LAPORAN PRAKTEK GIZI KULINER DASAR

diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Gizi Kuliner Dasar

Dosen Pengampu : 1. Tati Hartati, S.Pd 2. Eliyah, M.Pd

Disusun oleh Kelompok 1 1. Alfian 2. Della Wita N 3. Dina S 4. Dwi Ratna W 5. Monica L

KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

38 Cirebon 2010 / 2011 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Robbi atas limpahan rahmat dan karunianNya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ilmu gizi dasar. Laporan ini bertujuan agar mahasiswa–mahasiswi memahami tentang ilmu gizi dasar. Akhir kata tak ada gading yang tak retak.POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA PROGRAM STUDY D III GIZI CIREBON Jl. khususnya mahasiswa–mahasiswi politeknik kesehatan tasikmalaya. demikian pula dengan laporan hasil pengamatan ini. Semoga laporan hasil pengamatan ini bermanfaat bagi pembaca. Cirebon. September 2010 Penyusun .Oleh karena itu penyusun membuka pintu lebar-lebar untuk kritik dan saran yang bersifat membangun. Pemuda No.

....... ii DAFTAR ISI..... prtumbuhan pun maksimal 2......1 Latarbelakang.................... 1...3 Penyakit – penyakit gizi 2........................................................................ iii BAB I PENDAHULUAN...........8 Nutrisi untuk bayi dan anak prasekolah 2......................7 Zat gizi untuk pertumbuhan fisik dan mental 2..........................................1 Gizi masyarakat 2........................................................2 Tujuan..........................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL............................................................ 2........................ ..................................................................................................9 Nutrisi untuk anak usia sekolah dan remaja 2.... i KATA PENGANTAR.........................................2 Gizi dan fungsinya 2.......................6 Susu untuk pertumbuhan 2......................................................................10 Nutrisi untuk dewasa tua (lansia) BAB III PENUTUP..5 Pentingnya gizi untuk pertumbuhan anak 2................................... BAB II GIZI UNTUK PERTUMBUHAN...............................4 Makanan syarat gizi............................ 1..............................................................

.. membentuk zat inti energy b.. Fungsi menghasilkan kalori terbesar dalam tubuh (1gr lemak menghasilkan sekitar 9.....D.............. Fungsi pokok makanan bagi kehidupan manusia: a... Gizi dan fungsinya Dalam kehidupan sehari-hari.... Protein...... dsb.......................... Zat-zat makanan yang diperlukan untuk menjaga dan meningkatkat kesehatan dikelompokkan menjadi 5 macam: a..... diperoleh dari tumbuh-tumbuhan dan dari hewan.............. sebagai pelindung terhadap bagianbagian tubuh tertentu dan pelindung bagian tubuh pada temperature rendah. DAFTAR PUSTAKA........... margarine...K.... Vitamin-vitamin. orang tidak terlepas dari makanan...K) Fungsi masing-masing vitamin: ..2 Saran. Mengatur metabolism dan keseimbangan air...... Lemak..... Karbohidrat................. Berperan didalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap penyakit.....E................ Fungsi protein untuk membangun sel-sel yang rusak........ berasal dari minyak goring. fungsi untuk pembentukan energy d..... dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A............................ b.5 kal)...................D.. sebagai pelrut vitamin A....... Memperoleh energy c............... membentuk zat-zat pengatur seperti enzim dan hormone..... karena makanan adalah salah satu persyaratan pokok untuk manusia dasamping udara...................... Untuk mencapai kesehatan yang optimal diperlukan makanan yang mengandung gizi...... daging. Gizi masyarakat A... yang dibedakan menjadi 2 yakni yang larut dalam air(vitamin A dan B)............ c.E.1 Kesimpulan....................... Memelihara proses tubuh dalam pertumbuhan/perkembangan serta mengganti jaringan tubuh yang rusak...3.. mineral dan cairan tubuh yang lain d............... 3..

zat besi.1. 8. B. 7. Tanda-tanda klinis: kurang makan. 2. 6. Vitamin B2 untuk pemindahan rangsang sinar kesaraf mata. Kegemukan (obesitas) Yaitu konsumsi kalori terlalu tinggi dibandingkan dengan kebutuhan atau pemakaian energy. Vitamin K untuk pembentukan protrombin penting dalam proses pembekuan darah. natrium. kalium dan iodium. Penyakit kurang kalori dan protein Penyakit yang terjadi karena ketidak seimbangan antara konsumsi kalori dan protein dengan kebutuhan energy. Vitamin C untuk aktifator macam-macam fermen perombak protein dan lemak dalam oksidasi dan dehidrasi dalam sel penting pembentukan trombosit. Penyakit-penyakit gizi 1. Kelebihan energy didalam tubuh disimpan dalam bentuk lemak . dan chlour. Mineral. kelaparan. zat flour. Vitamin A untuk pertumbuhan sel-sel epitel dan pengatur kepekaan rangsang pada saraf dan mata 2. 3. Biasanya tampak pada makanan. dan dalam proses pertumbuhan serta pekerjaan urat saraf. Fungsi mineral sebagai bagian dari zat yang aktif dalam metabolism. 5. terdiri dari zat kapur. Vitamin D untuk mengatur kadar kapur dan fosfor dalam kelenjar anak gondok. keseimbangan air dalam tubuh. Vitamin B6 untuk pembutan sel-sel darah. dan enzim untuk proses oksidasi dalam sel-sel 4. dan membantu penyerapan zat lemak oleh usus. e. memperbesar penyerapan kapur dan fosfor dari usus dan mempengaruhi kerja endokrin. Vitamin E untuk mencegah pendarahan bagi wanita hamil dan diperlukan pada saat sel sedang membelah. Vitamin B1 untuk metabolism karbohidrat.

Penyakit gondok endemic Kekurang zat iodium ini berakibat kondisi hypothiroidisme (kekurangan iodium). tentunya tidak hanya didukung oleh Anda. Akibatnya terjadi hypertrophy (membesarnya kelenjar thyroid). 4. yakni: “cretinisme” yaitu kondisi penderita dengan tinggi badan dibawah normal. dan tubuh mencoba untuk menkonfentasi dengan menambah jaringan kelenjar gondok. . Gizi optimal mutlak diperlukan untuk mendorong perkembangan si kecil jadi maksimal. mungkin Anda sendiri belum tahu dengan jelas.3. yaitu protein. lemak dan vitamin (termasuk mineral). mulai dari berpikir. Segala aktivitas si kecil. Gejalanya kekeringan epitel biji mata dan kornea karena grandula lacrimalis menurun. Yang disertai berbagai tingkat keterlambatan perkembangan jiwa dan kecerdasan. Terlihat selaput bola mata keriput dan kusam bila biji mata bergerak. 5. Anemia Karena konsumsi zat besi pada tubuh tidak seimbang atau kurang dari kebutuhan tubuh. Kekurangan iodium juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain. belajar dan bermain. Pertumbuhan Pun Maksimal Membesarkan buah hati memang merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Mungkin Anda sendiri sudah tahu kemutlakan gizi optimal yang diperlukan. Untuk lebih rincinya. Anda bisa runut satu persatu. tapi apa-apa saja yang dibutuhkan oleh buah hati. Zerophthalmia (defisiensi vitamin A) Karena kekurangan vitamin A dalam tubuh. Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan darah. tapi juga secara kecerdasan. tapi juga melalui apa yang dikonsumsinya. Siapa sih yang tidak bahagia melihat buah hatinya berkembang pesat dalam masa pertumbuhan? Tentunya tidak hanya secara fisik. Makanan Sarat Gizi. dari hambatan sangat ringan sampai dengan sangat berat. terutama otak. Perkembangan anak memang sedikit banyak tergantung dari apa yang Anda lakukan untuknya sebagai orang tua. Sebenarnya ada 3 kandungan dasar yang sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan si kecil.

Padahal. tempe. Ir. MS di Jakarta (11/8). Data tahun 2007 memperlihatkan 4 juta balita Indonesia kekurangan gizi. Menurut Prof. Fase cepat tumbuh otak berlangsung mulai dari janin usia 30 minggu sampai bayi 18 bulan. lebih jauh kekurangan gizi dapat mempengaruhi perkembangan otak anak. . Protein hewani sangat penting untuk pertumbuhan anak. dan lebih baik dari protein nabati (dari tumbuhan) karena berkomposisi lebih lengkap. Unsur lemak terdiri dari DHA (asam dokoseheksaenoat). LEMAK Usia 0-5 tahun adalah saat emas pertumbuhan dan perkembangan otak yang tidak akan terjadi 2 kali dalam hidup. “Lost generation bukan hanya isapan jempol. Pentingnya Gizi Untuk Pertumbuhan Anak Pada dasarnya. enzim dan pertahanan tubuh. 700 ribu diantaranya mengalami gizi buruk. Setelah mengenal makanan pendamping ASI.” kata pakar gizi dari IPB. Inilah yang dialami oleh anak Indonesia. mengganti sel tubuh yang rusak akibat penyakit. Ditinjau dari tinggi badan. Lupakan untuk memberinya susu tanpa lemak alias susu skim. tahu sampai kacang-kacangan. otak tumbuh selama masa balita. Ukuran tubuh yang pendek ini merupakan tanda kurang gizi yang berkepanjangan. Dua asam tersebut akan mendukung perkembangan dan ketajaman indera penglihatan bayi. Untuk mendapatkan protein tidak susah kok. Jangan ragu-ragu memberi buah hati Anda dagingnya ataupun dalam bentuk minyak ikan. sebanyak 25. Dalam 20 tahun mendatang Indonesia dapat menjadi bangsa yang tidak cerdas karena mengabaikan gizi usia dini. susu. membangun otot rangka. Asam lemak tak jenuh dapat diperoleh dari ikan laut dalam.PROTEIN Zat ini sangat perlu untuk sumber energi. Mulai dari telur. Prof. daging. pertumbuhan anak di seluruh dunia berawal sama. Sementara yang mendapat program makanan tambahan hanya 39 ribu anak. membentuk hormon. anak Indonesia sulit untuk mengimbangi pertumbuhan anak di negara lain. Dr. ikan . Ali. Ali Khomsan. Namun awal yang sama ini dapat berakhir beda karena adanya gangguan pada pertumbuhan. asam arakhidonat (asam lemak omega 6) atau yang lebih dikenal sebagai AA.8 persen anak balita Indonesia pendek (SKRT 2004).

Ali. bidan desa. dan Puskesmas. Dr. Hasilnya. Saat ini ada 250 ribu Posyandu di Indonesia. jumlah Posyandu sudah cukup.Ketika lahir. SpA. MARS dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia mengungkapkan. Penyebab kualitas asupan gizi balita di Indonesia memprihatinkan adalah asupan gizi yang kurang dan perubahan pola asuh keluarga yang tidak terpantau baik. Kualitas kader Posyandu juga perlu ditingkatkan. Senada dengan Prof. “Secara kuantitas. dr. berat otak menjadi 1000 gram dan terus bertambah menjadi sekitar 1200 gram ketika anak berusia 2 tahun. termasuk pengendalian kualitas gizi balita di Indonesia. gizi buruk dapat mengakibatkan otak anak tidak berkembang optimal. Konsep Posyandu merupakan penanganan lengkap untuk mengintervensi kesehatan keluarga. probabilitas terjadinya gizi buruk sangat tinggi. Bagi penderita gizi buruk atau di bawah garis merah (sesuai Kartu Menuju Sehat/KMS) segera lakukan reelementasi dengan program makanan tambahan dan pemulihan di fasilitas kesehatan terdekat. Hal ini berarti cakupan pengendalian kualitas gizi balita di Indonesia tidak lebih dari 50 persen. kemudian tetapkan status gizinya dan dilaporkan secara berjenjang. Dampaknya. Namun tidak lebih dari 50 persen yang masih aktif. “Perlu perhatian lebih dalam tumbuh kembang di usia batita. Ali. Program gizi di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1960-an melalui applied nutrition program yang selanjutnya berkembang menjadi Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). karena kurang gizi yang terjadi bersifat irreversible (tidak dapat pulih). Rachmat Sentika. Dr. berat otak hanya 350 gram. H. Gizi buruk yang sudah mendapat pemulihan dikembalikan ke masyarakat melalui kader Posyandu. Tb. tetapi dari segi kualitas masih kurang. Dalam setahun.” ujar Prof. mutu SDM yang rendah sehingga menjadi beban di masyarakat. . Ali. Hal ini bersifat permanen dan tidak dapat dipulihkan. Rachmat yang juga pencetus konsep Posyandu menekankan agar dilakukan penimbangan seluruh balita tanpa kecuali.” jelas Prof. terutama pengetahuan tentang gizi.

Pada usia muda. Menurut Organisasi Pangan Dunia (FAO). susu khusus batita yang mengandung nutrisi lengkap. Singapura 32 liter. dan harganya terjangkau.3 liter.Susu Untuk Pertumbuhan Salah satu penyebab masih banyaknya kasus kurang gizi dan gizi buruk karena anak Indonesia selama ini sangat kurang minum susu. Diharapkan Dancow Batita dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di usia batita yang merupakan periode emas tumbuh kembang anak. diantaranya adalah pemahaman yang rendah tentang pentingnya susu bagi kesehatan. Susu memiliki keunggulan yakni kandungan vitamin dan mineralnya lebih lengkap dan lebih mudah diserap dengan sempurna oleh tubuh. rendahnya konsumsi susu di Indonesia disebabkan banyak faktor. Menyadari bahwa konsumsi susu perlu ditingkatkan. Satu gelas susu dapat memenuhi 25% RDA protein pada batita dan 45% RDA kalsium. rasanya lezat. Absorpsi kalsium pada masa anak-anak sangat tinggi. Peluncuran yang .4 liter. Kalsium diperlukan dalam pertumbuhan seorang anak. Angka kecukupan gizi (RDA) kalsium adalah 800-1200 mg. Tidak jarang konsumsi susu untuk anak di bawah tiga tahun (batita) terpaksa dikorbankan karena harga yang terlalu mahal bagi keluarga berpenghasilan rendah. Faktor ekonomi juga dapat menjadi alasan untuk berhenti minum susu. Tertinggal jauh dibanding Malaysia 25. Menurut Prof. Filipina 11. dan bahkan Vietnam 10. formasi (pembentukan) tulang lebih besar daripada resorpsi (peluruhan) sehingga diperlukan asupan kalsium yang tinggi. Peranan susu dapat dilihat dari proses turning over tulang. bahkan paling rendah dibanding negara-negara Asia lain. yakni 75 persen jika dibandingkan dewasa yang hanya sekitar 20-40 persen. Harga kebutuhan pokok yang meningkat saat ini memaksa masyarakat menetapkan skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan hidup. pada 11 Agustus yang lalu. Nestle Indonesia meluncurkan Dancow Batita. masyarakat Indonesia mengonsumsi susu rata-rata 9 liter setiap tahun per kapita.7 liter. Ali.

Air susu ibu (ASI) merupakan bahan makanan dengan komposisi asam lemak terbaik di antara bahan-bahan makanan yang lainnya. labu kuning. Susunan makanan seimbang yang baik untuk perkembangan fisik dan mental anak adalah yang mengandung zat – zat gizi berikut. Lemak Merupakan sumber kalori yang penting dan menyediakan berbagai vitamin. tempe. telur dan minyak ikan. dan minyak ikan. seperti susu. makaroni. yaitu karbohidrat kompleks (beras. dan kacang-kacangan lain. Protein didapat dari sumber makanan hewani. tepung kacang hijau. Sedangkan vitamin B kompleks terdapat dalam roti. Protein Merupakan gizi utama untuk tumbuh secara normal. Karbohidrat atau hidrat arang Sebagai sumber energi terdiri dari dua jenis.D. Juga bisa diperoleh dari sumber protein nabati seperti tahu. dan telur.E. Susu merupakan sumber karbohidrat di samping sumber utama protein. Peter Vogt. kacang kedelai.dilakukan oleh Presiden Direktur Nestle Indonesia. merupakan peluncuran pertama di dunia. kacang hijau. Vitamin D terdapat antara lain dalam susu. daging. antara kain mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dibutuhkan untuk perkembangan kecerdasan anak. tomat. kentang. minyak jagung). bayam. seperti A. tepung beras. telur. hati. . roti. ayam. keju. ikan. ikan. jagung. kangkung dan sayuran berdaun hijau lainnya. tepung maizena. Sumber protein utama dalam makanan bayi adalah ASI dan susu. wortel. minyak tumbuh-tumbuhan (minyak bunga matahari.K. Zat Gizi untuk Pertumbuhan Fisik & Mental Makanan mempunyai pengaruh pada perkembangan fisik maupun mental anak. Vitamin Diperlukan untuk mempertahankan kesehatan dan tumbuh kembang yang optimal. havermut). Vitamin A atau provitamin A banyak terdapat dalam susu. Vitamin E terdapat dalam serealia.

Sedangkan dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di Desa Manggung Sukorejo Musuk Boyolali.000 < 0.432 > 2. sedangkan data untuk awal bulan Januari-September 2009 terdapat kasus gizi kurang dengan kategori Bawah Garis Merah sebanyak 4 bayi dari 66 bayi. Kepada bayi tidak perlu diberikan suplemen (tambahan) vitamin. sementara itu data gizi tahun 2007 yaitu 29.susu. Pengambilan sampel secara purposive yaitu berdasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti sendiri. susu sapi. Dua jenis mineral yang perlu dipenuhi dengan baik kecukupannya adalah zat besi dan kalsium. serta dalam jumlah sedikit dari sayur-sayuran. Sumber zat besi yang lain adalah. Dengan demikian thitung > ttabel (7.4%. limau. Berdasarkan hasil perhitungan analisis diperoleh nilai thitung sebesar 7. Peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi bayi yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan bayi usia 6-12 bulan di Desa Manggung Sokorejo Musuk Boyolali.609 dengan nilai ttabel sebesar 2. Pada tahun 2008 dari 95 balita terdapat 16 balita gizi kurang kategori Bawah Garis Merah. berdasarkan ciri atau sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. karena penyerapan zat besi adalah 510 kali lebih baik dari makanan lainnya. dan makanan hasil fregmentasi. ikan.1%.432 dengan nilai ttabel sebesar 2. Pengetahuan ibu yang baik diharapkan dapat meningkatkan . Mineral Berguna untuk pertumbuhan. Sumber zat besi yang baik sekali adalah ASI. Dengan demikian thitung > ttabel (7. Sedangkan sumber kalsium adalah ASI. Gizi kurang merupakan salah satu masalah gizi utama pada balita Indonesia. Tahun 2008 terdapat gizi kurang 31. mempertahankan jaringan serta mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. kecuali kalau terjadi kelainan dan atas rekomendasi dokter.609 > 2.026. hati ayam. tomat.000 < 0. dari data bidan desa terdapat 66 bayi yang berumur 6-12 bulan. daging. daging.026) dan p value (0. buah jeruk. seperti tempe.Berdasarkan hasil sensus data gizi kurang pada tahun 2006 adalah 6. dan hasil produk yang dihasilkan dari susu.026) dan p value (0.026. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 7.4%. dan buah-buahan lain. Vitamin C banyak terdapat dalam sayuran berdaun hijau.05) maka Ho ditolak artinya bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan perkembangan bayi berusia 6 – 12 bulan.05) maka Ho ditolak artinya bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan pertumbuhan bayi berusia 6 – 12 bulan.

kemudian melambat sampai berisia 12 bulan. Selanjutnya. untuk mencapai 3 kali berat lahir. Grafik pertumbuhan standar berguna untuk memantau apakah pertumbuhan berlangsung dengan baik. Makanan terbaik untuk bayi adalah ASI. laju pertumbuhan terlalu cepat atau turun dibawah garis standar perlu diperhatikan dan dijelaskan. Manfaat lain dari menyusui baik bagi ibu maupun bayi yaitu ASI dapat mengurangi resiko terkena infeksi. melalui . serta memperbaiki perkembangan kognitif. ASI mengandung factor perlindungan yang bersifat kritikal pada minggu-minggu pertama kehidupan bayi ketika kekebalan tubuhnya belum berkembang. Kandungan gizi dalam ASI. terutama infeksi saluran gastrointestinal dan infeksi saluran pernapasan. antara usia 1-5 tahun. Menyusui komposisi ASIS menjamin bahwa ASI ini mudah dicerna dan diabsorpsi. Nutrisi untuk bayi dan anak prasekolah Laju pertumbuhan Pertumbuhan paling cepat terjadi pada 6 bulan pertama kehidupan. berat badan pada saat itu mencapai dua kali berat lahir. dan selam disusui oleh ibu yang sama. Semakin baik tingkat pengetahuan ibu maka akan semakin baik pula tingkat pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dan bagi ibu.pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga kelainan dini dapat segera dideteksi dan dicegah dari awal. Susu formula Susu formula bayi yang dirancang untuk memenuhi seluruh kebutuhan gizi bayi sampai dengan usia 4-6 bulan. dan ASI menjadi patokan untuk angka kebutuhan gizi bagi kelompok usia ini maupun patokan bagi komposiisi susu formula pengganti ASI. dikontrol oleh pengaturan yang ketat. berat badan hanya meningkat menjadi dua kali lipat. setiap kali menyusui. terjadi pada masa anovulasi(yang membantu menjarangkn kelahiran) dan penurunan resiko kanker payudara pramenopous. Komposisi ASI yamg sebenarnya berbeda-beda pada setiap ibu.

Modifikasi selanjutnya meliputi penambahanlaktosa. Hindari gula dari sumber selain susu. dan fosfor. atau makanan berlemak dalam jumlah berlebihan. Anak prasekolah Antara usia 1 dan 5 tahun. dan vitamin C. dan digolongkan sebagai: • • ‘didominasi-kasein’ bila mengandung seliruh fraksi protein. zat besi. maltodekstrin. Susu formula berasal dari susu sapi . dan vitmin. serta penurunan kadar elektrolit. zink. terutama yang beresiko defisiensi. vitamin A. Nutrisi untuk anak usia sekolah dan remaja Laju pertumbuhan . Beberapa produsen menambahkn asam lemak rantai panjng. klsium. Telah ad apedoman pengadaan makanan sehat untuk kudapan dan makan siang pad ataman bermain dan tempat penipan anak. taurin dan karnitin.ketetapan EC dan peraturan pemerintah. Prinsip nutrisi yang perlu diperhatikan : • • • • Harus mencapai angka referesi gizi untuk kelompok usia yang bersangkutan. tetapi semakin banyak anak yang dirawat difasilitas tempat penitipan anak ditempat ini anak memperoleh makanan. Anak pada kelompok usia ini mungkin dirawat oleh orangtua. minyaknabati. yaitu kalsium. Perhatikan densitas nutrient. menuju diet yang sesuai dengan pedoman pola makan sehat dan mencakup semua kelompok makanan. ‘didominasi-whey’ bila mengandung protein whey yang telah didialisis. anak beralih dari diet yang mengandalkan susu untuk memenuhi sebagian mesar kebutuhan nutrient dan 50% kandungan energinya berasal dari lemak. Diet rendah lemak tidak dianjurkan. unsure kelumit.

mulai konsepsi sampai akhir masa remja. pertumbuhan rata-rata relative konstan. makanan perlu disediakan untuk anak dengan tujuan: • Mempertahankan kemampuan konsentrasi belajar. Kebutuhan gizi Menginjak usia remaja. Besarnya pertambahan ini adalah 40% dari berat badan dewasa yang akhirnya dicpai. yang harus dipenuhi dengan cara meningkatkan asupan dari semua kelompok makanan. kebutuhan gizi ini jauh lebih besar. Selama pubertas. rata-rata: • • Anak perempuan bertambah tinggi 20 cm dan bertambah berat 20 kg. dan hanya boleh dikonsumsi setelah kelompok laian tercukupi. Anak laki-laki bertambah tinggi 30 cm dan bertambah berat 30 kg. . Pertumbuhan rentan mengalami kegagalan jika asupan gizi tidak dapat mengikuti besarnya kebutuhan. Diet harus terdiri atas: • • • • Sumber karbohidrat dari pati – 5 porsi setiap hari Buah dan sayuran – 5 porsi setiap hari Susu dan produk olhanya – 5 porsi setiap hari Daging dan penggantinya – 5 porsi setiap hari Makanan berlemak dan bergula dalam diet harus dibatasi. Selama masa kanak-kanak. Variasi makanan perlu diperhatikan untuk mengurangi resiko terlewatkannya nutrian tertentu.Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia berlangsung dalam waktu yang lama. yaitu 2. Makanan disekolah Disekolah. seperti yang tercermin dalam meningkatnya angka kecukupan gizi yang direkomendasikan.5 kg dan 6 cm per tahun.

Nutrisi untuk dewasa tua (lansia) Proses penuaan Pada beberapa decade belakangan ini. Kebutuhan gizi . kecanduan alcohol. respirasi. Penuaan diakibatkan oleh saling berinteraksinya pemrograman genetic. Factor ini membantu tercapainya status gizi yang baik: • Aktivitas fisik. Mengajarkan tentang makanan dn nutrisi. dan nutrisi. hal ini mendorong orang untuk makan dan mempertahankan minat mereka terhadap makanan. sirkulasi darah. Pemilihan makanan dari berbagai macam jenis yang mencakup semua kelompok makanan dalam jumlah yang sesuai. menjamin asupan makanan serta mempertahankan masa otot yang menunjang hidup mandiri. saraf. gaya hidup. serta aspek social dari makanan. sehingga usia kronologis dapat mendahului 10 tahun didepan usia biologis. • • Perubahan fisiologis yang terkait dengan penuaan Perubahan yang terkait dengan kondisi medis dapat berdampak pada status gizi (mungkin disebabkan oleh penyakit atau pengobatannya): • • • Berkurangnya mobilitas – musculoskeletal.• • Member kontribusi bagi asupan diet keseluruhan. Interaksi social. telah diketahui bahwa perubahan biologis yang berhubungan dengan penuaan terjadi pada usia yang lebih tua dari pada generasi sebelumnya. dan kelebihan berat badan Fungsi kognitif-gangguan kognitif dan demensial Gangguan jiwa-meliputi depresi dan penyakit mental. aspek ini mempertahankan kebutuhan energy dan nafsu makan. Dua factor yang terakhir ini berada dibawah control manusia dan dapat dimidifikasi untuk memperpanjang umur.

Kesimpulan Hal-hal yang perlu diketahui untuk mengelola konsumsi pangan didalam rumah tangga. maupun dari seseorang tenaga ahli gizi yang lebih ilmiah. Kebutuhan protein hamper sama atau sedikit lebih tinggi daripada dewasa muda. energy yang dikeluarkan ketika beraktivitas. Pengetahuan bahan makanan. . pengawasan dan engamanan bahan makanan. Akan tetapi. terutama yang diperlukan .Kebutuhan energy mungkin lebih rendah. termasuk berjalan mungkin lebih tinggi daripada dewasa muda. atau minimal sama dengan dewasa muda karena berkurangnya efisiensi absorpsi dan metabolism.. keracunan makanan juga termasuk penyakit-penyakit defisiensi utama diindonesia perlu diketahui oleh yang bertugas dala perbaikan kesehatan gizi. baik dari sudut rumah tangga. System keamanan pangan dan gizi serta system informasi dan interfensi merupakan dua hal tambahan baru bagi ruang lingkup ilmu dan upaya perbaikan gizi yang sangat berguna dalam mengelola kondisi pangan masyarakat. karena merurunnya laju metabolic dan berkurangnya aktivitas fisik. Kebutuhan mineral dan vitamin mungkin juga meningkat.

soekidjo. Daftar pustaka Barasy. Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar. Mary E. Jakarta: Rineka Cipta . Pengantar Ilmu Gizi. Saran Semoga masyarakat mengerti dan sadar akan pentingnya gizi untuk perkembangan sejak usia dini. mengetahui dan mampu menerapkan peranan zat-zat gizi dalam kehidupan dan kesehatan tubuh sehingga dengan gizi optimal mutlak sangat diperlukan untuk perkembangan dari usia dini sampai usia lanjut. Pola asuh keluarga juga sangat penting untuk membantu kualitas asupan gizi. Kerja sama pemerintah dan tenaga ahli gizi untuk mendukung program perbaikan gizi pada masyarakat. Bandung: Alfabeta Notoatmodjo. 2003.Dari pola makan. 2009. At A Glance Ilmu Gizi. Deddy. Jakarta: Erlangga Medical Series Muchtadi. menu seimbang sangat mempengaruhi tumbuh kembang setiap manusia. 2007.

Jakarta: Dian Rakyat . Achmad Djaeni. Ilmu Gizi Untuk Mahasiswa dan Profesi.Sediaoetama. 2004.