P. 1
KISI-KISI WAWANCARA REvisi 2

KISI-KISI WAWANCARA REvisi 2

|Views: 136|Likes:
Published by Playstation3

More info:

Published by: Playstation3 on Mar 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2011

pdf

text

original

KISI-KISI WAWANCARA DENGAN GURU BIDANG STUDI AGAMA DI MTS NEGERI KENDAL

1. INTENSITAS SUPERVISI a. Bagaimana pelaksanaan supervisi terhadap guru? b. Berapa kali supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah atau pengawas? c. Bagaimanakah prinsip pelaksanaan supervisi di MTs N Kendal d. Apa saja hal yang perlu dipersiapkan sebelum diadakanya supervisi oleh kepala madrasah atau pengawas? e. Apakah guru terlibat dalam pembuatan perencanaan program supervisi f. Apakah tipe dari supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah atau pengawas 2. PEMBINAAN KETRAMPILAN MENGAJAR a. Apakah Kepala madrasah mengunjungi kelas dan mengadakan rapat sebelum supervisi dilakukan b. Kapan pelaksanaan supervisi bagi guru? Lalu siapa saja yang mensupervisi? c. Apakah kepala madrasah dan Pengawas Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan d. Apa saja teknik yang di terapkan kepala madrasah dan Pengawas dalam pelaksanaan supervisi di MTs N Kendal dan mengapa menggunakan teknik tersebut e. Bagaimanakah pendekatan yang dilakukan oleh supervisor dalam pelaksanaan supervisi terhadap guru f. Apakah kepala madrasah sering mengunjungi guru ketika sedang mengajar? Dan apakah para pengawas juga demikian? Kunjungan tersebut dalam rangka apa?

Bagaimanakah tindak lanjut yang di tempuh oleh Kepala Madrasah dan pengawas dalam kaitanya dengan peningkatan kompetensi guru c. Apakah Kepala madrasah memberi pengarahan setelah melakukan supervise? b. EVALUASI a. Apakah Kepala Madrasah atau pengawas memberi pelatihan mengajar secara langsung atau bagaimana? b. Tahapan apa saja yang dilakukan oleh supervisor terhadap guru dalam rangka pemberdayaan kemampuan profesionalisme d. Bagaimanakah Kepala madrasah Melakukan pembinaan guru secara personal dan maupun kelompok? c. Apakah kepala madrasah dan pengawas melakukan pembinaan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran? . Bagaimanakah prosedur melaksanakan tindak lanjut yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dan pengawas kaitannya dengan hasil supervisi 4.3. PEMBERDAYAAN a.

Kepala madrasah memberi pengarahan setelah melakukan supervisi. b. Pengawas Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan Pemberdayaan a. 4. Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dilakukan kepada guru-guru lebih dari satu kali di tiap bulan. Pembinaan Keterampilan Mengajar a. . Menguasai Materi dan perkembangan peserta didik a. Kepala madrasah memberi pelatihan mengajar secara langsung. Kepala madrasah meningkatkan kualitas pengajaran guru baik itu dari segi strategi. Pengawas memberikan pemberitahuan kepada guru sebelum pelaksanaan supervisi d. Pengawas membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran Evaluasi Hasil Mengajar a. 6. . Kepala madrasah Memberikan bantuan baik moril maupun materiil kepada guru c. 3.pengawas melakukan pembinaan perkembangan proses pembelajaran /bimbingan tiap mata pelajaran Memahami dan Menguasai Tujuan Mengajar a. b. ASPEK YANG DIAMATI Intensitas Supervisi a. Guru memahami perkembangan peserta didik dan mengaktualisasikanya dalam pembelajaran 2. 5. b. Guru mengetahui landasan pendidikan b. Kepala madrasah Melakukan pembinaan guru secara personal dan maupun kelompok c. keahlian dan alat pengajaran c. Guru membuat perancangan pembelajaran dan di aplikasikan ketika mengajar. b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan berlangsung.PEDOMAN OBSERVASI Hasil Pengamatan Ya Tidak NO 1. Kepala madrasah mengunjungi kelas dan mengadakan rapat sebelum supervisi dilakukan b. Pelaksanaan supervisi pengawas dilakukan kepada guruguru setiap Minggu pertama di awal bulan.

8. Penguasaan Kelas a. b. Mengembangkan Materi Pembelajaran a.7. Guru dapat menguasai kelas. Guru dalam menyampaikan materi tidak terpaku pada buku. Guru menguasai perkembangan kurikulum b. Siswa antusias dalam mengikuti KBM .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->