LAPORAN TAHUNAN

PELAKSANAAN KEGIATAN PENYULUHAN KEHUTANAN TAHUN 2011

WKPK KAWASAN KECAMATAN BANJARSARI

Oleh SOLEHUDIN, SP NIP. 1968020820031002

BALAI PENYULUHAN PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN (BP3K) KECAMATAN BANJARSARI 2011

1. A. PENDAHULUAN A.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI I. B. 2. Latar Belakang Maksud dan Tujuan Tujuan dan Saran Penyuluhan Kehutanan Metode dan Materi Penyuluhan Hasil Pelaksanaan Penyuluhan Kehutanan Laporan Hasil kegiatan Pelaksanaan fisik pembangunan Kehutanan II. HASIL PELAKSANAAN . B. PERENCANAAN III.

SP NIP.LAPORAN TAHUNAN PELAKSANAAN KEGIATAN PENYULUHAN KEHUTANAN WKPK KAWASAN KECAMATAN BANJARSARI TAHUN 2011 Mengetahui Kepala BP3K Banjarsari Banjarsari. Januari 2011 Penyuluh Kehutanan Banjarsari JAYUSMAN. 1968020820031002 . 195607271980021002 SOLEHUDIN. SP NIP.

- . Penyusun. atas tersusunnya pembuatan Laporan Tahun pelaksanaan kegiatan penyuluhan Kehutanan di wilayah Karja Penyuluhan Kehutanan (WKPK) Kawasam BP3K Banjarsari Kecamatan Banjarsari Tahun pelaksanaan 2011. kegagalan maupun permasalahan-permasalahan yang ada selama pelaksanaan kegiatan Penyuluhan.KATA PENGANTAR Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Semoga dapat bermangfaat bagi kita dan bagi semua pihak yang berkepentingan. Laporan Tahunan ini merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi Penyuluh Kehutanan di wilayah Kerja yang berisikan data data pelaksanaan kegiatan Penyuluhan Kehutanan maupun data pelaksanaan fisik pembangunan Kehutanan yang telah dilaksanakan selama satu tahun yang mana laporan ini guna dijadikan bahan tolak ukur pencapaian perkembangan. keberhasilan. Namun pembuatan Laporan Tahunan ini di buat secara sederhana karena keterbatasan wawasan dan sarana. Akhirnya saya mengucapak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atas tersusunnya Laporan Tahunan ini.

Terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas. • Meniungkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang berdampak positip secara langsung atau tidak langsugn terhadap perekonomian masyarakat. Salah satu tugas pokok Penyuluhan Kehutanan adalah membuat Laporan Tahunan yang berisikan data perkembangan di wilayah kerja Penyuluhan Kehutanan. Masyarakat (PKSM) sebagai penggerak utama pemberdayaan masyarakat. PENDAHULUAN A. hal ini terus berulang setiap tahun. • • Berkembangnya Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan Terwujudnya kesepakatan masyarakat dalam mendukung dan Pelestarian Sumber Daya Hutan yang (APKP). Pengelolaan berkelanjutan. Latar Belakang Secara umum Penyuluh merupakan upaya membantu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat agar pada akhirnya mereka mampu mengatasi segala masalah yang akan dihadapi di masa yang akan dating. dua hal penting yang menjadi ciri Penyuluhan Kehutanan adalah penguatan kelembagaan dan pendampingan kearah masyarakat mandiri yang berbasis Pembangunan Kehutanan. Keriteria dan indicator umum yang dapat dipergunakan untuk menilai keberhasilan PenyuluhanKehutanan adalah sebagai berikut : • • Berkembangnya secara fartisipatif Kelompok Masyarakat Berkembangnya Penyuluhan Kehutanan Swadaya Produktif mandiri berbasis Pembangunan Kehutanan. dunia usaha dan pihak lain yang terkait dalam pembangunan Kehutanan.I. hal ini sangat diperlukan oleh Penyuluh sebagai . Penyuluh Kehutanan pada hakekatnya adalah pemberdaya masyarakat. Positip secara langsung atau tidak langsung terhadap perekonomian masyarakat. yang kemudian data tersebut diwujudkan dalam bentuk BUKU Laporan Tahunan.

Menjadikan bahan data utnuk menyusun Rencana Kerja Penyuluhan Kehutanan kedepan. untuk menentukan langkah kegiatan Penyuluhan di tahun yang akan datang. Atau Tahun yang akan datang. Menjadikan bahan perbaikan dari kegiatan yang telah dilaksanakan. . Menjadikan bahan data sebagai dasar evaluasi hasil kegiatan Penyuluhan Kehutanan yang telah dilaksanakan. C. memantau dan mengevaluasi dan melaporkan kegiatan Penyuluhan Kehutanan.bahan kajian dalam pelaksaan tugas yang sudah dilaksanakan. melaksanakan. mengembangkan. Tugas dan Tanggung jawab Penyuluh Kehutanan Tugas pokok Penyuluhan Kehutanan adalah : Menyiapkan. Tanggung jawabnya untuk meningkatkan kepercayaan dan menjalin kerja sama yang berkelanjutan. B. Maksud DAN Tujuan Maksud dan Tujuan dari pada pembuatan Laporan Tahunan ini adalah : • • • • Mengetahui perkembangan kegiatan Penyuluhan Kehutanan yang sudah dilaksanakan Tahun lalu.

dunia usaha. pemberantasan penebangan liar. Hutan kemasarakatan.II. serta aspek kehidupan social dan koperasi. sedang sasaran Penyuluhan itu sendiri meliputi pemerintah. pengembangan kelompok. Materi Penyuluhan dapat berupa semua aspek dalam kegiatan pokok Kehutanan yang meliputi RehabilitasHutan dan Lahan konservasi alam. Metode dan Materi Penyuluhan Metode Penyuluhan : • • • Berdasarkan tehnik komunikasi yaitu langsung dan tidak langsung Berdasar cara pendekatanya perorangan dan Kelompok Berdasar indra penerima yaitu penglihatan. penghijauan dan Reboisasi. . perasaan. dan keterampilan serta mengubah sikap dan perilaku masyarakat agar mau. pendengaran. Penggolongan Materi : Penggolongan berdasar aspek kelestarian yaitu Tehnik konservasi dan Penggunaan Kahan sesuai kemampuan. pemanpatan limbah dan hasil sampignan dan Hutan Kemasarakatan. Berdasar aspek social ekonomi adalah pengembngan kelembagaan social dan pengembangan struktur ekonomi. dan tahu serta sadar akan pentingnya sumber daya Hutan bagi kehidupan. 2. Berdasar aspek Peningkatan produksi yaitu Tehnik Peningkatan prosuksi. kebakaran Hutan. dan masyarakat serta lokasi di dalam dan diluar kawasan hutan yang terkait dengan pembangunan Kehutanan. PERENCANAAN 1. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan disebutkan bahwa Penyuluhan Kehutanan bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan. mampu mendukung Pembangunan Kehutanan atas dasar mau. Tujuan dan Sasaran Penyuluhan Kehutanan Didalam Undang-undang No.

Hasil pelaksanaan kegiatan Penyuluh Kehutanan di WKPK Kawasen Kecamatan pamarican No 1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Jenis kegiatan/Metode Penyuluhan 2 Mengolah data potensi wilayah Agroekosistem dan kebutuhan tehnologi Kehutanan Menyusun rancangan.III.66 - .HASIL PELAKSANAAN A. identifikasi kenutuhan penyuluhan kehutanan Menyusun Konsep program penyuluhan kehutanan Sebagai pembahas dlm mendiskusikan konsep program penyusunan Kehutanan Merumuskan program penyuluhan Kehutanan hasil diskusi Menyusun Rencana kerja Menyusun panduan pelaksanaan kegiatan penyuluhan kehutanan Menyusun kerangka acuan pelaksanaan kegiatan Menganalisasi data dalam menyiapkan materi Penyuluhan Kehutanan Menyusun /membuat materi Penyuluhan dalam silde Menyusun/membuat materi penyuluhan kehutanan dalam bventuk sandiwara diradio/TV Menyusun/membuat materi penyuluhan kehutanan dalam bentuk Menyusun/membuat materi Penyuluhan kehutanan dalam bentuk Pamphlet/folder Menyusun/membuat materi penyuh kehutanan dalam bentuk brosur Menyusun/membuat materi penyul kehutanan dalam bentuk brosur Menyusun/membuat materi penyuluhan Dalam biorama Menyusun/membuat materi penyuluhan Dalam model Menyusun/membuat materi penyuluhan Dalam Mop Up Frekuensi Unit/kali 3 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 12 kali Realisasi Unit/kali 4 1kali 1kali 1kali 1kali 1kali 1kali 5kali Prosentase % 5 100 100 100 100 100 100 41.

IV. 141 kali 99 kali 70. Tatap Muka. Tatap Muka Anjang Sono pada Kelompon sasaran Melakukan Kegiatan Demonstrasi Hasil.21 1 20 21 22 2 Anjang sono pada anggota Kelompok sasaran Melakukan Kunjungan. .19 Melakukan Kunjungan. Demp Area 3 20 Unit - 4 55 5 11 Unit B. Demplot.