PENGOBATAN CARA NABI MUHAMMAD SAW

I. Pendahuluan
Sesungguhnya Nabi Muhammas SAW tidak diutus ke muka bumi ini untuk menjadi seorang tabib, melainkan untuk menjadi rasul (utusan) Allah SWT. Tetapi dalam syariah islam yang dibawanya, terkandung nilai-nilai ath-thibb (kedokteran) yang murni dan tinggi. Kedokteran adalah suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Perkembangan ilmu kedokteran itu sendiri dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu: 1. tahap pengalaman empiris (tahap pertama) 2. tahap empirisme yang tersistematik (tahap pra modern) 3. tahap sains eksperimen (kedokteran modern) Makalah ini selanjutnya akan menggambarkan tentang pengobatan yang dilakukan berdasarkan cara nabi dengan terlebih dahulu menjelaskan prinsip-prinsip dan asas-asas pengobatan cara nabi, menyebutkan tentang buah-buahan, sayur mayor, dan binatang yang mengandung khasiat untuk menyembuhkan. Pada kajian ini selain merunjuk pada ayat-ayat Al Qur`an dan hadits juga akan mempergunakan berbagai bahan bacaan yang relevan. Setelah dilakukan analisa dan perbandingan mengenai pengobatan cara nabi dengan medis pada umumnya serta persamaan dan perbedaannya, tulisan ini akan dilengkapi dengan kesimpulan sebagai penutup.

II. Pembahasan
Pada dasarnya ilmu kedokteran sifatnya umum dan berlaku secara universal. Akan tetapi di dalamnya ada yang islami, yaitu yang sejalan denan syara` atau tidak berlawanan dengannya. Ath-thibb-ul-islam-I atau kedokteran islam yang berasaskan pada prinsip-prinsip pengobatan. Prinsip-prinsip pengobatan itu antara lain: a. memiliki keahlian

1

b. ikhlas- kasih sayang c. berpenampilan bersih rapih d. tidak merusak tubuh e. tidak menggunakan bid`ah, khurafat atau takhayul f. tidak menggunakan barang haram g. mengutamakan pencegahan dan preventif h. bersifat integrated dengan ajaran islam i. kembali ke alam j. seimbang-proporsional Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam prinsip pengobatan cara nabi, salah satunya adalah prinsip kembali ke alam. Prinsip tersebut dapat terlihat dari bagaimana cara mengobati penyakit dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di alam contohnya saja dengan buah-buahan, sayur mayor, ataupun dari binatang. Ada begitu banyak buah-buahan, sayur mayur dan binatang yang dapat kita manfaatkan untuk bisa menyembuhan berbagai macam penyakit. Untuk itu kita harus bisa memanfaatkannya sebagaimana Firman Allah di bawah ini : “dan kami beri tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka inginkan. ” (Q.S. Ath Thurr: 22 ) Di bawah ini adalah beberapa contoh dari sekian banyak buah-buahan dan sayur mayor yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. a. mahkota dewa-Dunia tanaman obat kini kedatangan pendatang baru yang lumayan hebat. Mahkota dewa namanya. Ia bisa membuat penderita penyakit ringan macam gatal-gatal, pegal-pegal, atau flu, hingga penyakit berat seperti kanker dan diabetes,merasakan kesembuhan. b. kurma–Ternyata menyantap buah kurma pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan, bukan sekadar untuk menjaga tradisi. Zat-zat gizi yang terdapat dalam buah ini, membuat mereka yang berpuasa terbebas dari rasa malas dan lemas. Selain itu, otak pun dibuat tetap encer untuk berpikir

2

di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). ” dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. • madu bisa memainkan peran penting dalam pengobatan penyakit-penyakit gusi. An-Nahl [16] : 68-69) Dalam Sunnah Nabi terdapat beberapa hadits yang diriwa-yatkan. “Buatlah sarang di gununggunung. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir. yang dalam bahasa awam sering disebut sebagai lesu darah.” (Q.• • • • • • serat tinggi cegah pembekuan darah kurma mengandung Zat besi sangat penting untuk mencegah anemia gizi besi. sariawan. hal itu disebabkan madu memiliki spesifikasi anti bakteri. dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. antioksidan fenolic yang ada di dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress). di pohon-pohon kayu. Kemudian. Anjuran Berobat dengan Madu Allah SWT berfirman : “Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah. dan berbagai gangguan mulut lainnya.S. termasuk luka bakar. menyebutkan tentang manfaat-manfaat madu serta menjelaskan pentingnya madu dalam penyembuhan. Sebagai penangkal racun untuk menggunakan madu dalam mengobati berbagai jenis luka. 3 .

sayatan alat bekam. h. dan berguna untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta berkhasiat mencegah terjadinya penyakit kanker. virus. maka itu terdapat dalam minuman madu. dan sundutan api. dan radang. dan radang serta membantu pencernaan.Diriwayat-kan dari Ibnu ‘Abbâs ra. Nanas: berkhasiat melawan bakteri. virus. “Kesembuhan terdapat dalam tiga hal. melawan oksida. Apel: berkhasiat melawan bakteri. g. Aku melarang umatku berobat dengan sundutan api. “Jika di sebagian obat-obatan yang kalian gunakan terdapat kebaikan. mencegah terjadinya pemborokan pada luka memperkuat kekebalan 4 . tetapi aku tidak suka berobat dengan sundutan api. dan demam. yakni minuman madu. sayatan alat bekam. oksida dan berbagai macam radang. mencegah terjadinya kanker dan berguna pada saat-saat alergi. kaya akan serat dan kulitnya mengandung Vitamin Kristin yang sangat bermanfaat.” (Shohîhu `l-Bukhôrî (5702)) c. Bawang merah: berkhasiat melawan bakteri. Anggur merah: berkhasiat melawan bakteri virus dan oksida. Dan mungkin pula dioles-oleskan pada kulit yang tersengat serangga untuk mengurangi rasa gatal. virus.” (Shohîhu `l-Bukhôrî (5680)) Nabi Muhammad SAW juga bersabda. Bawang putih: dapat digunakan sebagai anti biotik alami. sesak nafas. f. ia berkata: Rasulullah SAWbersabda. radang. e. Minyak Zaitun • • • • • Mengurangi Kolesterol Berbahaya Mengurangi Resiko Terjadinya Penyumbatan (Trombosis) dan Penebalan (Arteriosklerosis) Pembuluh Darah Mengurangi Pemakaian Obat-obatan Penurun Tekanan Darah Tinggi Mengurangi Serangan Kanker Mengurangi Peradangan Sendi d. atau sundutan dengan api.

i. Kita sarankan agar banyak mengkonsumsinya dalam makanan kita dan dalam pemanis hiasan makanan sebagai pengganti gula yang memiliki efek samping. berkhasiat pula untuk melindungi tubuh dari kanker terutama bagi orang-orang yang banyak mengandalkan hormon esterogen dan wanita-wanita yang mengidap kanker payudara. kadar gula. dua jenis bangkai yaitu ikan dan belalang. bisa juga untuk mencegah terjadinya pembengkakan-pembengkakan serta meminimalisir penyebarannya. demam dan batuk. oksida. Hal ini sesuai dengan Hadits Rasulullah SAW: “dihalalkan bagi kamu sekalian dua jenis bangkai dan dua jenis darah. mengobati bakteri usus. tekanan darah. o. berguna pada waktu sesak nafas. Zabadi (plain yoghurt): berkhasiat melawan bakteri.tubuh. Kol (Dengan seluruh macamnya dan juga sawi): melawan bakteri. mengandung hormon esterogen alami. Madu putih: berfungsi sebagai anti biotik alami. dan menguatkan alat kekebalan tubuh. l. Sementara itu. penurun kolestrol. Wortel: berkhasiat melawan oksida dan virus. mengandung serat. dan ia termasuk unsur penting mencegah terjadinya kanker. Kacang tanah: berkhasiat melawan oksida dan virus. ” 5 . mengkomsumsinya terus menerus akan mengurangi kemungkinan terserang penyakit kanker dari jenis apapun. m. k. contohnya ada ikan dan belalang. dapat digunakan sebagai obat penenang alami. menurunkan kolestrol. membantu percepatan kesembuhan pada luka. bermanfaat menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Brokoli: melawan oksidan dan virus. mengenai binatang yang mengandung khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Strawberry: melawan virus dan kanker. mengandung serat. j. dan mengurangi kekebalan tubuh. n. sedangkan dua jenis darah yaitu hati dan limpa. kaya dengan Vitakarotin dan menguatkan anti bodi. oksida.

Al Maidah:3) Sementara itu pada pada zaman modern yang serba canggih seperti sekarang ini juga masih ada beberapa orang yang menggunakan teknik pengobatan cara nabi.Sementara itu. darah. maka sungguh. dan telah aku cukupkan nikmat-Ku bagimu. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah) (karena) itu suatu perbuatan fasik. Tetapi barang siapa terpaksa karena lapar bukan karena ingin berbuat dosa. yang ditanduk. Kita memang tak dapat memungkiri kalau kedokteran atau cara pengobatan pada zaman sekarang atau medis pada umumnya memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengobatan dengan cara nabi. ”( Q.S. memperbaharui sel-sel yang telah rusak pada tubuh dan memperkuat system ato imunitas tubuh. Salah satunya seperti yang sudah disebutkan di atas. yang dipukul. memang banyak orang yang berpendapat kalau pengobatan zaman sekarang atau pengobatan medis pada umumnya kebanyakan lebih sering dipraktikan. dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah . Selain itu. 6 . yang jatuh. kecuali yang sempat kamu sembelih. yaitu dengan menggunakan buah-buahan. yang tercekik. kenapa tidak kita pergunakan. tentu saja kita harus bisa memilih mana bahan-bahan tersebut yang baik bagi kita. dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agamamu. daging babi. Maha Penyayang. sayur mayur dan binatang sebagaimana yang sudah disebutkan diatas adalah karunia dari Allah SWT yang harus kita manfaatkan. Buah-buahan. Allah Maha Pengampun. yang diterkam binatang buas. ataupun binatang. tetapi takutlah kepada-Ku pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu. sayur mayor. Hal ini seperti dalam Firman Allah SWT: “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. Meskipun demikian. daging adalah makanan yang penting karena mengandung zat-zat protein yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Jika kita masih bisa menggunakan karunia Allah itu sebagai suatu bahan untuk menyembuhkan penyakit. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka.

komentar saya adalah setidaknya dapat kita ketahui kalau pengobatan nabi yang bermacam-macam itu ternyata memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan pengobatan medis pada umumnya. Pengobatan medis pada umumnya menggunakan obat yang sudah siap jadi (ada yang tidak alami atau ditambahkan dengan bahan yang lainnya. keduanya mengharuskan dokter berpenampilan bersih dan rapi. berbeda dengan pengobatan cara nabi yang prinsipnya tidak boleh menggunakan barang haram. contohnya saja bahan kimia. Pengobatan dengan cara nabi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan medis pada umumnya. bila perlu menggunakan baju berwarna putih Masih menggunakan bahan-bahan dari alam untuk menyembuhkan penyakit Bisa berlaku di semua tempat Sama-sama lebih mengutamakan pencegahan atau preventif Selanjutnya. Pengobatan dengan cara nabi tidak mengandung efek samping. perbedaan pengobatan cara nabi dengan medis pada umumnya • • • • • Pengobatan dengan cara nabi lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan zaman sekarang. Hal ini terlihat seperti 7 .Berikut ini adalah beberapa contoh persamaan pengobatan cara nabi dengan medis pada umumnya.) Berdasarkan apa yang sudah hasil analisis di atas. • • Pengobatan medis pada umumnya sudah sangat canggih jika dibandingkan dengan pengobatan cara nabi. Pengobatan medis pada umumnya tidak banya orang yang dapat melakukannya jika dibandingkan dengan pengobatan cara nabi. • • • • • Sama-sama sejalan dengan penemuan ilmiah Dalam hal berpenampilan. berbeda dengan pengobatan pada medis pada umumnya Pengobatan medis pada umumnya sudah mulai menggunakan barang haram.

tidak menggunakan bid`ah. kenapa tidak kita pergunakan. kembali ke alam.S. tetapi juga binatang yang juga dapat kita manfaatkan untuk bias menyembuhan penyakit Jika kita masih bisa menggunakan karunia Allah itu sebagai suatu bahan untuk menyembuhkan penyakit. dan seimbang-proporsional Ada begitu banyak buah-buahan dan sayur mayur yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Selain itu. Selain itu. tidak adnya efek samping samping dan sifatnya yang praktis dan mudah membuat pengobatan cara nabi ini tentu bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Kesimpulan Prinsip-prinsip pengobatan itu antara lain: memiliki keahlian. kalau apa yang kita lakukan nanti (melakukan pengobatan cara nabi) itu merupakan suatu yang dihalalkan atau diharamkan. Tidak hanya sayur mayor juga. Al Maidah : 3 Sementara itu pada pada zaman modern yang serba canggih seperti sekarang ini juga masih ada beberapa orang yang menggunakan teknik pengobatan cara nabi.kasih sayang berpenampilan bersih rapih. baik yang berasal dari Al Qur`an maupun dari hadis membuat kita tidak perlu takut lagi. Hal ini seperti dalam Firman Allah SWT dalam Q. tidak menggunakan barang haram. III. Selain itu. ikhlas.bagaimana pengobaatan nabi itu dapat dilakukan oleh semua orang di semua tempat. mengutamakan pencegahan dan preventif. adanya dasar yang kuat. tentu saja kita harus bisa memilih mana bahan-bahan tersebut yang baik bagi kita. khurafat atau takhayul. Kedokteran atau cara pengobatan pada zaman sekarang atau medis pada umumnya memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengobatan dengan cara nabi. bersifat integrated dengan ajaran islam. tidak merusak tubuh. 8 . di setiap waktu. Dan yang paling penting juga.

Kajian tentang humanitas dalam Islam pun erat kaitannya dengan pengembangan dan praktel Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. makalah ini akan menjelaskan mengenai manfaat penerapan humanitas dalam praktek kedokteran. dan kemudian menjadi kata humanisme yang berarti perikemanusiaan. Makalah ini akan menjelaskan mengenai bagaimana konsep humanitas itu sendiri dengan menjelaskan pengertiannya terlebih dahulu. 9 . adalah rekomendasi yang ditawarkan umat manusia yang tertindas untuk memperjuangkan nasibnya agar setara dan sederajat dengan orang lainnya. makalah ini akan membandingkan konsep humanitas yang terdapat dalam psikologi dan pemikiran barat beserta dengan persamaan dan perbedaan diantara keduanya. II. Dari kata tersebut selanjutnya menjadi kata humanly yang berarti secara kemanusiaan. Dengan ketentuan merujuk pada Al Qur`an dan hadits serta buku referensi. Hal ini salah satunya dikarenakan kondisi masyarakat pada saat ini yang semakin cerdas dan kritis dalam berpikir dan bersikap. Pembahasan Humanitas berasal dari kata human yang merupakan kata benda yang berarti manusia. Pendahuluan Humanitas manusia sebagai sebuah konsep. atau sifat yang berarti kemanusiaan.HUMANITAS DALAM ISLAM I. hubungan humanitas dengan teori psikologi dan pemikiran filsafat. Makalah ini juga akan memberikan kesimpulan atas apa yang sudah disampaikan. dan dapat pula berarti pengasih. serta nilai-nilai ajaran islam tentang humanitas ini. Selain itu.

dan juga perkembangan dari pemikiran filsafat. Humanitas memiliki hubungan yang penting dengan teori psikologi dan pemikiran filsafat. status social. Pada titik ini. Lahman dan Khalqan akhar 2. kemampuan ekonomi. Theo centris. Filosofis Filosif ini dibagi menjadi 4. upaya memahami individu bisa dilakukan dengan mempraktekkan “Triple Bookkeeping”. Psikologis Dalam psikologi dibagi menjadi 3 paham yaitu empirisme. 10 . yaitu Turab. Psikologi atau “the systematic study of mental processes and behavior” bisa diletakkan pada titik persinggungan antara biologi dan budaya. Dalam antropho centris inilah yang kemudian berkembang menjadi Humanitas. agama. keturunan. yakni melacak secara simultan: (1) biological events. perspektif dalam psikologi juga mencakup proposisi-proposisi teoritis. Biologis Dalam sumber biologis terdapat 7 tahap biologis. Sejauh ini psikologi masih belum memiliki kesatuan paradigma tetapi memiliki beberapa aliran pemikiran atau perspektif Sebagaimana halnya paradigma. metafora-metafora. dan convengensi.Humanitas adalah sebagai reaksi terhadap praktel perbudakan yang mendiskriminasikan manusia berdasarkan latar belakang perbedaan warna kulit. Mudhgah. kebangsaan. Humanitas merupakan perkembangan dari Teori Psikologi. budaya. Alaqah. nativisme. Antropho centris. yaitu cosmos centris. 3. dan lain sebagainya. Idzam. jenis kelamin. dan metode-metode observasi. Humanitas memiliki 3 dasar (sumber) 1. dan (3) the cultural and historical context. dan Logos centris. Atau lebih singkatnya. bahasa. Nuthfah. Humanitas adalah sikap menempatkan manusia sebagai objek. (2) psychological experience.

sikap. Psikodinamika menginterpretasikan makna-makna dengan memakai segala macam bentuk informasi. Evolusionaris menyimpulkan bahwa transmisi genetik dari orang tua atau induk kepada anak keturunannya tidak hanya terbatas pada aspek fisik (physical traits) tetapi juga kecenderungan mental dan perilaku (behavioral and mental tendencies). disimpan. Hal ini didasari asumsi bahwa seseorang menampakkan dirinya sendiri dalam segala sesuatu yang diperbuatnya • BEHAVIORIS. Pendidikan pada humanitas ini berusaha mengintegrasikan antara aspek afektif (perasaan. yaitu: (1) Perbuatan manusia ditentukan oleh cara pikiran. dan nilai-nilai). yang kemudian ditransformasikan (menjadi konsep/kategori). maka lingkungan menyuplai input. 11 . maka aliran kognitif memasukkan dalam kotak hitam itu program. dan kehendak terhubung dalam jiwa. Beberapa asumsi dasar dari psikodinamika. Fisiolog Rusia) melalui eksperimentasinya sampai pada simpulan bahwa perilaku dibentuk atau hasil dari suatu proses belajar. Ivan Pavlov (1849-1936. perilaku organisme dapat dikontrol oleh kondisi lingkungan. bisa memberi dampak pada perubahan perilaku. perasaan. • KOGNITIF. dan selanjutnya diretrivasi menggunakan beragam program mental hingga keluar respon sebagai ouput-nya • EVOLUSIONARIS. Laiknya sebuah komputer. dengan kognitif (pengetahuan dan kemampuan intelektual). Humanitas memberikan keleluasaan kepada manusia untuk mengembangkan imajinasinya secara kreatif.• PSIKODINAMIK. sehingga apa yang dipelajari mempunyai makna pribadi. Humanitas merupakan salah satu aliran psikologi yang memberikan perhatian kepada manusia sebagai makhluk individu selain sebagai makhluk sosial. Jadi. Di sini terdapat penekanan pada hubungan antara obyek-obyek atau peristiwa-peristiwa (stimuli) dengan respon suatu organisme (hewan atau manusia) terhadapnya. baik menguat (reinforce) maupun menurun (punish). Jika behavioris menolak mentah-mentah konsep jiwa dengan kotak hitamnya. Setiap perubahan lingkungan. (2) Banyak peristiwa mental terjadi diluar kesadaran (tak tersadari).

Berikut ini adalah Nilai-nilai Ajaran Islam tentang Humanitas baik dari Al Qur`an maupun:hadits Rasulullah SAW.S.Al Baqarah 30) 3. dan Allah melarang dari perbuatan keji. ajaran tentang perintah beramal saleh 12 .S. padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau. 1. Ajaran tentang perintah berbuat adil. ajaran tentang tugas manusia “Ingatlah ketika TUhanmu berfirman kepada para malaikan “sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifak di muka bumi. dan permusuhan.S. Ajaran humanitas dari perkembangan filsafat atau pemikir barat bersifat anthroposentri. kemungkaran. Kami angkut mereka di daratan dan di lautan. Karena itu ia merupakan etika yang bersifat relatif. Al Baqarah : 70 ) 2. yakni semata-mata berasal dari pemikiran manusia. An Nahl : 90) 4. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” ( Q.”Mereka berkata “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan emnumpahkan darah. dan membantu kesulitan orang terdekat “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adi dan berbuat kebajikan. “Tuhan berfirman: “sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. ”(Q. Dalam islam sendiri terdapat ajaran tentang humanitas. KAmi beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.Selain humanisme merupakan perkembangan dari paham psikologi. memberi kepada kaum kerabat. ajaran tentang kedudukan manusia “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam.” (Q. kebaikan. juga terkait dengan perkembangan filsafat.

S. ajaran tentang melaksanakan dan menjaga kewajiban Muslim atau Muslim yang lain “Kewajiban seorang muslim atas muslim yang lainnya ada enam: jika saling bertemu hendaknya mengucapkan salam.S. maka jawablah 13 . ” (Q.S. Ali Imran: 140) 7. ”( Q. tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.S. Karena itu ma`afkanlah mereka. maka berilah nasihat kepadanya. jika ia diminta nasihat kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. mohonlah ampunan bagi mereka. ”(Q.S. pemaaf. Ali Imran : 86) “Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang dzalim” (Q. dan saling mendo`akan “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa ( memakannya ). tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh dayng engkau ridhai. Ali Imran: 159) 6. jika ia berbangkis dan mengucapkan alhandulillah. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar. ajaran tentang kebolehan memakan sesuatu yang diharamkan ketika dalam keadaan terdesak (darurat) “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai. ajaran tentang bersikap lembut. berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. maka penuhilah undangan tersebut. ajaran tentang larangan berbuat dzalim “Allah tidak menunjuki orang-orang yang dzalim” (Q. daging babi dan binatang yang ( ketika disembelih ) disebut ( nama ) selain Allah. jika ia mengundangmu.“Ya Tuhanku. dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. sedang ia tidak menginginkannya dan tidak ( pula ) melampaui batas. maka tidak ada dosa baginya. darah. Al Baqarah: 173 ) 8. Al Ahqaaf: 15) 5.

Bukhari) Humanisme dalam islam juga dibangun melalui penegakkan beberapa prinsip ajaran sebagai berikut : a. Melalui penerapan ajaran mahabbah (rasa cinta) e. terdapat ide persamaan dan persaudaraan seluruh manusia yang berlandaskan pada sikap dan pandangan teosentris. yaitu kebebasan yang dibatasi oleh asas persamaan dan persaudaraan manusia c. maka antarkanlah jenazahnya.R. antara lain: • • Menghindari sikap merugikan pasien Menjaga harkat dan martabat dokter 14 . Kebebasan manusia dalam ajaran islam tidak bersifat absolute dan liberal. Sikap dan pandangan ini menumbuhkan sikap dan pandangan antroposentris. Melalui penerapan ajaran al-Itsar. Penegakkan Humanisme dapat dilakukan melalui penegakkan ajaran tentang kebebasan manusia. d. Konsep kebebasan manusia ini berbeda dengan konsep kebebasan manusia sebagaimana dijumpai dalam masyarakat barat.”(H. Melalui penegakkan ajaran tentang ajaran persaudaraan (ukhuwah islamiyah). Adapun manfaat penerapan humanitas dalam praktek kedokteran. jika ia menginggal. melainkan kebebasan individu yang berada dalam konteks social. Humanisme dalam perspektif ajaran islam mencakup ajaran yang terkait dengan hal-hal yang secara manusia merupakan anugerak Allah SWT kepada semua manusia yang selanjutnya menjadi hak-hak asasi manusia.dengan yarhamukallah. Selain itu. Humanisme Islam didasari pada prinsip pernghargaan dan kesetaraan (egaliter) dalam hubungan antar manusia Pandangan egaliter ini sesuai dengan falsafat dasar Al Qur`an tentang manusia. dalam islam sebagai agama tauhid. b. yaitu ajaran yang mendahulukan kepentinan saudaranya atas dirinya sendiri dalam segala sesuatu yang ia cintai. jika ia sakit maka jenguklah.

kebaikan. ajaran tentang perintah berbuat adil. Nilai-nilai Ajaran Islam tentang Humanitas antara lain adalah ajaran tentang kedudukan manusia. yakni semata-mata berasal dari pemikiran manusia. humanitas dapat dikatakan juga merupakan satu hal yang penting dalam kehidupan manusia. komentasr saya. III. baik itu di bedang kedokteran maupun di bidang yang lainnya. teori psikologi dan pemikiran filsafat yang turut mewarnai terbentuknya humanitas ini juga menjadi cermin bagaimana manusia itu berada dalam sesuatu yang bernama perbedaan. Selain humanisme merupakan perkembangan dari paham psikologi. dan membantu kesulitan orang terdekat. ajaran tentang tugas manusia. Humanitas memiliki hubungan yang penting dengan teori psikologi dan pemikiran filsafat. Adapun manfaat penerapan humanitas dalam praktek kedokteran. antara lain: o Menghindari sikap merugikan pasien o Menjaga harkat dan martabat dokter o Memotivasi pasien untuk sembuh 15 . juga terkait dengan perkembangan filsafat. ikut memperkuat adanya humanitas dalam dunia islam. Dengan adanya humanitas ini. Ajaran humanitas dari perkembangan filsafat atau pemikir barat bersifat anthroposentri. dan yang lain sebagainya. Setidaknya ini merupakancermin bagaimana seorang manusia itu menempatkan dirinya dalam kehidupan ini. Selain ini. Kesimpulan Humanitas adalah sikap menempatkan manusia sebagai objek. adanya beberapa ayat-ayat Al Qur`an dan Hadits.• • • Memotivasi pasien untuk sembuh Sebagai respon sikap masyarakat yang semakin kritis dan cerdas Menghindari terjadinya malpraktek Berdasarkan hasil pembahasan atau analisis di atas. Humanitas dalam islam pun ternyata memiliki beberapa kesamaan dengan teori-teori pembentuknya. tentu sangat membantu manusia menghadapi dunia ini. ajaran tentang perintah beramal saleh. Selain itu.

Kesehatan merupakan nikmat dan anugerah dari Allah SWT. Hubungan antara kebersihan jasmani. Dalam makalah ini akan dijelaskan tentang perhatian islam terhadap pemeliharaan kesehatan. kesehatan jasmani. atu rumah sakit. rohani. Pendahuluan Kesehatan bukan semata-mata masalah dokter pelayanan social. baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikis. rohani. juga akan dijelaskan mengenai pengertian sehat menurut islam. Tapi. mental dan kesejahteraan sosial yang bukan semata-mata tidak adanya penyakit atau kelemahan. Kesehatan juga bukan berarti tidak adanya penyakit atau ketentuan diagnostic. Makalah ini merujuk kepada 16 . pengobatan atau pelayanan pencegahan. Dalam definisi operasional. social dan hubungan di antara ketiganya. Selain itu. kesehatan adalah kelengkapan fisik. tasawuf. Makalah ini akan menjelaskan tentang Paradigma sehat dalam Islam. genetic.o Sebagai respon sikap masyarakat yang semakin kritis dan cerdas o Menghindari terjadinya malpraktek PARADIGMA SEHAT DALAM ISLAM I. dan akhlak. kesehatan adalah keadaan atau kualitas tubuh manusia yang berfungsi cukup pada suatu kondisi tertentu. Kitab Suci Al Qur`an merupakan sumber pedoman. di samping nikmat karuniaNya yang lain. Bimbingan. atau lingkungan Ajaran Islam memandang bahwa kesehatan merupakan suatu yang sangat diutamakan oleh ajaran islam. dan social ini juga akan dikaitkan dengan ilmu fikih. dan kekuatan bagi seluruh penjuru kaum muslimin. menurut WHO.

afiat berarti sehat dan kuat. Pembahasan Paling tidak ada dua istilah literature keagamaan yang digunakan untuk menuntung tentang pentingnya kesehatan dalam pandangan islam.R. Kesehatan Jasmani/ Fisik Dalam konteks kesehatan jasmani atau kesehatan fisik misalnya ditemukan dalam sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Sesungguhnya badanmu mempunyai hak atas dirimu ”(H. II. kesehatan mental. masa senggang sebelum datangnya masa kesibukan. sedangkan sehat sendiri diartikan sebagai keadaan baik segenap badan serta bagian-bagiannya bebas dari sakit. al Baihaqir dari Ibn Abbas. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. muliakanlah diriku dengan ketakwaan dan percantiklah diriku dengan kesehatan yang sempurna. dan kesehatan sosial.) Demikian pula kataal-Afiyah tidak dijumpai dlam Al Qur`an yang dijumpai dalam hadits Rasulullah SAW sebagaimana berikut.R. masa sehat sebelum datangnya sakit.Bukhari Muslim) 17 . Kedua istilah tersebut adalah sehat dan afiat. a. Ibn al-Najar dari Ibn Umar) Pengertian sehat dari segi kebahasaan berbeda dengan penegrtian dalam tinjauan ilmu kesehatan yang memperkenalkan istilah-istilah kesehatan fisik. ” (H. Kata-kata sehat sehat dalam penegrtian sehat jasmani dijumpai dalam hadits Rasulullah SAW. yaitu masa hidup sebelum datangnya mati. “Ya Allah perkayalah diriku dengan ilmu.R. masa muda sebelum datangnya masa tua dan masa kaya sebelum datangnya masa fakir.Al Qur`an dan hadits serta bebrapa buku referensi yang kemudian dianalisis dan dikomentari serta diakhiri dengan kesimpulan. “(H. antara lain hadits yang berbunyi “ Raihlah (manfaatkanlah ) lima masa sebelum datangnya lima masa. hiasilah diriku dengan kasih saying.

Kesehatan jasmani dan fisik ini merupakan keadaan yang sangat penting dalam mendukung seluruh kegiatan dalam bidang lainnya. hingga dinyatakan oleh Nabi Muhammad SAW. Kesehatan Rohani Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan bahwa keluhan fisik karena adanya gangguan mental. bahwa perut saudaramu berbohong ).Kesehatan jasmani ini adalah konsep kesehatan biologis. pemeriksaan syntom kesehatan dan factor resiko. Sedangkan yang disebabkan oleh kekurangan adalah karena ketidaktahuan akibat kurangnya pendidikan. dan yang lainnya. Kesehatan rohani atau mental memerlukan keseimbangan antara individu dengan dunia sekitar.R. Penyakit jiwa atau rohani pun beraneka ragam dan bertingkat-tingkat. Al Qur`an memang banyak berbicara tentang penyakit jiwa. keharmonisan antara perseorangan dengan yang lainnya. Kesehatan Sosial 18 . pemeriksaan/ penelitian pengobatan. Mereka yang lemah iman dinilai Al Qur`an sebagai orang yang memiliki penyakit di dalam dadanya. dapat hidup berdampingan antara kenyataan pribadi dengan orang lain dan lingkungan. tetapi tidak kunjung sembuh. Bukhori (seseorang dating mengeluhkan penyakit perut yang diderita saudaranya setelah diberi obat berkali-kali. Kesehatan jasmani mengandung pengertian keadaan di mana tiap sel dan tiap organ berfungsi dengan kapasitas yang optimal dan harmonis dengan bagian tubuh yang lain. Kesehatan fisik ini biasanya dapat dievaluasi misalnya dengan penilaian kesehatan sendiri secara menyeluruh. Dalam hadits H. Hal ini erat kaitannya misalnya saja dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan baik atau bersuci (thaharah). Penyakit-penyakit itu disebabkan karena berlebihan dalam urang atau licik. b.

keharmonisan antara perseorangan dengan yang lainnya. orang yang sakit tidak bisa melakukannya seorang diri. misalnya saja menyebabkan pikirannya dan perasaannya terganggu. Kesehatan rohani atau mental memerlukan keseimbangan antara individu dengan dunia sekitar.Hidup bermasyarakat dalam arti yang seluas-luasnya adalah merupakan salah satu naluti manusia. Seperti yang sudah dikatakan di atas. maka hal itu akan mempengaruhi kesehatan rohani atau mental orang tersebut. Ajaran tersebut antara lain: • Ajaran Thaharah 19 . Pada seseorang yang sedang sakit gigi. Ibn Khaldun. 1. Dia mau tak mau harus membutuhkan bantuan orang lain dalam mengobati sakitnya itu. rohani dan social memiliki hubungan yang sangat penting dan saling melengkapi. manusia bersifat kemasyarakatan 2. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. terdapat tiga teori yang ada hubungannya dengan kedudukan manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat. dan social memiliki hubungan yang sangat penting. Untuk mengatasi semua masalahnya tersebut. dapat hidup berdampingan antara kenyataan pribadi dengan orang lain dan lingkungan. Contohnya saja. kesehatan rohani atau mental dn kesehatan sosial saling berhubungan satu sama lain. Orang yang sakit itu memiliki gangguan pada salah satu anggota tubuhnya (kesehatan fisik) dan hal itu juga berdampak pula pada kesehatan rohaninya. Kesehatan jasmani. manusia terpaksa bermasyarakat 3. rohani. dan tidak mungkin dapat dipenuhi sendiri. Menurut bapak sosiologi islam. Kemudian. Jadi sudah jelas kalau kesehatan jasmani atau fisik. Dalam islam sendiri terdapat ajaran-ajaran yang juga menyebutkan atau mengkaitkan kesehatan. kita kesehatan fisik seseorang terganggu. Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa kesehatan jasmani. manusia bermasyarakat berdasarkan pilihannya sendiri.

atau tindakan serupa seperti mandi kedua. "Ya Allah. tazkiyah berarti perawatan. dan Sosial dengan ilmu fikih. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik yang membersihkannya. Jika sudah demikian. Berdasarkan hasil pembahasan atau analisis di atas. berilah ketakwaan kepada jiwaku dan bersihkanlah. paradigma (konsep cara melihat sesuatu berdasarkan teori-teori tertentu) dalam islam dapat terlihat salah satunya dari bagaimana perhatian islam kepada kesehatan. Tasawuf. Rohani. Rasulullah saw.5:6 • • Ajaran Nadzif ( kebersihan ) Ajaran tazkiyah ( kebersihan spiritual ) Tazkiyah secara bahasa berasal dari akar kata zakaa. dan itu merupakan akhlak yang terpuji yang diajarkan dalam islam. Dengan mengetahui macam-macam kesehatan itu tentu saja kita dapat menjalani 20 . Selain itu. QS. Sedangkan menurut epistemologi syara'. ketiga. komentar saya. berarti "berkembang". atau mandi sunah. pengembangan. Jika kita sudah memiliki hati yang bersih atau akhlak yang baik. dan Akhlak. kita juga dapat mengetahui pa dan bagaimana kesehatan tersebut dalam islam. rohani dan sosial. Tazkiyah adalah pengembangan dan pembersihan. selalu berdoa seperti berikut. maka dia akan melakukan hal-hal yang menurut hatinya baik. usaha menghilangkan hadas atau membersihkan najis. • Ajaran tentang Ibadah Berdasarkan hal yang sudah di jelaskan di atas juga dapat mengaitkan Kesehatan Jasmani. Misalnya saja seseorang yang sehat tentu saja dia akan memiliki hati yang sehat juga. Engkaulah penolong dan pemiliknya." (HR Muslim dan Ahmad).Secara bahasa thaharah berarti kebersihan(nazhafah). dan pembersihan hati dari berbagai intrik syirik. kita akan dapat menjalankan ibadah atau ajaran islam yang lainnya juga dengan baik. misalnya saja kesehatan jasmani. Menurut istilah. memelihara wudlu atau tayamum Dasar tharah ini adalah .

Selian itu. keharmonisan antara perseorangan dengan yang lainnya. Mereka yang lemah iman dinilai Al Qur`an sebagai orang yang memiliki penyakit di dalam dadanya Kesehatan rohani atau mental memerlukan keseimbangan antara individu dengan dunia sekitar. kesehatan mental. Dalam kaitannya dengan kesehatan rohani. baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikis. dan kesehatan sosial. dapat hidup berdampingan antara kenyataan pribadi dengan orang lain dan lingkungan. Dalam islam sendiri terdapat ajaran-ajaran yang juga menyebutkan atau mengkaitkan kesehatan. entah dalam bagaimana kita menanggapinya atau melakukan hal-hal untuk menunjang kesehatan tersebut. Kesimpulan Ajaran Islam memandang bahwa kesehatan merupakan suatu yang sangat diutamakan oleh ajaran islam. III. Kesehatan jasmani ini adalah konsep kesehatan biologis. Sehat dari segi kebahasaan berbeda dengan penegrtian dalam tinjauan ilmu kesehatan yang memperkenalkan istilahistilah kesehatan fisik. • • • • Ajaran Thaharah Ajaran Nadzif ( kebersihan ) Ajaran tazkiyah ( kebersihan spiritual ) Ajaran tentang Ibadah 21 .hidup dengan baik. dalam Al Qur`an memang banyak berbicara tentang penyakit jiwa. adanya dasar-dasar seperti yang tertuang dalam Al Qur`an dan hadits akan sangat membantu kita. Kesehatan jasmani dan fisik ini merupakan keadaan yang sangat penting dalam mendukung seluruh kegiatan dalam bidang lainnya.

http://jilbab.. Dzikra. Perspektif Islam tentang Pendidikan Kedokteran. Ja`far Khadem. Mu`nis. Ali. Jakarta Yamani. Pengobatan Cara Nabi. Kedokteran Islam: Sejarah dan Perkembangannya. 2004.DAFTAR PUSTAKA Nata. Bandung. 200. Kalam Mulia. Jakarta.. 2005. FKIK UIN Press.id/content/view/608/36/) 22 . Abuddin.or.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful