Manajemen File

Pendahuluan Salah satu ketermpilan yang wajib kita miliki dalam pengoperasian komputer adalah mengelola file. File dalam bahasa Indonesia disebut dengan berkas. File bisa diartikan sebagai kumpulan data yang disimpan. Ada dua jenis file yang kita kenal, yaitu File fisik dan File Digital. File fisik merupakan kumpulan catatan yang disimpan. File jenis ini menggunakan bahan kertas sebagai media pencatatannya. Sedangkan file digital adalah kumpulan catatan yang dibuat secara digital. File digital disimpan pada storage device yang bisa dibaca menggunakan komputer. Pada tulisan ini akan dibahas tentang pengelolaan file secara digital.

Tujuan pengelolaan File 1. Memudahkan dalam penemuan kembali bila diperlukan 2. Menghemat ruang pada storage device 3. Mendistribusikan file untuk fihak-fihak yang membutuhkan 4. Melindungi file dari resiko rusak akibat terserang virus 5. Melindungi file dari resiko kerusakan storage device 6. Melindungi informasi yang ada di dalamnya 7. Membuang file yang sudah tidak diperlukan. Storage Device Storage device adalah alat yang digunakan untuk penyimpanan File. Storage device yang lazim digunakan hingga saat ini meliputi: 1. Harddisk 2. Flash disk 3. Memory Card 4. CD / DVD 5. Disket Drive Drive adalah nama logika dari setiap storage device yang terpasang pada komputer. Masing-masing drive diberi nama menggunakan abjad mulai dari A s.d. Z. Secara default drive A digunakan untuk disket, drive C untuk harddisk. Sedang untuk storage device berikutnya akandi beri nama drive D, E, F dan seterusnya hingga Z Pekerjaan mengelola file 1. Melihat, mencari, menemukan nama file 2. Mengelompokkan file-file yang sejenis 3. Memindahkan 4. Menyalin, menggandakan sesuai kebutuhan 5. Menghapus file-file yang tidak diperlukan 6. Mengganti nama 7. Mengubah format

Nero Burning Rom Untuk backup data ke CD atau DVD Struktur nama file Nama file terdiri dari dua bagian. Setting peripheral lain mis Sound card. Mengirim ke pihak-pihak yang membutuhkan 10. Memproteksi / Melindungi file 12. Winzip / Winrar 3. Type-type file .xls --> file lembar sebar dan dibuat menggunakan Microsoft Excel . Ekstensi merupakan type dari file yang bersangkutan. Mengubah atribut Software yang diperlukan: Untuk menangani pengelolaan file.ppt --> file presentasi dibuat menggunakan Microsoft Power Point . Windows Explorer 2. yaitu nama file dan extensi.8. Sedangkan ekstensi merupakan nama perluasan yang biasanya berada dibelakang nama file.mp3 --> file lagu berjenis mp3 .doc --> file dokumen dibuat menggunakan Microsoft Word . Kompresi data 9.pdf --> file pdf (portable data format) dan lain-lain Manajemen File di BIOS ( Basic Input Output System) Bios digunakan sebagai perantara / pendeteksian hardware yang digunakan dengan software Setting bios diantaranya : a. setting kecepatan prosesor c.doc --> "dataku" adalah nama file dan "doc" adalah ekstensi nama file dan ekstensi dipisah dengan tanda titik. Command prompt 4. VGA card dll . setting Boot yang digunakan d. setting tanggal dan waktu b.mdb --> file database dan dibuat menggunakan Microsoft Acces .jpg --> file gambar .txt --> file teks dan dibuat menggunakan Notepad . kita bisa menggunakan software-software aplikasi seperti berikut ini: 1. Nama file biasanya menggunakan kata tangkap dari isi file yang bersangkutan. Contoh nama file dataku. Membuat cadangan 11.

Membuat Folder • • Buka Windows Explorer.doc D:\latihan\TIK\Buat direktory \kelasku >del D:\> copy contoh.Manajemen file menggunakan Command Prompt: Command prompt merupakan baris perintah text yang digunakan pada sistem operasi windows seperti Windows Nt dan XP.doc D:\latihan\TIK\Buat direktory D:\latihan\TIK\Buat direktory \>RD kelasku D:\latihan\TIK\Buat direktory \>MD kelasku D:\latihan\TIK\Buat direktory \>Cd kelasku D:\latihan\TIK\Buat direktory \kelasku > Dir D:\latihan\TIK\Buat direktory \kelasku > Manajemen File menggunakan Windows Explorer a. Hal ini mirip dengan perintah di shell linux. Beberapa perintah dasar Command Promp adalah: Dir Digunakan untuk melihat isi direktori Contoh penggunaan Cd ( Change Directory ) Digunakan untuk berpindah direktori Contoh penggunaan Hasil MD ( make directory) Digunakan untuk membuat direktori Contoh penggunaan Rd ( remove directory) Digunakan untuk menghapus direktori Contoh penggunaan Copy Digunakan untuk mengkopi file Contoh penggunaan \kelasku Del / Delete Digunakan untuk menghapus file Contoh penggunaan contoh. menu File → New→Folder Klik kanan → New → Folder .

Mengkompres folder Kompresi dilakukan agar file / folder menjadi lebih kecil. Mengganti nama folder • Klik kanan pada file → rename d. Membuat atribut file • Klik kanan pada file / folder → properties kemudian centang pada i. pilih folder tujuan →pilih menu edit → paste c. Hidden : folder / file disembunyikan. Read only : folder / file hanya bias dibaca ii. Kompresi dilakukan dengan software utility diantaranra adalah winzip atau winrar . e. pilih menu edit→ copy.b. pilih folder tujuan → klik kanan → paste Pilih file yang akan dikopy. Mengkopi file • • Pilih file yang akan dikopy →klik kanan → copy .