Macam & Jenis Adaptasi Makhluk Hidup - Morfologi, Fisiologi Dan Tingkah Laku Untuk Menyesuaikan Diri

Wed, 08/08/2007 - 11:49am ² godam64 A. Pengetian, Arti Definisi Adaptasi Adaptasi adalah kemampuan atau kecenderungan makhluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru untuk dapat tetap hidup dengan baik. B. Jenis-Jenis Dan Macam-Macam Adaptasi 1. Adaptasi Morfologi Adaptasi morfologi adalah penyesuaian pada organ tubuh yang disesuaikan dengan kebutuhan organisme hidup. Misalnya seperti gigi singa, harimau, citah, macan, dan sebagainya yang runcing dan tajam untuk makan daging. Sedangkan pada gigi sapi, kambing, kerbau, biri-biri, domba dan lain sebagainya tidak runcing dan tajam karena giginya lebih banyak dipakai untuk memotong rumput atau daun dan mengunyah makanan. 2. Adaptasi Fisiologi Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang menyebabkan adanya penyesuaian pada alat-alat tubuh untuk mempertahankan hidup dengan baik. Contoh adapatasi fisiologis adalah seperti pada binatang / hewan onta yang punya kantung air di punuknya untuk menyimpan air agar tahan tidak minum di padang pasir dalam jangka waktu yang lama serta pada anjing laut yang memiliki lapisan lemak yang tebal untuk bertahan di daerah dingin. 3. Adaptasi Tingkah Laku Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian mahkluk hidup pada tingkah laku / perilaku terhadap lingkungannya seperti pada binatang bunglon yang dapat berubah warna kulit sesuai dengan warna yang ada di lingkungan sekitarnya dengan tujuan untuk menyembunyikan diri.
http://organisasi.org/macam-jenis-adaptasi-makhluk-hidup-morfologi-fisiologi-dan-tingkah-laku-untukmenyesuaikan-diri

Contoh Bentuk Adaptasi Tingkah Laku (Behavioral) Pada Makhluk Hidup - Ilmu Biologi
Fri, 06/02/2009 - 3:45am ² godam64 Makhluk hidup melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan di sekitar habitat tempat hidupnya tidak terkecuali manusia. Adaptasi yang dilakukan makhluk hidup bertujuan untuk dapat bertahan hidup dari kondisi lingkungan yang mungkin kurang menguntungkan. Di bawah

dll. Hewan-hewan seperti kelelawar. Hibernasi Hibernasi adalah teknik bertahan hidup pada lingkungan yang keras dengan cara tidur menonaktifkan dirinya (dorman). Mimikri Mimikri adalah teknik manipulasi warna kulit pada binatang seperti misalnya bunglon yang dapat berubah-ubah sesuai warna benda di sekitarnya agar dapat mengelabuhi binatang predator / pemangsa sehingga sulit mendeteksi keberadaan bunglon untuk dimangsa. Bedanya dengan hibernasi adalah di mana pada estivasi dilakukan pada musim panas dengan suhu udara yang panas dan kering. Estivasi Estivasi adalah menonaktivkan diri (dorman) pada saat kondisi lingkungan tidak bersahabat. sehingga cicak pun bisa kabur dengan lebih leluasa. 5. dan lain-lain. Tanpa flagellata rayap tidak akan mampu mencerna kayu yang masuk ke dalam tubuhnya. 4. sehingga rayap akan memakan kulit yang mengelupas untuk memasukkan kembali flagellata ke dalam usus pencernaannya. Contoh hewan yang berhibernasi yaitu seperti ular. beruang. Cicak jika merasa terancam ia akan tega memutuskan ekornya sendiri untuk kabur dari sergapan musuh. Jika bunglon dekat dengan dedaunan hijau maka dia akan berubah warna kulit menjadi hijau. Hibernasi bisa berlangsung lama secara berbulan-bulan seperti beruang pada musim dingin. Pada tumbuhan estivasi juga dilakukan oleh oleh pohon jati dengna meranggas atau menggugurkan daun.ini adalah merupakan beberapa bentuk adaptasi tingkah laku (behavioral adaptation) pada binatang / hewan di sekitar kita disertai pengertian dan arti definisi : 1. Hibernasi biasanya membutuhkan energi yang sedikit. 3. detak jantung yang lambat. bengkarung. dan lain sebagainya. Contoh autotomi yaitu pada cicak / cecak yang biasa hidup di dinding rumah. Rayap-rayap kecil yang baru menetas mendapatkan flagellata dengan jalan menjilat dubur rayap dewasa. lemur kerdil. dan lain-lain. . Binatang tersebut akan kembali aktif atau bangun setelah masa sulit terlewati. karena selama masa itu biantang yang berhibernasi akan memiliki suhu tubuh yang rendah. 2. kura-kura. jika dekat batang pohon warna coklat. pohon. tupai. dia juga ikut ganti warna menjadi coklat. Ekor yang putus akan melakukan gerakan-gerakan yang cukup menarik perhatian sehingga perhatian pemangsa akan fokus ke ekor yang putus. pernapasan yang lambat. Simbiosis Rayap dan Flagellata Rayap membutuhkan bantuan makhluk hidup lainnya yaitu flagelata untuk mencerna kayu yang ada di dalam usus rayap. dll akan mengestivasi diri di tempat yang aman dan terlindung. ikan. Rayap secara periodik melakukan aktivitas ganti kulit dan meninggalkan bagian usus lama. Autotomi Autotomi adalah teknik bertahan hidup dengan cara mengorbankan salah satu bagian tubuh.

. paruhnya sesuai untuk mengoyak daging mangsanya. y Adaptasi Morfologi pada Tumbuhan Berdasarkan tempat hidupnya. batang dilapisi lapisan lilin yang tebal. y Adaptasi Morfologi pada Hewan Mengapa bentuk paruh burung bermacam-macam?. paruhnya sesuai untuk memahat batang pohon dan menangkap serangga di dalamnya. antara lain mempunyai daun berukuran kecil atau bahkan tidak berdaun (mengalami modifikasi menjadi duri). Burung pelatuk. 1. Ikan paus ketika muncuk ke permukaan akan membuang udara kotor lewat hidung mirip seperti air mancur yang berisi karbon dioksida bercampur uap air jenuh yang terkondensasi. Burung paruhnya sesuai untuk makan biji-bijian. paruhya sesuai untuk mengisap madu dari bunga. Burung elang. atau alat-alat tubuh organisme terhaclap lingkungannya. Burung kolibri. Kamu dengan mudah dapat mengamati adaptasi morfologi karena perubahan yang terjadi merupakan perubahan bentuk luar. http://organisasi. tumbuhan dibedakan menjadi sebagai berikut.6. contohnya kaktus. Cara adaptasi xerofit. Struktur tubuh.org/contoh-bentuk-adaptasi-tingkah-laku-behavioral-pada-makhluk-hidup-ilmu-biologi Adaptasi pada Hewan dan Tumbuhan Adaptasi Morfologi Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh. dan berakar panjang sehingga berjangkauan sangat luas. yaitu tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kering. Pernapasan Ikan Paus Ikan paus adalah mamalia yang mirip ikan dan hidup di air. Adaptasi morfologi pada burung juga dapat dilihat pada macam-macam bentuk kakinya. Paus memiliki paru-paru yang harus diisi dengan oksigen dari permukaan laut minimal setiap setangah jam sekali. paruhnya sesuai untuk menangkap ikan. Xeroflt. bentuk paruh burung bermacam-macarn disesuaikan dengan jenis makanannya. Burung pelikan. Contoh adaptasi morfologi adalah sebagai berikut.

y Adaptasi Tingkah Laku pada Hewan 1. yaitu tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan lembap. Higrofit.2. serta omnivor (pemakan daging dan turnbuhan). Adaptasi Tingkah Laku Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian organisme terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. orang cenderung lebih banyak mengeluarkan urine (air seni). Untuk mencerna tumbuhan yang umumnya mempunyai sel-sel berdinding sel keras. Contoh adaptasi fisiologi adalah sebagai berikut. Contoh adaptasi tingkah laku adalah sebagai berikut. contohnya teratai. rata-rata usus herbrvor lebih panjang daripada usus karnivor: y Adaptasi Fisiologi pada Tumbuhan 1. Penyesuaian hewan-hewan tersebut terhadap jenis makanannya. herbivor memakan tumbuhan). 2. Bunglon melakukan mimikri. Dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya. 3. contohnya tumbuhan paku dan lumut. yaitu mengubah-ubah warna kulitnya sesuai dengan warna lingkungan/tempat hinggapnya. Adaptasi Fisiologi Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi alat-alat tubuh organisme terhadap lingkungannya. Cara adaptasi hidrofit. 2. y Adaptasi Fisiologi pada Hewan Berdasarkan jenis makanannya. antara lain terdapat pada ukuran (panjang) usus dan enzim pencernaan yang berbeda. serta mempunyai banyak stomata. hewan dapat dibedakan menjadi karnivor (pemakan daging). Jumlah sel darah merah orang yang tinggal di pegunungan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tinggal di pantai/dataran rendah. bunglon terlindung dari pemangsanya sekaligus tersamar dari hewan yang akan . yaitu tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan berair. antara lain berdaun lebar dan tipis. Kamu dapat dengan mudah mengamati adaptasi ini. y Adaptasi Fisiologi pada Manusia 1. Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh serangga mempunyai bunga yang berbau khas. Kamu tidak mudah mengamati adaptasi fisiologi karena adaptasi fisiologi menyangkut fungsi alat-alat tubuh yang umumnya terletak di bagian dalam tubuh. Tumbuhan tertentu menghasilkan zat khusus yang dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan lain atau melindungi diri terhadap herbivor. Hidrofit. Pada saat udara dingin. Misalnya. 3. Ukuran jantung para atlet rata-rata lebih besar dari pada ukuran jantung orang kebanyakan. semak azalea di Jepang menghasilkan bahan kimia beracun sehingga rusa tidak memakan daunnya.

Dalam keadaan bahaya. Pada saat lingkungan dalam keadaan kering. yaitu memutuskan ekornya. Persaingan antarorganisme. yang dapat memilih organisme yang dapat bertahan hidup atau tidak dapat bertahan hidup di alam. Ekor cecak yang terputus tetap dapat bergerak sehingga perhatian pemangsanya beralih pada ekor tersebut dan cecak dapat menyelamatkan diri. Dengan demikian. . 2. Secara berkala. Seleksi Alam Seleksi alam adalah proses di alam. Salah satunya menyebutkan bahwa dinosaurus punah karena jutaan tahun yang lalu sebuah meteor menabrak bumi. Cumi-cumi mengeluarkan tinta/cairan hitam ketika ada bahaya yang mengancamnya. bunglon dapat terhindar dari bahaya dan sekaligus lebih mudah menangkap mangsanya. tumbuhan tropofit. menggugurkan daunnya. Akibatnya. tumbuhan yang termasuk suku jahe-jahean akan mematikan sebagian tubuhnya yang tumbuh di permukaan tanah. paus muncul di permukaan air untuk menghirup udara dan menyemprotkan air. Kaktus yang hidup di pulau yang tidak dihuni kura-kura tumbuh rendah dengan duri-duri lunak. Organisme yang berhasil lolos dari seleksi alam akan mampu bertahan hidup. Beberapa teori berusaha menjelaskan punahnya dinosaurus. Dinosaurus pemakan daging yang tidak mendapat mangsa akhirnya punah. Paus melakukan tindakan demikian karena alat pernapasannya berupa paru-paru tidak dapat memanfaatkan oksigen yang terlarut di dalam air. organisme yang tidak berhasiI lolos dari seleksi alam akan punah. Debu tersebut menghalangi sinar matahari sehingga tumbuhan hijau tidak dapat melakukan fotosintesis. Di Kepulauan Galapagos juga terdapat contoh adanya seleksi alam yang lain. banyak tumbuhan mati. 3. Dinosaurus yang herbivor tidak mendapatkan makanan dan mati.dimangsanya. Misalnya perubahan lingkungan. Pada musim kemarau. y Adaptasi Tingkah Laku pada Tumbuhan 1. Tabrakan itu menimbulkan ledakan hebat yang mengakibatkan terlepasnya sejumlah besar debu ke atmoster. 2. Cumi-cumi juga mampu mengubah-ubah warna kulitnya sesuai dengan warna lingkungannya. 4. cecak melakukan autotomi. dan proses makan dimakan. Adapun kaktus yang hidup di pulau yang dihuni kura-kura tumbuh seperti pohon dengan batang tebal dan tinggi serta dilindungi oleh duri yang keras dan kaku. Sebaliknya. Contoh organisme yang punah karena seleksi alam adalah dinosaurus. misalnya pohon jati dan randu.

pemakan biji-bijian.crayonpedia. udara.http://www. Lebah : hampir sama dengan kupu. yang satu dengan lain berbeda. MH yang telah beradaptasi dengan suatu lingkungan tertentu akan sulit beradaptasi dengan lingkungan lain. 2. Kupu-kupu : Makanan kupu adalah nektar (cairan manis sebagai bahan membuat madu). Hal ini disebabkan : a. Mulut ini untuk menusuk dan kemudian menghisap darah manusia. Dalam penyesuaian diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan. dll Agar dapat hidup dan melestarikan keturunannya MH harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya. 08 Januari 2008 adaptasi makhluk hidup PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP A. 3. dedaunan. Burung : . Contoh : Bentuk paruh (mulut) bebek yang pipih untuk memepermudah mencari makanan di lumpur dan kaki berselaput supaya tidak terbenam dalam lumpur. pemakan daging dan tumbuhan. dewasa hidup di darat dan di air (amfibi) 2. Penyesuaian diri MH thd lingkungan disebut ADAPTASI. MH mempunyai dan memerlukan lingkungan sebagai tempat hidup. Burung dapat terbang dengan sayapnya. Makhluk Hidup Menyesuaian Diri Dengan Lingkungan Makhluk hidup sangat bergantung pada lingkungan. Penyesuaian MH Untuk Memperoleh Makanan MH dalam menyesuaikan diri untuk memeperoleh makanan dilakukan sejak lahir. Contoh : MH yang hidup di air tawar tidak dapat hidup di air laut. lebah mempunyai bentuk mulut penjilat. Mulut ini mempunyai lidah panjang untuk menjilat nektar. Katak : berudu hidup di air. padang rumput. pemakan buah-buahan. MH ada yang hidup di darat dan di air : 1. dsb. ex : hutan. Nyamuk : Bentuk mulut penusuk dan penghisap. Ikan dengan siripnya dapat hidup di air. b. 4. maka untuk memperolehnya kupu mempunyai alat penghisap yang bentuknya panjang disebut PROBOSIS. mulut nyamuk berbentuk tajam runcing (penusuk) dan panjang. Penyesuaian diri dengan alam lingkungan (tempat hidup). Tempat MH tinggal disebut HABITAT. ex : pemakan daging.1 Selasa._Seleksi_Ala m_Dan_Perkembangbiakan_9. Nekatar terletak di dasar bunga dan berbentuk cair. Peyesuaian diri pada hewan dalam memperoleh makanan : 1. MH yng hidup di padang rumput tidak dapat hidup di padang pasir. Penyesuaian diri dengan bahan makanannya. dsb. 3.org/mw/Kelangsungan_Hidup_Makhluk_Hidup_Melalui_Adaptasi. air. 1.

Contohnya : parkit. .makanan yang dimakan pisang. kuntul.contohnya : prenjak. Bentuk kaki burung : memanjat (pelatuk). gelatik. akibatnya teratai tidak busuk karena terendam air. Dengan kakinya yang ramping. anak ayam). sehingga penguapan air terjadi secara mudah. 4. Burung Pemakan Tumbuhan : . mencengkeram (elang. sirip dada dan sirip perut ikan mudah berenang ke kanan. mahoni : merontokkan atau menggugurkan daun saat musim kemarau untuk mengurangi penguapan. .a. jalak. Dengan sirip ekor. Kantong Semar : daun berbentuk kantong.Contohnya : elang. prenjak. cecak dan tokek dapat mudah bergerak di dinding untuk menangkap mangsanya. Dengan penyesuaian diri terhadap lingkungannya (tempat hidup) maka : 1. setengah melingkar dan runcing (guna paruh untuk mencabik-cabik mangsanya. randu. . meyelam dalam air untuk menangkap mangsanya. kutilang. Dengan cakar yang berselaput dan badannya seperti perahu. dsb). 4. 2. betet. ke bawah di dalam air dan dengan cepat menangkap mangsanya.paruhnya pendek. 7. melengkung (setengah melingkar). Teratai : memiliki daun yang lebar dan tipis. 3. ular. nuri. mengais (ayam). ayam mudah bergerak ke sana kemari mengais-ngais mencari makanan. 3. panjang serta kukunya runcing. ulat (untuk mengambil ulat di balik daun mereka punya paruh yang panjang dan runcing. cecak rawa . contohnya : 1. bangau. ayam dengan mudah dan cepat mematuk makanannya. Pohon Jati. alap-alap (mangsa : pipit. pelikan (mangsa : katak kecil. Dengan paruh yang runcing. itik dengan mudah berenang. 5. c. ikan. Burung Pemakan Daging : . pipit. Unta memiliki kantong air sehingga dapat bertahan hidup di gurun pasir Penyesuaian Diri Tumbuhan Untuk Kelangsungan Hidup : Bentuk penyesuaian diri tumbuhan terhadap lingkungan berbeda-beda. rajawali. Dengan kaki yang pipih dan dapat menempel pada dinding serta mulut yang lebar. pepaya. poksay. Serangga yang hinggap di tepi kantong akan jatuh tergelincirdan terperangkap dalam cairan sehingga menjadi makanan kantong semar. Dalam kantong terdapat cairan yang berbau yang dapat mengundang serangga. ke atas. ke kiri. 6. kokoh (guna paruh untuk mengupas kulit dari biji-bijian yang dimakan). 2. Kaktus : memiliki daun yang berduri. kedondong. pecuk ular. b. bertengger (kutilang).paruhnya pendek. kakatua. besar. Burung Pemakan Daging dan Tumbuhan : . dimana fungsi daun digantikan batang sehingga penguapan air hanya terjadi pada batang. rajawali). Dengan gigi taring yang runcing anjing dan kucing mudah mencabik-cabik mangsanya.

b. Durian : mempunyai kulit buah yang berduri tajam sehingga tidak dapat dimakan hewan. Ular : . : bergetah yg dapat menimbulkan penyakit kulit bila hewan makan d. Mangga. Ulat : melindungi diri dengan memiliki warna sesuai dengan daun/batang pohon. peraba/kulit. o. Anjing dan kucing : mempunyai gigi dan kuku yang tajam. h. dengan menegakkan bulunya. Putri malu : batang berduri Selasa. kamboja. Cumi-cumi : melindungi diri dengan meyeburkan cairan seperti tinta ke dalam air sehingga musuh tidak dapat melihatnya. g. Sapi. Nangka. disebut MIMIKRI. Sedangkan melindungi udara dingin bila tidur dengan cara melingkarkan tubuhnya. bekicot : mempunyai pelindung tubuh yang keras/rumah siput sehingga apabila ada musuh masuk ke dalam rumahnya. Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya : a. c. Hewan Melindungi Diri dari Musuhnya : a. Belimbing : buah yang belum matang terasa pahit. h. kulit keras j. e. sawo. Kalajengking. Makhluk Hidup Melindungi Diri Dari Musuhnya Kita semua memiliki alat indra 5 macam yang disebut PANCAINDRA. 08 Januari 2008 . pengecap/lidah. ular tidak berbisa melindungi diri dengan membelitkan tubuhnya ke musuhnya.ular berbisa melindungi diri dengan bisanya/zat yang beracun yang dikeluarkan saat menggigit. Bunglon : melindungi diri dari musuh dengan cara mengubah warna tubuh sesuai dengan warna tempat bunglon berada. f. Bougenville : melindungi diri mempunyai batang berduri yang panjang. kelabang. alamanda. Cecak : melepaskan ekor cecak. m. Musang. lebah : menggunakan sengatnya untuk melindungi diri dari musuh. pembau/hidung. Gigi yang dimiliki anjing dan kucing karena pemakan daging adalah GigiTaring (untuk mencabik-cabik mangsanya).B. kumbang : bila diserang musuh berpura-pura mati. e. b. l. pepaya yang masih muda : bergetah g. Trenggiling : menggulungkan tubuhnya cakar kuat. Siput. kerbau. Mawar : melindungi diri dengan batangnya berduri. i. Walang Sangit : melindungi diri dari musuh dengan mengeluarkan bau yang sangat menyengat. singa : mempuyai kuku dan gigi yang tajam.telinga. Walang Daun : mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menyerupai daun/sesuai daunnya. pendengar. kijang : mempunyai tanduk yang runcing untuk bertarung dengan musuh f. Kelapa : berkulit tebal. yaitu : penglihat/mata. n. c. kambing. 1. Landak : bulunya berbentuk duri k. Catatan tambahan : selain Gigi Taring ada juga Gigi Seri (fungsi : untuk menggigit dan memotong makanan) dan Gigi Geraham (fungsi : untuk mengunyah makanan) 2. anjing. d. Harimau.

mulut nyamuk berbentuk tajam runcing (penusuk) dan panjang. besar. Penyesuaian diri dengan alam lingkungan (tempat hidup). Mulut ini untuk menusuk dan kemudian menghisap darah manusia. Burung Pemakan Daging : . dsb. Hal ini disebabkan : a. setengah melingkar dan runcing (guna paruh untuk mencabik-cabik mangsanya. alap-alap (mangsa : pipit. yang satu dengan lain berbeda. MH yang telah beradaptasi dengan suatu lingkungan tertentu akan sulit beradaptasi dengan lingkungan lain. Burung dapat terbang dengan sayapnya. Burung Pemakan Tumbuhan : . Nekatar terletak di dasar bunga dan berbentuk cair. pelikan (mangsa : katak kecil. Nyamuk : Bentuk mulut penusuk dan penghisap.paruhnya pendek. pemakan daging dan tumbuhan. dewasa hidup di darat dan di air (amfibi) 2. Penyesuaian diri MH thd lingkungan disebut ADAPTASI. prenjak. .Contohnya : elang. 4. dedaunan. b. 3. MH mempunyai dan memerlukan lingkungan sebagai tempat hidup. anak ayam). ular. kuntul. lebah mempunyai bentuk mulut penjilat. Penyesuaian diri dengan bahan makanannya. dsb). udara. pemakan biji-bijian. Dalam penyesuaian diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan. 3. b. dll Agar dapat hidup dan melestarikan keturunannya MH harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya. bangau. 2. Ikan dengan siripnya dapat hidup di air. ex : pemakan daging. maka untuk memperolehnya kupu mempunyai alat penghisap yang bentuknya panjang disebut PROBOSIS. Penyesuaian MH Untuk Memperoleh Makanan MH dalam menyesuaikan diri untuk memeperoleh makanan dilakukan sejak lahir. Kupu-kupu : Makanan kupu adalah nektar (cairan manis sebagai bahan membuat madu). pecuk ular. pemakan buah-buahan. Contoh : MH yang hidup di air tawar tidak dapat hidup di air laut. Burung : a. Contoh : Bentuk paruh (mulut) bebek yang pipih untuk memepermudah mencari makanan di lumpur dan kaki berselaput supaya tidak terbenam dalam lumpur. Mulut ini mempunyai lidah panjang untuk menjilat nektar.adaptasi makhluk hidup PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP A. 1. Makhluk Hidup Menyesuaian Diri Dengan Lingkungan Makhluk hidup sangat bergantung pada lingkungan. MH ada yang hidup di darat dan di air : 1. ex : hutan. Tempat MH tinggal disebut HABITAT. Peyesuaian diri pada hewan dalam memperoleh makanan : 1. MH yng hidup di padang rumput tidak dapat hidup di padang pasir. padang rumput. air. ikan. Lebah : hampir sama dengan kupu. rajawali. Katak : berudu hidup di air. dsb.

mahoni : merontokkan atau menggugurkan daun saat musim kemarau untuk mengurangi penguapan. jalak. panjang serta kukunya runcing. pendengar.. . Unta memiliki kantong air sehingga dapat bertahan hidup di gurun pasir Penyesuaian Diri Tumbuhan Untuk Kelangsungan Hidup : Bentuk penyesuaian diri tumbuhan terhadap lingkungan berbeda-beda. ke bawah di dalam air dan dengan cepat menangkap mangsanya. ayam dengan mudah dan cepat mematuk makanannya. meyelam dalam air untuk menangkap mangsanya. Dengan kakinya yang ramping. Bunglon : melindungi diri dari musuh dengan cara mengubah warna tubuh sesuai dengan warna tempat bunglon berada. Dengan sirip ekor.paruhnya pendek. bertengger (kutilang). kutilang. pengecap/lidah. mencengkeram (elang. .contohnya : prenjak. 1. ayam mudah bergerak ke sana kemari mengais-ngais mencari makanan. rajawali). pembau/hidung. sehingga penguapan air terjadi secara mudah. sirip dada dan sirip perut ikan mudah berenang ke kanan. 6. pepaya. nuri. gelatik. Teratai : memiliki daun yang lebar dan tipis. Dengan paruh yang runcing. randu. Burung Pemakan Daging dan Tumbuhan : . Dengan cakar yang berselaput dan badannya seperti perahu. ke kiri. 4. itik dengan mudah berenang.Contohnya : parkit. peraba/kulit. kokoh (guna paruh untuk mengupas kulit dari biji-bijian yang dimakan). 4. poksay. ulat (untuk mengambil ulat di balik daun mereka punya paruh yang panjang dan runcing. 3. mengais (ayam). disebut MIMIKRI. 2. Dengan gigi taring yang runcing anjing dan kucing mudah mencabik-cabik mangsanya. 7. Makhluk Hidup Melindungi Diri Dari Musuhnya Kita semua memiliki alat indra 5 macam yang disebut PANCAINDRA. Hewan Melindungi Diri dari Musuhnya : a. kakatua. Kaktus : memiliki daun yang berduri. cecak dan tokek dapat mudah bergerak di dinding untuk menangkap mangsanya. B. 3. kedondong. akibatnya teratai tidak busuk karena terendam air. 5. Bentuk kaki burung : memanjat (pelatuk). betet.makanan yang dimakan pisang. pipit. dimana fungsi daun digantikan batang sehingga penguapan air hanya terjadi pada batang. Pohon Jati. melengkung (setengah melingkar). Serangga yang hinggap di tepi kantong akan jatuh tergelincirdan terperangkap dalam cairan sehingga menjadi makanan kantong semar. Dengan kaki yang pipih dan dapat menempel pada dinding serta mulut yang lebar. Dengan penyesuaian diri terhadap lingkungannya (tempat hidup) maka : 1. yaitu : penglihat/mata. 2. Dalam kantong terdapat cairan yang berbau yang dapat mengundang serangga. Kantong Semar : daun berbentuk kantong. cecak rawa . ke atas. c. contohnya : 1.telinga.

pepaya yang masih muda : bergetah g. Trenggiling : menggulungkan tubuhnya cakar kuat. Harimau. Mawar : melindungi diri dengan batangnya berduri. f. Makhluk Hidup Menyesuaian Diri Dengan Lingkungan Makhluk hidup sangat bergantung pada lingkungan. dengan menegakkan bulunya. kijang : mempunyai tanduk yang runcing untuk bertarung dengan musuh f. n. Sapi. c. c. kelabang. Kelapa : berkulit tebal. ular tidak berbisa melindungi diri dengan membelitkan tubuhnya ke musuhnya. h. Walang Sangit : melindungi diri dari musuh dengan mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Cecak : melepaskan ekor cecak. Anjing dan kucing : mempunyai gigi dan kuku yang tajam. Catatan tambahan : selain Gigi Taring ada juga Gigi Seri (fungsi : untuk menggigit dan memotong makanan) dan Gigi Geraham (fungsi : untuk mengunyah makanan) 2. h. .b. alamanda. Musang. m. Landak : bulunya berbentuk duri k. Walang Daun : mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menyerupai daun/sesuai daunnya. Mangga. Ulat : melindungi diri dengan memiliki warna sesuai dengan daun/batang pohon. Ular : . : bergetah yg dapat menimbulkan penyakit kulit bila hewan makan d. kamboja. i. singa : mempuyai kuku dan gigi yang tajam. 08 Januari 2008 adaptasi makhluk hidup PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP A. Cumi-cumi : melindungi diri dengan meyeburkan cairan seperti tinta ke dalam air sehingga musuh tidak dapat melihatnya. kulit keras j. e. Putri malu : batang berduri Selasa. e. Tempat MH tinggal disebut HABITAT. MH mempunyai dan memerlukan lingkungan sebagai tempat hidup. kumbang : bila diserang musuh berpura-pura mati. Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya : a. o. Siput. Gigi yang dimiliki anjing dan kucing karena pemakan daging adalah GigiTaring (untuk mencabik-cabik mangsanya). Kalajengking. Bougenville : melindungi diri mempunyai batang berduri yang panjang. kambing. anjing. Durian : mempunyai kulit buah yang berduri tajam sehingga tidak dapat dimakan hewan. Belimbing : buah yang belum matang terasa pahit. Sedangkan melindungi udara dingin bila tidur dengan cara melingkarkan tubuhnya. lebah : menggunakan sengatnya untuk melindungi diri dari musuh. d. sawo. bekicot : mempunyai pelindung tubuh yang keras/rumah siput sehingga apabila ada musuh masuk ke dalam rumahnya. kerbau. l. Nangka.ular berbisa melindungi diri dengan bisanya/zat yang beracun yang dikeluarkan saat menggigit. g. b.

dedaunan. Penyesuaian MH Untuk Memperoleh Makanan MH dalam menyesuaikan diri untuk memeperoleh makanan dilakukan sejak lahir. Lebah : hampir sama dengan kupu. b. padang rumput. mulut nyamuk berbentuk tajam runcing (penusuk) dan panjang.paruhnya pendek. Nekatar terletak di dasar bunga dan berbentuk cair. Penyesuaian diri dengan bahan makanannya. .Contohnya : elang. pemakan daging dan tumbuhan. 4. rajawali. Hal ini disebabkan : a. Kupu-kupu : Makanan kupu adalah nektar (cairan manis sebagai bahan membuat madu). alap-alap (mangsa : pipit.paruhnya pendek. pemakan biji-bijian. ular. pemakan buah-buahan. cecak rawa . dsb). dewasa hidup di darat dan di air (amfibi) 2. 3. besar. Burung Pemakan Tumbuhan : . melengkung (setengah melingkar). pelikan (mangsa : katak kecil. pipit. Contoh : Bentuk paruh (mulut) bebek yang pipih untuk memepermudah mencari makanan di lumpur dan kaki berselaput supaya tidak terbenam dalam lumpur. Burung Pemakan Daging : . lebah mempunyai bentuk mulut penjilat. b. Penyesuaian diri MH thd lingkungan disebut ADAPTASI. gelatik. dll Agar dapat hidup dan melestarikan keturunannya MH harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya. kuntul. jalak. Burung dapat terbang dengan sayapnya. ikan. yang satu dengan lain berbeda. 1. MH yng hidup di padang rumput tidak dapat hidup di padang pasir. Burung : a. nuri. dsb. Peyesuaian diri pada hewan dalam memperoleh makanan : 1. air. maka untuk memperolehnya kupu mempunyai alat penghisap yang bentuknya panjang disebut PROBOSIS. Mulut ini mempunyai lidah panjang untuk menjilat nektar. betet. Dalam penyesuaian diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan. setengah melingkar dan runcing (guna paruh untuk mencabik-cabik mangsanya.makanan yang dimakan pisang. kutilang. dsb. 2. Nyamuk : Bentuk mulut penusuk dan penghisap. Burung Pemakan Daging dan Tumbuhan : . Penyesuaian diri dengan alam lingkungan (tempat hidup). ex : hutan. kakatua. Ikan dengan siripnya dapat hidup di air. prenjak.contohnya : prenjak. Contoh : MH yang hidup di air tawar tidak dapat hidup di air laut. MH yang telah beradaptasi dengan suatu lingkungan tertentu akan sulit beradaptasi dengan lingkungan lain. ulat (untuk mengambil ulat di balik daun mereka punya paruh . ex : pemakan daging. Katak : berudu hidup di air. 3. . poksay. pecuk ular. c. kokoh (guna paruh untuk mengupas kulit dari biji-bijian yang dimakan). Mulut ini untuk menusuk dan kemudian menghisap darah manusia. pepaya. bangau.Contohnya : parkit. anak ayam).MH ada yang hidup di darat dan di air : 1. udara.

g. ke kiri. Hewan Melindungi Diri dari Musuhnya : a. yaitu : penglihat/mata. anjing. kelabang. ke bawah di dalam air dan dengan cepat menangkap mangsanya. Walang Sangit : melindungi diri dari musuh dengan mengeluarkan bau yang sangat menyengat. mengais (ayam). peraba/kulit. sehingga penguapan air terjadi secara mudah. Serangga yang hinggap di tepi kantong akan jatuh tergelincirdan terperangkap dalam cairan sehingga menjadi makanan kantong semar. pengecap/lidah. Dengan penyesuaian diri terhadap lingkungannya (tempat hidup) maka : 1. Dengan gigi taring yang runcing anjing dan kucing mudah mencabik-cabik mangsanya. Dengan kakinya yang ramping. mencengkeram (elang. meyelam dalam air untuk menangkap mangsanya. 5. 4. e. Bentuk kaki burung : memanjat (pelatuk). 2. lebah : menggunakan sengatnya untuk melindungi diri dari musuh. dimana fungsi daun digantikan batang sehingga penguapan air hanya terjadi pada batang. ayam dengan mudah dan cepat mematuk makanannya. contohnya : 1. c. randu. singa : mempuyai kuku dan gigi yang tajam. bertengger (kutilang).yang panjang dan runcing. Harimau. b. 4. Walang Daun : mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menyerupai daun/sesuai daunnya.telinga. rajawali). Ular : . . pendengar. Sapi. 2. Makhluk Hidup Melindungi Diri Dari Musuhnya Kita semua memiliki alat indra 5 macam yang disebut PANCAINDRA. Kaktus : memiliki daun yang berduri. pembau/hidung. Teratai : memiliki daun yang lebar dan tipis. mahoni : merontokkan atau menggugurkan daun saat musim kemarau untuk mengurangi penguapan. 3. 7. kedondong. 6. ke atas. Dengan sirip ekor. Dengan paruh yang runcing. sirip dada dan sirip perut ikan mudah berenang ke kanan. cecak dan tokek dapat mudah bergerak di dinding untuk menangkap mangsanya. kijang : mempunyai tanduk yang runcing untuk bertarung dengan musuh f. itik dengan mudah berenang. Pohon Jati. akibatnya teratai tidak busuk karena terendam air. Dalam kantong terdapat cairan yang berbau yang dapat mengundang serangga. 1.ular berbisa melindungi diri dengan bisanya/zat yang beracun yang dikeluarkan saat menggigit. kambing. kerbau. d. Kalajengking. ayam mudah bergerak ke sana kemari mengais-ngais mencari makanan. panjang serta kukunya runcing. Kantong Semar : daun berbentuk kantong. disebut MIMIKRI. Bunglon : melindungi diri dari musuh dengan cara mengubah warna tubuh sesuai dengan warna tempat bunglon berada. Dengan cakar yang berselaput dan badannya seperti perahu. B. Unta memiliki kantong air sehingga dapat bertahan hidup di gurun pasir Penyesuaian Diri Tumbuhan Untuk Kelangsungan Hidup : Bentuk penyesuaian diri tumbuhan terhadap lingkungan berbeda-beda. Dengan kaki yang pipih dan dapat menempel pada dinding serta mulut yang lebar. 3.

ular tidak berbisa melindungi diri dengan membelitkan tubuhnya ke musuhnya. l. bekicot : mempunyai pelindung tubuh yang keras/rumah siput sehingga apabila ada musuh masuk ke dalam rumahnya. 08 Januari 2008 adaptasi makhluk hidup PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP A. Belimbing : buah yang belum matang terasa pahit. Makhluk Hidup Menyesuaian Diri Dengan Lingkungan Makhluk hidup sangat bergantung pada lingkungan. Anjing dan kucing : mempunyai gigi dan kuku yang tajam. Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya : a. kulit keras j. Cumi-cumi : melindungi diri dengan meyeburkan cairan seperti tinta ke dalam air sehingga musuh tidak dapat melihatnya. Ulat : melindungi diri dengan memiliki warna sesuai dengan daun/batang pohon. . Tempat MH tinggal disebut HABITAT. h. i. dengan menegakkan bulunya. m. Gigi yang dimiliki anjing dan kucing karena pemakan daging adalah GigiTaring (untuk mencabik-cabik mangsanya). Burung dapat terbang dengan sayapnya. sawo. h. Ikan dengan siripnya dapat hidup di air. pepaya yang masih muda : bergetah g. kamboja. e. MH mempunyai dan memerlukan lingkungan sebagai tempat hidup. Trenggiling : menggulungkan tubuhnya cakar kuat. Putri malu : batang berduri Selasa. MH ada yang hidup di darat dan di air : 1. Bougenville : melindungi diri mempunyai batang berduri yang panjang. dewasa hidup di darat dan di air (amfibi) 2. Durian : mempunyai kulit buah yang berduri tajam sehingga tidak dapat dimakan hewan. Kelapa : berkulit tebal. Landak : bulunya berbentuk duri k. n. Musang. Cecak : melepaskan ekor cecak. alamanda. Catatan tambahan : selain Gigi Taring ada juga Gigi Seri (fungsi : untuk menggigit dan memotong makanan) dan Gigi Geraham (fungsi : untuk mengunyah makanan) 2. f. dll Agar dapat hidup dan melestarikan keturunannya MH harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya. : bergetah yg dapat menimbulkan penyakit kulit bila hewan makan d. Mangga. o. Nangka. Siput. c. Mawar : melindungi diri dengan batangnya berduri. kumbang : bila diserang musuh berpura-pura mati. b. Sedangkan melindungi udara dingin bila tidur dengan cara melingkarkan tubuhnya. Katak : berudu hidup di air. Penyesuaian diri MH thd lingkungan disebut ADAPTASI. 3.

Penyesuaian diri dengan bahan makanannya. Mulut ini untuk menusuk dan kemudian menghisap darah manusia. ex : pemakan daging. air. ulat (untuk mengambil ulat di balik daun mereka punya paruh yang panjang dan runcing. pipit.paruhnya pendek. Dalam penyesuaian diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan. kutilang.makanan yang dimakan pisang. pepaya. mencengkeram (elang.paruhnya pendek.Contohnya : parkit.MH yang telah beradaptasi dengan suatu lingkungan tertentu akan sulit beradaptasi dengan lingkungan lain. kuntul. yang satu dengan lain berbeda. setengah melingkar dan runcing (guna paruh untuk mencabik-cabik mangsanya. kokoh (guna paruh untuk mengupas kulit dari biji-bijian yang dimakan). mulut nyamuk berbentuk tajam runcing (penusuk) dan panjang. bangau.Contohnya : elang. . pemakan buah-buahan. dsb. Burung Pemakan Tumbuhan : . Bentuk kaki burung : memanjat (pelatuk). prenjak. pelikan (mangsa : katak kecil. Contoh : Bentuk paruh (mulut) bebek yang pipih untuk memepermudah mencari makanan di lumpur dan kaki berselaput supaya tidak terbenam dalam lumpur. ayam dengan mudah dan cepat mematuk makanannya. 1. b. dedaunan. rajawali. maka untuk memperolehnya kupu mempunyai alat penghisap yang bentuknya panjang disebut PROBOSIS. Burung Pemakan Daging dan Tumbuhan : . ikan. udara. MH yng hidup di padang rumput tidak dapat hidup di padang pasir.contohnya : prenjak. kakatua. Penyesuaian diri dengan alam lingkungan (tempat hidup). . Hal ini disebabkan : a. Dengan paruh yang runcing. Burung Pemakan Daging : . Mulut ini mempunyai lidah panjang untuk menjilat nektar. 3. Lebah : hampir sama dengan kupu. Contoh : MH yang hidup di air tawar tidak dapat hidup di air laut. jalak. Burung : a. c. mengais (ayam). pemakan biji-bijian. ular. . rajawali). dsb). melengkung (setengah melingkar). 2. pemakan daging dan tumbuhan. Peyesuaian diri pada hewan dalam memperoleh makanan : 1. padang rumput. cecak rawa . Penyesuaian MH Untuk Memperoleh Makanan MH dalam menyesuaikan diri untuk memeperoleh makanan dilakukan sejak lahir. pecuk ular. poksay. anak ayam). lebah mempunyai bentuk mulut penjilat. Dengan penyesuaian diri terhadap lingkungannya (tempat hidup) maka : 1. bertengger (kutilang). ex : hutan. Nekatar terletak di dasar bunga dan berbentuk cair. gelatik. Kupu-kupu : Makanan kupu adalah nektar (cairan manis sebagai bahan membuat madu). nuri. dsb. besar. alap-alap (mangsa : pipit. betet. b. Nyamuk : Bentuk mulut penusuk dan penghisap. 4.

4. panjang serta kukunya runcing. itik dengan mudah berenang. lebah : menggunakan sengatnya untuk melindungi diri dari musuh. i. Landak : bulunya berbentuk duri k. 4. Dengan gigi taring yang runcing anjing dan kucing mudah mencabik-cabik mangsanya. Walang Daun : mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menyerupai daun/sesuai daunnya. ke atas. Unta memiliki kantong air sehingga dapat bertahan hidup di gurun pasir Penyesuaian Diri Tumbuhan Untuk Kelangsungan Hidup : Bentuk penyesuaian diri tumbuhan terhadap lingkungan berbeda-beda. Serangga yang hinggap di tepi kantong akan jatuh tergelincirdan terperangkap dalam cairan sehingga menjadi makanan kantong semar. Dengan kaki yang pipih dan dapat menempel pada dinding serta mulut yang lebar. 2. Bunglon : melindungi diri dari musuh dengan cara mengubah warna tubuh sesuai dengan warna tempat bunglon berada. dimana fungsi daun digantikan batang sehingga penguapan air hanya terjadi pada batang. akibatnya teratai tidak busuk karena terendam air. Ular : . Hewan Melindungi Diri dari Musuhnya : a. ayam mudah bergerak ke sana kemari mengais-ngais mencari makanan. 3. Teratai : memiliki daun yang lebar dan tipis. Trenggiling : menggulungkan tubuhnya cakar kuat. cecak dan tokek dapat mudah bergerak di dinding untuk menangkap mangsanya. pengecap/lidah. d. sehingga penguapan air terjadi secara mudah. pembau/hidung. 7.ular berbisa melindungi diri dengan bisanya/zat yang beracun yang dikeluarkan saat menggigit. Cumi-cumi : melindungi diri dengan meyeburkan cairan seperti tinta ke dalam air sehingga musuh tidak dapat melihatnya. 3. B. Dengan kakinya yang ramping. g. 6. Siput. c. Dengan sirip ekor. contohnya : 1. kijang : mempunyai tanduk yang runcing untuk bertarung dengan musuh f. 1. meyelam dalam air untuk menangkap mangsanya. Dalam kantong terdapat cairan yang berbau yang dapat mengundang serangga. b. ke bawah di dalam air dan dengan cepat menangkap mangsanya. peraba/kulit. kambing. singa : mempuyai kuku dan gigi yang tajam. yaitu : penglihat/mata. e. Dengan cakar yang berselaput dan badannya seperti perahu. randu. Walang Sangit : melindungi diri dari musuh dengan mengeluarkan bau yang sangat menyengat. disebut MIMIKRI. kerbau. pendengar. 5. bekicot : mempunyai pelindung tubuh yang keras/rumah siput sehingga apabila ada musuh .2. ular tidak berbisa melindungi diri dengan membelitkan tubuhnya ke musuhnya.telinga. ke kiri. Kaktus : memiliki daun yang berduri. Kantong Semar : daun berbentuk kantong. mahoni : merontokkan atau menggugurkan daun saat musim kemarau untuk mengurangi penguapan. anjing. kelabang. Sapi. Pohon Jati. kedondong. h. Kalajengking. Harimau. kulit keras j. sirip dada dan sirip perut ikan mudah berenang ke kanan. Makhluk Hidup Melindungi Diri Dari Musuhnya Kita semua memiliki alat indra 5 macam yang disebut PANCAINDRA.

f. Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya : a. Bougenville : melindungi diri mempunyai batang berduri yang panjang.masuk ke dalam rumahnya. Mawar : melindungi diri dengan batangnya berduri. alamanda. Sedangkan melindungi udara dingin bila tidur dengan cara melingkarkan tubuhnya. b. Musang. Nangka. Cecak : melepaskan ekor cecak. kamboja. dengan menegakkan bulunya. n. sawo. pepaya yang masih muda : bergetah g. Mangga. o. h. kumbang : bila diserang musuh berpura-pura mati. Gigi yang dimiliki anjing dan kucing karena pemakan daging adalah GigiTaring (untuk mencabik-cabik mangsanya). Putri malu : batang berduri . Ulat : melindungi diri dengan memiliki warna sesuai dengan daun/batang pohon. Kelapa : berkulit tebal. m. Belimbing : buah yang belum matang terasa pahit. Durian : mempunyai kulit buah yang berduri tajam sehingga tidak dapat dimakan hewan. l. c. Catatan tambahan : selain Gigi Taring ada juga Gigi Seri (fungsi : untuk menggigit dan memotong makanan) dan Gigi Geraham (fungsi : untuk mengunyah makanan) 2. : bergetah yg dapat menimbulkan penyakit kulit bila hewan makan d. e. Anjing dan kucing : mempunyai gigi dan kuku yang tajam.