PROPOSAL PROGRAM KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA ³BISNIS PENYULINGAN MINYAK DAUN CENGKEH (ATSIRI)´

Diajukan Oleh : Ketua :
y y y y

Nama NIM Alamat

: : :

No. Telp/HP :

Anggota :
y y y y

Nama NIM Alamat

: : :

No. Telp/HP :

UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR 2011

Proposal diserahkan disekretariat Program Kewirausahaan Mahasiswa. 4. . seleksi proposal dimulai tanggal 10 Desember s/d 24 Desember 2010. Proposal kelompok terdiri dari 1 ketua. dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai masing-masing peserta yang disahkan ketua jurusan. Font 12 dan dijilid.PROGRAM KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN TAHUN 2010 Syarat Peserta : 1. Proposal dalam bentuk perorangan atau kelompok a. b. Proposal perorangan. spasi 2. 5. dan 2 anggota dan maksimal dana yang dibiayai Rp 24 juta (Rp 8 juta per mahasiswa) 3. maksimal dana uyang dibiayai Rp 8 juta. Propsal dibuat 2 rangkap dengan mengikuti format penyusunan. Proposal yang dibuat. 2. Rektorat Lt 2 Unhas. huruf Times New Roman. Mahasiswa Unhas yang telah menempuh minimal 40 sks dan maksimal 120 sks. diketik dengan menggunakan kertas A4.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwasannya sebagian kecil jenis minyak atsiri yang telah diproduksi Indonesia. Latar Belakang Minyak atsiri atau yang disebut juga dengan essential oils. Kegunaan minyak atsiri sangat banyak. dan obat-obatan. Minyak atsiri ini digunakan sebagai bahan baku minyak wangi. kosmetik. baik berasal dari daun. biji-bijian bahkan putik bunga.I.Permintaan minyak atsiri ini pun diperkirakan terus meningkat dengan seiring bertambahnya populasi penduduk dunia. Pendahuluan 1. atau volatile oils adalah salah satu komoditi yang memiliki potensi besar di Indonesia. baru sebagaian kecil jenis minyak atsiri yang telah diusahakan di Indonesia. Minyak atsiri adalah minyak akstrak alami dari jenis tumbuhan tertentu. kayu. bunga. Meskipun banyak jenis minyak atsiri yang bisa diproduksi di Indonesia. Minyak atsiri juga . tergantung dari jenis tumbuhan yang diambil hasil sulingnya. ethereal oils. Peluang besar komoditi minyak atsiri ini masih terbuka luas baik di dalam maupun luar negri.Setidaknya ada 70 jenis minyak atsiri yang selama ini diperdagangkan di pasar International dan 40 jenis diantaranya dapat diproduksi di Indonesia.

anti infeksi. Minyak daun cengkeh mulai dikembangkan pada tahun 1960 yang digunakan untuk bahan baku obat.Minyak atsiri jenis ini memiliki pasaran yang cukup luas di industry farmasi. pembunuh bakteri.Kndungan minyak cengkeh adalah eugenol (90%). sampho. methyl salicylate. eugenil acetate. bisnis ini dapat melibatkan para petani. Minyak daun cengkeh berupa cairan berwarna kuning pucat sesaat setelah disuling dan mudah berubah warna menjadi coklat atau ungu bila terkena logam besi sehingga minyak ini lebih baik dikemas dalam botol kaca. Minyak dan hasil penyulingan daun cengkeh ini merupakan salah satu jenis minyak atsiri.Industri kosmetik dan minyak wangi menggunakan minyak atsiri sebagai bahan pembuatan sabun.Industri farmasi menggunakannya sebagai obat anti nyeri. Oleh karena itu kami menetukan ³bisnis penyulingan minyak daun cengkeh (atsiri)´ sebagai ide bisnis kami. penyedap masakan dan wewangian. benzyl alcohol. pewangi sabun dan detergen. methyl n-amyl carbinol. mahasiswa bahkan .Minyak tangkai cengkeh adalah minyak atsiri hasil penyulingan tangkai kuntum cengkeh. lotion. pasta gigi. minyak cengkeh merupakan hasil penyulingan serbuk bunga cengkeh kering.Industri makanan menggunakan minyak atsiri sebagai penyedap atau penambah rasa.digunakan sebagai kandungan dalam bumbu mapun pewangi (flavor and fragrance ingredients).Fungsi minyak atsiri sebagai wewangian juga digunakan untuk menutupi bau tak sedap. methyl n-hepthyl alcohol. bahan bahan lain seperti obat pembasmi serangga yang diperlukan oleh industry bahan pengawet dan bahan insektisida. Manfaat Usaha Manfaat usaha dari usaha penyulinagn minyak atsiri ini sangat besar. dan parfum. Minyak daun cengkeh juga digunakan di industry wewangian dengan ketetapan standar mutu tertentu yang lebih ketat. 2. dan terpene caryo-phyllena. drum alumunium atau drum timah putih.

pemerintah. Jadi. membuat minyak atsiri yang lain seperti minyak atsiri dari y Harga yang masih fluktuatif. bukan hal mustahil penambahan kapasitas produksi akan ditingkatkan dan jika ingin menambah kapasitas produksi tentunya penmabhana alat-alat produksi seperti ketel uap sederhana yang bisa melibatkan mahasiswa dalam pembuatannya. Threats : y Pergerakan pasar yang sangat dinamis mengakibatkan fluktuatif harga. tanpa adanya pasokan bahan baku dari petani sangat mustahil usaha akan berjalan. Strength : y y Belum banyaknya usaha minyak atsiri di Sulawesi Selatan.Petani berperan sebagai pemasok bahan baku daun atau tangkaio cengkeh. Sedangkan mahasiswa berperan sebagai teknokrat. Setelah usaha ini jalan. Weakness : y Permintaan produk semain lama semakin meningkat. Selain petani. masyarakat. Karena alat y Usaha masih berskala kecil. usaha ini sangat bermanfaat karena banyak melibatkan komponen mulai dari petani. produksi yang digunakan bisa digunakan juga untuk y Kapasitas produksi masih terbatas. Tempat usha yang dekat dengan bahan baku Oppurtunity : y Peluang pasar terbuka lebar. y Memungkinkan untuk diferensiasi produk. hingga mahasiswa. secara tidak langsung akan membuka kesempatan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat. masyarakat yang ada disekitar penghasil cengkeh juga bisa memungut daun cengkeh yang sudah berguguran dan dikumpulkan dan kemudian diberi upah. . sehingga sulit memperoleh nilai rata-rata dari keuntungan. kemudian jika ingin meningkatkan kualitas dari minyak hasil penyulingan maka perlu diadakan penelitian dan mahasiswa yang harus terlibat didalamnya.

3. 2. secara langsung akan berdampak pada bertambahnya pendapatan petani. 5. oleh karena sangat besar potensinya jika kita dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki Negara kita. khususnya kwlompok kami. Mneggeliatkan ektifitas ekonomi ditingkat mikro yang selama ini luput dari perhatian pemerintah. dengan adanya usaha ini para peani cengkeh tidak perlu lagi membuang tangkai serta daun setelah panan. 3. Memenuhi permintaan pasar akan kebutuhan minyak daun cengkeh yang semakin meningkat. Tujuan dan Ruang lingkup Usaha (Aspek Pemasaran dan Aspek Teknis) 3. 4. Kita telah mengetahui bahwa Negara agrarian. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa. karena daun dan tangkainya bisa diolah lagi serta bernilai ekonomis. . Membuka lapangan kerja baru. Menumbuhkan hubungan antar mahasiswa dengan petani dan dunia agribisnis.1 Tujuan Usaha 1.

2 Ruang Lingkup Usaha Ruang lingkup usaha kami adalah memproduksi salah satu jenis minyak atsiri yaitu minyak daun cengkeh dengan aliran distribusi sebagai berikut : PETANI/ 1 PROSES PENYULINGAN 2 4 EKSPORTIR PENGEPUL 1 3 5 Keterangan : 1. Petani/pengepul mengumpulkan daun atau tangkai yang berasal dari bekas hasil panen cengkeh. 5. 4. . Setelah menghasilkan minyak hasil penyulingan. kemdian didistribusikan ke perusahaan yang lebih besar (eksportir). Petani mendistribusikan ke tempat proses penyulingan. Eksportir. 3. Usaha kami (proses penyulingan).3. 2.

tetapi lebih banyak kepada agen penyalur. Pemasaran 1.Untuk pemasaran di wilayah Sulawesi Selatan belum cukup banyak perusahaan yang mengolah minyak atsiri ini. Untuk memasarkan minyak daun cengkeh kami akan berkerjasama dengan Departemen Pertanian Provinsi SuLawesi Selatan .II. Wilayah Pemasaran Minyak daun cengkeh memiliki pasar yang sangat luas terutama dipasar internasional.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful