EVALUASI & PENGAWASAN STRATEGI

KELOMPOK PROGRESIF
TRIANA RAHMAWATI ISAURA TIOMAHITA OKTA PRIA JOSSIE BASTEN GUNAWAN SAKTI IMAM RATIH KARTIKA DEWI

maka tugas pengawasan adalah melakukan koreksi atas penyimpangan. Tipe-tipe pengawasan: Pengawasan pendahuluan (preliminary monitoring) Pengawasan pada saat pekerjaan berlangsung (concurrent monitoring) Pengawasan feedback (feedback monitoring) . 1. 3. Hal ini disebabkan karena antara kedua hal tersebut sering terjadi penyimpangan. 2. Pengawasan pada hakekatnya merupakan tindakan membandingkan antara hasil dalam kenyataan dengan hasil yang diinginkan.EVALUASI & PENGAWASAN STRATEGI Evaluasi adalah tahap proses penilaian dari hasil kinerja perusahaan yang sesungguhnya merupakan implementasi strategi yang diterapkan perusahaan dibandingkan dengan kinerja yang diharapkan.

atau diintrepretasikan sebagai kegagalan departemen lain. maka strategi mungkin tidak konsisten. Konsistensi -Jika masalah manajerial terus berlanjut meskipun telah terjadi pergantian personel. -Jika keberhasilan satu departemen dalam organisasi memiliki arti. -Jika masalah dan isu kebijakan selalu dibawa ke atas untk mendapatkan pemecahan. maka strategi mungkin tidak konsisten. .Empat standar evaluasi keberhasilan strategi: 1. maka strtaegi mungkin tidak konsisten.

2. Kelayakan Tes akhir dari suatu evaluasi strategi adalah kelayakan yaitu mengenai ´Bisakah strategi dicapai dengan sumber daya fisik. 4. dan keuangan yang ada dalam perusahaan?µ . Konsonan Adalah kesesuaian antara strategi dan kebijakan taktis. 3. Mengacu pada kebutuhan penyusunan strategi untuk menilai satu rangkaian tren dan juga tren individual dalam mengevaluasi strategi. . manusia. Keunggulan Suatu strategi harus memfasilitasi pembuatan dan/ atau pemeliharaan dari sebuah keunggulan kompetitif dalam area aktifitas yang terpilih.

Analisis faktor deviasi mencoba mengevaluasi keefektifan strategi perusahaan secara kuantitatif. dapat dilihat dalam sejumlah faktor seperti laba bersih. tingkat kemangkiran. pertumbuhan penjualan. tingkat dividen. biaya produksi dan efisiensinya. laba per lembar saham. keluar masuknya karyawan (turn over). jumlah hari kerja yang hilang karena buruh mogok. hasil pengembalian atas modal.ANALISIS FAKTOR DEVIASI DALAM PELAKSANAAN STRATEGI faktor deviasi adalah faktor yang dapat menimbulkan penyimpangan dalam implementasi strategi. pangsa pasar. hasil pengembalian atas ekuitas. . dan indeks kepuasan buruh. harga saham.

dan menghindari.TINDAK LANJUT BAGI PERBAIKAN STRATEGI Mengambil Tindakan Korektif Tindakan korektif yang ideal harus mampu menempatkan sebuah organisasi pada posisi yang lebih baik sehingga bisa memanfaatkan kekauatan internal secara penuh. atau menurunkan ancaman eksternal. dan untuk memperbaiki kelemahan internal yang ada. Tindakan korektif harus memiliki kerangka waktu dan perhitungan risiko yang memadai. mengurangi. mengambil keuntungan dari peluang eksternal. Tindakan korektif haru mampu memperkuat posisi bersaing sebuah organisasi dalam industri .

TERIMA KASIH .