MATERI I : KONSEP DASAR PEMROGRAMAN VISUAL

By. ITATS ± TUTOR ELECTRICAL ENGINEERING

baik berupa kode mesin (Binary 0/1) dan kode teks (Mnemonic) HLL ( High Level Language ) Bahsa pemrograman komputer yang memiliki pola pikir seperti manusia (bahasanya dibuat mirip seperti manusia misalnya : bahasa inggris) .Klasifikasi Bahasa Pemrograman 3L ( Low Level Language ) Bahasa pemrograman komputer berbasis bahasa mesin.

. Pemograman Functional merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan fungsi-fungsi.Klasifikasi Teknik Pemrograman Komputer Pemograman Procedural merupakan Instruksi khusus yang dieksekusi secara berurutan. fungsiPemograman Terstruktur merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan procedural dan atau functional.

Klasifikasi Teknik Pemrograman Komputer (Lanjutan«) Pemograman Berbasis Modul merupakan Pemograman yang didasarkan atas kumpulan program procedural dan atau program functional yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan modul. Pemograman Berorientasi Objek merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan kejadiankejadian yang berkenaan dengan sebuah/beberapa objek. .

Fortran. kompiler & interpreter Basic. Bahasa Pemrograman Generasi Ke-3 Ke  . C++.Perkembangan Bahasa Pemrograman 1. Pascal. Bahasa Pemrograman Generasi Ke-2 Ke 3. Bahasa Pemrograman Generasi Pertama  Menggunakan bahasa mesin dengan suatu rangkaian angka nol & satu (biner) Menggunakan bahasa rakitan (assembler) Menggunakan language translator. Cobol 2.

Perkembangan Bahasa Pemrograman (Lanjutan«) 4. Bahasa Pemrograman Generasi Ke-4 Ke   Bahasa Non-prosedural yang Nonmemungkinkan seorang programmer atau memakai menginstruksikan komputer apa yang harus dilakukan daripada bagaimana melakukannya. Informix. Acces Menggunakan bahasa query (SQL) . Sybase. Oracle.

Konsep Dasar Pemrograman Visual GUI (Graphical User Interface) Event Driven Multitasking .

GUI (Graphical User Interface) Tampilan antarmuka antara user dan komputer yang berbasis grafis atau citra GUI dibandingkan dengan CLI :   Aplikasi berbasis grafis tidak hanya menyajikan informasi dalam bentuk teks. mouse pointing. melainkan juga dalam bentuk citra misalkan ikon. Bentuk teks pada GUI ditampilkan menggunakan bentuk font proporsional (penyesuaian bergantung user) . dan lainnya.

Event Driven Setiap program aplikasi adalah berbasis pada kejadian (event). OS akan menyediakan sebuah antrian (queue) yang disebut event queue . port komunikasi Untuk penerapan event driven. dan kejadian dirupakan dalam bentuk clock.

Multitasking OS berbasis GUI seperti windows. dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan .

scroll bar.Elemen Dasar Aplikasi Windows Main Windows Berupa tampilan window dari sebuah aplikasi. yang jika ditutup maka aplikasi tersebut dianggap selesai Child Windows Berupa tampilan yang mirip main window dan dapat diaktifkan jika main window sedang aktif Dialog Box Berupa tampilan window yang berisi konfirmasi berupa pertanyaan atau peringatan atau informasi Control Beberapa bagian yang dimiliki oleh sebuah window berupa komponen seperti button. list box. combo box .

Selesai .