P. 1
REAKSI METATESIS

REAKSI METATESIS

5.0

|Views: 1,725|Likes:
Published by Desi Anisa

More info:

Published by: Desi Anisa on Mar 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

REAKSI METATESIS

Oleh: Aminah Uswatun H. Annisa Dhini K. Ida Hariyanti Lina Budi C. [K3308068] [K3308069] [K3308078] [K3308040]

terdapat tiga jenis reaksi penggaraman yang mungkin yaitu. . garam LA dengan garam BX. garam BX dengan asam HA dan garam LA dengan basa BOH.PENGERTIAN REAKSI METATESIS Reaksi metatesis adalah reaksi pertukaran ion dari dua buah elektrolit pembentuk garam.

‡ Semua aspek kehidupan di dunia bergantung pada atom karbon ini karena atom karbon dapat ditemui di alam. Itulah sebabnya senyawa yang dibentuk oleh atom karbon jumlahnya begitu banyak. Pada reaksi kimia. dan sebagainya. ikatan antar-atom putus dan membentuk ikatan yang baru. seperti hidrogen dan oksigen. karbon juga dapat dihasilkan secara buatan melalui reaksi sintesis organik di laboratorium kimia. terutama dalam industri petrokimia. biasanya ditambahkan katalis. yaitu zat kimia yang ditambahkan ke dalam reaksi tapi tidak ikut bereaksi. misalnya. Atom yang mempunyai lambang unsur C ini merupakan penyusun utama senyawa organik. Reaksi senyawa karbon didasari oleh sifat unik atom karbon. Reaksi metatesis ini telah lama digunakan dalam sintesis organik. membentuk ikatan ganda. Contohnya pada pembuatan butena dan etile . mengikat atom lain. Atom karbon dapat membentuk rantai panjang ataupun cincin. arang dan berlian.‡ Reaksi metatesis merupakan salah satu reaksi senyawa kimia karbon. Untuk mempercepat reaksi. Selain terdapat di alam.

tak hanya endapan garam bila larutan-larutan pereaksi dicampurkan tergantung dari konsentrasi ion yang membentuk garam tersebut. adapun pendukung dalam rekasi metatesis adalah berupa terbentuknya endapan. .‡ Reaksi metatesis disebut juga reaksi perpindahan rangkap menyangkut suatu larutan dan pertukaran dari kation dan anionnya. gas dan eletrolit lemah. ‡ Bila konsentrasi ion cukup banyak untuk membentuk campuran reaksi menjadi jenuh terhadap kelarutan garam tersebut maka akan terbentuk endapan.

Pengendapan 2.Reaksi Metatesis : ‡Melibatkan pertukaran bagian reaktan. Pembentukan gas ‡ Hukum Ketetapan Massa (Lavoisier) ‡ Terjadi pembentukan zat baru ‡ Tak terbentuk atom baru / pemusnahan ‡ Jumlah massa sebelum dan sesudah sama . 1. Netralisasi 3.

atau dikenal juga dengan istilah metal alkilidena. Banyak peneliti yang mengajukan teori cara kerja reaksi metatesis.SEJARAH REAKSI METATESIS ‡ Hingga tahun 1970. Melalui senyawa logam karbena ini. Chauvin berhasil menjelaskan bagaimana mekanisme reaksi metatesis dan bagaimana susunan logam berfungsi sebagai katalis dalam suatu reaksi. Sayangnya. reaksi metatesis terus berkembang. seperti kesehatan dan pertanian. tetapi juga industri lainnya. Dan yang dapat memecahkannya adalah Yves Chauvin dari Institut Francais du Petrole pada tahun 1970. Dia dan muridnya Jean-Louis Herrison menemukan katalis logam karbena (logam yang dapat berikatan ganda dengan atom karbon membentuk senyawa). Bukan hanya dalam industri petrokimia. bagaimana cara kerja reaksi ini belum diketahui. .

‡ Menurut Chauvin. Pasangan katalis sekarang telah siap untuk menangkap pasangan alkena yang lain untuk membentuk ikatan yang baru. Contohnya pada reaksi AB + CD -> AC + BD. Kanan: Pasangan katalis logam karbena dan pasangan alkena saling bertukar pasangan. metatesis dapat diartikan sebagai pertukaran posisi atom dari dua zat yang berbeda. dua pasang penari molekul ini bersatu dalam lingkaran dansa. begitu juga dengan pasangan alkena (kuning-merah). Chauvin mengibaratkan reaksi metatesis sebagai pasangan molekul yang berdansa dan setiap saat berganti pasangan (lihat gambar). Secara sederhana.saling berpegangan tangan. . Tengah: Setiap pasangan kemudian bergabung membentuk lingkaran. B bertukar posisi dengan C. mereka melepas pasangan masing-masing dan menari lagi dengan pasangan baru. Logam dan pasangannya saling berpegangan tangan dan ketika bertemu dengan pasangan alkena (senyawa yang tersusun atas dua atom karbon yang berikatan ganda). Sesaat kemudian. Kiri: Pasangan katalis logam karbena -logam (hitam) dan atom karbon (hijau).

metatesis berarti perubahan tempat.‡ Dengan kata lain. Hal ini terjadi dengan bantuan dari katalis khusus. Pada reaksi metatesis. ikatan ganda putus dan hal inilah yang membuat atom-atom karbon mempunyai jalan untuk berpindah tempat dalam kelompok atom tersebut. . Mekanisme baru ini dapat menjelaskan sesuatu yang tidak dapat dijelaskan oleh mekanisme yang diajukan sebelumnya.

Schrock mengawali penelitiannya tentang kompleks alkilidena pada awal tahun 1970. Akhirnya. seperti tantalum. µLogam apakah yang paling efektif digunakan sebagai katalis?" Dia kemudian mencoba katalis yang terdiri dari logamlogam yang berbeda.REAKSI METATESIS YANG BERLANGSUNG CEPAT ‡ Cepat lambatnya reaksi metatesis bergantung pada katalis yang digunakan. dan molybdenum. Schrock dan kawan-kawannya semakin bersemangat untuk menemukan molekul dan komplek alkilidena yang lebih stabil. kemudian dikembangkan oleh Richard Schrock dan Robert Grubbs. Schrock berangkat dari pertanyaan. Penggunaan katalis yang dipelopori Chauvin. Schrock menemukan bahwa molybdenum dan tungsten adalah logam yang paling cocok sebagai katalis. tungsten. ‡ . Richard R.

.Reaksi yang membentuk garam Asam + basa garam + air HCl + NaOH NaCl +H2O Air yang dihasilkan pada reaksi diatas merupakan elektrolit yang sangat lemah sehingga sangat kecil untuk terionisasi.Reaksi membentuk padatan Garam LA + garam BX garam LX + garam BA.MACAM-MACAM REAKSI METATESIS 1. NaCl mudah sekali terionisasi dalam air menjadi Na+ dan Cl2. NaCl dalam bentuk padatan adalah berupa kristalan. Contoh : NaCl + AgNO3 AgCl(s) + NaNO3 Reaksi ini menghasilkan endapan berwarna putih untuk senyawa AgCl. dalam reaksi dituliskan tanda (s) berarti solid.

Reaksi membentuk gas Garam BX + asam HA Garam BA + Asam HX FeS + 2HCl FeCl2 + H2S(g) Hasil reaksi berupa gas H2S yang dapat lepas keluar dari tempat berlangsungnya reaksi.3. Garam LA + basa BOH Garam BA + LOH. NH4Cl + KOH KCl + NH4OH Reaksi ini berlanjut dengan menguraikan senyawa NH4OH NH4OH H2O + NH3(g) Ciri khas reaksi metatesis adalah : Reaksi tidak mengalami perubahan bilangan oksidasi atau muatan Reaksi dapat membentuk gas. endapan ataupun air .

Bukan hal yang mustahil jika penyakit-penyakit. sindrom Down. arthritis. polimer baru. . fibrosis.Manfaat Reaksi Metatesis ‡ Mungkin banyak yang bertanya. dan bahan bakar. Bahkan. dan migren dapat disembuhkan dengan lebih efisien melalui sintesis obat baru menggunakan reaksi metatesis. HIV/AIDS. hepatitis C. peradangan. perusahaan alat olahraga yang membuat pemukul baseball sintesis memilih menggunakan bahan dasar dari biji-bijian yang diubah dengan reaksi metasintesis daripada menggunakan hasil samping minyak bumi. para ahli kimia kini membayangkan metatesis akan menjadi senjata penting untuk memburu obat-obatan baru untuk mengatasi berbagai penyakit di dunia. kanker. seperti infeksi bakteri. osteoporosis. Metode ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan herbisida. apakah sebenarnya manfaat reaksi metatesis sehingga Yayasan Nobel menganugerahi ketiga ilmuwan kimia tersebut? Upaya dan kerja keras para ahli kimia dalam mengembangkan metode metatesis memungkinkan dikembangkannya pembuatan obat-obatan dan bahan plastik yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Menurut kabar terbaru. penyakit Alzheimer.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->