlah pemain dibagi menjadi dua regu. 6.

macam-macamnya beserta cara permainannya. sehingga mempunyai jenis-jenis permainan tradisional yang sering dimainkan oleh masyarakat untuk mengisi waktu luang selesai melaksanakan kegiatan sehari-hari. tetapi ada permainan yang mempunyai persamaan dalam hal bermain dan peraturan hanya nama yang berbeda. tujuan ataupun legenda yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat dan tidak semua permainan tradisional mengandung unsur pendidikan jasmani. Kesimpulan Indonesia memiliki keanekaragaman suku bangsa dan budaya.BAB III PENUTUP A. memahami dan menimbang kita dapat mengetahui lebih dalam tentang permainan tradisional. Saran Semoga setelah membaca. Nama permainan tradisional umumnya berasal dari latar belakang. Tiap daerah memiliki jenis dan cara bermain yang berbeda-beda. B. .

Mohammad moselim MSc. . Pedoman Mengajar Olahraga Pendidikan di Sekolah Dasar 1.DAFTAR PUSTAKA Soekidjo. Bermain 1. Jakarta : Kapita Selekta. Situmorang. Karjono Dirjasubrata. Jakarta: Jajaran Pembangunan. ( 1990 ). Jakarta. Bermain. ( 1952 ). ( 1970 ).

.......................................................................................................1 Rumusan Masalah................................................................................. PENDAHULUAN....... iii ...............................................................................................................................................................................................................3 BAB III PENUTUP......................................................................................................2 A. C...........................4 DAFTAR PUSTAKA...4 B...................................................................... Kesimpulan....... Pengertian Permainan Tradisional.........1 Latar Belakang..1 BAB II PEMBAHASAN............. Saran................................................................................iii BAB 1 A.......................................................................................... Macam-Macam Permainan Tradisional................................. B.......................ii DAFTAR ISI...1 Tujuan.............................................................4 A..............................................2 B............................................................................................................................DAFTAR ISI HALAMAN SAMPUL.................................i KATA PENGANTAR................................